Bahan Ajar Tema 6 Subtema 4 PB 4 dan 5
Hari/Tanggal : Kamis, 23 Februari 2021
Kelas : 3 C
Tema : 6 (Energi dan Perubahan)
Subtema : 4 ( Penghematan Energi )
Pembelajaran : 4 dan 5
Alat Peraga : Gambar
Kompetensi Dasar :
B. Indonesia : 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
PPKN : 3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.
MTK : 3. 6 Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.
Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah membaca, siswa dapat menjelaskan informasi yang berkaitan dengan penghematan energi dengan benar.
2. Siswa dapat menuliskan pengalaman melaksanakan kewajiban dengan benar.
3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyebutkan cara menentukan luas dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret dengan benar.
Assalamualaikum Wr Wb
Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini?
Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin
Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak...
Yuk kita lanjut materi pembelajaran hari ini, semangat belajar 💪
Setiap hari Udin dan Edo berangkat ke sekolah. Keduanya ke sekolah dengan berjalan kaki. Siti dan Dayu ke sekolah juga berjalan kaki. Ada juga teman Udin ke sekolah naik sepeda.
Bersepeda atau berjalan kaki bersama teman merupakan kegiatan yang menyenangkan. Bersepeda menghemat energi bahan bakar minyak. Karena berjalan dan bersepeda tidak membutuhkan bahan bakar minyak.
Menggunakan transportasi umum termasuk menghemat bahan bakar minyak. Penggunaan transportasi umum mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Semakin banyak orang menggunakan transportasi umum, semakin banyak penghematan bahan bakar minyak.
Isilah titik-titik berikut berdasarkan bacaan di atas!
1. Sebutkan jumlah kegiatan menghemat energi di atas?
Jawab : Ada tiga kegiatan yaitu berjalan kaki,bersepeda,dan menggunakan tranfortasi umum.
2. Apa saja yang termasuk kegiatan menghemat energi?
Jawab : Berangkat ke sekolah dengan berjalan dan menggunakan tranfortasi umum.
3. Energi apakah yang dihemat?
Jawab: Energi yang dihemat adalah bahan bakar minyak.
4. Mengapa menggunakan kendaraan umum termasuk menghemat energi?
Jawab: Karena semakin banyak orang menggunakan tranfortasi umum semakin banyak penghematan bahan bakar minyak
5. Mengapa kalian perlu menghemat energi?
Jawab: Kita harus menghemat energi agar tercipta ketersediaan energi tetap terjaga dimasa sekarang maupun dimasa mendatang.
Ayo Menulis
Ingatkah kamu dengan kegiatan menghemat energi yang sudah dilakukan?
Manakah kegiatan berikut yang sudah kamu lakukan?
Ayo Berdiskusisi
Kalian berhak memanfaatkan energi yang tersedia di alam. Kalian berkewajiban menjaga energi yang tersedia di alam. Menjaga kesediaan energi termasuk menjaga kehidupan.
Diskusikan hal berikut bersama orangtuamu!
1. Tuliskan hak yang telah kamu peroleh berkaitan dengan energi!
Hak yang diperoleh : Sebagai masyarakat pemerintah sudah memberikan ketersediaan energi yang cukup, Kemudahan dalam menggunakan energi misalnya listrik, energi yang diperoleh cukup baik.
2. Tuliskan kewajiban yang telah kamu lakukan berkaitan dengan energi!
Kewajban yang dilakukan : menjaga ketersediaan energi dengan bijak, tidak boros menggunakan energi yang sudah ada, menggunakan energi yang sudah ada seperlunya saja.
Ayo Berlatih
Udin dan teman-teman ikut serta menjalankan kewajiban menjaga lingkungan.
Udin dan teman-teman menanam pohon di sekitar sekolah.
Udin dan teman-teman menanam pohon di bagian yang diberi warna.
Lihatlah bagian yang diberi warna!
Dapatkah kamu menghitung luas bagian yang ditanami Udin?
Jadi, luas bagian yang akan ditanami Udin adalah 9 persegi satuan.
Coba hitung luas bagian berikut ini!
Luas bagian
17 persegi satuan
Luas bagian
17 persegi satuan
Tugasmu!
Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang. Agar semua dapat berjalan dengan baik.
Perhatikan gambar berikut!
Tuliskan hak dan kewajiban agar tidak terjadi hal seperti pada gambar!
Contoh :
Hak : Mendapatkan sumber energi makanan
Kewajiban : Menghabiskan makanan yang sudah di ambil.
Selanjutnya anak-anak dapat mengerjakan soal latihan mengenai hak dan kewajiban yang sesuai pada gambar di bawah ini!
Tulislah menggunakan tulisan tegak bersambung dan buatlah gambarnya.
1. Hak : ............
Kewajiban : ............
2. Hak : ...........
Kewajiban : .........
3. Hak : ...........
Kewajiban : ........
Pengiriman Tugas:
1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan latihan soal (Chat pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar anak-anak yang hebat 👍
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib
Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪
Hasil pembelajaran daring hari ini
As salamualaikum Bu Fitri
BalasHapusDhirgham Tamam F
HADIR Bu
Terima kasih🙏
Assalamualaikum Bu Fitri,,
BalasHapusRidho Bintang Nugroho
Hadir Bu🙏
Zalbyan Fathir Rizki
BalasHapusHadir bu
Azril Kautsar ALghifary
BalasHapusHadir bu.
Bari khairul azam hadir bu
BalasHapusFachry Aditya Putra
BalasHapusHadir
Cahaya Mahatmaprita Ivan
BalasHapusHadir
Assalamualaikum bu Adiva Nafeeza kls3C hadir bu
BalasHapusAssalamualaikum bu Alvin Hafidz Putra Pratama
BalasHapusKelas:3C
Hadir
Assalamualaikum Nabil arrafif hadir
BalasHapusZahwa Rafelia Rapon
BalasHapusKelas 3 C
Gavriel Alvaro Valendra hadir 3c
BalasHapusAssalamualaikum ,,,,
BalasHapusMohamad Reksa Aprilingga Rizqullah
(Kelas 3C)hadir bu,,,,