28 Agustus 2025
Kamis, 28 Agustus 2025
Pendidikan Pancasila dan IPAS
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5B
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelum belajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.
Baiklah anak-anak semua,sebelum kita masuk ke materi kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan melaksanakan kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan IPAS
MATERI Pendidikan Pancasila
Tujuan pembelajaran : Murid dapat Meneladani dan menerapkan sikap para perumus Pancasila
Metode pembelajaran : PBL (Problem based Learning)
Media Pembelajaran : LCD
Materi Ajar : Sikap
positif para tokoh perumus Pancasila
· Tokoh Perumus Pancasila dan Sikap Positifnya
1. Ir. Soekarno
Ir. Soekarno dikenal sebagai proklamator sekaligus
Presiden pertama Republik Indonesia. Ia berani memperjuangkan kemerdekaan dan
pandai menyatukan bangsa yang beragam.
👉 Sikap
positif: Berani, percaya diri, pantang menyerah.
👉 Penerapan:
Berani bertanya di kelas, percaya diri saat presentasi, tidak mudah menyerah
jika gagal.
2. Drs.
Mohammad Hatta
Drs.
Mohammad Hatta adalah wakil presiden pertama. Beliau dikenal demokratis,
sederhana, dan bijaksana dalam mengambil keputusan.
👉 Sikap
positif: Demokratis, bijaksana, rendah hati.
👉 Penerapan:
Menghargai pendapat teman, bermusyawarah sebelum mengambil keputusan, tidak
sombong meskipun berprestasi
3. Mr. Muhammad Yamin
Muhammad
Yamin adalah seorang sastrawan, sejarawan, sekaligus ahli hukum. Ia sangat
mencintai budaya Indonesia dan punya wawasan luas.
👉 Sikap
positif: Cinta budaya, cerdas, berwawasan luas.
👉 Penerapan:
Rajin membaca buku, ikut kegiatan seni budaya di sekolah, bangga memakai produk
lokal.
4. Prof. Dr.
Soepomo
Soepomo
adalah seorang ahli hukum yang berperan besar dalam menyusun dasar negara. Ia
selalu mengutamakan persatuan bangsa.
👉 Sikap
positif: Mengutamakan persatuan, berpikir logis, adil.
👉 Penerapan:
Mendahulukan kepentingan bersama, adil membagi tugas kelompok, tidak egois saat
bermain.
5. KH. Abdul
Wahid Hasyim
KH. Abdul
Wahid Hasyim adalah tokoh Islam yang berperan penting dalam perumusan
Pancasila, terutama dalam menjaga persatuan antarumat beragama.
👉 Sikap
positif: Religius, toleran, menghargai perbedaan.
👉 Penerapan:
Rajin beribadah, menghormati teman yang berbeda agama, menghargai perayaan
keagamaan lain.
a.Nilai-Nilai Utama yang Dapat
Diteladani
1.
Persatuan – Mengutamakan kepentingan bersama di
atas kepentingan pribadi.
2.
Toleransi – Menghargai perbedaan suku, agama,
ras, dan pendapat.
3.
Musyawarah – Membicarakan masalah bersama untuk
mencari mufakat.
4.
Cinta Tanah Air – Menjaga keutuhan dan
kedaulatan bangsa.
5.
Kerja Sama – Saling membantu demi mencapai
tujuan bersama
6.
Jujur dan Adil – Mengatakan kebenaran dan
memperlakukan semua orang secara adil.
b . Contoh Sikap di Kehidupan
Sehari-hari
1.
Menghargai pendapat teman saat diskusi kelompok.
2.
Tidak membeda-bedakan teman berdasarkan suku
atau agama.
3.
Menjaga kebersihan sekolah bersama-sama.
4.
Berani menyampaikan ide dengan sopan.
5.
Mematuhi aturan yang berlaku di rumah dan
sekolah.
Materi: Sikap Positif Para Tokoh Perumus Pancasila
Tokoh perumus Pancasila yang dikenal berwibawa dan berani mengemukakan pendapat adalah …
a. Supomo
b. Ir. Soekarno
c. Mohammad Yamin
d. Ki Bagus Hadikusumo-
Sikap positif Drs. Mohammad Hatta yang dapat diteladani adalah …
a. Tegas
b. Bijaksana
c. Rajin membaca
d. Religius -
Tokoh perumus Pancasila yang dikenal rajin membaca dan berpikir kritis adalah …
a. Ir. Soekarno
b. Supomo
c. Mohammad Yamin
d. Ki Bagus Hadikusumo -
Ki Bagus Hadikusumo menunjukkan sikap positif berupa …
a. Kecintaan terhadap budaya
b. Keberanian
c. Taat terhadap ajaran agama
d. Kebijaksanaan -
Tokoh yang menekankan pentingnya persatuan bangsa dalam sidang BPUPKI adalah …
a. Ir. Soekarno
b. Supomo
c. Mohammad Yamin
d. Mohammad Hatta -
Sikap menghargai pendapat orang lain ditunjukkan oleh …
a. Ir. Soekarno
b. Mohammad Hatta
c. Ki Bagus Hadikusumo
d. Supomo -
Supomo dikenal sebagai tokoh yang memiliki sikap … dalam musyawarah.
a. Demokratis
b. Pandai berdiplomasi
c. Religius
d. Berani -
Tokoh yang menonjolkan sikap religius dalam perumusan Pancasila adalah …
a. Ir. Soekarno
b. Mohammad Yamin
c. Ki Bagus Hadikusumo
d. Supomo -
Drs. Mohammad Hatta dikenal memiliki sikap sederhana dan …
a. Rendah hati
b. Religius
c. Nasionalis
d. Tegas Tokoh yang memiliki jiwa nasionalisme yang kuat adalah …
a. Ir. Soekarno b. Supomo
c. Ki Bagus Hadikusumo d.Moh.Yamin
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar !
2. Sikap menghargai pendapat orang lain ditunjukkan oleh tokoh __________.
3. Supomo dikenal sebagai tokoh yang memiliki sikap __________ dalam musyawarah.
4.Tokoh yang menonjolkan sikap religius dalam perumusan Pancasila adalah __________.
5. Sikap sederhana dan rendah hati dimiliki oleh tokoh bernama __________.
MATERI IPAS
Tujuan pembelajaran : Murid dapat Memahami Komponen Hidup dan Tak Hidup serta pengaruhnya bagi ekosistem
Metode pembelajaran : PBL (Problem based Learning)
Media Pembelajaran : LCD
Materi Ajar :Mengklasifikasikan Komponen Biotik Berdasarkan Perannya dalam Rantai Makanan
1. Produsen dalam rantai makanan adalah organisme yang dapat menghasilkan makanannya sendiri, biasanya melalui proses fotosintesis, seperti tumbuhan hijau atau alga. Mereka adalah dasar dari semua rantai makanan karena menyediakan energi dan makanan bagi organisme lain, dan tidak bergantung pada organisme lain untuk mendapatkan energi.
Fungsi dan peran produsen:
- Menghasilkan makanan sendiri:Produsen seperti tumbuhan menggunakan energi matahari, air, dan karbon dioksida untuk membuat senyawa organik (gula) dan oksigen melalui fotosintesis.Dasar kehidupan:Tanpa produsen, tidak ada sumber energi dan makanan bagi konsumen (herbivora, karnivora, omnivora) dan dekomposer, sehingga kehidupan di ekosistem akan terganggu.Bertindak sebagai organisme autotrof:Istilah lain untuk produsen adalah
- organisme autotrof, yang berarti mereka mampu membuat makanan sendiri.
Contoh produsen:- Di darat: Tumbuhan hijau seperti padi, rumput, dan pohon di hutan.
- Di laut: Alga dan fitoplankton (tumbuhan mikroskopik).
- Di danau: Tumbuhan air seperti ganggang atau tumbuhan terapung.
- Menyediakan energi:
Energi yang dihasilkan oleh produsen inilah yang kemudian berpindah ke seluruh tingkat trofik dalam rantai makanan.Contoh Rantai Makanan di Sawah
Dalam sebuah rantai makanan dikenal adanya produsen, konsumen dan juga pengurai atau dekomposer. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan rantai makanan?Rantai makanan adalah siklus makan-dimakan antar makhluk hidup untuk bertahan hidup. Sehingga rantai makanan di sawah adalah siklus makan dimakan antar makhluk hidup yang terjadi di ekosistem sawah, di mana produsennya yaitu tanaman padi dan rerumputan.Pada rantai makanan di sawah, dapat dilihat bahwa :- 👉Tanaman padi adalah produsen,
- 👉Belalang adalah konsumen I,
- 👉Tikus merupakan konsumen II,
- 👉Ular adalah konsumen III,
- 👉Burung menjadi konsumen IV.
5. Kesimpulan
-
Komponen biotik dalam rantai makanan terdiri dari produsen, konsumen, dan pengurai.
-
Semua komponen saling berkaitan untuk menjaga keseimbangan ekosistem.
-
Jika salah satu komponen hilang, rantai makanan dapat terganggu.
Komponen biotik dalam rantai makanan terdiri dari produsen, konsumen, dan pengurai.
Semua komponen saling berkaitan untuk menjaga keseimbangan ekosistem.
Jika salah satu komponen hilang, rantai makanan dapat terganggu.






Komentar
Posting Komentar