01-10-2025

 Rabu, 01 Oktober 2025

    IPAS, Seni Rupa dan PAK

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5B

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.

Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan  melaksanakan kegiatan  pembelajaran   IPAS Seni Rupa dan PAK

IPAS🍄

 

Tujuan Pembelajaran :Peserta didik dapat Memahami karakteristik gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Metode Penbelajaran : Demostrasi

 

Alat Peraga                : LCD

Berikut adalah rangkuman materi cahaya untuk kelas 5:

1. Pengertian Cahaya

Cahaya adalah energi yang dapat membuat benda tampak oleh mata. Tanpa cahaya, kita tidak dapat melihat apapun. Cahaya juga dapat merambat melalui ruang hampa (misalnya di luar angkasa).

2. Sumber Cahaya

Sumber cahaya terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Sumber cahaya alami: Sumber cahaya yang ada di alam, seperti matahari, bintang, dan api.

  • Sumber cahaya buatan: Sumber cahaya yang dibuat oleh manusia, seperti lampu, lilin, dan senter.

3. Sifat Cahaya

  • Cahaya merambat lurus: Cahaya selalu bergerak dalam garis lurus. Hal ini bisa dilihat pada bayangan yang terbentuk ketika cahaya terkena benda.

  • Cahaya dapat dipantulkan: Ketika cahaya mengenai permukaan benda yang licin, cahaya akan dipantulkan. Contoh: cermin.

  • Cahaya dapat diteruskan: Beberapa benda memungkinkan cahaya untuk menembusnya, seperti kaca bening.

  • Cahaya dapat dibelokkan: Cahaya dapat dibelokkan saat melewati benda transparan yang bentuknya melengkung, seperti kaca pembesar.

4. Peristiwa Cahaya

  • Refleksi (Pemantulan): Ketika cahaya mengenai permukaan yang halus, cahaya akan dipantulkan kembali. Contoh: cermin.

  • Pembiasan Cahaya: Perubahan arah cahaya ketika melewati media yang berbeda (misalnya udara ke air). Contoh: pensil yang tampak patah di dalam air.

  • Dispersi: Pemisahan cahaya putih menjadi warna-warna lain. Contoh: pelangi yang terbentuk setelah hujan.

5. Bayangan

  • Bayangan Tegak: Bayangan yang terbentuk pada benda transparan, seperti kaca.

  • Bayangan Terbalik: Bayangan yang terbentuk dari benda yang terhalang cahaya, seperti bayangan di cermin datar.

    👉 Jarak bayangan benda dengan jarak benda yang berada di depan cermin datar sama

  • Bayangan Lurus: Bayangan yang terbentuk pada benda yang dipantulkan oleh cahaya. Bayangan ini bisa berupa bayangan tajam atau buram, tergantung dari jarak benda dengan sumber cahaya.

6. Cahaya dan Penggunaannya

  • Lampu lalu lintas: Menggunakan cahaya untuk mengatur lalu lintas.

  • Optik: Ilmu yang mempelajari cahaya dan cara cahaya berinteraksi dengan benda. Contoh: penggunaan lensa pada kacamata atau mikroskop.

  • Sumber energi terbarukan: Cahaya matahari dapat digunakan untuk pembangkit listrik tenaga surya.

    👉 Bila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat, maka cahaya akan dibiaskan mendekati garis

7. Kecepatan Cahaya

Cahaya bergerak dengan sangat cepat. Di udara, kecepatan cahaya adalah sekitar 300.000 km per detik. Kecepatan ini memungkinkan cahaya tiba dengan cepat di tempat yang jauh, seperti dari matahari ke bumi.

8. Spektrum Cahaya

Cahaya putih terdiri dari berbagai warna yang dapat dipisahkan menggunakan prisma. Spektrum cahaya terdiri dari warna-warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu, yang sering disebut sebagai warna pelangi.

Latigan soal

1. Tuliskan 3 sifat cahaya yang kamu ketahui!

2. Sumber energi utama di bumi ini adalah …

3. Bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi aslinya disebut .... 

4. Bila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat, maka cahaya akan dibiaskan mendekati garis ....

5. Jarak bayangan benda dengan jarak benda yang berada di depan cermin datar adalah ....

SENI RUPA

Tujuan Pembelajaran :Merancang Karya Seni Rupa Berdasarkan Gagasan yang Sudah                                                    Dikembangkan

 Model Pembelajaran      : Discovery Learning dan Project-Based Learning (PjBL

Alat Peraga                : LCD

Materi Ajar

1. Pengertian Rancangan Karya Seni Rupa

·         Rancangan karya seni rupa adalah rencana awal sebelum membuat karya seni.

·         Rancangan bisa berupa tulisan singkat atau sketsa yang menggambarkan ide utama.

·         Dengan rancangan, karya akan lebih terarah dan sesuai tujuan.

2. Unsur dalam Rancangan Karya Seni

1.       Tema → pokok pikiran dari karya (contoh: lingkungan, persahabatan).

2.       Makna/Pesan → nilai yang ingin disampaikan.

3.       Unsur rupa → garis, bentuk, warna, tekstur, ruang.

4.       Bahan dan alat → kertas, pensil, cat, krayon, gunting, lem.

5.       Teknik → menggambar, melukis, kolase, mencetak.

3. Langkah Merancang Karya Seni Rupa

1.       Menentukan gagasan/ide utama.

2.       Menentukan pesan atau makna dari karya.

3.       Menentukan media, bahan, dan teknik.

4.       Membuat sketsa rancangan sederhana.

5.       Menyempurnakan rancangan sebelum diwujudkan jadi karya.

4. Contoh

·         Gagasan: menjaga lingkungan.

·         Rancangan: membuat poster berisi gambar anak menanam pohon dengan tulisan “Ayo Hijaukan Bumi”.

·         Unsur rupa: garis (batang pohon), warna hijau (daun), bentuk anak.

·         Teknik: menggambar dan mewarnai dengan krayon.

Ringkasan

·         Rancangan adalah tahap penting sebelum membuat karya seni rupa.

·         Rancangan berisi tema, makna, unsur rupa, bahan, teknik, dan sketsa.

·         Dengan rancangan, gagasan lebih mudah diwujudkan menjadi karya nyata dan bermakna.

L     LATIHAN

Murid dapat membuat rancangan  dengan  gagasan/ide : menjaga lingkungan.

·         Rancangan: membuat poster berisi gambar anak menanam pohon dengan tulisan “Ayo Hijaukan Bumi”.

·         Unsur rupa: garis (batang pohon), warna hijau (daun), bentuk anak.

·         Teknik: menggambar dan mewarnai dengan krayon.

Tujuan Pembelajaran :Murid dapat memahami arti kedisiplinan dan dapat menerapkan di                                       kehidupan sehari-hari

 Model Pembelajaran      : Tanya Jawab

Alat Peraga                : LCD 

P       Materi PAK

         Pengertian Kedisiplinan

K       Kedisiplinan adalah sikap taat dan patuh terhadap aturan yang berlaku, baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat. Disiplin berarti melakukan sesuatu tepat waktu, sesuai aturan, dan dengan tanggung jawa

       Tujuan Kedisiplinan

o      -Membentuk pribadi yang teratur dan bertanggung jawab.

o   -Melatih siswa agar menghargai waktu dan aturan.

o   -Membiasakan hidup tertib, aman, dan nyaman.

o   -Menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis.

Contoh Sikap Disiplin

a. Di Rumah

o   -Bangun dan tidur tepat waktu.

o   --Membantu orang tua tanpa disuruh.

o   -Merapikan tempat tidur setelah bangun.

b. Di Sekolah

o   -Masuk kelas tepat waktu.

o   -Mengumpulkan tugas sesuai jadwal.

o   -Memakai seragam sesuai aturan.

. Di Masyarakat

o   -Mengantri dengan tertib.

o   -Mematuhi peraturan lalu lintas.

o   -Tidak membuang sampah sembarangan.

Manfaat Kedisiplinan

o   -Hidup lebih teratur.

o   -Mencapai cita-cita dengan baik.

o   -Membuat orang lain merasa nyaman.

o   -Menumbuhkan rasa tanggung jawab.

Akibat Tidak Disiplin

o   -Hidup menjadi berantakan.

o   -Sulit mencapai keberhasilan.

o   -Tidak dipercaya orang lain.

o   -Dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

     

Kesimpulan

o   Kedisiplinan adalah kunci keberhasilan dan kebaikan hidup. Dengan disiplin, seseorang belajar menghargai waktu, aturan, dan orang lain. Sikap disiplin harus dilatih sejak dini agar menjadi kebiasaan baik sepanjang hidup.

     

Komentar

Postingan Populer