Pelaksanaan LUS 2 Kelas 6 T.P. 2022/2023
Senin, 13 Maret 2023
Pelaksanaan LUS 2 Kelas 6 T.P.2022/2023
KISI- KISI Bahasa Indonesia
NO |
Kompetensi yang Diuji |
Lingkup Materi |
Materi |
Indikator Soal |
No |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
1 |
Menentukan
makna kata |
Membaca Nonsastra |
Menentukan
makna kata |
Disajikan
teks bacaan tentang lingkungan, peserta didik dapat menentukan makna kata
pada teks tersebut. |
1 |
L1 |
PG |
2 |
Menggali
informasi tersurat teks |
Membaca Nonsastra |
Informasi
tersurat teks |
Disajikan
teks bacaan tentang lingkungan, peserta didik dapat mengidentifikasi
informasi tersurat teks pada paragraf ketiga. |
2 |
L1 |
PG |
3 |
Menentukan
unsur teks (kalimat utama/penjelas) |
Membaca Nonsastra |
Menentukan
unsur teks |
Disajikan
teks bacaan tentang lingkungan peserta didik dapat menentukan kalimat utama
pada paragraf kedua. |
3 |
L1 |
PG |
4 |
Menentukan
sinonim |
Membaca Nonsastra |
Sinonim |
Disajikan
teks bacaan tentang lingkungan, peserta
didik dapat menentukan sinonim dari sebuah kata yang terdapat pada teks
tersebut. |
4 |
L1 |
PG |
5 |
Menentukan
antonim |
Membaca Nonsastra |
Antonim |
Disajikan
sebuah kalimat, peserta didik dapat menentukan antonim dari sebuah kata yang
terdapat pada kalimat tersebut. |
5 |
L1 |
PG |
6 |
Menentukan
unsur teks (kalimat utama/penjelas) |
Membaca Nonsastra |
Menentukan
unsur teks |
Disajikan
teks bacaan, peserta didik dapat menentukan kalimat penjelas pada teks bacaan
tersebut. |
6 |
L1 |
PG |
7 |
Menentukan
makna istilah |
Membaca Nonsastra |
istilah |
Disajikan
sebuah kalimat, peserta didik dapat
menentukan makna istilah pada kalimat tersebut. |
7 |
L1 |
PG |
8 |
Menggali
informasi tersirat pada sebuah teks bacaan |
Membaca Nonsastra |
Menggali
Informasi tersirat teks |
Disajikan
teks bacaan, peserta didik dapat menemukan informasi
tersirat teks bacaan tersebut. |
8 |
L2 |
PG |
9 |
Menentukan
pernyataan sesuai isi teks |
Membaca Nonsastra |
Pernyataan
sesuai isi teks |
Disajikan
teks bacaan, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi
teks tersebut. |
9 |
L2 |
PG |
10 |
Menentukan
ide pokok teks |
Membaca Nonsastra |
Ide
pokok teks |
Disajikan
teks bacaan, peserta didik
dapat menentukan ide pokok teks tersebut. |
10 |
L1 |
PG |
11 |
Mengidentifikasi
jenis teks |
Membaca Nonsastra |
Jenis-jenis
teks |
Disajikan
teks bacaan,peserta didik
dapat menentukan jenis teks dari
bacaan tersebut. |
11 |
L2 |
PG |
12 |
Memprediksi
kejadian berdasarkan isi teks |
Membaca Nonsastra |
Memprediksi
kejadian berdasarkan isi teks |
Disajikan
teks bacaan, peserta didik dapat memprediksi kejadian berdasarkan teks bacaan
tersebut. |
12 |
L3 |
PG |
13 |
Membandingkan
isi teks |
Membaca Nonsastra |
Membandingkan
isi teks |
Disajikan
dua teks bacaan, peserta didik dapat menganalisis persamaan isi dari kedua
teks tersebut |
13 |
L3 |
PG |
14 |
Melengkapi
tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks |
Membaca Nonsastra |
Tabel
dengan pokok-pokok pikiran |
Disajikan
sebuah teks bacaan dan sebuah tabel rumpang, peserta didik dapat melengkapi
tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks. |
14 |
L1 |
PG |
15 |
Menentukan
Informasi tersurat pada karya sastra |
Membaca Sastra |
Informasi
tersurat pada karya Sastra |
Disajikan
sebuah pantun , peserta didik dapat menentukan informasi tersurat pada pantun
tersebut. |
15 |
L1 |
PG |
16 |
Menentukan
unsur Instrinsik karya sastra |
Membaca Sastra |
Unsur
Instrinsik |
Disajikan
sebuah teks percakapan tentang
peristiwa , peserta didik dapat menjelaskan
tokoh dalam percakapan tersebut. |
16 |
L1 |
PG |
17 |
Menentukan
unsur Instrinsik karya sastra |
Membaca Sastra |
Unsur
Instrinsik |
Disajikan
sebuah teks percakapan tentang
