01-10-2025
Rabu, 01 Oktober 2025
IPAS, Seni Rupa dan PAK
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5B
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.
Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan melaksanakan kegiatan pembelajaran IPAS Seni Rupa dan PAK
IPAS🍄
Tujuan Pembelajaran :Peserta didik dapat Memahami karakteristik gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
Metode Penbelajaran : Demostrasi
Alat Peraga : LCD
Berikut adalah rangkuman materi cahaya untuk kelas 5:
1. Pengertian Cahaya
Cahaya adalah energi yang dapat membuat benda tampak oleh mata. Tanpa cahaya, kita tidak dapat melihat apapun. Cahaya juga dapat merambat melalui ruang hampa (misalnya di luar angkasa).
2. Sumber Cahaya
Sumber cahaya terbagi menjadi dua, yaitu:
Sumber cahaya alami: Sumber cahaya yang ada di alam, seperti matahari, bintang, dan api.
Sumber cahaya buatan: Sumber cahaya yang dibuat oleh manusia, seperti lampu, lilin, dan senter.
3. Sifat Cahaya
Cahaya merambat lurus: Cahaya selalu bergerak dalam garis lurus. Hal ini bisa dilihat pada bayangan yang terbentuk ketika cahaya terkena benda.
Cahaya dapat dipantulkan: Ketika cahaya mengenai permukaan benda yang licin, cahaya akan dipantulkan. Contoh: cermin.
Cahaya dapat diteruskan: Beberapa benda memungkinkan cahaya untuk menembusnya, seperti kaca bening.
Cahaya dapat dibelokkan: Cahaya dapat dibelokkan saat melewati benda transparan yang bentuknya melengkung, seperti kaca pembesar.
4. Peristiwa Cahaya
Refleksi (Pemantulan): Ketika cahaya mengenai permukaan yang halus, cahaya akan dipantulkan kembali. Contoh: cermin.
Pembiasan Cahaya: Perubahan arah cahaya ketika melewati media yang berbeda (misalnya udara ke air). Contoh: pensil yang tampak patah di dalam air.
Dispersi: Pemisahan cahaya putih menjadi warna-warna lain. Contoh: pelangi yang terbentuk setelah hujan.
5. Bayangan
Bayangan Tegak: Bayangan yang terbentuk pada benda transparan, seperti kaca.
Bayangan Terbalik: Bayangan yang terbentuk dari benda yang terhalang cahaya, seperti bayangan di cermin datar.
👉 Jarak bayangan benda dengan jarak benda yang berada di depan cermin datar sama
Bayangan Lurus: Bayangan yang terbentuk pada benda yang dipantulkan oleh cahaya. Bayangan ini bisa berupa bayangan tajam atau buram, tergantung dari jarak benda dengan sumber cahaya.
6. Cahaya dan Penggunaannya
Lampu lalu lintas: Menggunakan cahaya untuk mengatur lalu lintas.
Optik: Ilmu yang mempelajari cahaya dan cara cahaya berinteraksi dengan benda. Contoh: penggunaan lensa pada kacamata atau mikroskop.
Sumber energi terbarukan: Cahaya matahari dapat digunakan untuk pembangkit listrik tenaga surya.
👉 Bila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat, maka cahaya akan dibiaskan mendekati garis
7. Kecepatan Cahaya
Cahaya bergerak dengan sangat cepat. Di udara, kecepatan cahaya adalah sekitar 300.000 km per detik. Kecepatan ini memungkinkan cahaya tiba dengan cepat di tempat yang jauh, seperti dari matahari ke bumi.
8. Spektrum Cahaya
Cahaya putih terdiri dari berbagai warna yang dapat dipisahkan menggunakan prisma. Spektrum cahaya terdiri dari warna-warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu, yang sering disebut sebagai warna pelangi.
Latigan soal
1. Tuliskan 3 sifat cahaya yang kamu ketahui!
2. Sumber energi utama di bumi ini adalah …
3. Bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi aslinya disebut ....
4. Bila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat, maka cahaya akan dibiaskan mendekati garis ....
5. Jarak bayangan benda dengan jarak benda yang berada di depan cermin datar adalah ....
SENI RUPA
Tujuan Pembelajaran :Merancang Karya Seni Rupa Berdasarkan Gagasan yang Sudah Dikembangkan
Model Pembelajaran : Discovery Learning dan Project-Based Learning (PjBL
Alat Peraga : LCD
Materi Ajar
1.
