Materi Ajar Kelas 3 C


 



                         رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا  وَارْزُقْنِي فَهْمًا وَاجْعَلْنِي مِنَ الصَّالِحِيْنَ



Bahan Ajar Tema 6 Subtema 1 PB 1

Hari/Tanggal        : Senin, 1 Februari 2021

Kelas                    : 3   C

Tema                            :: 6 (Energi dan Perubahannya)

Subtema               : 1 (Sumber Energi)

Pembelajaran        : 1( Satu)

Alat Peraga           : Gambar dan video

 Kompetensi Dasar :

Bahasa Indonesia : 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

SBDP: KD 3.2  Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu

         

Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat memahami bacaan teks dan menemukan informasi

2. Siswa dapat menyanyikan lagu Matahari, Cipta: Nurhasana

Assalamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Baik disini ibu akan menjelaskan sedikit Penilaian Harian, dimana pembahasan soal di bawah ini

SOAL PENILAIAN HARIAN SUBTEMA 4 TEMA 5

1. Kita melakukan kerja sama dengan penuh rasa ..

a. iba

b. tanggung jawab

c. terpaksa

d. malas 

2. Memberi kesempatan kepada teman untuk berpendapat saat berdiskusi merupakan sikap

a. tercela

b. terbuku

c. terpuji

d. sesuai

3. Garis yang membagi bumi menjadi bagian utara dan selatan adalah ...

a. garis khatulistiwa

b. garis matahari

c. garis iklim

d. garis angin

4. Iklim yang terjadi di Indonesia adalah iklim ...

a. Subtropis

b. sedang

c. dingin

d. Tropis

5. Tanaman yang tetap subur walau saat musim kemarau adalah ...

a. bayam

b. kol

c. padi

d. kaktus

6. Lamanya keadaan cuaca di suatu daerah tertentu, disebut ...

a. equator

b. pancaroba

c. Iklim

d. Musim

7. Hasil pengurangan dari 5/4 dan 2/4 adalah ...

a. 1/4

b. 2/4

c. 3/4

d. 4/4

8. Aya mempunyai kue yang dipotong menjadi 10 bagian sama besar. Aya memakan 4 bagian kue saat pagi dan 3 bagaian kue saat istirahat. Bagian kue yang tersisa adalah ..

a. 3/10

b. 4/10

c. 5/10

d. 7/10

9. Teknik aplikasi biasanya digunakan dalam seni ...

a. memahat

b. melukis

c. menjahit

d. menari

10. Membuat aplikasi menggunakan kain dengan menjahit teknik ... 

a. jelujur

b. tangkai


Yuk kita melanjutkan materi pembelajaran. 


Lihat dan amatilah bumi yang kita tempati. Semua diciptakan Tuhan untuk kelangsungan  hidup manusia. Di bumi ada matahari, air, udara, tumbuhan, dan hewan. Semuanya bermanfaat bagi manusia. Benda-benda tersebut menghasilkan energi. Apa itu energi? Bagaimana energi diperoleh? Bagaimana cara manusia memanfaatkan energi? Apakah energi akan habis? Bagaimana agar energi tidak cepat habis? Masih banyak lagi pertanyaan lainnya tentang energi. Mari kita pelajari bersama!

Ayo Mengamati


Saat mengikuti kegiatan jasmani tiba-tiba tubuh Siti lemas dan hampir jatuh. Wajahnya nampak pucat. Pak guru segera membawa Siti ke ruang Unit Kesehatan Sekolah atau UKS. Sambil berjalan ke UKS Pak Guru menanyakan apakah Siti sudah sarapan. Ternyata Siti belum sarapan. Itulah sebabnya tubuh Siti menjadi lemas tidak  bertenaga.  Sesampainya di ruang UKS, Siti disuruh berbaring. Sementara Pak Guru membuatkan teh manis. Kemudian, Pak Guru menyuruh Siti minum teh manis tersebut. Pak Guru menjelaskan kepada Siti  bahwa tubuh kita butuh energi.

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut ini! 

MATAHARI SUMBER ENERGI TERBESAR

 Matahari Sumber Energi Terbesar Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi. Tuhan menciptakan bermacammacam sumber energi.  Air dan udara adalah sumber energi.  Tumbuhan dan hewan adalah sumber makanan. Makanan menghasilkan energi  bagi tubuh. Jadi, tumbuhan dan hewan juga  sumber energi. Sumber energi lainnya yang ada di bumi adalah matahari. Matahari menghasilkan energi cahaya dan panas. Cahaya dan panas matahari merupakan sumber kehidupan di bumi. Matahari adalah sumber energi terbesar di bumi.




Tanpa matahari, tumbuhan tidak dapat melakukan fotosintesis. Dari proses fotosintesis dihasilkan makanan dan oksigen. Makanan dan oksigen sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia
dan makhluk hidup lainnya. Selain membantu proses fotosintesis, sinar matahari juga merupakan sumber energi listrik. Melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), energi cahaya matahari diubah menjadi energi listrik. Salah satu PLTS terbesar di Indonesia terdapat di Kabupaten Karangasem, Bali.


Ayo Bernyanyi


Matahari adalah sumber energi yang paling penting di bumi. Kita harus bersyukur atas karunia  Tuhan karena adanya energi matahari. Ungkapan syukur dapat ditunjukkan melalui sebuah syair lagu. Melalui lagu kita dapat mengungkapkan perasaan kita terhadap apa saja. Seperti lagu berikut ini yang mengungkapkan rasa suka cita dan syukur atas  adanya matahari sebagai sumber energi.

Ayo kita belajar menyanyikan lagu berikut! Jangan malu atau ragu. Bernyanyilah dengan percaya diri!


Matahari Lirik

Matahari bersinarlah terang
burung burung pun berkicau riang
Harum semerbak bunga berkembang
tandanya hari mulai siang

Maha Kuasa Tuhan Yang Esa
Yang telah menurunkan rahmatNya
Tuhan Pengasih Tuhan Penyayang
Mari bersyukur kepadaNya

Matahari Sumber kehidupan
Sumber energi yang utama
cahayanya bersinar terang
pohon menari riang.

Simak lagu matahari di bawah ini ya Nak...👇

Lagu Matahari


Ayo Mengamati 

Untuk membuktikan bahwa matahari adalah sumber energi panas, Siti melakukan percobaan. Siti menyiapkan segumpal kapas dan sebuah kaca pembesar. Lalu Siti meletakkan kapas di atas sebuah wadah. Siti memegang kaca pembesar di atas kapas. Siti mengumpulkan sinar matahari ke kaca pembesar dan mengarahkan kumpulan cahaya itu ke kapas. Beberapa waktu kemudian kapas mulai mengeluarkan asap dan terbakar. Pada percobaan di atas, kita mengetahui bahwa cahaya matahari tidak langsung membakar kapas. Butuh waktu lama sampai kapas dapat terbakar.gambar 

Adapun kegiatan dibawah ini yang membutuhkan waktu yang lama dan singkat ! 
Contoh:


( kegiatan ini membutuhkan waktu yang lama)
( Kegiatan ini membutuhkan waktu singkat)

( Kegiatan ini membutuhkan waktu singkat)
(Kegiatan ini membutuhkan waktu yang lama)

Tugas mu!

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan membaca teks bacaan yang berjudul:

MATAHARI SUMBER ENERGI TERBESAR

1.Tuliskan informasi yang terdapat pada paragraf pertama!
    .......................................................................................
2. Paragraf ke berapakah terdapat informasi tentang sumber energi?
    ........................................................................................
3. Apa  manfaat energi panas matahari? Tuliskan 3 Contoh !
    .........................................................................................
4. Apa yang dihasilkan dari proses fotosintesis?
    .........................................................................................
5. Mengapa matahari disebut sebagai sumber energi terbesar di bumi?
   ..........................................................................................
  

Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (Grup WA)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto tugas ( Grup WA)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya nak 
4. Pengerjaan tugas paling lambat ditunggu sampai pukul 13.00 wib jika terlambat konfirmasi segera.

Terimakasih 🙏

Selamat Mengerjakan dan semoga berhasil 💪

Hasil Pembelajaran daring hari Jumat




































Jum"at 29 Januari 2021 PH TEMA 5 SUBTEMA 4 CUACA MUSIM DAN IKLIM

  

BELAJAR MANDIRI CERDAS TERDIDIK

 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

                         رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا  وَارْزُقْنِي فَهْمًا وَاجْعَلْنِي مِنَ الصَّالِحِيْنَ

 Assalamualaikum wr wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini, semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Aalamin.

Alhamdulillah kita telah melaksanakan pembelajaran dalam 1 minggu ini dengan baik dan lancar. Dalam satu minggu ini kita telah belajar banyak materi pembelajaran, dari mengetahui pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia, belajar pecahan dengan penyebut yang sama, melakukan wawancara dengan anggota keluarga untuk mengetahui berbagai daerah serta mengetahui berbagai macam tarian dari Nusantara Indonesia. 

Hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Harian pada subtema 4 ini. Baiklah sebelum kita melanjutkan kegiatan, jangan lupa anak-anak untuk melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak

Yuk untuk hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Harian  .

Tema 5 CUACA 

Subtema 4 Cuaca Musim dan Iklim

Untuk Penilaian Harian dapat dikerjakan pada link berikut ini.👇

https://forms.gle/fA2K1rPKqpx2sPHL8


Tugas Menulis

Setelah anak-anak mengerjakan PH kita mengerjakan latihan menulis tegak bersambung. 

Jika memiliki buku LALISBA dapat mengerjakan dibuku nya pada halaman 7   

Jika tidak memiliki  dapat mengerjakan di buku halus kasar dengan menulis masing-masing sesuai contoh yang ada pada gambar berikut ini. 



Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan PH dan latihan menulis (grup Wa / Chat Pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak  yang  hebat 
4. Dan setelah mengerjakan PH silahkan kalian kerjakan tugas menulis di buku lalisba halaman 7.


Kamis ,28 Januari 2021

                                      

                                              بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ


Bahan Ajar Tema 5 Subtema 4 PB 5 dan 6

Hari/Tanggal        : Kamis, 28 Januari 2021

Kelas                    : 3 A

Tema                    : 5 (CUACA)

Subtema               : 4 Cuaca, Musim, dan Iklim

Pembelajaran        : 5 dan 6

Alat Peraga           : Gambar

 

Kompetensi Dasar :

PPKN: 3.4  Memahami makna bersatu dalam keberagaman melalui penerapan kehidupan sehari-hari.

Bahasa Indonesia: 3.7   Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, dan visual

Matematika : 3.4   Menggeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret. 

Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat memahami isi bacaan dan menggali informasi 

2. Siswa dapat bermain papan informasi 

Langkah-langkah pembelajaran hari ini: 

1. Siswa dapat menceritakan informasi yang didapat dari bacaan  

2. Siswa mengerjakan tugas MODUL TEMATIK halaman 29 - 30



Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Yuk kita lanjutkan Materi pembelajaran hari ini sebagai berikut 👇

Bermain Papan Informasi
Udin dan teman-teman berkumpul di dalam kelas saat istirahat tiba. Mereka saling bertukar informasi tentang cuaca, musim, dan iklim.
Udin mengajak teman-teman di kelas bermain papan informasi. Udin meminta mereka membentuk kelompok.
Setiap informasi ditulis di atas sebuah papan kertas. Lalu, setiap kelompok menyampaikan informasi yang diperolehnya di depan kelas.
Ayo Bercerita

Usai bermain, waktu istirahat pun selesai. Sisa-sisa kertas bekas bermain papan informasi berserakan
di lantai kelas. Siti mengajak teman-teman untuk membersihkan kelas.

Ajaklah teman-temanmu untuk membersihkan kelas. Sampaikan bahwa bersatu dalam melakukan suatu hal itu penting dan bermanfaat.

Ayo Mengamati

Berkarya dengan Kertas Bekas Kelas Siti dan teman-teman sudah terlihat bersih.
Siti melihat tumpukan kertas bekas bermain  terbuang percuma. 

Siti mengambil sisa kertas tadi dan membuat potongan kertas untuk belajar pengurangan pecahan berpenyebut sama. 
Inilah contoh alat peraga Siti dari barang bekas.

Masih ingatkah kamu dengan pengurangan pecahan berpenyebut sama?
Kamu dapat membuat alat peraga untuk membantu belajar pengurangan pecahan berpenyebut sama.

Ayo Mengamati

Musim hujan sudah hampir tiba. Beni mengajak anggota keluarganya untuk bersama-sama membersihkan rumah. Ibu menyapu di dalam rumah. Kakak Beni menyapu halaman. Ayah menggunting tanaman yang lebat. Beni mencabut rumput liar di halaman.
Anggota keluarga boleh membersihkan rumah sesuai kemampuan masing-masing.
Sudahkah kamu mengajak anggota keluarga untuk melakukan suatu kegiatan bersama-sama?
Bersatu dalam keberagaman keluarga amatlah penting.


Tugasmu!

Mengerjakan soal latihan di buku MODUL TEMATIK Tema 5 Subtema 4 Halaman 29 - 30.
Kerjakan bagian 1 pilihan ganda yang  PPKN, B.INDONESIA, MTK dan SBDP saja ya nak.
Kerjakan di LKS yang sudah memiliki yang belum tulis di buku latihan Tema dengan menulis jawaban nya saja. 





Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (Grup WA)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto tugas ( Chat Pribadi )
3. Absen pagi pada kolom komentar ya nak 
4. Pengerjaan tugas paling lambat ditunggu sampai pukul 13.00 wib jika terlambat konfirmasi segera.

Terimakasih 🙏

Selamat Mengerjakan dan semoga berhasil 💪











Rabu 27 Januari 2021

  



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Bahan Ajar Tema 5 Subtema 4 PB 3 dan 4

Hari/Tanggal        : Rabu, 27 Januari 2021

Kelas                    : 3 A

Tema                    : 5 (CUACA)

Subtema               : 4 Cuaca, Musim, dan Iklim

Pembelajaran        : 3 dan 4

Alat Peraga           : Gambar

 

Kompetensi Dasar :

Bahasa Indonesia: 3.7   Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, dan visual

Matematika : 3.4   Menggeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret. 

SBdP : 3.4 Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung


Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat memahami isi bacaan dan menggali informasi tentang perubahan Cuaca

2. Siswa dapat memahami soal pecahan 

Langkah-langkah pembelajaran hari ini: 

1. Siswa memahami contoh soal mengenai pecahan berpenyebut sama

2. Siswa menceritakan informasi tentang  Perbedaan antara Cuaca, Musim, dan Iklim





Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Baik disini ibu akan menjelaskan sedikit latihan soal kemari, dimana pembahasan soal di bawah ini:

1. Jika sampah dibuang sembarangan, apa lagi dibuang ke saluaran air. Maka yang akan terjadi adalah ... (BANJIR)
2. Kegiatan yang dilakukan bersama-sama dalam membersihkan lingkungan masyarakat adalah ... (KERJA BAKTI)
3. Garis yang membagi bumi menjadi bagian utara dan selatan adalah ... (GARIS KHATULISTIWA)

4. Apa perbedaan cuaca dan iklim? .....  (Cuaca adalah keadaan udara di tempat tertentu. Sedangkan Iklim merupakan keadaan cuaca pada suatu daerah yang luas)

Yuk kita lanjutkan Materi pembelajaran hari ini sebagai berikut 👇


Cuaca cerah di pagi hari kini berubah menjadi cuaca berawan.
Lani dan teman-teman berjanji akan kembali ke rumah Edo nanti sore. Mereka akan melanjutkan
membuat karya 3 dimensi.
Sore hari yang dinanti pun tiba. Lani, Siti, Dayu, Beni, dan Udin telah tiba di rumah Edo. Mereka kembali berkumpul di ruang keluarga. Edo sudah menyiapkan kain lagi untuk digunting dan dipotong.

Ayo Mencoba
Mula-mula Edo menggunting kain berbentuk persegi panjang dan membaginya menjadi enam bagian.


Edo membaginya menjadi 6 bagian untuk mereka berenam. Masing-masing mendapatkan bagian 1/6 kain berbentuk persegi panjang.
Sekarang, Edo menggunting kain yang lain menjadi delapan bagian berbentuk segitiga. 
Potongan kain ini akan diberikan untuk Beni dan Udin. Masing-masing akan mendapatkan 
3/8 bagian kain.

Ayo Berkreasi

Edo dan teman-teman sudah memegang potongan bagian kain masing-masing.
Ibu Edo lalu mengingatkan kembali cara menjahit potongan kain tersebut dengan teknik feston.
Perhatikan langkah-langkah berikut ini.
 Langkah 1, cara menusukkan jarum pada kain.

Ayo Membaca

Sore yang dinanti telah tiba. Cuaca sedikit berawan. Lani dan teman-teman pun bergegas menuju rumah Edo. Mereka ingin segera bertemu dengan Pak Tono. Mereka ingin bertanya banyak hal tentang cuaca, musim, dan iklim.
Mereka pun tiba di rumah Edo. Ternyata Pak Tono belum datang. Mereka lalu duduk di ruang tamu menunggu Pak Tono. Setelah menunggu selama 10 menit, Pak Tono akhirnya datang. Tetapi, baju Pak Tono agak basah.
Mengapa, ya?



Perbedaan antara Cuaca, Musim, dan Iklim
Kita sering mendengar orang menyebutkan istilah cuaca, musim, dan iklim. Namun, banyak yang masih bingung tentang perbedaannya. 
Cuaca, musim, dan iklim merupakan keadaan udara di wilayah tertentu. Cuaca diamati pada suatu wilayah yang kecil dan waktu yang singkat. Cuaca ini diamati harian dan dapat berubah setiap harinya. Kadang-kadang pada hari yang sama, cuaca bisa berubah.

