Materi Ajar Kelas 3 C

 

Wujud Benda

Tema 3 Benda di Sekitarku

Subtema 2 Wujud Benda 

Pembelajaran 1 dan 2 

Manusia tidak dapat lepas dari benda di sekitarnya. Keberadaan benda mempermudah manusia melaksanakan aktivitasnya. Ada benda yang terbentuk di alam dan ada benda yang dibuat oleh manusia. Batu, air, dan pasir merupakan benda yang terbentuk di alam. Mobil, gunting, dan kertas merupakan benda yang dibuat oleh manusia.

Apakah kamu memperhatikan perbedaan dari benda-benda tersebut? Benda dapat dikelompokkan dalam tiga wujud. Wujud apa sajakah itu? Yuk, kita pelajari bersama.

Ayo Membaca 

Wujud Benda

Setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. 

Tas, buku, dan pensil berwujud padat

Minyak dan air berwujud cair

Gas hidrogen dalam balon berwujud gas

Dapatkah kamu menyebutkan contoh lainnya?


Ayo Mengamati 

Pernahkah kamu naik alat 
transportasi seperti pada 
gambar?

Tahukah kamu, termasuk ke 
dalam wujud benda apakah 
motor itu? 

Pada hari Minggu, Edo dibonceng ayah ke rumah nenek. Edo dibonceng ayah dengan motor.

Perhatikan denah jarak ke rumah nenek berikut ini! 


Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m.
Jarak ini dapat ditulis 5 km lebih 300 m. Jarak dari rumah Edo ke kebun binatang 1.523 m.
Satuan kilometer (km) dan meter (m) adalah satuan untuk menyatakan jarak. 

1 km =  ...  m


Ayo Membaca 

Benda memiliki ciri-ciri yang dapat diamati.
Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah 
menge  tahui wujud benda. Wujud benda dibedakan menjadi tiga, yaitu padat, cair, dan gas.
Ciri-ciri benda antara lain memiliki massa dan ruang (volume). Apakah yang dimaksud massa dan volume?

Siti memperhatikan bola basket dan bola plastik. Keduanya sama-sama bola, namun bahannya berbeda.
Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar? 
Simak percakapan Siti dengan Ibu guru berikut ini!

Ibu Guru : Anakanak perhatikan kedua bola di tangan ibu.
Kedua bola mempunyai ukuran yang berbeda. Kedua bola bahannya juga berbeda. Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?
Siti : Massa, Bu? Apakah massa itu, Bu?
Ibu Guru : Yuk, lakukan percobaan bersama! 
Letakkan kedua bola pada timbangan.
Apakah yang terjadi? Coba, lihatlah.
Udin : Bola basket lebih berat, Bu!
Ibu Guru : Benar, Udin. Bola  basket bahan penyusunnya beda dengan bola plastik. Bola basket terbuat dari karet sintesis. Bola plastik terbuat dari plastik. Bola basket lebih berat daripada bola plastik. Banyaknya bahan penyusun yang terdapat dalam benda disebut massa

Siti : Jadi, bola yang lebih berat memiliki
massa lebih besar? 
Ibu Guru : Benar, Siti! Massa umumnya diukur dengan satuan gram atau kilogram. Massa diukur dengan alat di bawah ini.
Ayo Berlatih 





Tugasmu!


Perhatikan gambar di bawah ini atau anak-anak dapat memperhatikan apa saja benda yang ada di dapur kalian.
Kemudian tulislah benda apa saja yang termasuk dalam benda padat, cair dan gas. 


Kamu telah mengamati gambar di atas. Kelompokkan benda-benda yang ada di dalam gambar sesuai wujudnya. 
Tuliskan hasil pengamatan dalam tabel berikut ini.

Benda Padat

Benda Cair

Benda Gas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Pengumpulan tugas: 
1. Mengirimkan bukti dokumentasi beribadah, seperti: sholat dhuha, murojaah dan mendengarkan tausyiah pagi 
2. Mengirmkan bukti kegiatan anak telah mengerjakan tugas beserta foto anak saat memegang tugasnya.
3. Mengisi absensi pada kolom komentar 
4. Jika terlambat mengerjakan tugas dapat konfirmasi terlebih dahulu 🙏

Terimakasih ananda semua, semoga kita selalu diberikan kesehatan dan selalu semangat dalam belajar 💪

Selamat mengerjakan 💪

Komentar

  1. Cahaya Mahatmaprita Ivan kelas 3C hadir

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Nabil arrafif hadir

    BalasHapus
  3. M.hafiz Eka laksana 3c hadir bu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer