Materi Ajar Kelas 3 C

 Tema 1 Sub Tema 2 PB 2 dan 3
Menirukan Gerak Tari

Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
1.       Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan merangkak dan berlari melalui permainan sederhana dengan benar.
2.       Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah
3.         Setelah mengamati gambar, siswa dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan di sekolah         
Materi Pembelajaran:
·         Bermain adu kecepatan berjalan merangkak dan berlari.
·         Menuliskan sikap baik dalam menerima perbedaan.

Ayo Mencoba
Ikuti langkah-langkah kegiatan seperti berikut!
 1. Buatlah garis lintasan dan beri tulisan garis start dan finish terlebih dahulu.
2. Berbarislah di depan garis start. Bersiaplah berjalan merangkak mulai garis start.
3. Setelah diberi aba-aba oleh gurumu, merangkaklah dari garis start sampai garis finish. Setelah sampai garis finish, kembalilah ke garis start dengan cara berlari.
 4. Siswa yang paling cepat sampai di garis start adalah pemenangnya.
Selain tinggi dan berat badan, setiap orang juga memiliki kekuatan yang berbeda. Kekuatan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya perbedaan pertumbuhan tulang dan otot. Semua perbedaan merupakan anugerah Tuhan, kita wajib mensyukurinya.


Ayo Mengamati 
Menghargai Perbedaan
Perubahan tinggi dan berat badan manusia berbeda-beda. Kekuatan manusia juga berbedabeda. Perubahan tinggi dan berat badan serta kekuatan adalah contoh pertumbuhan dan perkembangan manusia.
Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh makanan, kebiasaan olahraga, dan faktor yang diturunkan oleh orang tua. Tuhan menciptakan berbagai macam makhluk hidup berbeda-beda. Perbedaan ini adalah karunia Tuhan. Kita harus saling menghargai dan menghormati perbedaan. Tuliskan sikap yang akan kamu lakukan jika melihat beberapa hal seperti berikut!
Kamu melihat teman yang kesulitan mengambil benda di atas tempat yang tinggi.
Sikap yang akan kamu lakukan adalah...

Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
 1.   Setelah mengamati contoh dari video, siswa dapat memeragakan gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu tari dengan percaya diri.
 2. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi makanan dan menjelaskan pengaruh makanan pada proses pertumbuhan dan perkembangan dengan tepat.  
  3.   Menyelesaikan soal penjumlahan dengan teknik menyimpan
      
Materi Pembelajaran
·         Menari dengan gerakan kuat dan lemah pada tangan.
·         Mengidentifikasi makanan yang baik untuk dikonsumsi.
·         Menuliskan syarat makanan yang baik untuk dikonsumsi.
·         Menyelesaikan soal penjumlahan dengan teknik menyimpan.

Ayo Menari




Masih ingatkan kamu dengan gerakan kuat dan lemah tangan pada gerakan tari yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya? Cobalah mempraktikkan gerakan tersebut sambil bernyanyi lagu Tepuk Tangan
 Simaklah video tari tepuk tangan berikut  ini dengan cara meng klik video dibawah ini 👇
video tari tepuk tangan


Ayo Mengamati
Manusia merupakan salah satu makhluk hidup. Manusia memiliki ciri-ciri yang sama dengan makhluk hidup lainnya. Salah satu ciri manusia sebagai makhluk hidup adalah mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan manusia terjadi sejak di dalam kandungan. Setelah lahir, pertumbuhan manusia bertambah besar dari bayi hingga dewasa. Setelah dewasa pertumbuhan manusia berhenti. Namun, perkembangan emosi dan pikiran manusia terus berkembang. Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi beberapa faktor.

Adapun faktor - faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang manusia adalah :

1. Makanan
2. Olahraga
3. Rekrasi
4. Istirahat cukup atau tidur
5. Keturunan

Makanan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia. Makanan yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan adalah makanan yang sehat dan bergizi. Makanan sehat dan bergizi harus memenuhi syarat empat sehat lima sempurna. Makanan empat sehat lima sempurna terdiri dari:
1. Makanan pokok, misalnya nasi, kentang, jagung, roti, ubi, mie, dan sagu
2. Lauk-pauk misalnya daging, ikan, tahu, tempe, telur, dan cumi
3. Sayur-sayuran, misalnya kangkung, bayam, wortel, dan buncis
4. Buah-buahan misalnya jeruk, apel, anggung, pisang, dan jambu
5. Susu
Makanan-makanan tersebut mengandung gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Karbohidrat terdapat pada makanan pokok. Protein terdiri dari dua jenis, ada protein hewani dan nabati. Protein hewani terdiri dari lauk-pauk yang berasal dari hewan seperti ikan, daging, susu, keju dan telur. Protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti tempe dan tahu.
Vitamin banyak terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Mineral banyak terdapat pada ikan, sayuran, dan susu

Tugas Siswa
Siswa dapat memperagakan/menirukan gerakan yang ada dalam video tari tepuk tangan,dalam bentuk video dengan durasi 30 detik saja.Jangan lupa mengisi daftar hadir/absen di dalam kolom komentar ya Nak...


 

Komentar

  1. Naira Azalea Putri klas 3c
    Hadir

    BalasHapus
  2. Dhirgham Tamam F, kelas 3C, Hadir

    BalasHapus
  3. Azril Kautsar Al Ghifary Kelas 3C Hadir

    BalasHapus
  4. Adiva Nafeeza 3 C hadir bu....siap mengerjakan

    BalasHapus
  5. Bari khairul azam kls 3c (hadir)

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum Zalbyan Fathir Rizki kelas 3C hadir bu

    BalasHapus
  7. Ahmad Abrar maheswara idris 3c hadir

    BalasHapus
  8. Fathir ali al-faisal 3C hadir

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum,,,,,,,,,,
    Mohamad Reksa Aprillingga Rizqullah [Kelas 3C] hadir bu,,,,

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum,,,,,,,,,,
    Mohamad Reksa Aprillingga Rizqullah [Kelas 3C] hadir bu,,,,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer