Materi Ajar Kelas 3 C

 

Selasa, 25 Mei 2021 (Membaca Denah Lokasi Melalui Gambar)

Bahan Ajar Tema 8 Subtema 4 Pembelajaran 4, 5 dan 6

Hari/Tanggal      : Selasa, 25 Mei 2021

Kelas                    : 3 C

Tema                    : 8 ( Praja Muda Karana )

Subtema             : 4 ( Aku Suka Berkarya )

Pembelajaran   : 4, 5 dan 6

Alat Peraga       : Gambar

Kompetensi Dasar : 

PPkN Kd 3.1

Bahasa Indonesia Kd 3.7

Matematika Kd 3.13

Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengidentifikasi dan menceritakan pengalaman yang menunjukkan perilaku yang sesuai dengan arti gambar dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar.
2. Siswa dapat menentukan arah mata angin dan dapat menggunakan kata delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
3. Siswa dapat menginterpretasikan data dan dapat menyajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪 

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak 💪

Ayo Membaca

Peraturan dan Sikap Adil di Perpustakaan

Ada beberapa peraturan yang diterapkan di perpustakaan. Hal ini dilakukan agar ruang perpustakan tetap nyaman dan menyenangkan untuk pengunjungnya. Ada peraturan yang harus dikerjakan oleh petugas perpustakaan. Ada pula peraturan yang harus dilakukan oleh pengunjung perpustakaan.
Salah satu peraturan di perpustakaan  adalah merapikan ruangan secara rutin. Peraturan itu harus dikerjakan oleh petugas perpustakaan. Saat merapikan ruangan, petugas perpustakaan memperhatikan arah mata angin. Petugas perpustakaan juga berkewajiban melayani pengunjung dengan baik.

Untuk membuat perpustakaan nyaman, ada juga peraturan peminjaman buku. Petugas perpustakaan menetapkan batas waktu peminjaman. Jika ada kerusakan atau kehilangan, peminjam berkewajiban untuk memperbaiki atau mengganti. 

Aturan peminjaman buku dilakukan untuk keadilan. Aturan ditetapkan agar semua anggota perpustakaan mendapatkan kesempatan sama dalam meminjam buku. Memberikan kesempatan yang sama untuk semua anggota merupakan sikap adil. 

Bersikap adil termasuk pengamalan sila ke kelima Pancasila. Sila kelima berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila kelima Pancasila diberi simbol padi dan kapas. Lambang padi dan kapas menunjukkan kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia. Kekayaan ini hendaknya dapatdirasakan manfaatnya secara adil untuk seluruh rakyat Indonesia.

Ayo Berlatih

Berikut ini adalah data banyaknya sumbangan buku dalam waktu satu minggu.

Diagram akan digambar seperti berikut ini!


Jawablah pertanyaan berikut sesuai diagram yang tersedia!

1. Berapa banyak buku sumbangan yang diterima pada hari Jumat? 8 Buah Buku
2. Berapa banyak buku sumbangan yang diterima pada hari Sabtu? 20 Buah Buku
3. Hari apakah terdapat buku sumbangan paling banyak? pada hari Senin 

Ayo Membaca

Siti dan teman-teman memiliki semangat tinggi dalam berkarya. Mereka berkarya menciptakan lingkungan yang asri dan hijau. Siti dan temanteman berencana mengadakan kegiatan penghijauan.

Mereka menanam pohon di area sekolah dan lingkungan sekitar. Mereka memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami. Kegiatan menanam pohon sangat bermanfaat untuk kesehatan lingkungan. Lingkungan menjadi lebih asri dan teduh. Udara sekitar pun akan menjadi lebih segar.

Perhatikan denah taman bermain berikut ini!

Pelajari cara membaca denah tersebut!

Lalu, tentukan area penghijauan yang paling tepat pada gambar denah tersebut!

Keterangan :

Posisi seluncuran ada di A1.

Posisi ayunan ada di A2.

Posisi tempat duduk ada di A3.

Anak-anak perhatikan gambar pada di atas, sekarang jawablah pertanyaan berikut ini!


Tugasmu!

Isilah titik-titik sesuai gambar taman bermain!

Tentukan posisi sesuai contoh gambar di atas!

1. Posisi pedagang ada di ...

2. Posisi jembatan ada di ...

3. Posisi air mancur ada di ...

4. Posisi tempat sampah ada di ...

5. Misalkan akan ditanam pohon. Lokasi yang bisa di gunakan ... dan ...

Tulislah menggunakan tulisan tegak bersambung, gambar denah tidak perlu di gambar. 


Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (Grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan latihan tema (Chat Pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak  yang  hebat 
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 14.00 wib 
Terimakasih atas kerjasamanya semoga berhasil 🙏

Komentar

  1. As salamualaikum Bu Fitri

    Dhirgham Tamam F
    Hadir bu

    Terima kasih🙏

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum
    Azril Kautsar Al Ghifary
    Hadir.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Zalbyan Fathir Rizki
    Hadir

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Bu Fitri
    Ridho Bintang N
    Hadir Bu
    Terima kasih Bu🙏

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum bu Adiva Nafeeza kls 3C hadir bu

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum Zahwa Rafelia Rapon hadir

    BalasHapus
  7. Alvin Hafidz Putra Pratama
    Kelas:3C
    Nomor Absen:3
    Hadir

    BalasHapus
  8. Gavriel Alvaro Valendra hadir 3c

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum Nabil arrafif hadir

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Assalamalaikum,,,,
    Mohamad Reksa Aprilingga Rizqullah
    (Kelas 3C) hadir bu,,,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer