06-05-2025
Selasa, 06 Mei 2025
MTK dan Pendidikan Pancasila
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5A
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Pembelajaran hari ini secara daring ya nak,Sebelum belajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha dan membaca Al Qur'an serta morojaah surat-surat pendek,
Baiklah anak-anak semua,hari ini Ibu akan memberikan materi mapel Matematika dan Pendidikan Pancasila.Kalian pelajari materi yang ada di blogger ini kemudian kalian kerjakan soal latihan yang Ibu berikan. Tetap semangat selama pembelajaran Daring ya Nak !
Mapel : Matematika
Bangun Ruang Tabung
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan menyimak materi dan video peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan luas bangun ruang tabung
Luas Permukaan Tabung
Luas permukaan tabung dapat kita lihat dari jaring-jaring tabung yang terdiri dari sebuah daerah persegi panjang dan dua daerah lingkaran yang kongruen. Daerah persegi panjang itu panjangnya sama dengan keliling lingkaran alas/atas dari tabung, sedang lebarnya sama dengan tinggi tabung.
Berikut Link Video Penjelasan materi
👇
Luas persegi panjang ini disebut luas bidang lengkung tabung. Jika r adalah jari-jari tabung dan t adalah tinggi tabung, maka:
Rumus Luas Tabung
Luas Bidang Lengkung Tabung = Luas Persegi Panjang
= p x l
= Keliling lingkaran x tinggi tabung
= (2 π)r x (t)
= 2 πr t
Luas Seluruh Permukaan Tabung = Luas Seluruh Bidang SisiTabung
=Luas Bidang Lengkung Tabung + 2 Luas Alas Tabung
= 2π.rt+ 2 (π r²)
= 2πr(r+t)
Penjelasan :
π=22/7 atau 3,14
r = radius(jari-jari loingkaran)
d =diameter
t = tinggi tabung
NOTE: Jika jari atau tingginya bisa habis di bagi 7 gunakan π=22/7 tetapi jika tidak habis dibagi 7 gunakan π = 3,14,dan apabila diketahui diameternya, maka untuk mencari jari-jarinya diameter dibagi dengan 2
♦ Contoh Soal Mencari Luas Permukaan Tabung ♦
1. Sebuah tabung mempunyai jari-jari 7 cm dan tinggi 10 cm, tentukanlah luas tabung tersebut.
Penyelesaian:
Dik:
r = 7 cm
Tinggi = 10 cm
Dit: Luas Tabung?
Jawab:
L = 2 x π x r (r+t)
L = 2 x 22/7 x 7 (7+10)
L = 2 x 22/7x 7x17
L = 748 cm²
Jadi, luas pada tabung tersebut adalah 748 cm².
2.Sebuah tabung mempunyai jari-jari 10 cm dan tinggi 20 cm,tentukanlah luas tabung tersebut ?
Penyelesaian:
Dik:
r = 10 cm
Tinggi = 20 cm
Dit: Luas Tabung?
Jawab:
L = 2 x π x r (r+t)
L = 2 x 3,14 x
dan tinggi 20 cm,tentukanlah luas tabung tersebut ?
Penyelesaian:
Dik:
r = 10 cm
Tinggi = 20 cm
Dit: Luas Tabung?
Jawab:
L = 2 x π x r (r+t)
L = 2 x 3,14 x 10(10+20)
L = 2 x 3,14x 10x30
L =1.884,00 cm² (karena dibelakang koma hanya ada angka 0 dan tidak ada angka lain selain angka nol maka angka yang dibelakang koma bisa dihilangkan .Jadi, luas pada tabung tersebut adalah 1.884 cm².
3. Jika luas permukaan tabung dengan jari-jari 7 cm dan π = 22/7 adalah 748 cm2. Tentukan tinggi tabung tersebut.
Penyelesaian:
Untuk mencari tinggi tabung tersebut dapat digunakan rumus mencari luas permukaan tabung yakni:
Jawab :L. tabung = 2πr(r + t)
748 = 2. (22/7) . 7. (7 + t)
748 = 44(7 + t)
748 = 308 + 44t
748 – 308 = 44t
440 = 44t
t = 440/44
t = 10 cm
Jadi, tinggi tabung tersebut adalah 10 cm.
TUGAS 👇
Selesaikan soal di bawah ini dengan jelas dan benar !
1. Tuliskan rumus luas Permukaan Tabung !
2.Sebuah tabung mempunyai jari-jari 10 cm dan tinggi 40 cm,tentukanlah luas tabung tersebut !
3. Sebuah tabung mempunyai diameter 14 cm dan tinggi 23 cm,tentukanlah luas tabung tersebut !
4. Jika luas permukaan tabung dengan jari-jari 7 cm dan π = 22/7 adalah 836 cm2.Berapakah tinggi tabung tersebut ?
Mapel Pendidikan Pancasila
Tujuan pembelajaran :
Menjelaskan pengertian keragaman budaya dan gotong royong dengan benar.Menyebutkan contoh keragaman budaya yang ada di Indonesia.
Media pembelajaran : Gambar atau video tentang rumah adat, tarian, pakaian, dan upacara adat dari berbagai daerah. Dan Soal-soal latihan
Metode pembelajaran : Ceramah interaktif guru menjelaskan sambil melibatkan tanya jawab dan tugas Mandiri
Materi: Keberagaman Budaya Indonesiaku dan Gotong Royong
Keberagaman Budaya Indonesiaku
1. Pengertian Keberagaman Budaya
Keberagaman budaya adalah perbedaan yang ada dalam masyarakat Indonesia seperti suku, adat istiadat, bahasa daerah, rumah adat, pakaian adat, tarian, lagu daerah, dan makanan khas.
