Bahan Ajar Tema 6 Subtema 3 PB 1 dan 2
Hari/Tanggal : Selasa , 16 Februari 2021
Kelas : 3 C
Tema : 6 (Energi dan Perubahannya)
Subtema : 3 (Energi Alternatif)
Pembelajaran : 1 dan 2
Alat Peraga : Gambar
Kompetensi Dasar :
B.Indonesia : 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
MTK : 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung
SBdP : 3.2 Membuat karya dekoratif.
Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengetahui informasi tentang sumber dan bentuk energi
2. Siswa dapat menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung
3. Siswa dapat membuat karya dekoratif
Assalamualaikum Wr Wb
Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini?
Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin
Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak...
Baiklah disini sebelum mempelajari materi selanjutnya, ibu guru akan membahas penilaian harian kemarin. Pada hari senin, penjelasan sebagai berikut:
PENILAIAN HARIAN TEMA 6 SUBTEMA 2
PPKN: KD 3.2
1. Contoh sikap bersyukur kepada tuhan adalah ...
a. memanfaatkan energi dengan sebaik-baiknya
b. membeli bahan bakar sebanyak-banyaknya
c. menggunakan sumber energi sesuka hati
d. menggunakan dengan boros
2. Kewajiban dalam pemanfaatan energi listrik adalah ...
a. menggunakan listrik sebanyak-banyaknya
b. membayar tagihan listrik lebih mahal
c. mematuhi aturan pemakaian energi listrik
d. menghambur-hamburkan
B.INDO: KD 3.2
3. Energi tidak akan punah, melainkan ... menjadi energi lain.
a. menyatu c. berubah
b. mengumpul d. tetap
4. Energi listrik berubah menjadi ... pada setrika.
a. energi gerak c. energi panas
b. energi cahaya d. energi bunyi
MTK: KD 3.6
5. Murid-murid berolahraga dari pukul 08.30 - 09.30. Mereka berolahraga selama ...
a. 30 menit c. 60 menit
b. 45 menit d. 90 menit
6. Lama waktu 1 jam 30 menit ditunjukkan rentang waktu ...
a. 07.30 - 09.00 c. 09.30 - 10.30
b. 08.00 - 09.15 d. 10.00 - 11.00
7. Pukul 06.00 Dayu bangun tidur. Kemudian mandi, berpakaian, dan menyiapkan perlengkapan sekolah. Kegiatan ini dilakukan sampai pukul 06.30. Lama kegiatan tersebut adalah ...
a. 30 menit c. 50 menit
b. 40 menit d. 60 menit
8. Ibu mulai memasak pukul 09.00. Lamanya ibu memasak adalah 60 menit. Maka, ibu selesai memasak pada pukul ...
a. 08.00 c. 10.00
b. 09.00 d. 11.00
SBDP: KD 3.2
9. Ciri-ciri tarian dengan gerakan lemah adalah ...
a. gerakannya cepat
b. gerakannya lambat
c. gerakannya lincah
d. gerakannya sesuka hati
10. Seorang penari dapat bercucuran keringat ketika menari, karena menari merupakan salah satu kegiatan yang menguras ..
a. kekuatan c. keringat
b. gerakan d. energi
Yuk kita lanjut materi pembelajaran hari ini, semangat belajar 💪
Energi Alternatif
Kebutuhan manusia akan energi semakin lama semakin tinggi. Hai ini dikarenakan penduduk dunia semakin banyak. Juga karena perkembangan teknologi yang semakin pesat.
Perkembangan teknologi membutuhkan banyak energi. Bahan bakar minyak (BBM) adalah energi yang penggunaannya paling besar selama ini. Karena terlalu banyak digali, maka persediaannya
semakin sedikit.
Untuk mengatasi hal tersebut dicarilah berbagai energi alternatif. Tujuannya untuk menggantikan bahan bakar minyak. Marilah pelajari energi alternatif dan manfaatnya!
Ayo Membaca
Apakah energi alternatif itu?
Energi alternatif adalah sumber energi yang dapat menggantikan bahan bakar minyak (BBM). Pencarian dan penggunaan energi alternatif sebenarnya sudah lama diupayakan manusia. Namun hingga saat ini usaha belum diperoleh secara maksimal. Akan tetapi, penggunaannya semakin meningkat. Usaha ini dilakukan karena semakin sedikitnya persediaan bahan bakar minyak.
Apa sajakah yang termasuk energi alternatif? Perhatikan gambar-gambar berikut!
Pemanfaat energi surya Pemanfaatan energi air
Pemanfaatan energi angin
Ada beberapa contoh energi alternatif. Ada energi panas matahari. Ada energi gerak angin dan energi
gerak air. Energi-energi tersebut mudah diperoleh, murah, dan berlimpah.
Panas matahari, gerak air, dan gerak angin/bayu, dapat diubah menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan oleh matahari, air, dan angin inilah yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Energi matahari dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).
Energi air dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Energi angin dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Angin/Bayu (PLTB). Pembangkit listrik tenaga angin merupakan sumber energi yang sangat ramah lingkungan.
Kalian dapat memanfaatkan energi matahari, air, dan angin. Dengan energi alternatif dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak. Manusia tidak lagi tergantung pada bahan bakar minyak.
Angin merupakan contoh energi alternatif. Angin ada di mana-mana. Ada banyak contoh kegiatan
pemanfaatan angin. Angin dapat menggerakkan layang-layang.
Pernahkah kalian bermain layang-layang?
Bermain layang-layang biasanya dilakukan di tempat yang lapang. Tempat yang lapang membuat kita bergerak lebih leluasa. Tempat yang lapang biasanya banyak angin. Semakin banyak angin, semakin cepat terbang dan gerak layang-layang.
Ayo Berkreasi!
Kalian dapat bergerak lebih leluasa. Tempat yang lapang biasanya banyak angin. Semakin banyak angin, semakin cepat terbang dan gerak layanglayang. Perhatikan jenis layang-layang berikut!
Layang-layang digambar dan diberi hiasan agar menarik. Garis digunakan untuk menghias layanglayang. Bidang juga digunakan untuk hiasan tersebut. Layang-layang tersebut memiliki warna yang berbeda. Warna, garis, dan bidang menjadi motif dalam gambar layang-layang.
Ayo Berlatihh
Bermain layang-layang juga membutuhkan energi. Semakin lama bermain, semakin banyak energi
yang dibutuhkan.
Perhatikan contoh untuk menentukan waktu berikut!
1. Udin bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.30. Lama waktu dapat digambarkan sebagai berikut!
Lama Udin bermain layang-layang adalah 60 menit.
Ayo Membaca
Gerak Angin sebagai Energi Alternatif
Udin dan kawan-kawan sedang belajar tentang angin. Mereka berencana bermain layang-layang. Hal ini untuk mengamati manfaat angin. Merekamemilih bermain di lapangan yang luas. Bermain di lapangan luas leluasa untuk bergerak. Bermain di lapangan luas juga dapat angin yang cukup.
Angin diperlukan untuk menerbangkan layang- layang. Angin sedang sangat baik untuk bermain . layang-layang. Angin sedang artinya angin yang tidak terlalu besar. Udin dan kawan-kawan memilih bermain di sore hari. Karena angin pada siang sampai sore hari sangat cocok untuk bermain layang-layang.
Zaman dahulu angin sudah digunakan dalam kehidupan manusia. Angin digunakan untuk menggerakkan perahu layar. Angin juga digunakan untuk menggerakkan roda penggilingan padi.
Gerak angin dapat dijadikan sebagai energi alternatif. Energi alternatif adalah energi pengganti bahan bakar minyak. Gerak angin dapat diubah menjadi energi listrik. Energi listrik ini digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak.
Energi angin dapat dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB).Pembangkit ini mengubah gerak angin menjadi listrik menggunakan kincir angin. Kincir angin ini biasa disebut dengan turbin angin.
Angin merupakan salah satu energi alternatif yang mudah didapat dari alam. Angin juga dapat digunakan untuk menerbangkan layang-layang. Bermain layang-layang sangat menyenangkan. Bermain layang-layang menggunakan tali. Tali ditarik, layang-layang pun meliuk. Tali juga dapat digunakan untuk permainan lainnya.
Menikmati energi yang tersedia adalah hak manusia. Kewajiban manusia adalah menjaga ketersediaan energi. Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang. Anak-anak memiliki hak untuk bermain. Kewajiban anak adalah membagi waktu bermain dan belajar dengan benar.
Memberi kesempatan kepada semua teman agar dapat ikut bermain, termasuk contoh sikap memenuhi hak. Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang.
Orangtuamu memberi izin untuk bermain bersama teman-temanmu. Semua teman mau bermain denganmu. Ini artinya kamu sudah mendapatkan hak bermain.
Tugasmu!
Kamu sudah belajar tentang gambar dekoratif.
Cobalah menghias gambar layang-layang berikut! Gunakan garis, bidang, dan warna sesuai keinginanmu!
Anak-anak dapat melihat contoh gambar layang-layang pada buku Tema 6 Subtema 3 halaman 109.
Atau boleh menghias gambar layang-layang sesuai imajinasi anak-anak.
Kerjakan di buku gambar ya nak dan diberi warna sesuai imajinasi kalian. Selamat mencoba..
Pengiriman Tugas:
1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan latihan tema (Chat Pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak yang hebat
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib
Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪
Hasil Pembelajaran daring hari ini
Assalamualaikum
BalasHapusZalbyan Fathir Rizki
Hadir bu
As salamualaikum Bu Fitri
BalasHapusDhirgham Tamam F
HADIR Bu
Terima kasih🙏
Cahaya Mahatmaprita Ivan
BalasHapusHadir Bu..
Assalamu'alaikum
BalasHapusAzril Kautsar Al Ghifary
hadir.
Azril Kautsar Alghifary
BalasHapusHadir bu
Bari khairul azam hadir bu
BalasHapusfachry aditya putra
BalasHapushadir
Zaskya Ramadhani jefta.hadir bu fitri
BalasHapusAssalamualaikum Bu Fitri
BalasHapusRidho Bintang Nugroho
Hadir Bu
terima kasih🙏
Alvin Hafidz Putra Pratama
BalasHapusKelas:3C
Nomor Absen:3
Hadir
Assalamualaikum...Bu guru🙏
BalasHapusM hafiz Eka laksana hadir bu
Zahwa Rafelia Rapon
BalasHapusHadir
PANGLIMA RAHMAN ALKINDY KELAS 3C HADIR
BalasHapusAssalamualaikum bu Adiva Nafeeza kls 3C hadir bu
BalasHapusGavriel Alvaro Valendra hadir
BalasHapusAssalamualaikum Nabil arrafif hadir
BalasHapusAssalamualaikum,
BalasHapusMohamad Reksa Aprilingga Rizqullah hadir bu,,,