peristiwa , peserta didik dapat menjelaskan
watak
tokoh yang ada di dalam percakapan tersebut. |
17 |
L1 |
PG |
18 |
Menentukan
unsur Instrinsik karya sastra |
Membaca Sastra |
Unsur
Instrinsik |
Disajikan
sebuah teks percakapan tentang
peristiwa , peserta didik dapat menjelaskan
latar/tempat dari percakapan tersebut. |
18 |
L1 |
PG |
19 |
Memaknai
kata/simbol/kias |
Membaca Sastra |
Makna
kata/simbol/kias |
Disajikan
sebuah puisi tentang kepahlawanan, peserta didik dapat menentukan makna
kata yang bercetak miring dalam puisi tersebut |
19 |
L1 |
PG |
20 |
Menyimpulkan
Informasi tersirat dalam karya sastra |
Membaca Sastra |
Informasi
tersirat Karya Sastra |
Disajikan
sebuah teks cerita, peserta didik dapat menyimpulkan informasi tersirat pada teks cerita tersebut . |
20 |
L2 |
PG |
21 |
Menyimpulkan
Informasi tersirat dalam karya sastra |
Membaca Sastra |
Informasi
tersirat Karya Sastra |
Disajikan
sebuah penggalan cerita rakyat, peserta didik dapat memaknai kalimat yang
bercetak miring pada cerita tersebut. |
21 |
L2 |
PG |
22 |
Menentukan
unsur instrinsik karya sastra |
Membaca Sastra |
Unsur
Instrinsik Karya Sastra |
Disajikan
sebuah teks drama, peserta didik dapat menentukan amanat yang terkandung
dalam teks drama tersebut . |
22 |
L2 |
PG |
23 |
Menentukan
unsur instrinsik karya sastra |
Membaca Sastra |
Unsur
Instrinsik Karya Sastra |
Disajikan
sebuah teks drama, peserta didik dapat menentukan konflik yang terkandung
dalam teks drama tersebut . |
23 |
L2 |
PG |
24 |
Menentukan
unsur instrinsik karya sastra |
Membaca Sastra |
Unsur
Instrinsik Karya Sastra |
Disajikan
sebuah cerita, peserta didik dapat menentukan tema dalam cerita tersebut . |
24 |
L1 |
PG |
25 |
Memprediksi
kejadian berdasarkan isi cerita |
Membaca sastra |
Memprediksi
kejadian berdasarkan isi cerita |
Disajikan
sebuah teks cerita, peserta didik dapat memprediksi kejadian berdasarkan isi
cerita |
25 |
L3 |
PG |
26 |
Mengevaluasi
keteladanan tokoh cerita |
Membaca sastra |
Keteladanan
tokoh cerita |
Disajikan
teks cerita, peserta didik dapat menganalisis keteladanan tokoh cerita |
26 |
L3 |
PG |
27 |
Menanggapi
nilai-nilai cerita |
Membaca sastra |
Nilai-nilai
cerita |
Disajikan
teks cerita, peserta didik dapat menanggapi nilai-nilai cerita |
27 |
L3 |
PG |
28 |
Melengkapi teks dengan istilah |
Menulis terbatas |
Melengkapi
teks dengan istilah |
Disajikan
teks rumpang, peserta didik dapat melengkapinya dengan menggunakan kata
istilah |
28 |
L1 |
PG |
29 |
Melengkapi kalimat dengan ungkapan |
Menulis terbatas |
Ungkapan |
Disajikan
sebuah kalimat rumpang, peserta didik dapat melengkapi kalimat tersebut dengan ungkapan . |
29 |
L1 |
PG |
30 |
Melengkapi
teks dengan pribahasa |
Menulis terbatas |
Pribahasa |
Disajikan
sebuah teks ilustrasi, peserta didik dapat mengungkapkan teks tersebut
dengan menggunakan pribahasa |
30 |
L1 |
PG |
31 |
Melengkapi
kalimat dengan kata baku |
Menulis terbatas |
Kata
baku |
Disajikan
sebuah kalimat rumpang, peserta didik dapat melengkapi kalimat dengan kata
baku yang tepat |
31 |
L1 |
PG |
32 |
Melengkapi
teks dengan kata keterangan waktu |
Menulis terbatas |
Kata
Keterangan waktu |
Disajikan
sebuah teks rumpang, peserta didik dapat melengkapi teks dengan kata
keterangan waktu yang tepat |
32 |
L1 |
PG |
33 |
Menyusun
petunjuk menggunakan sesuatu |
Menulis terbatas |
Petunjuk
Penggunaan sesuatu |
Disajikan
gambar petunjuk penggunaan alat secara
acak, peserta didik dapat menyusun petunjuk
penggunaan sesuatu tersebut. |
33 |
L1 |
PG |
34 |
Melengkapi
teks pidato |
Menulis terbatas |
Teks
Pidato |
Disajikan
kutipan teks pidato, peserta didik dapat melengkapi teks pidato dengan
kalimat yang tepat |
34 |
L2 |
PG |
35 |
Menyusun teks
deskripsi |
Menulis terbatas |
Teks
Deskripsi |
Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat mendeskripsikan gambar tersebut. |
35 |
L2 |
PG |
36 |
Melengkapi
kalimat dengan kata bentukan |
Menulis terbatas |
Melengkapi
kalimat dengan kata bentukan |
Disajikan
teks rumpang, peserta didik dapat melengkapi teks tersebut dengan kata
bentukan yang tepat |
36 |
L1 |
PG |
37 |
Menyusun
teks narasi |
Menulis terbatas |
teks
narasi |
Disajikan
gambar, peserta didik dapat menyusun teks narasi dari gambar tersebut |
37 |
L2 |
PG |
38 |
Melengkapi
teks iklan |
Menulis terbatas |
teks
iklan |
Disajikan
gambar iklan, peserta didik dapat melengkapi teks iklan tersebut dengan
kalimat yang sesuai |
38 |
L2 |
PG |
39 |
Melengkapi
teks laporan |
Menulis terbatas |
teks
laporan |
Disajikan
teks laporan rumpang, peserta didik dapat melengkapi teks laporan tersebut |
39 |
L2 |
PG |
40 |
Memperbaiki
penggunaan kata |
Menulis terbatas |
Penggunaan
kata |
Disajikan
kalimat, peserta didik dapat memperbaiki penggunaan kata pada kalimat
tersebut |
40 |
L3 |
PG |
41 |
Memperbaiki
penulisan istilah |
Menulis terbatas |
Penggunaan
istilah |
Disajikan
teks, peserta didik dapat memperbaiki penggunaan istilah pada teks tersebut |
41 |
L3 |
PG |
42 |
Memperbaiki
tata kalimat dalam paragraf |
Menulis terbatas |
Tata
kalimat dalam paragraf |
Disajikan
paragraf yang terdiri dari empat kalimat, peserta dapat memperbaiki tata
kalimat yang salah |
42 |
L3 |
PG |
43 |
Mengidentifikasi
kesalahan penggunaan ejaan |
Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf,
dan tanda baca |
Menunjukkan
kesalahan penggunaan ejaan |
Disajikan
sebuah kalimat, peserta didik dapat menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan |
43 |
L1 |
PG |
44 |
Menentukan
kesalahan penggunaan ejaan |
Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf,
dan tanda baca |
Menentukan
kesalahan penggunaan ejaan |
Disajikan
paragraf yang terdiri dari empat kalimat, peserta didik dapat menunjukkan
kalimat yang memiliki kesalahan penggunaan ejaan |
44 |
L1 |
PG |
45 |
Mengidentifikasi
kesalahan penggunaan tanda baca |
Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf,
dan tanda baca |
Menunjukkan
kesalahan penggunaan tanda baca |
Disajikan
kalimat, peserta didik
dapat menunjukkan kesalahan dalam penggunaan tanda baca |
45 |
L1 |
PG |
46 |
Menggunakan
ejaan (huruf kapital) dalam sebuah kalimat |
Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf,
dan tanda baca |
Menggunakan
ejaan (huruf kapital) |
Disajikan
sebuah kalimat, peserta didik dapat menggunakan ejaan (huruf kapital) pada
kalimat tersebut |
46 |
L2 |
PG |
47 |
Menggunakan
ejaan (tanda baca) dalam sebuah kalimat |
Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf,
dan tanda baca |
Menggunakan
ejaan (tanda baca) |
Disajikan
kalimat, peserta didik dapat menggunakan tanda baca pada kalimat tersebut |
47 |
L2 |
PG |
48 |
Menggunakan
ejaan (kata depan) dalam sebuah kalimat |
Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf,
dan tanda baca |
Menggunakan
ejaan (kata depan) |
Disajikan
kalimat, peserta didik dapat menggunakan kata depan yang tepat pada kalimat tersebut |
48 |
L2 |
PG |
49 |
Mengevaluasi
kesalahan penggunaan tanda baca |
Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf,
dan tanda baca |
Memperbaiki
kesalahan penggunaan tanda baca |
Disajikan
paragraf, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca |
49 |
L3 |
PG |
50 |
Mengevaluasi
kesalahan penggunaan ejaan |
Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf,
dan tanda baca |
Mengevaluasi
kesalahan penggunaan ejaan (kata ganti) |
Disajikan
paragraf, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan kata
ganti. |
50 |
L3 |
PG |
Komentar
Posting Komentar