Bahan Ajar Tema 7 Subtema 1
Hari/Tanggal : Kamis, 4 Maret 2021
Kelas : 3 C
Tema : 7 (Perkembangan Teknologi)
Subtema. : 1 ( Perkembangan Teknologi Produksi Pangan )
Pembelajaran : 4 dan 5
Alat Peraga : Gambar
Kompetensi Dasar :
B.Indonesia 3.6, PPKN 3.3, Matematika 3.8
Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengenal ragam budaya Indonesia dan pentingnya memahami keberagaman individu di lingkungan sekitar dengan baik.
2. Siswa dapat menentukan sikap yang dapat diambil kala menghadapi perbedaan dengan baik.
3. Siswa dapat menemukan volume suatu benda dengan satuan tidak baku.
Assalamualaikum Wr Wb
Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini?
Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin
Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak...
Pembahasan soal latihan hari Rabu bisa dicek kembali jawaban yang tepatnya ya nak 💪
Hitunglah satuan luas pada gambar di bawah ini.
Gambarlah dan beri warna sesuai dengan gambar berikut.
Gambar : 1 2 3
Satuan Luas Gambar 1 = 5 Satuan persegi
Satuan Luas Gambar 2 = 4 Satuan persegi
Satuan Luas Gambar 3 = 7 Satuan persegi
Kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak ..
Pagi ini, Udin dan teman-teman bersemangat. Pakaian yang mereka kenakan berbeda dari biasanya. Pakaian mereka berwarna-warni.
Semua siswa kelas 3 diminta memakai pakaian daerah. Udin memakai baju dari daerah Sunda. Edo memakai baju dari Papua. Dayu memakai pakaian adat Bali. Demikian pula dengan Beni, Siti, Lani, dan yang lainnya.
Mereka juga membawa makanan khas daerah. Udin membawa combro dari Sunda. Edo membawa kue sagu dari Papua. Dayu menyiapkan sate lilit dari Bali. Beni membawa panada dari Manado. Siti membawa keripik singkong dari Padang. Tak ketinggalan, Lani membawa kue keranjang yang merupakan makanan khas Tionghoa.
Pada hari itu, semua siswa tampil berbeda. Satu sama lain bertukar cerita tentang daerah di Indonesia. Ternyata, setiap pakaian dan makanan daerah, memiliki ciri khas masing-masing.
Perbedaan bukanlah hal yang harus diperdebatkan. Walau setiap siswa berasal dari daerah yang berbeda, namun satu sama lain tetap saling menghargai. Tidak ada yang merasa lebih baik ataupun lebih hebat.
Amati gambar pakaian khas daerah Indonesia berikut!
Dapatkah kamu menyebutkan asal daerah pakaian di bawah ini?
Indonesia terbagi menjadi beberapa daerah.
Setiap daerah memiliki pakaian adat yang beragam atau berbeda-beda.
Walaupun berbeda-beda, namun Indonesia tetap bersatu.
Ayo Mengamati
Indonesia terbagi menjadi beberapa daerah. Setiap daerah memiliki pakaian adat yang beragam atau berbeda-beda. Walaupun berbeda-beda, namun Indonesia tetap bersatu.
Pada perayaan kemerdekaan RI ke-72 yang bertempat di istana Merdeka, Presiden RI Joko Widodo beserta para tamu undangan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Walau memakai pakaian yang berbeda, setiap orang saling menghargai perbedaan tersebut. Dengan memahami perbedaan, kita telah menjaga persatuan dan keutuhan bangsa Indonesia.
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari teks tersebut:
• Pakaian yang dikenakan oleh Bapak Presiden beserta para undangan menunjukkan keragaman Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Penting bagi kita untuk menghargai keragaman dengan itu terciptalah persatuan dan keutuhan bangsa Indonesia .
Ayo Membaca
Bacalah Teks Berikut.
Pengolahan Singkong
Di daerah Sumatra Barat, singkong diolah menjadi berbagai macam makanan. Mulai dari lauk pauk hingga makanan ringan. Gulai singkong, kue talam singkong, dan kacimuih merupakan makanan yang biasa dibuat untuk konsumsi sehari-hari. Singkong goreng juga sering dibuat di rumah. Daya tahannya paling lama adalah dua hari.
Teknologi pangan memiliki peran penting dalam mengolah singkong. Teknologi pangan memberikan nilai lebih bagi bahan makanan hasil panen melalui berbagai cara. Tekniknya adalah melalui pengawetan, pengemasan, dan penyimpanan. Dengan demikian, singkong dapat dinikmati dalam jangka waktu lebihmlama.
Dengan adanya teknik pengawetan dan pengemasan bahan pangan, singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Singkong diolah menjadi dakak-dakak, karak kaliang, rendang singkong, dan karupuak singkong pedas. Teknik pengemasan yang baik, mampu membuat makanan tersebut awet hingga 3 bulan atau lebih.
Teknologi pangan membuat makanan awet dan tahan lama.
Contoh makanan awet dan tahan lama:
Karak Kaliang Dakak -dakak
Karupuak sanjai Rendang singkong
Contoh makanan yang tidak tahan lama :
Gulai daun singkong Kacimuih
Kue talam
Ayo Membaca
Tidak jauh dari tempat tinggal Udin, terdapat sebuah peternakan sapi perah. Pemiliknya mengizinkan Udin dan teman-teman untuk berkunjung. Tentu saja, Udin dan teman-teman
merasa senang.
Di peternakan, Udin melihat banyak sapi perah. Ada yang sedang diperah susunya. Ada juga yang sedang memakan rumput.
Udin diberi teks bacaan tentang susu sapi dan cara pengolahannya. Udin dan teman-teman membacanya bersama-sama. Banyak sekali hasil mpengolahan susu sapi.
Bacalah teks berikut!
Anak-anak dapat membaca di buku TEMA 7 HALAMAN 40
Ayo Berlatih
Amati kata-kata yang digarisbawahi pada teks “Pengolahan Susu Sapi”.
Carilah arti kata tersebut menggunakan kamus! Kamu bisa minta bantuan pada orang tua atau
gurumu.
Mengartikan kata menggunakan kamus !
1. Daya tahan artinya = Kemampuan bertahan terhadap segala pengaruh dari luar yang dapat merugikan ( penyakit,serangan musuh,godaan ,dan sebagainya).
2. Teknologi artinya = Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan.
3. Pengemasan artinya = Peroses ,cara , perbuatan mengemasi .
4. Kedap udara artinya = Tidak mudah atau tidak dapat dimasuki atau ditembus oleh udara.
Ayo Mengamati
Volume Benda
Setelah bermain peran, Beni merasa haus. Dia ingin membeli susu. Beni melihat susu disimpan dalam berbagai kemasan.
Volume kemasan A sama dengan 4 kemasan C. Maka volume kemasan A, B, dan C berbeda.
Kemasan susu merupakan satuan volume tidak baku.
Untuk materi lebih jelas anak-anak bisa membaca buku Tema 7 Halaman 48 - 50
Tugasmu!
Amati gambar pakaian khas daerah Indonesia berikut!
Dapatkah kamu menyebutkan asal daerah pakaian di bawah ini?
Cocokkanlah gambar di atas dengan nama-nama asal daerahnya.
Ibu guru sudah memberi kata kunci nama daerah berdasarkan pakaian adat di bawah ini.
Pakaian adat dari Sumatra Barat
Pakaian adat dari Banda Aceh
Pakaian adat dari DKI Jakarta
Pakaian adat dari Sumatra Utara
Jawablah pertanyaan hari ini dengan menggunakan Voice Note saja dan kirim di Grup WA Kelas.
Contoh dalam menyampaikan tugas:
Gambar 1 Pakaian adat dari .................. dst sampai gambar 4 .
Pengiriman Tugas:
1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (grup Wa)
2. Mengumpulkan tugas Voice Note (Chat Grup WA )
3. Absen pagi pada kolom komentar anak-anak yang hebat 👍
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib
Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪
As salamualaikum Bu Fitri
BalasHapusDhirgham Tamam F
HADIR Bu
Terima kasih
Assalamu'alaikum
BalasHapusAzril Kautsar Al Ghifary
Hadir Bu.
Assalamualaikum Bu Fitri
BalasHapusRidho Bintang Nugroho
Hadir Bu🙏
Bari khairul azam hadir bu
BalasHapusCahaya Mahatmaprita Ivan
BalasHapusHadir
Revin Ari Afino
BalasHapusHadirr
Zaskya ramadhani jefta.hadir bu
BalasHapusFachry Aditya Putra
BalasHapusKelas 3c
Hadir
Zahwa Rafelia Rapon
BalasHapusKelas 3 C
Hadir
Assalamualaikum bu Adiva Nafeeza kls 3C hadir bu
BalasHapusGhifara At Tin Kimay hadir bu
BalasHapusAlvin Hafidz Putra Pratama
BalasHapusKelas:3C
Hadir
Gavriel alvaro valendra 3c
BalasHapusPANGLIMA RAHMAN ALKINDY KELAS 3C HADIR BUGURU
BalasHapusAssalamualaikum Bu guru🙏
BalasHapusM hafiz Eka laksana hadir bu
Carrisa Bilqis Arzeta
BalasHapus3c