TEMA 4 SUBTEMA 2 PB 3 & 4

 Senin, 23 Oktober 2023

 TEMA 4 SUBTEMA 2 Pembelajaran 3 & 4


 
                                            MUATAN TEMATIK V.A
GURU KELAS : FITRI DARYANI,S.Pd

Good morning my student..,,,

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5 A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Al Qur'an.HAri ini kita akan belajar materi Pembahasan TEMA 4 SUBTEMA 2 Pembelajaran 3 & 4.Setelah membaca silakan ananda semua beritanggapan dikolom komentar yan Nak. Terimakasih,

Pembelajaran 3 dan 4                                                                                                              

MuatanPelajaran :PPKn (KD 3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3. 2, 4.2)

Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan

Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya. Sehingga antar individu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama. Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat lainnya untuk melangsungkan hidupnya di dalam masyarakat.

Tanggung jawab sebagai masyarakat tersebut harus diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat. berikut jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:

1. Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.

Karena terdiri dari berbagai individu, tentu banyak perbedaan di dalamnya. Sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab, tidak menjadikan perbedaan tersebut menjadi suatu perpecahan. Kita harus tetap memelihara serta menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat. Prinsip-prinsip dasar untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat adalah: Menciptakan lingkungan hidup yang seimbang dan selaras.

2. Saling mengasihi dan membina antar individu.

Tidak membuat perbedaan menjadi perpecahan, tetapi fokus pada tujuan yang sama Contoh perilaku memelihara rasa persatuan dak kesatuan masyarakat, yaitu: Rukun tetangga harus terus dilakukan Menyelesaikan permasalahan secara musyawarah dan mufakat bersama-sama.

3. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.

 Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Tidak membedakan suku, ras, dan agama dalam bergaul di masyarakat Memelihara ketertiban dan keamanan bermasyarakat Ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat menjadi tanggung jawab setiap individu. Ketertiban dan keamanan di masyarakat daopat dilakukan dengan membuat aturan yang bisa dipahami dan dipatuhi 0leh semua anggota masyarakat tersebut. Contohnya, membuat jadwal ronda malam yang dilakukan secara bergilir oleh anggota masyarakat. Jadwal dan aturan jam ronda malam harus menjadi tanggung jawab individu yang kebagian, sehingga harus dilaksanakan tujuan dan budaya antarwarga dalam masyarakat sama. Dengan kepentingan yang sama ini, setiap warga sebaiknya memperkuat hubungan antarwarga dengan mengesampingkan perbedaan yang ada.

4. Sikap solidaritas

Sikap solidaritas tersebut akan membuat setiap warga bisa menerima perbedaan yang ada, karena dapat saling bergaul dan memaklumi perbedaan yang ada. Solidaritas harus terus ditingkatkan di masyarakat, salah satunya dengan mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi. Contoh sikap solidaritas, yaitu saling membantu, peduli satu sama lain, kerja sama, serta berpartisipasi dalam membangun wilayah secara bersama-sama. Kegiatan gotong royong tentu menjadi kegiatan nyata untuk menciptakan solidaritas antarwarga. Bentuk kerja sama tidak hanya dilakukan di pedesaan, melainkan juga daerah perkotaan.

 

IPS ( KD : 3.2 dan 4.2

Interaksi dalam Bidang Pendidikan

4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu :

1. interaksi siswa dengan siswa. misalnya Ani dan Joni berdiskusi materi pelajaran yang di sampaikan oleh guru

2. interaksi siswa dengan guru. misalnya guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa

3. interaksi siswa dengan sumber belajar. wujud interaksi antara siswa dan sumber belajar dapat bermacam-macam

4. interaksi siswa  dengan lingkungan. misalnya siswa SD mentari melakukan karya wisata ke pantai, dan lain-lain

Contoh interaksi dalam bidang pendidikan


upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui  pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.

Melalui pendidikan,maka akan tercapai kesejahteraan masyarakat.

Berikut contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya :

1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

2) Mengikut ipelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, dan membuat karya kerajinan lainnya.

3) Turut serta dalam organisasi masyarakat.

Contoh aktivitas masyarakat  dalam upaya pembangunan sosiial budaya melalui pendidikan.

1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

2) Mengikuti pelatihan keterampilan, seperti : menjahit, membatik, dan membuat karya kerajinan lainnya.

 

Bahasa Indonesia ( KD : 3.6 dan 4.6 )

Isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia

Berdasarkan usia, pantun  dibedakan menjadi pantun anak -anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.

Contoh pantun anak-anak :

Pergi ke warung membeli Koran

Sekalian membeli benang

Ayo bermain kejar kejaran

Badan sehat hati senang

Isi (makna) pantun :bermain kejar kejaran membuat badan  sehat dan hati senang.

Amana tpantun :Anak anak sebaiknya bermain agar hati senang.

ContohPantun Orang Muda :

 

Mengangkat batu setinggi bahu

Batu diangkat berat rasanya

Jikalah boleh aku tahu

Baju biru siapa namanya ?

Isi (makna) pantun :Keinginan seseorang untuk berkenalan.

Amanatpantun :Saat berkenalan, sebaiknya dilakukan dengan santun

Pantun di atas memiliki ciri-ciri :

1. Bersajak a-b-a-b

2. Satu bait terdiri dari atas empat baris

3. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata

4. Terdiri atas sampiran dan isi

Komentar

Postingan Populer