Materi Tematik
SELASA, 15 Februari 2022
MATERI KELAS 6 F
TEMA 8 SUBTEMA 3 PB 3 - 6
MUATAN TEMATIK KELAS VI.F
GURU KELAS : FITRI DARYANI, S.Pd.
Assalamualaikum... good morning everyone, I hope we are fine today, before start our lesson don't forget to pray Dhuha, muroja'ah and watch the Tausiyah. Let's open our class with say Basmallah.0
TEMA 8. BUMIKU
SUB TEMA 3. PB 3 & 4
BUMI, MATAHARI, dan BULAN
Mata Pelajaran yang Muncul :
Bahasa Indonesia KD 3.8 dan 4.8
PPKN KD 1.2; 2.2; 3.2; dan 4.2
IPS KD 3.1 dan 4.1
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa mampu membuat peta pikiran yang disertai dengan gambar visual.
2. Siswa mampu memberikan pendapat mengenai kewajiban masyarakat dalam menangani permasalahan.
3. Siswa mampu menentukan persamaan dan perbedaan antara negara Laos dan Filipina.
MATERI
Bahasa Indonesia
Labuan Bajo
Labuan Bajo merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Labuan Bajo merupakan tempat yang sering dikunjungi wisatawan. Banyak tempat wisata di Labuan Bajo. Selain memiliki panorama yang indah, Labuan Bajo merupakan pintu gerbang bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi tempat-tempat wisata unggulan di Provinsi NTT. Tempat yang dimaksud antara lain pulau Komodo dan Rinca. Labuan Bajo memang dipersiapkan sebagai pintu masuk wisatawan. Fasilitas dan akomodasi, infrastruktur utama seperti pelabuhan hingga bandara telah dibangun. Hotel berbintang dan losmen mudah ditemukan. Para wisatawan sering menjadikan Labuan Bajo sebagai (base camp) titik persinggahan ketika menyusuri berbagai objek wisata di lokasi lain. |
PPKN
Salah satu faktor yang memengaruhi banyaknya wisatawan di Labuan Bajo adalah lingkungan yang bersih dan nyaman. Setiap wisatawan berhak untuk menikmati kenyamanan dan kebersihan tempat wisata yang dikunjunginya.
Setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk hidup di lingkungan yang baik dan sehat. Apakah kamu tahu makna hak?
Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya bergantung pada kita sendiri.
Amati gambar berikut!
Tulis pendapatmu tentang kewajiban masyarakat dari gambar di atas di kolom komentar blogger bu guru yaa ^.^
IPS
Laos
Keadaan Alam
Laos merupakan satu-satunya negara di Kawasan Asia Tenggara yang tidak berbatasan dengan laut. Wilayah Laos bergunung-gunung. Sungai Mekong merupakan sungai utama. Daerah pertanian terpenting terletak di lembah Sungai Mekong. Laos diselimuti hutan lebat. Laos juga memiliki daratan tinggi dan beberapa dataran rendah.
Hasil Utama
Hasil tanaman pangan utama Laos adalah padi dan jagung. Hasil hutan utama berupa kayu jati. Barang ekspor utama Laos antara lain kopi, kapur barus, dan kulit binatang. Barang impornya terutama minyak bumi, mesin-mesin, dan beras.
Filipina Keadaan Alam Filipina merupakan negara kepulauan. Sebagian besar wilayah Filipina berupa pegunungan. Gunung api yang terdapat di Filipina antara lain Gunung Mayon, gunung Taal, dan Gunung Pinatubo. Sekira 40% wilayah Filipina berupa hutan. Hasil hutan yang menonjol antara lain kayu bonian, kayu cedar, kayu eboni, kayu pinus, dan kayu mahoni. Hasil Utama Sebagian besar penduduk Filipina bermata pencaharian sebagai petani. Hasil pertanian utama, antara lain pisang, jeruk, kelapa, kopi, tembakau, dan tebu. Tanaman pangan utama adalah padi dan jagung. Hasil ternak utama adalah sapi perah. Hasil tambangnya terutama emas, perak, dan tembaga. Hasil industri utamanya adalah tekstil, kertas, dan gula. |
TUGAS 1
Dari informasi di atas, apakah ada persamaan yang kamu temukan mengenai keadaan perekonomian di Laos dan Filipina? Bagaimana dengan perbedaannya? Apakah ada perbedaan yang kamu temukan? |
PERSAMAAN : 1. 2. 3. PERBEDAAN : 1. 2. 3. |
Note : Jawaban ibu tunggu sampai pukul 11.15 ya.. ^.^
TEMA 8. BUMIKU
SUB TEMA 3. PB 5 & 6
BUMI, MATAHARI, dan BULAN
Mata Pelajaran yang muncul :
IPA KD 3.8 dan 4.8Bahasa Indonesia KD 3.8 dan 4.8
SBdP KD 3.1 dan 4.1
PPKN 1.2; 2.2; 3.2; dan 4.2
Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mampu mengidentifikasi penggunaan kalender masehi dalam kehidupan.
- Siswa mampu menjelaskan hal yang diketahuinya tentang Kalender Masehi dan Kalender Hijriah.
- Siswa belajar memahami hak dan kewajiban serta mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
- Siswa dapat membuat kembali cerita menggunakan penokohan lain.
MATERI
IPA
Kalender Masehi dan Kalender Hijriah
Perputaran Bumi mengelilingi Matahari (revolusi bumi) dan perputaran Bulan mengelilingi Bumi (revolusi bulan) digunakan untuk menentukan tahun Masehi dan tahun Hijriah. System penanggalan Masehi ditentukan berdasarkan kala revolusi bumi. System penanggalan Hijriah ditentukan berdasarkan kala tevolusi bulan.
1. Tahun Masehi
Nama Bulan | Jumlah Hari |
Januari | 31 |
Februari | 28/29 |
Maret | 31 |
April | 30 |
Mei | 31 |
Juni | 30 |
Nama Bulan | Jumlah Hari |
Juli | 31 |
Agustus | 31 |
September | 30 |
Oktober | 31 |
November | 30 |
Desember | 31 |
Tahun Masehi pertama kali ditetapkan oleh Julius Cesar (Romawi) pada tahun 47. Julius Cesar menetapkan jumlah hari dalam satu tahun 365 hari. Berdasarkan kala revolusi bumi, 1 tahun = 365 hari. Sisa hari dari setiap tahun dikumpulkan sehingga setelah 4 tahun akan terkumpul menjadi 1 hari. Jadi, setiap 4 tahun sekali, jumlah hari dalam 1 tahun = 366 hari dan disebut tahun kabisat.
Tahun kabisat adalah tahun bilangannya habis dibagi 4 (empat), misalnya tahun 2000, 2004, dan 2008. Berdasarkan perhitungan yang lebih teliti, kala revolusi bumi adalah selama 365 hari 5 jam, 48 menit.
1. Tahun Hijriah
Tahun Hijriah juga disebut tahun Komariyah atau tahun Bulan. Tahun Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan (waktu yang diperlukan Bulan untuk sekali mengelilingi Bumi). Kala revolusi bulan adalah 29 hari sehingga jumlah hari dalam satu tahun = 29 hari x 12 = 354 hari. Satu tahun Hijriah dibagi menjadi 12 bulan dengan pembagian jumlah hari sebagai berikut :
Nama Bulan | Jumlah Hari |
Muharam | 29 |
Safar | 30 |
Robiul Awal | 29 |
Robiul Akhir | 30 |
Jumadil Awal | 29 |
Jumadil Akhir | 30 |
Nama Bulan | Jumlah Hari |
Rajab | 29 |
Syaban | 30 |
Ramadan | 30 |
Syawal | 30 |
Zulkaedah | 29 |
Zulhijah | 29/30 |
Kalender Hijriah juga mengenal tahun kabisat. Jumlah hari dalam tahun kabisat Hijriah 1 hari lebih lama dibandingkan tahun Hijriah biasa, yaitu 355 hari. Pada tahun kabisat Hijriah, jumlah hari dalam bulan Zulhijah adalah 30 hari. Berdasarkan hal tersebut, hari-hari besar Islam setiap tahun bergeser lebih awal 11 hari pada tahun Hijriah biasa, dan bergeser 12 hari pada tahun kabisat.
Gambar di bawah merupakan Kalender Masehi & Kalender Hijriah :
Gambar di bawah merupakan Kalender Masehi & Kalender Hijriah :
A. Kalender Masehi
B. Kalender Hijriah
PPKN
PPKN
Bahasa Indonesia
Perhatikan gambar di bawah ini!
Dari cerita di atas, buatlah ulasan ceritamu di kolom komentar blogger ibu yaa.. ^.^
Tugas 2
Kerjakan soal di buku cerdas halaman 78-81. Soal pilihan ganda, kalian tulis jawaban beserta kalimat nya di buku latihan mu yaa..😊
Kerjakan tugasmu dengan baik dan serius. karena pekerjaan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil yang baik. Dan tak lupa selalu berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan agar diberikan kelancaran segala kegiatannya oleh Allah SWT. Aamiin..👐
Note : Jawaban ibu tunggu sampai pukul 11.15 ya.. ^.^
Assalamu'alaikum
BalasHapusQanita Shabira Harahap
Kewajiban masyarakat pada gambar 1 :
Tidak membuang sampah di sungai
Kewajiban masyarakat pada gambar 2 :
Menggunakan kendaraan yang layak dipakai sehingga tidak menimbulkan polisi udara
Assalamualaikum wr wb
BalasHapusNasywa Areska Ramadhani
Kewajiban masyarakat gambar 1:
Masyarakat seharusnya tidak membuang sampah di sungai yang bisa menyebabkan sungai meluap lalu banjir
Kewajiban masyarakat gambar 2:
Masyarakat seharusnya mengurangi pemakaian kendaraan yang menimbulkan asap sehingga bisa mencemarkan udara dan menimbulkan polusi
Assalamualaikum Bu
BalasHapusM Hanif Deski
Hadir
Jawaban:
1.Kewajiban masyarakat pada gambar 1
Tidak membuang sampah di sungai,agar tidak terjadi banjir
2.Kewajiban masyarakat pada gambar 2
Menggunakan bahan bakar yg ramah lingkungan dan menggunakan kendaraan yg layak dipakai ( menjaga mesin kendaraan), sehingga tidak menyebabkan polusi udara.
Terimakasih
Assalamualaikum
BalasHapusNama:Keisya Dheandra Putri
Kelas:6F no absen:14
Pendapat saya tentang kewajiban masyarakat pada gambar
1. Kita tidak membuang sampah d bantaran sungai
2. Tertib nya berkendara dan menggunakan kendaraan yg mesin ny layak pakai sehingga tidak menimbulkan pencemaran udara
Wassalamualaikum
Assalamualaikum Bu
BalasHapusNama: Orlando Anabil Jaya
Kelas:6F
No absen:22
Hadir
Jawaban:
1.Kewajiban masyarakat pada gambar 1
Tidak membuang sampah di sungai,agar tidak terjadi banjir
2.Kewajiban masyarakat pada gambar 2
Menggunakan bahan bakar yg ramah lingkungan dan menggunakan kendaraan yg layak dipakai ( menjaga mesin kendaraan), sehingga tidak menyebabkan polusi udara.
Terimakasih
Assalamualaikum bu
BalasHapusNama:Amelia Sari
Kelas:6F
Jawaban:
1.Kewajiban masyarakat pada gambar 1
Tidak membuang sampah sembarangan di aliran sungai karena akan berakibat banjir
2.Kewajiban masyarakat pada gambar 2
Menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan sehingga polusi udara berkurang.
Terimakasih bu,Wassalamualaikum wr wb 🙏
Assalamualaikum
BalasHapusAnggun Khairunnisa
6F
Jawaban:
1. Kewajiban masyarakat pada gambar 1 tidak membuang sampah sembarang di aliran sungai karena akan berakibat banjir
2. Kewajiban masyarakat pada gambar 2 menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan sehingga polusi udara berkurang
Terimakasih 🙏
Assalamualaikum wr wb
BalasHapusNama Fachri bintang arabi
Kls 6F no absen 8
Hadir
Jawaban:
1.Kewajiban masyarakat pada gambar1
Tidak membuang sampah di sungai agar tidak banjir.
2.Kewajiban pada gambar 2
Menggunakan bahan bakar yg ramah lingkungan dan menggunakan kendaraan yg layak pakai sehingga tidak menyebabkan polusi udara.