Pelaksanaan LUS 2 Kelas 6 T.P. 2022/2023


Senin, 13 Maret 2023

Pelaksanaan LUS 2 Kelas 6 T.P.2022/2023


MUATAN TEMATIK 
GURU KELAS FITRI DARYANI,S.Pd

Assalamualaikum... Tabik pun,Good morning everyone,Apa kabar anak sholeh sholehah  6B, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, tadarus kemudian shalat dhuha. setelah selesai baru kalian memgerjakan soal LUS Bahasa Indonesia dan PAI. ^^


Jadwal LUS 2 Kelas 6
Senin,13 Maret 2023
1.Mapel Bahasa Indonesia
2.Mapel Agama Islam 







 KISI- KISI Bahasa Indonesia

 

NO

Kompetensi yang Diuji

Lingkup Materi

Materi

Indikator Soal

No

Level Kognitif

Bentuk Soal

1

Menentukan makna kata

Membaca Nonsastra

Menentukan makna kata

Disajikan teks bacaan tentang lingkungan, peserta didik dapat menentukan makna kata pada teks tersebut.

1

L1

PG

2

 

Menggali informasi tersurat teks

Membaca Nonsastra

Informasi tersurat teks

Disajikan teks bacaan tentang lingkungan, peserta didik dapat mengidentifikasi informasi tersurat teks pada paragraf ketiga.

2

 

L1

PG

3

 

Menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)

Membaca Nonsastra

Menentukan unsur teks

Disajikan teks bacaan tentang lingkungan peserta didik dapat menentukan kalimat utama pada paragraf kedua.

3

 

L1

PG

4

 

Menentukan sinonim

Membaca Nonsastra

Sinonim

Disajikan teks bacaan tentang lingkungan, peserta didik dapat menentukan sinonim dari sebuah kata yang terdapat pada teks tersebut.

4

 

L1

PG

5

 

Menentukan antonim

Membaca Nonsastra

Antonim

Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat menentukan antonim dari sebuah kata yang terdapat pada kalimat tersebut.

5

L1

PG

6

Menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)

Membaca Nonsastra

Menentukan unsur teks

Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menentukan kalimat penjelas pada teks bacaan tersebut.

6

L1

PG

7

 

 

Menentukan makna istilah

Membaca Nonsastra

istilah

Disajikan sebuah kalimat,  peserta didik dapat menentukan makna istilah pada kalimat tersebut.

7

L1

PG

8

Menggali informasi tersirat pada sebuah teks bacaan

Membaca Nonsastra

Menggali Informasi tersirat teks

Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menemukan informasi tersirat teks bacaan tersebut.

8

L2

PG

9

 

Menentukan pernyataan sesuai isi teks

Membaca Nonsastra

Pernyataan sesuai isi teks

Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut.

 

 

9

 

L2

PG

10

Menentukan ide pokok teks

Membaca Nonsastra

Ide pokok teks

Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menentukan ide pokok teks tersebut.

10

L1

PG

11

Mengidentifikasi jenis teks

Membaca Nonsastra

Jenis-jenis teks

Disajikan teks bacaan,peserta didik dapat menentukan  jenis teks dari bacaan tersebut.

11

L2

PG

12

Memprediksi kejadian berdasarkan isi teks

Membaca Nonsastra

Memprediksi kejadian berdasarkan isi teks

Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat memprediksi kejadian berdasarkan teks bacaan tersebut.

 

12

L3

PG

13

Membandingkan isi teks

Membaca Nonsastra

Membandingkan isi teks

Disajikan dua teks bacaan, peserta didik dapat menganalisis persamaan isi dari kedua teks tersebut

13

L3

PG

14

Melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks

Membaca Nonsastra

Tabel dengan pokok-pokok pikiran

Disajikan sebuah teks bacaan dan sebuah tabel rumpang, peserta didik dapat melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks.

 

14

L1

PG

15

Menentukan Informasi  tersurat pada  karya sastra

Membaca Sastra

Informasi tersurat pada karya Sastra

Disajikan sebuah pantun , peserta didik dapat menentukan informasi tersurat pada pantun tersebut.

15

L1

PG

16

Menentukan unsur Instrinsik karya sastra

Membaca Sastra

Unsur Instrinsik

Disajikan sebuah teks percakapan  tentang peristiwa , peserta didik dapat  menjelaskan  tokoh dalam percakapan tersebut.

16

L1

PG

17

Menentukan unsur Instrinsik karya sastra

Membaca Sastra

Unsur Instrinsik

Disajikan sebuah teks percakapan  tentang peristiwa , peserta didik dapat  menjelaskan  watak  tokoh yang ada di dalam percakapan tersebut.

17

L1

PG

18

Menentukan unsur Instrinsik karya sastra

Membaca Sastra

Unsur Instrinsik

Disajikan sebuah teks percakapan  tentang peristiwa , peserta didik dapat  menjelaskan  latar/tempat dari   percakapan tersebut.

18

L1

PG

19

Memaknai kata/simbol/kias

Membaca Sastra

Makna kata/simbol/kias

Disajikan sebuah puisi tentang kepahlawanan, peserta didik dapat menentukan makna kata  yang bercetak miring  dalam puisi tersebut

19

L1

PG

20

Menyimpulkan Informasi tersirat dalam karya sastra

Membaca Sastra

Informasi tersirat Karya Sastra

Disajikan sebuah teks cerita, peserta didik dapat menyimpulkan informasi tersirat  pada teks cerita  tersebut .

20

L2

PG

 

21

Menyimpulkan Informasi tersirat dalam karya sastra

Membaca Sastra

Informasi tersirat Karya Sastra

Disajikan sebuah penggalan cerita rakyat, peserta didik dapat memaknai kalimat yang bercetak miring pada  cerita  tersebut.

21

L2

PG

 

22

Menentukan unsur  instrinsik karya sastra

Membaca Sastra

Unsur Instrinsik Karya Sastra

Disajikan sebuah teks drama, peserta didik dapat menentukan amanat yang terkandung dalam teks drama tersebut .

22

L2

PG

23

Menentukan unsur  instrinsik karya sastra

Membaca Sastra

Unsur Instrinsik Karya Sastra

Disajikan sebuah teks drama, peserta didik dapat menentukan konflik yang terkandung dalam teks drama tersebut .

23

L2

PG

24

Menentukan unsur  instrinsik karya sastra

Membaca Sastra

Unsur Instrinsik Karya Sastra

Disajikan sebuah cerita, peserta didik dapat menentukan tema  dalam cerita tersebut .

24

L1

PG

25

Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita

Membaca sastra

Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita

Disajikan sebuah teks cerita, peserta didik dapat memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita

25

L3

PG

26

Mengevaluasi keteladanan tokoh cerita

Membaca sastra

Keteladanan tokoh cerita

Disajikan teks cerita, peserta didik dapat menganalisis keteladanan tokoh cerita

26

L3

PG

27

Menanggapi nilai-nilai cerita

Membaca sastra

Nilai-nilai cerita

Disajikan teks cerita, peserta didik dapat menanggapi nilai-nilai cerita

27

L3

PG

28

Melengkapi  teks dengan istilah

Menulis terbatas

Melengkapi teks dengan istilah

Disajikan teks rumpang, peserta didik dapat melengkapinya dengan menggunakan kata istilah

28

L1

PG

29

Melengkapi  kalimat dengan ungkapan 

Menulis terbatas

Ungkapan 

Disajikan sebuah kalimat rumpang, peserta didik dapat melengkapi  kalimat tersebut dengan ungkapan .

29

L1

PG

30

Melengkapi teks dengan pribahasa

Menulis terbatas

Pribahasa

Disajikan sebuah teks ilustrasi, peserta didik dapat mengungkapkan teks tersebut  dengan menggunakan pribahasa 

30

L1

PG

31

Melengkapi kalimat dengan kata baku

Menulis terbatas

Kata baku

Disajikan sebuah kalimat rumpang, peserta didik dapat melengkapi kalimat dengan kata baku yang tepat

31

L1

PG

32

Melengkapi teks dengan kata keterangan waktu

Menulis terbatas

Kata Keterangan waktu

Disajikan sebuah teks rumpang, peserta didik dapat melengkapi teks dengan kata keterangan waktu yang tepat

32

L1

PG

33

Menyusun petunjuk menggunakan sesuatu

Menulis terbatas

Petunjuk Penggunaan sesuatu

Disajikan gambar petunjuk penggunaan alat secara acak, peserta didik dapat menyusun petunjuk  penggunaan sesuatu tersebut.

33

L1

PG

34

Melengkapi teks pidato

Menulis terbatas

Teks Pidato

Disajikan kutipan teks pidato, peserta didik dapat melengkapi teks pidato dengan kalimat yang tepat

34

L2

PG

35

Menyusun  teks  deskripsi

Menulis terbatas

Teks Deskripsi

Disajikan  sebuah gambar, peserta didik dapat mendeskripsikan gambar tersebut.

35

L2

PG

36

Melengkapi kalimat dengan kata bentukan

Menulis terbatas

Melengkapi kalimat dengan kata bentukan

Disajikan teks rumpang, peserta didik dapat melengkapi teks tersebut dengan kata bentukan yang tepat

36

L1

PG

37

Menyusun teks narasi

Menulis terbatas

teks narasi

Disajikan gambar, peserta didik dapat menyusun teks narasi dari gambar tersebut

37

L2

PG

38

Melengkapi teks iklan

Menulis terbatas

teks iklan

Disajikan gambar iklan, peserta didik dapat melengkapi teks iklan tersebut dengan kalimat yang sesuai

38

L2

PG

39

Melengkapi teks laporan

Menulis terbatas

teks laporan

Disajikan teks laporan rumpang, peserta didik dapat melengkapi teks laporan tersebut

39

L2

PG

40

Memperbaiki penggunaan kata

Menulis terbatas

Penggunaan kata

Disajikan kalimat, peserta didik dapat memperbaiki penggunaan kata pada kalimat tersebut

40

L3

PG

41

Memperbaiki penulisan istilah

Menulis terbatas

Penggunaan istilah

Disajikan teks, peserta didik dapat memperbaiki penggunaan istilah pada teks tersebut

41

L3

PG

42

Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf

Menulis terbatas

Tata kalimat dalam paragraf

Disajikan paragraf yang terdiri dari empat kalimat, peserta dapat memperbaiki tata kalimat yang salah

42

L3

PG

43

Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan

Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, dan tanda baca

Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan

Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan

43

L1

PG

44

Menentukan kesalahan penggunaan ejaan

Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, dan tanda baca

Menentukan kesalahan penggunaan ejaan

Disajikan paragraf yang terdiri dari empat kalimat, peserta didik dapat menunjukkan kalimat yang memiliki kesalahan penggunaan ejaan

44

L1

PG

45

Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca

Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, dan tanda baca

Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca

Disajikan kalimat, peserta didik dapat menunjukkan kesalahan dalam penggunaan tanda baca

 

 

45

L1

PG

46

Menggunakan ejaan (huruf kapital) dalam sebuah kalimat

Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, dan tanda baca

Menggunakan ejaan (huruf kapital)

Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat menggunakan ejaan (huruf kapital) pada kalimat tersebut

46

L2

PG

47

Menggunakan ejaan (tanda baca) dalam sebuah kalimat

Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, dan tanda baca

Menggunakan ejaan (tanda baca)

Disajikan kalimat, peserta didik dapat menggunakan tanda baca pada kalimat tersebut

47

L2

PG

48

Menggunakan ejaan (kata depan) dalam sebuah kalimat

Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, dan tanda baca

Menggunakan ejaan (kata depan)

Disajikan kalimat, peserta didik dapat menggunakan kata depan yang tepat pada kalimat tersebut

48

L2

PG

49

Mengevaluasi kesalahan penggunaan tanda baca

Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, dan tanda baca

Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca

Disajikan paragraf, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca

49

L3

PG

50

Mengevaluasi kesalahan penggunaan ejaan

Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, dan tanda baca

Mengevaluasi kesalahan penggunaan ejaan (kata ganti)

Disajikan paragraf, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan kata ganti.

50

L3

PG

 

 


Komentar

Postingan Populer