Pengertian Rancangan Karya Seni Rupa
·
Rancangan
karya seni rupa adalah rencana
awal sebelum membuat karya seni.
·
Rancangan
bisa berupa tulisan singkat atau sketsa yang menggambarkan ide utama.
·
Dengan
rancangan, karya akan lebih terarah dan sesuai tujuan.
2. Unsur
dalam Rancangan Karya Seni
1.
Tema → pokok pikiran dari karya (contoh:
lingkungan, persahabatan).
2.
Makna/Pesan → nilai yang ingin disampaikan.
3.
Unsur
rupa → garis, bentuk,
warna, tekstur, ruang.
4.
Bahan
dan alat → kertas, pensil,
cat, krayon, gunting, lem.
5.
Teknik → menggambar, melukis, kolase, mencetak.
3. Langkah
Merancang Karya Seni Rupa
1.
Menentukan
gagasan/ide utama.
2.
Menentukan
pesan atau makna dari karya.
3.
Menentukan
media, bahan, dan teknik.
4.
Membuat
sketsa rancangan sederhana.
5.
Menyempurnakan
rancangan sebelum diwujudkan jadi karya.
4. Contoh
·
Gagasan: menjaga lingkungan.
·
Rancangan: membuat poster berisi gambar anak menanam
pohon dengan tulisan “Ayo Hijaukan Bumi”.
·
Unsur
rupa: garis (batang
pohon), warna hijau (daun), bentuk anak.
·
Teknik: menggambar dan mewarnai dengan krayon.
✨ Ringkasan
·
Rancangan
adalah tahap penting sebelum membuat karya seni rupa.
· Rancangan berisi tema, makna, unsur rupa, bahan, teknik, dan sketsa.
·
Dengan
rancangan, gagasan lebih mudah diwujudkan menjadi karya nyata dan bermakna.
Murid dapat membuat rancangan dengan gagasan/ide : menjaga lingkungan.
· Rancangan: membuat poster berisi gambar anak menanam pohon dengan tulisan “Ayo Hijaukan Bumi”.
· Unsur rupa: garis (batang pohon), warna hijau (daun), bentuk anak.
· Teknik: menggambar dan mewarnai dengan krayon.
Tujuan Pembelajaran :Murid dapat memahami arti kedisiplinan dan dapat menerapkan di kehidupan sehari-hari
Model Pembelajaran : Tanya Jawab
Alat Peraga : LCD
P Materi PAK
Pengertian Kedisiplinan
K Kedisiplinan adalah sikap taat dan patuh terhadap
aturan yang berlaku, baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat. Disiplin
berarti melakukan sesuatu tepat waktu, sesuai aturan, dan dengan tanggung jawa
Tujuan Kedisiplinan
o -Membentuk pribadi
yang teratur dan bertanggung jawab.
o -Melatih siswa
agar menghargai waktu dan aturan.
o -Membiasakan hidup
tertib, aman, dan nyaman.
o -Menciptakan
lingkungan sekolah yang harmonis.
Contoh Sikap Disiplin
a. Di Rumah
o -Bangun dan tidur
tepat waktu.
o --Membantu orang
tua tanpa disuruh.
o -Merapikan tempat
tidur setelah bangun.
b. Di Sekolah
o -Masuk kelas tepat
waktu.
o -Mengumpulkan
tugas sesuai jadwal.
o -Memakai seragam
sesuai aturan.
. Di Masyarakat
o -Mengantri dengan
tertib.
o -Mematuhi
peraturan lalu lintas.
o -Tidak membuang
sampah sembarangan.
Manfaat Kedisiplinan
o -Hidup lebih
teratur.
o -Mencapai
cita-cita dengan baik.
o -Membuat orang
lain merasa nyaman.
o -Menumbuhkan rasa
tanggung jawab.
Akibat Tidak Disiplin
o -Hidup menjadi
berantakan.
o -Sulit mencapai
keberhasilan.
o -Tidak dipercaya
orang lain.
o -Dapat merugikan
diri sendiri dan orang lain.
Kesimpulan
o
Kedisiplinan
adalah kunci keberhasilan dan kebaikan hidup. Dengan disiplin, seseorang
belajar menghargai waktu, aturan, dan orang lain. Sikap disiplin harus dilatih
sejak dini agar menjadi kebiasaan baik sepanjang hidup.
Komentar
Posting Komentar