Materi Ajar Kelas VI F Selasa 24 Maret 2020

Materi Ajar Kelas VI
Hari : Selasa , 24 Maret 2020
Menggunakan sinonim dan antonim
a.       Sinonim
Sinonim ialah dua kata atau lebih yang memiliki makna yang sama atau hampir sama.
Contoh:
·         yang sama maknanya
sudah  -  telah
sebab  -  karena
amat    -  sangat
·         yang hampir sama maknanya
untuk – bagi – buat – guna
cinta – kasih – sayang
melihat – mengerling – menatap – menengok
b.      Antonim
Antonim ialah kata-kata yang berlawanan maknanya/ oposisi.
Contoh:
besar            ><            kecil
ibu                 ><           bapak
bertanya     ><           menjawab
Menulis petunjuk pemakaian
Petunjuk adalah sesuatu tanda untuk menunjukkan atau memberi tahu. Pemakaian adalah proses, cara, atau penggunaan. Petunjuk pemakaian adalah suatu tanda untuk menunjukkan dalam penggunaan. Kamu harus mengetahui petunjuk pemakaian sebelum menggunakan agar kamu dapat menggunakan secara baik dan benar.
Agar benar-benar dapat memudahkan, petunjuk tersebut harus memenuhi syarat- syarat sebagai berikut.
a.       Jelas
Yang dimaksud jelas adalah tidak membingungkan dan mudah diikuti. Hal ini menyangkut masalah pilihan kata atau bahasa yang digunakan serta keruntutan uraiannya. Penggunaan nomor untuk membedakan langkah yang satu dan langkah berikutnya juga dapat lebih memperjelas petunjuk. Selain itu, kejelasan juga dapat dicapai dengan menggunakan istilah-istilah yang lazim.
b.      Logis
Syarat logis ini terutama berkaitan dengan urutan penjelasan. Urutan yang sistematis dapat menghindarkan dari kesalahan atau ketumpangtindihan dalam melakukan sesuatu.
c.       Singkat
Singkat berarti hanya mencantumkan hal-hal yang penting saja, tidak ada yang berulang, dan sudah mencukupi keseluruhan proses yang dibutuhkan.
d.      Menggunakan kalimat perintah
Coba kamu perhatikan petunjuk pemakaian obat berikut ini!
1)      Obat diminum 3 kali sehari
2)      Obat diminum setelah makan
3)      Minum obat dengan duduk tenang
4)      Harus dengan resep dokter
Setelah minum obat, barulah dapat beristirahat. Tidak boleh terlalu capek karena dapat menghalangi kerja obat
Menentukan isi bacaan
Untuk mengetahui pengetahuan seseorang tehadap isi bacaan yang dibacanya, perlu adanya pertanyaan yang berhubungan dengan topik bacaan dan jawaban dari pembaca teks mengenai topik dari bacaan itu.
Perhatikan ketentuan berikut!
a.       Dalam membuat pertanyaan dari suatu bacaan kata yang umum digunakan adalah apa (menanyakan benda), siapa (menanyakan orang), mengapa (menanyakan sebab), dimana (menanyakan waktu), dan bagaimana (menanyakan cara, hal, keadaan, dan sebagainya).
b.      Dalam hal menjawab, suatu pertayaan, pembaca harus menggunakan kaliamat yang sempurna, singkat, padat, jelas, dan berhubungan dengan isi atau hal yang ditanyakan.


Tema
Tema adalah gagasan, ide, atau pikiran utama, yang digunakan sebagai dasar dalam menuliskan cerita.
Amanat
Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca melalui cerita yang dibuatnya.
3.       Menentukan isi laporan
Laporan adalah segala sesuatu yang dilaporkan dari seseorang atau suatu badan hukum sehubungan dengan tugas yang dibebankan kepadanya. Membaca laporan berarti membaca pemberitahuan hasil dari suatu pengamatan. Laporan dibuat setelah mengadakan observasi atau pengamatan. Topik laporan adalah pokok yang dibicaran dalam laporan.
a.       Fungsi laporan
(1)    memberitahukan atau menjelaskan dasar penyusunan, kebijakan, keputusan atau pemecahan masalah.
(2)    memberitahukan atau menjelaskan pertanggungjawaban tugas dan kegiatan.
(3)    merupakan bahan untuk pendokumentasian.
(4)    merupakan sumber informasi.
b.      Tujuan laporan
(1)    mengetahui kemajuan dan perkembangan suatu masalah.
(2)    mengadakan pengawasan dan perbaikan.
(3)    mengambil suatu keputusan yang lebih efektif.
c.       Syarat pembuatan laporan
(1)    menggunakan bahasa yang jelas, singkat, dan benar.
(2)    mengemukakan isi laporan dengan lengkap dan sistematis.
(3)    Didasari oleh fakta yang benar dan meyakinkan
(4)    Menarik dan enak dibaca
d.      Kerangka Laporan
(1)    Pendahuluan
Berisi latar belakang kegiatan yang dilaksanakan
(2)    Isi laporan
Berisi rincian kegiatan yang dilakukan beserta hasilnya. Kegiatan yang dilaporkan lengkap dengan nama, tempat, waktu, dan orang yang terlibat dalam kegiatan
(3)    Penutup laporan
Berisi kesimpulan
(4)    Laporan diakhiri dengan identitas pembuat laporan
Unsur-unsur dalam drama
Unsur dalam drama terdiri atas tokoh, alur, latar, dan tema.
a.       Tokoh
Tokoh dalam drama digolongkan dalam beberapa jenis.
Berdasarkan peranannya, terdapat tokoh utama dan tokoh tambahan. Berdasarkan fungsi tampilannya, dikenal tokoh protagonis, antagonis, dan tritagonis. Berdasarkan pengungkapan wataknya, ada tokoh bulat dan tokoh datar.
b.      Alur
Alur drama adalah rangkaian peristiwa dalam sastra drama yang mempunyai penekanan pada adanya hubungan sebab-akibat, yang berupa jalinan peristiwa. Drama sebagai karya sastra lengkap, umumnya mengandung delapan tahapan alur. Kedelapan tahapan alur itu yaitu: eksposisi atau pemaparan, rangsangan, konflik, rumitan, klimaks, kritis, leraian, dan penyelesaian. Untuk memahami drama, kita harus melihatnya secara keseluruhan, tidak bisa hanya membaca sinopsisnya saja.
c.       Latar
Latar adalah segala sesuatu yang mengacu kepada keterangan mengenai waktu, ruang, serta suasana peristiwanya. Latar pada drama dalam pementasan biasanya dibuat panggung yang dihiasi dengan dekorasi, seni lukis, tata panggung, seni patung, tata cahaya, dan tata suara.
SAOL B.INDONESIA
Contoh Soal Bahasa Indonesia
Dibawah ini terdapat beberapa soal yang merupakan sebuah prediksi un 2020 yang akan keluar, yakni sebagai berikut:
Soal. 1
Pada sebuah pertandingan sepakbola yakni PSS melawan Persebaya yang berakhir dengan kemenangan yang didapat dari Persebaya. Kemeriahan yang terdapat dalam pertandingan tersebut.
Sehingga membuat dari suporter kedua kubu masing-masing banyak memenuhi area tempat permainan tersebut berlangsung .
Pada saat pertandingan dimulai mereka saling menjaga diri untuk menghindari keributan sampai pertandingan usai. Arti dari istila suporter diatas adalah?..
A. Parapenonton
B. Para Mendukung
C. Para Pemain
D. Dan paraPemirsa
Soal.2
Pada mulanya para petani jagu memulai dengan menanam. Lalu kemudian setelah tiga sampai empat hari bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah.
Petani dapat memanen jagung pada saat tanaman tersebut menginjak usia setengah bulan.
Demikianlah sebuah fase untuk petani menanam jagung maka Ide pokok dari paragraf itu ialah….
A. tata cara atau tekni bertani jagung
B. awal mula menanamjangung
C. tahapan bertani jagung
D. usia jagung dipanen
Soal.3
Hasil dari pabrik industri mengeluarkan air limbah yang sangat berbahay . Sebab air tersebut didalamnya terkandung sebuah racun. Dan dampak dari adanya racun itu dapat berikabat terhadap kesehatan manusia. Nah pertanyaanya adalah arti kata limbah pada paragraf tersebut yakni….
pada paragraf tersebut yakni….
A. sesuatu yang tidak dipakai
B. sisa proses produksi
C. sisa bahan industri
D. bahan sortiran pabrik
Soal.4
Apabila diperhatikan tumbuhan tersebut terlihat pendek .
Sebutkanlah Antonim dari kata pendek pada kalimat diatas?….
A.besar
B.tinggi
C.panjang
D.rimbun
Soal.5
Pada masa terjadinya peperangan dimana pada saat itu Belanda hendak melumpuhkan Diponegoro akan tetapi ia tidak berhasil.
Pada akhirnya Belanda mengeluarkan taktiknya yakni dengan berbohong agar dapat mengalahkannya.
Sehingga pada waktu itu Pimpinan Belanda, berpura-pura membuat perundingan terhadap dipenogoro di Magelang. Kemudian belanda berhasil mengkap Diponegoro.
Dan selnjutnya ia dibawa dan diasingkan diBatavia, dan selnjutnya ia juga dibawa kembali keManado.
Dan setelah terakhir ia dipindahkan kembali mneuju Makasar hingga sampai ia wafat pada 8Juni1855.
Bagaimana cara Belanda mengalahkan Diponegoro? Cara Belanda mengalahkan Diponegoro dengan ….
A. penangkapan
B. penipuan
C. pengasingan
D. penculikan
Soal.6
Setiap sekolah menggalakkan gerakan literasi dengan beberapa kegiatan. Salah satu diantaranya adalah membaca buku sepuluh menit sebelum pelajaran dimulai.
Adapun tujuan adanya program ini yakni agar dapat mengajarkan untuk menanamkan kebiasaan membaca.
Sebab dengan kita rajin membaca, maka akan menambah pengetahuan dan wawasan siswa.
Mengapa literasi perlu digalakkan? ….
A. agar dapat membaca buku sebelum pelajaran dimulai
B. Guna membantu dalam menumbuhkan keinginan membaca
C. Agar menambah petahuan membaca kita akan semakin banyak
D. agar membuat wawasan terhadap buku yang kita baca meluas
Soal.7
Kita dapat membuat kompas dengan cara sederhana. Cara membuatnya dengan menimbun sampah dedaunan di dalam lubang. Sebaiknya, lubang dibuat di tempat teduh.
Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses pembusukan. Apabila pada tumpukan sampah hasil dari dedaunan tidak ditempatkan tidak ditaruh diarea yang teduh, maka apakah yang akan terjadi?..
A. tempat teduh akan mempercepat pembusukan
B. Dengan udara yang lembab akan mempercepat pembusukan pada dedaunan tersebut.
C. Pada sampah dedaunan tidak akan cepat membusuk
D. sampah dedaunan tidak akan pernah busuk
Soal.8
Bacalah teks percakapan berikut dengan cermat! Ami: “angga,apaayahmu sedangdi rumah?”
Angga: “Tidak. Kau jadi akan belajar cara mencangkok pohon?”
Ami: “Ya. Dimana beliau?” Angga:Ayahkumasih bekerja.” Ami: “Kapan beliau pulang?” Angga: “Biasanya sore.”
Ami: “Baiklah, nanti sore aku kembali ke sini.”
Tema Percakapan yang tertulis itu ialah….
A. Sedang belajar-mencangkok
B. Bersama-sama mencangkok
C. Merencanakan mencangkok
D. cara mencangkok pohon
ContohSA. agar dapat membaca buku sebelum pelajaran dimulai
B. Guna membantu dalam menumbuhkan keinginan membaca
C. Agar menambah petahuan membaca kita akan semakin banyak
D. agar membuat wawasan terhadap buku yang kita baca meluas
ContohSoal.7
Kita dapat membuat kompas dengan cara sederhana. Cara membuatnya dengan menimbun sampah dedaunan di dalam lubang. Sebaiknya, lubang dibuat di tempat teduh.
Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses pembusukan. Apabila pada tumpukan sampah hasil dari dedaunan tidak ditempatkan tidak ditaruh diarea yang teduh, maka apakah yang akan terjadi?..
A. tempat teduh akan mempercepat pembusukan
B. Dengan udara yang lembab akan mempercepat pembusukan pada dedaunan tersebut.
C. Pada sampah dedaunan tidak akan cepat membusuk
D. sampah dedaunan tidak akan pernah busuk
ContohSoal.8
Bacalah teks percakapan berikut dengan cermat! Ami: “angga,apaayahmu sedangdi rumah?”
Angga: “Tidak. Kau jadi akan belajar cara mencangkok pohon?”
Ami: “Ya. Dimana beliau?” Angga:Ayahkumasih bekerja.” Ami: “Kapan beliau pulang?” Angga: “Biasanya sore.”
Ami: “Baiklah, nanti sore aku kembali ke sini.”
Tema Percakapan yang tertulis itu ialah….
A. Sedang belajar-mencangkok
B. Bersama-sama mencangkok
C. Merencanakan mencangkok
D. cara mencangkok pohon
Soal.9
Perhatikan cuplikan pidato berikut!