2. Penyebab Keberagaman Budaya
Letak geografis yang luas
Banyaknya suku bangsa
Pengaruh lingkungan dan sejarah daerah
3. Contoh Keberagaman Budaya
Rumah adat: Joglo (Jawa), Tongkonan (Toraja), Gadang (Minangkabau)
Tari tradisional: Tari Saman (Aceh), Tari Kecak (Bali), Tari Piring (Sumatera Barat)
Bahasa daerah: Jawa, Sunda, Batak, Bugis, dsb.
Makanan khas: Rendang, Gudeg, Pempek, Papeda
4. Sikap Terhadap Keberagaman Budaya
Menghargai budaya daerah lain
Tidak membeda-bedakan suku atau adat
Bangga terhadap budaya bangsa
Menjaga dan melestarikan budaya lokal
B. Gotong Royong
1. Pengertian Gotong Royong
Gotong royong adalah kegiatan bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Ini adalah salah satu bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila.
2. Contoh Gotong Royong
Membersihkan lingkungan bersama
Membangun fasilitas umum di desa
Menolong tetangga yang sedang kesusahan
Membersihkan kelas bersama-sama
3. Manfaat Gotong Royong
Meringankan pekerjaan
Mempererat hubungan sosial
Meningkatkan rasa kebersamaan dan persatuan
Menumbuhkan sikap tolong-menolong
4. Nilai Pancasila dalam Gotong Royong
Gotong royong mencerminkan sila keempat dan kelima, yaitu:
Sila ke-4: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan
Sila ke-5: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Kesimpulan
Indonesia kaya akan budaya yang beragam. Keberagaman ini harus dijaga dan dihargai agar tetap menjadi kekuatan bangsa. Gotong royong adalah cara kita menjaga persatuan dan kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari.
Berikut soal Pendidikan Pancasila tentang "Keberagaman Budaya Indonesiaku dan Gotong Royong"
1. Apa yang dimaksud dengan keberagaman budaya?
A. Perbedaan pendapat dalam masyarakat
B. Perbedaan suku, adat istiadat, dan kebiasaan masyarakat
C. Perbedaan usia masyarakat
D. Persamaan dalam pekerjaan masyarakat
Jawaban:
2. Contoh wujud keberagaman budaya di Indonesia adalah...
A. Banyaknya tempat perbelanjaan
B. Banyaknya kendaraan umum
C. Beragamnya pakaian adat dan rumah adat
D. Banyaknya gedung perkantoran
Jawaban:
3. Sikap kita terhadap keberagaman budaya adalah...
A. Menyukai budaya sendiri dan merendahkan yang lain
B. Mengabaikan budaya daerah lain
C. Menghargai dan menghormati semua budaya
D. Meniru semua budaya luar negeri
Jawaban:
4. Gotong royong berarti...
A. Mengerjakan pekerjaan sendiri
B. Membantu teman untuk keuntungan pribadi
C. Bekerja sama untuk kepentingan bersama
D. Memberi tugas kepada orang lain
Jawaban:
5. Contoh gotong royong di lingkungan sekolah adalah...
A. Menyontek saat ujian
B. Membersihkan kelas bersama-sama
C. Bermain di taman sekolah
D. Berbelanja ke kantin
Jawaban:
6. Manfaat dari gotong royong adalah...
A. Pekerjaan menjadi lebih lama
B. Timbul rasa iri antar warga
C. Pekerjaan cepat selesai dan menumbuhkan rasa persatuan
D. Terjadi perselisihan
Jawaban:
7. Rumah adat Tongkonan berasal dari daerah...
A. Papua
B. Toraja, Sulawesi Selatan
C. Bali
D. Aceh
Jawaban:
8. Tari Kecak berasal dari...
A. Sumatera Barat
B. Jawa Barat
C. Bali
D. Kalimantan Timur
Jawaban:
9. Salah satu bentuk pelestarian budaya adalah...
A. Mengabaikan budaya daerah
B. Mempelajari dan memperkenalkan budaya kepada generasi muda
C. Menghapus budaya lama
D. Meniru budaya asing
Jawaban:
10. Nilai Pancasila yang sesuai dengan semangat gotong royong adalah...
A. Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
C. Persatuan Indonesia
D. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
Jawaban:
11. Keberagaman budaya di Indonesia merupakan kekayaan yang harus kita ________.
Jawaban:
12. Contoh kegiatan gotong royong di masyarakat adalah ________.
Jawaban:
13. Lagu daerah dari Sumatera Barat yang terkenal adalah ________.
Jawaban:
14. Bhinneka Tunggal Ika berarti ________.
Jawaban:
15. Dengan bergotong royong, pekerjaan menjadi lebih ________.
- Demikian materi hari ini Bu Guru sampaikan, untuk tugas silakan dikerjakan secara mandiri dan akan dikoreksi saat masuk sekolah.Tetap semangat belajar dan beribadah anak-anak hebat 5A 🥰👍🏻
- Dokumentasi pembelajaran hari ini
Assalamualaikum Bu Pande Raja Nasution kelas 5A hadir
BalasHapusassalamualaikum Bu jian kelas5A hadir
BalasHapus