MATEMATIKA BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK

Selasa, 16 Januari  2024

MATEMATIKA BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK 

TEMA 6 SUBTEMA 1 Pembelajaran  4

 
                           MUATAN MATEMATIKA & TEMATIK   V.A
GURU KELAS : FITRI DARYANI,S.Pd

Good morning my student....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5 A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Al Qur'an.HAri ini kita akan belajar materi  matematika ( bangun ruang kubus dan balok) dan tema 6 subtema 1 Pembelajaran  4 Setelah membaca silahkan  ananda beri tanggapan dikolom komentar.Terima kasih.

Materi  :  Bangum Ruang

Tujuan : 1. Peserta didik dapat  menentukan volume  bangun ruang balok dan kubus

              2. Peserta didik dapat mencari luas permukaan bangun ruang balok dan kubus

Rangkuman Bangun Ruang

Bangun ruang merupakan bangun matematika yang mempunyai volume atau pun sisi yang juga sering disebut dengan bangun tiga dimensi karena bangun ruang memiliki tiga buah komponen utama yakni mempunyai sisi, titik sudut dan kemudian rusuk. Sisi adalah bidang yang terdapat pada bangun ruang yang menjadi batas di antara bangun ruang dengan ruangan yang terdapat di sekitarnya. Sementara rusuk merupakan pertemuan dua sisi yang merupakan ruas garis yang terdapat pada bangun ruang, dan titik sudut adalah titik hasil dari pertemuan rusuk yang berjumlah tiga atau lebih.

Berikut Video Terkait Materi 

👇

                                                     https://youtu.be/VYsDvMErLmI 

1. KUBUS

 

Kubus adalah salah satu bangun ruang yang mempunyai panjang rusuk yang sama atau bangun yang mempunyai enam buah sisi yang sama dan juga sebangun, kubus juga termasuk ke dalam bangun ruang tiga dimensi. Berikut ini adalah rumus bangun ruang kubus :

Luas permukaan = 6s2
Volume = s3

A.Menghitung volume dan luas permukaan kubus

Diketahui :
S = 16 cm

Ditanya : a. Berapakah volumenya?

     b.  Tentukan luasnya ?

Jawaban :

Volume Kubus :

V= S x S x S = 16 x 16 x 16 = 4096 cm3

Luas Permukaan Kubus :

L= 6 x S x S = 6 x 16 X 16 = 1536 cm2

Jadi kubus ABCDEFGH memiliki volume 4096 cm3 dan luas permukaan 1536 cm2.

 2. BALOK

Balok adalah bangun ruang yang mempunyai 3 dimensi yang dibentuk oleh 6 buah persegi panjang yang semuanya saling tegak lurus, contoh: Penghapus,kotak pensil,lemari dan yang lainnya

 

B.Menghitung volume dan luas permukaan balok

Balok ABCDEFGH

P = 16cm                                                                      

L = 6cm

T = 10cm

Ditanya :  a. Berapakah volumenya?

                 b.  Tentukan luasnya ?

Jawab :

Volume Balok :

V = PxLxT

V = 16x6x10

V = 960cm kubik

Luas permukaan balok :

L = 2(PL+PT+LT)

L = 2(16×6 + 16×10 + 6×10)

L = 2(96+160+60)

L = 2(316)

L = 632 cm persegi

Jadi balok ABCDEFGH memiliki volume 960 cm3 kubik dan luas permukaanya 632 cm2.

TUGAS

👇

 

 

TEMA 6 SUBTEMA 1 Pembelajaran  4

Tema 6 Sub Tema 1 PB 3 dan 4

PPKn (KD 3. 2 dan 4. 2)

 Konvensi Hak-Hak Anak

Setiap manusia yang hidup di dalam masyarakat mempunyai hak yang dilindungi oleh undang-undang. Salah satu hak warga negara Indonesia adalah mendapatkan pendidikan yang layak.

Konvensi Hak-hak Anak (Convention On The Rights of The Child) disahkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 20 November 1989. Konvensi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap anak dan menegakkan hak-hak

anak di seluruh dunia. Konvensi Hak Anak, merupakan sebuah dokumen yang dibuat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang secara resmi memberikan hak-hak kepada anak-anak sedunia. Dokumen ini juga telah diratifikasi atau disetujui oleh hampir semua pemimpin negara yang ada di dunia. Indonesia menjadi salah satu negara yang mendukungnya pada tahun 1996.

 Menurut konvensi ini hak anak dikelompokkan dalam 4 golongan, yaitu:

1.    Hak Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya.

2.    Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran.

3.    Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial.

4.    Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak.

 

Hak-Hak Seorang Siswa

Menurut Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan hak-hak siswa adalah hak untuk:

1.    Mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya;

2.    Memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya;

3.    Mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan;

4.    Mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku;

5.    Pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki;

6.    Memperoleh penilaian hasil belajarnya;

7.    Menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan;

8.    Mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.

 Kewajiban Warga Negara dan Siswa

Kewajiban berasal dari kata wajib yang berarti harus dilakukan atau diamalkan. Sehingga kewajiban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi.

Contoh Seorang siswa berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Maka kewajiban siswa, antara lain menaati peraturan yang berhubungan dengan pendidikan, misalnya menaati peraturan sekolah.

 

Bahasa Indonesia (KD 3. 3 dan 4. 3)

Membuat Kesimpulan dari Teks Eksplanasi

Langkah-langkah membuat kesimpulan pada teks eksplanasi

1.    Membaca teks yg akan diringkas secara keseluruhan.

2.    Temukan pikiran utama dalam setiap paragraf.

3.    Catat pokok pikiran tersebut.

4.    Susun kembali pikiran utama menjadi sebuah kesimpulan.

 

IPS (KD 3. 2 dan 4. 2)

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus berhubungan dengan lingkungannya. Lingkungan manusia terdiri atas lingkungan alam dan juga lingkungan masyarakat. Lingkungan masyarakat tempat kita tinggal dipengaruhi oleh kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup.

Manusia dengan Lingkungan Alam

Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu :

1.    Hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam.

2.    Hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya.

 

Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam

1.    Lingkungan alam di sekitarnya menjadi rusak

2.    Menyebabkan bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya.

3.    Keseimbangan ekosistem terganggu.

Komentar

Postingan Populer