Teman-teman, waktu ujian sekolah semakin dekat. Jangan terlena dan bermalas-malasan, jika tidak ingin kecewa. Nilai ujian sekolah yang memuaskan harus diraih.
Dengan demikian kita dapat melanjutkan ke sekolah lanjutan yang diinginkan. Marilah belajar dengan lebih rajin agar mendapat nilai ujian yang memuaskan!
Isi pidato tersebut adalah ….
A. belajar rajin agar memperoleh nilai ujian sekolah yang memuaskan
B. siswa tidak boleh terlena terhadap nilai ujian sekolah yang memuaskan
C. setelah lulus, siswa sekolah dasar harus melanjutkan ke sekolah lanjutan
D. siswa yang bermalas-malasan pasti tidak bisa melanjutkan ke sekolah lanjutan
Soal.10
Teks 1
Hampir empat tahun Andi merantau di Tangerang. Andi menjadi buruh pabrik elektronik. Selama itu, belum sekalipun Andi pulang ke kampung halaman karena kesibukannya. Keluarga sangat merindukan Andi. Mereka berharap tahun depan Andi pulang.
Teks 2
Arif seorang direktur di perusahaan. Belum lama ini perusahaan Arif membuka cabang di Tangerang. Ia ditugaskan di cabang baru itu. Perusahaannya berkembang pesat sehingga membuatnya sibuk. Ia tidak pernah pulang kampung.
Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah ….
A. mereka bekerja di bidang ekonomi
B. jenjang karir mereka di perusahaan
C. kesibukan yang mereka alami
D. mereka bukan warga asli Tangerang
SOAL MATEMATIKA
1. Hasil √9.216 – √5.184 : √144 = ….
A. 2
B. 13
C. 86
D. 90
2. KPK dari 39, 63, 84 adalah ….
A.  22 x 32 x 7 x 13
B.  2 x 32 x 7 x 13
C.  22 x 3 x 7 x 13
D.  2 x 3 x 7 x 13
3. Sebuah taman berbentuk persegi panjang. Panjang taman 288 meter dan lebar setengah dari panjangnya. Di sekeliling taman tersebut diletakkan lampu penerangan. Jarak antar lampu penerangan 24 meter. Jarak 4 meter dari tepi luar, diletakkan tempat duduk. Jarak antar tempat duduk 16 meter. Selisih banyak lampu penerangan dengan tempat duduk ada ….
A. 16 buah
B. 17 buah
C. 36 buah
D. 52 buah
4. Bakso dalam kulkas bersuhu 8oC di bawah nol. Setelah dimasak dalam air mendidih selama 45 menit, suhu bakso tersebut naik 95oC. Saat dihidangkan suhu bakso turun 27oC. Selisih suhu bakso saat dalam kulkas dan saat dihidangkan adalah ….
A.  52oC
B.  60oC
C.  68oC
D.  35oC
5. Pak Bondan memelihara kambing 24 ekor dan ayam 32 ekor lebih banyak dari kambing. Perbandingan kambing
dengan ayam yang dipelihara Pak Bondan adalah ….
A.  3 : 4
B.  3 : 7
C.  3 : 10
D.  4 : 10
6. Pekan olahraga daerah diikuti lima daerah kabupaten dari DIY. Peserta dari Gunungkidul 15%, Kota Madya ¼,
Bantul dan Sleman masing-masing 0,15. Selebihnya Kulon Progo. Peserta dari Kulon Progo ada ….
A.  12%
B.  30%
C.  37,5%
D.  45%
7. Hasil 2.456 – 1.632 : 8 + 24 x 6 = ….
A.  762
B.  2.396
C.  2.549
D.  2.576
8. Ibu Sardi memiliki gelas 3,25 gross lebih 8 buah. Untuk keperluan acara pernikahan anaknya, bu Sardi meminjam gelas 16 lusin. Banyaknya seluruh gelas yang ada pada bu Sardi ada … biji.
A.  650
B.  658
C.  660
D.  668
9. Doni menyelesaikan lomba MIPA selama 3 jam 12 menit 24 detik, sedangkan Ari menyelesaikan lomba MIPA selama 1 jam 46 menit 48 detik. Selisih waktu menyelesaikan lomba MIPA Doni dengan Ari adalah ….
A.  01.25.36
B.  01.26.46
C.  01.35.36
D.  01.36.46
10 Perhatikan gambar berikut!

Lingkaran
Keliling bangun tersebut adalah ….
A.  78,5 cm
B.  157 cm
C.  1.962,5 cm
D.  3.925,0 cm

Komentar

Postingan Populer