Materi Ajar Kelas 6B

SELASA, 04 OKTOBER 2022

MATERI MATEMATIKA DAN TEMA 4 SUBTEMA1 PEMBELAJARAN 1




AssalMUATAN  TEMATIK DAN MATEMATIKA KELAS VI.B

FITRI DARYANI,S.Pd 

TMBJARAN

Good morning my student..,,,

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Fitri... Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, tadarus kemudian shalat dhuha. setelah selesai baru kalian membaca dan dipahami isi bloggers yang bu guru share hari ini.



Luas Lingkaran

umus dari luas lingkaran adalah:

Apabila yang dicari adalah jari-jari lingkaran dengan diketahui luas lingkarannya, maka berlaku rumus  lingkaran berikut:

 
Contoh Soal Luas Lingkaran 1
Sebuah taman dengan diameter 14 meter akan ditanami beberapa jenis bunga. Jika setiap 11 m2 akan ditanami satu jenis bunga saja, maka ada berapa jenis bunga yang akan ditanam di taman?
Pembahasan:
d = 14 meter, maka r = 14:2 = 7 meter

Karena setiap 11 m2 akan ditanam satu jenis bunga, maka:
Banyaknya jenis bunga yang ditanam = 154:11 = 14 jenis bunga
Jadi, terdapat 14 jenis bunga yang berbeda yang akan ditanam di taman.
Contoh Soal Luas Lingkaran 2
Luas lingkaran jika kelilingnya sama dengan 94,2 cm, yaitu ....
Pembahasan:
K = 94,2 cm
Karena diketahui kelilingnya, maka kita akan mencari jari-jari lingkaran terlebih dahulu:


 


Karena sudah diketahui jari-jarinya, maka dapat dihitung luasnya, yaitu:

Jadi, luas lingkarannya adalah 706,5 cm2.


Agar dapat memahami lingkaran dengan lebih baik lagi, anak sholeh dan sholehah dapat mencoba latihan soal berikut ini ya nak.. 

Latihan soal

Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !

1. Rumus luas dan keliling lingkaran adalah ....
a. L = Л x r dan K = 2 x Л x r
b. L = Л x r x r dan K = 2 x Л
c. L = Л x r² dan K = 2 x Л x r
d. L = Л x r dan K = Л x d

2. Sebuah jam dinding berbentuk lingkaran memiliki diameter 28 cm. Keliling jam dinding tersebut adalah .... cm.
a. 86
b. 88
c. 90
d. 92

3. Diketahui keliling lingkaran adalah 154 cm. Jari-jari lingkaran tersebut adalah .... cm
a. 24
b. 24,5
c. 25
d. 25,5

4. Sebuah kertas berbentuk lingkaran dengan keliling 616 cm. Diameternya adalah .... cm
a. 196
b. 198
c. 206
d. 212

5. Tina memiliki hulahop dengan keliling 220 cm. Jari-jari hulahop Tina adalah .... cm
a. 28
b. 30
c. 32
d. 35

TEMA 4. GLOBALISASI
SUB TEMA 1. GLOBALISASI DISEKITARKU

 

Tujuan Pembelajaran 

1. Dengan diskusi dan mencari informasi, siswa mampu menjelaskan peran Indonesia dalam berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN dengan tepat. 

2. Setelah diskusi dan mencari informasi, siswa mampu menyajikan informasi tentang peran Indonesia dalam berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN dengan tepat.

 3. Dengan membaca teks eksplanasi, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks tentang cara menghasilkan energi listrik dengan tepat. 

4. Dengan membaca teks eksplanasi, siswa mampu menyajikan informasi penting dari teks tentang cara menghasilkan energi listrik dalam bentuk visual dengan tepat. 

5. Dengan menaamati gambar model rangkaian listrik PLTA, siswa mampu mengidentifikasi cara menghasilkan energi listrik dengan benar 

6. Setelah menaamati gambar model rangkaian listrik PLTA , siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan energi listrik dengan benar.





Ayo Membaca
Baca teks ekplanasi ilimiah berikut dengan teliti.

Menghasilkan Energi Listrik
Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Tidak dapat dimungkiri, bahwa globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Dengan ditemukannya televisi, komputer, dan telepon genggam, arus informasi kemudian menyebar dengan begitu cepat ke berbagai negara di berbagai belahan dunia. Kebutuhan akan listrik kemudian menjadi suatu hal yang harus dipenuhi bagi semua negara di era globalisasi saat ini.

Listrik dihasilkan di pusat pembangkit menggunakan beragam sumber energi. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), air dari waduk/sungai (1) masuk melalui pintu (2) yang diatur oleh katup pengaman (3). Air kemudian masuk ke tangki pengaman tekanan (4). Air di dalam pipa pesat (5) mengalirkan dan mengarahkan air ke turbin (7) melalui katup pengatur tekanan (6) untuk mendapatkan tekanan energi yang besar. Energi potensial air kemudian menggerakan turbin. Energi gerak tersebut kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator (8). Energi listrik dari generator kemudian diatur kapasitas tegangannya dan dialirkan oleh transformer (9). Energi listrik kemudian dibagikan ke konsumen oleh saluran transmisi (10).

Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator. Turbin tersebut harus bergerak untuk menghasilkan energi gerak yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator. Energi penggerak turbin, selain dari aliran air, juga bisa didapat dari angin (PLTA), panas bumi (PLTU), dan sumber energi lainnya. Adakah sumber energi di daerahmu yang bisa digunakan sebagai pembangkit energi listrik

Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator/dinamo. Turbin tersebut harus bergerak untuk menghasilkan energi gerak yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator dinamo

Agar lebih memahami pembelajaran, silahkan simak video berikut ya nak!


Terimakasih Sholeh Sholeha VI.B demikan pembelajaran hari ini jika ada materi yang masih belum dipahami silahkan tanyakan ke bu guru pada saat pembelajaran tatap muka ya sayang....☺jangan lupa tinggalkan komentar di blog ini jika ananda sudah mempelajari materinya, salam sehat & semangat 😊



Komentar

Postingan Populer