Cuaca harian biasanya dilambangkan dengan simbol berikut.

Musim adalah keadaan cuaca yang paling sering terjadi di waktu tertentu. Saat musim hujan adalah pada waktu tertentu cuaca hujan sering terjadi. Musim kemarau adalah waktu tertentu yang sedikit hujan.
Musim terjadi dalam waktu yang lebih lama daripada cuaca. Musim diamati dalam hitungan bulan. Indonesia merupakan negara tropis. Hanya terdapat dua musim: musim kemarau dan musim hujan.
Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang. Iklim diamati dalam hitungan tahun. 

Ayo Berdiskusisi

Setelah Pak Tono menjelaskan, Edo dan temanteman dibolehkan untuk bertanya. 
Bacalah diskusi mereka dengan saksama.

Pak Tono         : Bagaimana anak-anak, siapa yang mau bertanya?
Siti                  : Saya, Pak. Apakah yang dimaksud dengan garis khatulistiwa?
Pak Tono       : Garis khatulistiwa adalah garis yang mengelilingi bumi. Garis ini ada di tengah Bumi. Negara kita terletak di garis tersebut.

Dayu               : Apakah karena itu negara kita hanya memiliki dua musim?
Pak Tono     : Iya, betul, Dayu. Kita hanya memiliki  dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Beni                 : Kalau sekarang cuaca sering hujan berarti sudah masuk musim hujan, ya, Pak?
Pak Tono         : Iya, Beni. Para ahli harus menghitung banyaknya curah hujan setiap sepuluh hari. 
Pak Tono     : Baik, sekarang giliran Bapak yang bertanya, ya. Bapak minta kalian  menceritakan kembali informasi  tentang cuaca, musim, dan iklim. Siapa yang bersedia?
Edo dan temanteman    : Saya, Pak!

Setelah ana-anak membaca materi dan percakapan di atas. 
Ada Beni dan Siti akan menceritakan informasi yang di dapat pada bacaan diatas



Tugasmu!

Sekarang giliranmu menceritakan informasi tentang cuaca, musim, dan iklim.
Ceritakanlah dengan kata-kata dan kalimatmu sendiri. 
Ceritakan melalui Voice Note dan anak-anak dapat mengirimkan di Grup WhatsApp Kelas ya nak 


Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (Grup WA)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto tugas ( Grup WA)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya nak 
4. Pengerjaan tugas paling lambat ditunggu sampai pukul 13.00 wib jika terlambat konfirmasi segera.

Terimakasih 🙏

Selamat Mengerjakan dan semoga berhasil 💪

SENIN, 1 FEBRUARI 2021 TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ   Bahan Ajar Tema 6 Subtema 1 PB 1 Hari/Tanggal        : Senin, 1 Februari 2021 Kelas...

 


2. Memberi kesempatan kepada teman untuk berpendapat saat berdiskusi merupakan sikap

a. tercela

b. terbuku

c. terpuji

d. sesuai

3. Garis yang membagi bumi menjadi bagian utara dan selatan adalah ...

a. garis khatulistiwa

b. garis matahari

c. garis iklim

d. garis angin

4. Iklim yang terjadi di Indonesia adalah iklim ...

a. Subtropis

b. sedang

c. dingin

d. Tropis

5. Tanaman yang tetap subur walau saat musim kemarau adalah ...

a. bayam

b. kol

c. padi

d. kaktus

6. Lamanya keadaan cuaca di suatu daerah tertentu, disebut ...

a. equator

b. pancaroba

c. Iklim

d. Musim

7. Hasil pengurangan dari 5/4 dan 2/4 adalah ...

a. 1/4

b. 2/4

c. 3/4

d. 4/4

8. Aya mempunyai kue yang dipotong menjadi 10 bagian sama besar. Aya memakan 4 bagian kue saat pagi dan 3 bagaian kue saat istirahat. Bagian kue yang tersisa adalah ..

a. 3/10

b. 4/10

c. 5/10

d. 7/10

9. Teknik aplikasi biasanya digunakan dalam seni ...

a. memahat

b. melukis

c. menjahit

d. menari

10. Membuat aplikasi menggunakan kain dengan menjahit teknik ... 

a. jelujur

b. tangkai



  


Hasil pembelajaran daring kelas 3 C hari Jumat, 30 Januari 2021











Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer