Materi Ajar Hari Selasa Tanggal 12 November 2019


Materi Ajar Hari Selasa 12-11-2019

Materi Tematik

Muatan IPA Tentang Medan Magnet
Pengertian Medan Magnet
Medan magnet adalah ruangan di sekitar masih dirasakan oleh magnet lain. Dalam arti luas Medan magnet, adalah suatu medan yang dibentuk dengan menggerakan muatan listrik (arus listrik) yang menyebabkan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya. (Putaran mekanika kuantum dari satu partikel membentuk medan magnet dan putaran itu dipengaruhi oleh dirinya sendiri seperti arus listrik; inilah yang menyebabkan medan magnet dari ferromagnet “permanen”). Sebuah medan magnet adalah medan vektor: yaitu berhubungan dengan setiap titik dalam ruang vektor yang dapat berubah menurut waktu. Arah dari medan ini adalah seimbang dengan arah jarum kompas yang diletakkan di dalam medan tersebut

Sifat Medan Magnet


Sifat Medan MagnetArus mengalir melalui sepotong kawat membentuk suatu medan magnet (M) disekeliling kawat. Medan tersebut terorientasi menurut aturan tangan kanan.

Magnet terdiri dari magnet-magnet kecil yang mengarah kearah yang sama (magnet elementer).Setiap magnet memiliki 2 kutub magnet, yaitu kutub utara dan selatan. Sifat dari kedua kutub itu adalah:
  • Jika kutub yang sejenis didekatkan akan saling tolak-menolak
  • Jika kutub yang tidak sejenis didekatkan akan saling tarik-menarik.
  • sifat magnet dapat menarik logam (seperti baja ataupun besi) atau benda sesama magnet.
  • sifat magnet memiliki dua kutub yang saling berlawanan yaitu kutub utara dan kutub selatan. Magnet selalu berpasangan kutubnya. Jika dipecah-pecah sampai kecil, magnet tetap memiliki dua kutub.
  • kutub magnet yang senama atau satu jenis akan tolak menolak. Sedangkan kutub yang tidak sejenis senantiasa akan tarik-menarik. Contohnya adalah jika ujung kutub utara magnet A didekatkan dengan kutub utara magnet B maka kedua magnet tersebut akan tolak-menolak. Akan tetapi jika kutub utara magnet A di dekatkan kutub utara magnet B maka akan tarik-menarik. Hal ini seperti cowok suka sama cewek. Artinya normal bukan?
  • magnet memiliki daerah di sekitarnya yang masih dipengaruhi magnet itu sendiri yang disebut dengan medan magnet. Misalnya jika kamu meletakkan sebuah jarum pentul pada dekat magnet, maka jarum pentul tersebut akan ketarik oleh magnet dan menempel.
Muatan Bahasa Indonesia Tentang Mengidentifikasi Jenis Teks Formulir

Formulir diartikan sebagai sebuah lembar atau pun surat yang harus diisi. Formulir ini tersedia dalam beragam jenis, antara lain sebagai  berikut:



●  FORMULIR PENDAFTARAN

●  KARTU ANGGOTA

●  WESEL POS
●  KARTU POS
●  DAFTAR RIWAYAT HIDUP
●  SLIP MENABUNG BANK

Dan lain lain.

Masing-masing jenis forumulir di atas memiliki fungsi spesifik yang berbeda. Misalnya formulir berupa Kartu Pos yang fungsinya adalah untuk berkirim kabar. Sementara jenis Daftar Riwayat Hidup fungsinya sebagai dokumen yang memuat informasi hidup seseorang.
Salah satu contoh formulir  yaitu formulir wesel pos
Blangko wesel pos ada dua macam, yaitu Wesel Pos Dalam Negeri dan Wesel Pos Luar Negeri. Wesel Pos Dalam Negeri digunakan untuk mengirim uang kepada seorang/instansi yang tinggal di wilayah Indonesia.
Sedangkan Wesel Pos Luar Negeri digunakan untuk mengirim uang kepada seseorang/instansi yang berada di luar negeri.
wesel

Langkah – Langkah Mengirim Uang Dengan Wesel Pos

Langkah-langkah untuk mengirim uang dengan wesel pos sebagai berikut.
1. Ambil blangko wesel pos yang tersedia di kantor-kantor pos.
2. Isilah secara lengkap. Yang perlu diisi adalah:
  • Tanggal pengiriman uang
  • Besarnya uang yang dikirim (Ditulis dalam bentuk angka dan bilangan)
  • Nama dan alamat lengkap pengirim
  • Nama dan alamat lengkap yang dikirimi
  • Isi pesan (maksimal 20 kata)
  • Tanda tangan dan nama terang pengirim
3. Serahkan blangko wesel pos kepada petugas pos. Petugas pos akan memeriksanya dan menentukan biaya pengirimannya.
4. Serahkan uang yang akan dikirim ditambah dengan biaya pengirimannya.
5. Petugas akan memberi selembar kertas sebagai bukti pengiriman. Simpanlah, kelak jika uang kiriman tidak sampai ke alamat, kamu dapat mempertanyakannya kepada petugas pos dengan memperlihatkan bukti pengiriman tersebut. Selanjutnya, petugas pos akan menelusurinya kembali.

Muatan Matematika.

Latihan soal-soal tentang.luas dan keliling lingkaran
Soal Luas dan Keliling Lingkaran plus Kunci Jawaban 3

1. Luas bangun pada gambar diatas adalah .... cm²
a. 55
b. 56,5
c. 57,5
d. 57,75

2. Jika sebuah lingkaran memiliki diamater sepanjang 50 cm, maka keliling dari lingkaran tersebut adalah .... cm.
a. 157
b. 160
b. 162
d. 168

3. Sebuah roda sepeda memiliki jari-jari 35 cm. Ketika sepeda dikayuh, roda tersebut berputar sebanyak 30 kali. Jarak yang ditempuh oleh sepeda tersebut adalah .... m.
a. 60
b. 65
c. 66
d. 70

4. Sebuah meja berbentuk lingkaran memiliki keliling 132 cm. Luas meja tersebut adalah .... cm²
a. 1.386
b. 1.396
c. 1.416
d. 1.426


5  Sebuah kolam renang berbentuk lingkaran memiliki diameter 40 meter. Kolam tersebut dikelilingi jalan setapak selebar 1 meter. Luas jalan setapak itu adalah .... m²
a. 128
b. 130
c. 135
d. 140

Komentar

Postingan Populer