Materi Ajar Kelas 3 C
Senin, 24 Mei 2021 (Menentukan Arah Mata )
Bahan Ajar Tema 8 Subtema 4 Pembelajaran 1, 2 dan 3
Hari/Tanggal : Senin, 24 Mei 2021
Kelas : 3 C
Tema : 8 ( Praja Muda Karana )
Subtema : 4 ( Aku Suka Berkarya )
Pembelajaran : 1, 2 dan 3
Alat Peraga : Gambar
Kompetensi Dasar :
PPkN Kd 3.1
Bahasa Indonesia Kd 3.7
Matematika Kd 3.13
SBdP Kd 3.4
Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪
Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak 💪
Ayo Membaca
Udin dan teman-teman sedang berlatih membaca denah. Udin dan teman-teman melakukan perjalanan membawa denah. Denah dilengkapi dengan tanda arah. Denah bermanfaat untuk membantu menemukan suatu lokasi yang dimaksud.
Apakah kamu mengetahui arti denah dan arah mata angin?
Bacalah informasi berikut untuk mengetahui maksud denah dan arah mata angin!
Arah Mata Angin dan Denah
Denah adalah gambar yang menunjukkan lokasi suatu tempat. Denah berupa gambar yang menunjukkan bagian dari suatu tempat. Gambar berikut ini merupakan contoh denah.
SD Nusantara berada di antara pos ronda dan lapangan sepak bola. Berseberangan dengan SD Nusantara ada beberapa rumah penduduk. Tempat beribadah juga dapat ditemui di sekitar SD Nusantara. Berikut ini adalah gambar arah mata angin. Mata angin terdiri atas delapan arah.
Keterangan
U = Utara TG = Tenggara B = Barat
TL = Timur laut S = Selatan BL = Barat laut
T = Timur BD = Barat daya
Matahari terbit dari sebelah timur. Saat kamu menghadap matahari terbit, berarti kamu sedang menghadap ke timur. saat itu punggungmu menghadap ke arah barat. Tangan kananmu ke arah selatan. Tangan kirimu ke arah utara.
Ayo Berlatih
Udin berlatih membaca denah. Udin juga mencatat informasi dari lingkungan sekitar. Udin mencatat informasi tentang banyak rumah. Udin dan temanteman menghitung banyak rumah di sepanjang jalan.
Berikut ini laporan Udin mengenai banyak rumah di sepanjang jalan yang dilewati.
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan gambar tabel yang dibuat Udin!
1. Di manakah tempat yang memiliki rumah paling banyak? Jalan Lili
2. Di manakah tempat yang memiliki rumah paling sedikit? Jalan Mawar
3. Berapa banyak perbedaan rumah di Jalan Kamboja dan Jalan Mawar? 10
Ayo Membaca
Menjadi Petugas Penerima Tamu Hari ini, SD Nusantara kedatangan tamu. Tamu yang datang tim juri penilai lomba kebersihan sekolah. Mereka ingin melihat kondisi SD Nusantara. Udin dan beberapa teman ditunjuk menjadi petugas penerima tamu. Mereka harus mendampingi tamu. Mereka juga bertugas memberikan penjelasan tentang SD Nusantara.
Udin dan teman-teman berbagi tugas menerima tamu. Pembagian tugas berdasarkan denah sekolah yang sudah disiapkan. Udin dan Lani bertugas menjelaskan bagian utara sekolah. Edo dan Dayu bertugas menjelaskan bagian selatan sekolah. Siti bertugas menjelaskan bagian timur Udin dan teman-teman bertugas dengan baik.
Mereka menjelaskan program sekolah dengan jelas dan santun. Mereka juga dapat menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas. Para penerima tamu telah bertugas dengan baik.
Para juri memberikan pujian kepada mereka. Kepala sekolah dan para guru juga memberikan pujian. Semua anak-anak senang dan bersemangat mengerjakan tugasnya.sekolah. Beni menjelaskan bagian barat sekolah.
Perhatikan kembali bacaan tentang Menjadi Petugas Penerima Tamu!
Bacaan tersebut memiliki 4 paragraf. Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf.
Contoh
Edo anak yang rajin. Semua tugas sekolah selalu dikerjakan tepat waktu. Edo juga selalu membantu orang tua. Edo selalu mengerjakan pekerjaan dengan baik.
Pikiran pokok dari paragraf di atas adalah “Edo anak yang rajin”.
Ayo Mengamati
Sikap anak-anak SD Nusantara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Mereka mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Mereka bekerja sama saat menerima tamu. Kerja sama yang baik akan membuahkan hasil yang baik. Para tamu merasa senang berkunjung ke SD Nusantara. Udin juga mampu membagi tugas dengan baik.
Semua anak terlibat dalam melaksanakan program kebersihan sekolah. Semua anak ikut berdiskusi untuk menentukan program kebersihan sekolah. Semua anak mendapat kesempatan memberikan pendapat.
Tugasmu!
Perhatikan pernyataan berikut ini!
Pernyataan ini menunjukkan sikap pengamalan Pancasila.
Tuliskan sila yang sesuai dengan pernyataan!
Tuliskan bunyi dan lambang dari sila Pancasila yang sesuai!
Assalamualaikum
BalasHapusZalbyan Fathir Rizki
Hadir bu
Assalamu'alaikum
BalasHapusAzril Kautsar Alghifary
Hadir bu
As salamualaikum Bu Fitri
BalasHapusDhirgham Tamam F
Hadir bu
Terima kasih🙏
Assalamualaikum Bu Fitri
BalasHapusRidho Bintang N
Hadir Bu
Terima kasih🙏
Fachry Aditya Putra
BalasHapusHadir
Ghifara At Tin Kimay hadir Bu 🙏
BalasHapusRevin Ari Afino
BalasHapusBari khairul azam hadir bu
BalasHapusCahaya Mahatmaprita Ivan
BalasHapusHadir
Assalamualaikum bu Adiva Nafeeza hadir bu
BalasHapusZaskya ramadhani jefta. Hadir bu
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusZahwa Rafelia Rapon hadir bu
BalasHapusAlvin Hafidz Putra Pratama
BalasHapusKelas:3C
Hadir
Assalamualaikum Nabil arrafif hadir
BalasHapusGavriel Alvaro Valendra hadir 3c
BalasHapusAssalamualaikum,,,,
BalasHapusMohamad Reksa Aprilingga Rizqullah
(Kelas 3C) hadir bu,,