02-12-2024

SENIN, 02 Desember  2024 

 Sumatif Akhir Sekolah ( SAS ) HAri Ke-3

Mapel IPAS dan BAHASA  LAMPUNG 

                  

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin. 

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuaha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Alhamdulillah kita dapat berjumpa lagi pada hari ini.Ibu ucapkan terimakasih atas semangat  anak-anak semua pada setiap pertemuan.Hari ini kita akan mengadakan Sumatif Akhir Sekolah.(SAS) mapel IPAS dan BAHASA LAMPUNG. Semoga kalian dapat mengerjakan soal sas dengan jujur dan mendapatkan hasil yang memuaskan.Aamiin.

Jadwal PAS hari ini

1.IPAS

2.BAHASA LAMPUNG 

JAWAL SAS SEMESTER GANJIL :


KISI_KISI IPAS

KISI_KISI IPAS

1. Sistem pernapasan manusia

2. Sistem pencernaan manusia

3. Sistem peredaran darah manusia

4. Ekosistem

5. Siklus air

6. Bunyi dan cahaya disekitar kita

7. Upaya penghematan energi

8. Rotasi dan revolusi dalam tata surya

Soal PTS/STS 1 IPAS Kelas 5 Kurikulum Merdeka (IPA)

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !

1. Sifat bayangan yang terbentuk pada cermin cembung adalah ....

a. maya, tegak, diperkecil

b. nyata, tegak, diperkecil

c. maya, terbalik, diperbesar

d. nyata, terbalik, sama besar

 

2. Bayangan benda yang dapat ditangkap oleh layar disebut ....

a. bayangan difus

b. bayangan semu

c. bayangan nyata

d. bayangan teratur

 

3. Uang logam yang ada di dalam air jernih terlihat lebih dekat ke permukaan merupakan salah satu peristiwa ....

a. pembiasan cahaya

b. pemantulan cahaya

c. perambatan cahaya

d. pembentukan bayangan

 

4. Cahaya akan dibiaskan, jika melewati dua medium yang kerapatannya ....

a. sama

b. berbeda

c. seimbang

d. besar

 

5. Cahaya pantul adalah ....

a. berkas cahaya yang diserap

b. berkas cahaya yang dibalikkan

c. berkas cahaya yang dibiaskan

d. berkas cahaya yang dihilangkan

 

6. Jika bayangan benda jatuh di depan retina, harus dibantu dengan kacamata berlensa ....

a. cekung

b. cembung

c. silinder

d. rangkap

 

7. Perhatikan gambar berikut !. 

Hal tersebut disebabkan adanya ….

a. pemantulan cahaya

b. penguraian cahaya

c. penyerapan cahaya

d. pembiasan cahaya

 

8. Perhatikan tabel berikut !

 

 

Pasangan alat optik dengan fungsinya yang benar ditunjukkan nomor ….

a. (1) dan (2)

b. (1) dan (4)

c. (2) dan (3)

d. (2) dan (4)

 

9. Bila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat, maka cahaya akan dibiaskan mendekati garis ....

a. normal

b. horizontal

c. vertikal

d. lurus

 

10. Jika cahaya datang dari zat yang lebih rapat menuju zat yang kurang rapat, cahaya akan ….

a. dibiaskan mendekati garis normal

b. dibiaskan menjauhi garis normal

c. dipantulkan kembali

d. merambat lurus

 

11. Berikut benda-benda di sekitar kita.

(1) Bola

(2) Kayu

(3) Kertas HVS

(4) Kaca

Benda-benda yang dapat tembus cahaya ditunjukkan nomor ....

a. (1) dan (4)

b. (2) dan (4)

c. (2) dan (3)

d. (3) dan (4)

 

12. Jarak bayangan benda dengan jarak benda yang berada di depan cermin datar adalah ....

a. sama

b. lebih jauh

c. lebih dekat

d. berbeda

 

13. Adanya pemantulan baur dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu pada ....

a. kacamata

b. lampu penerang kendaraan bermotor

c. lampu senter

d. fatamorgana

 

14. Peristiwa yang membuktikan bahwa cahaya merambat lurus yaitu ….

a. rambatan cahaya matahari lurus ketika melewati genting kaca

b. terbentuknya pelangi pada saat hujan

c. memantulnya cahaya pada cermin

d. cahaya menembus benda bening

 

15. Berikut ini yang tidak benar tentang bunyi, yaitu ....

a. bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas

b. bunyi merambat melalui ruang hampa

c. bunyi dihasilkan benda yang bergetar

d. benda yang menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi

 

16. Bunyi dapat terdengar oleh telinga kita karena sumber bunyi mengalami ....

a. getaran

b. pemuaian

c. pendinginan

d. perambatan

 

17. Bunyi dapat merambat melalui ....

a. air dan ruang hampa

b. benda padat dan air

c. udara dan ruang hampa

d. ruang hampa dan benda padat

 

18. Suara bel sekolah terdengar dari jarak yang agak jauh karena suara bel merambat melalui ....

a. udara

b. air

c. tanah

d. ruang hampa

 

19. Bunyi yang frekuensinya teratur dinamakan ….

a. suara

b. irama

c. nada

d. frekuensi 

 

20. Bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi aslinya disebut ....

a. gema

b. gaung

c. nada

d. pantulan

 

21. Hewan yang memakan produsen atau tumbuhan disebut konsumen tingkat ....

a. I

b. ll

c. III

d. IV

 

22. Tumbuhan dikatakan sebagai produsen karena ....

a. makan tumbuhan lain

b. dapat mengolah makanannya sendiri

c. menjadi parasit bagi tumbuhan lain

d. hidup di hutan

 

23. Hubungan makan dan dimakan antar-makhluk hidup disebut ....

a. rantai makanan

b. metamorfosis

c. daur hidup

d. simbiosis

 

24. Dalam rantai makanan, yang bertindak sebagai produsen adalah ....

a. tumbuhan

b. manusia

c. herbivora

d. karnivora

 

25. Dalam ekosistem, bakteri atau jamur berperan sebagai ....

a. konsumen tingkat I

b. konsumen tingkat II

c. produsen

d. pengurai

 

26. Perhatikan gambar berikut ini !


Organisme yang berperan sebagai konsumen tingkat II adalah ....

a. padi

b. belalang

c. katak

d. ular

 

27. Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan membentuk ....

a. rantai makanan baru

b. jaring-jaring makanan

c. ekosistem

d. komunitas

 

28. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut ….

a. botani

b. zoology

c. ekologi

d. taksonomi

 

29. Contoh urutan rantai makanan yang benar adalah ….

a. padi → belalang → katak → elang → ular

b. padi → katak→ belalang → elang → ular

c. padi → belalang → katak→ ular → elang 

d. padi → belalang → ular →katak

 

30. Contoh makhluk hidup pengurai adalah ....

a. lumut

b. ganggang

c. tumbuhan hijau

d. bakteri dan jamur

 

31. Organisme pemakan hewan disebut ....

a. herbivora

b. karnivora

c. omnivora

d. autotrof

 

32. Contoh dari organisme karnivora adalah....

a. ayam, katak, elang

b. ayam, belalang, tikus

c. anjing, kucing, harimau

d. anjing, kelinci, sapi

 

33. Makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri disebut ....

a. heterotrof

b. autotrof

c. dekomposer

d. herbivora

 

34. Tempat tinggal makhluk hidup untuk melangsungkan hidupnya secara normal disebut ....

a. habitat

b. komunitas

c. populasi

d. ekosistem

 

35. Supaya tidak terjadi banjir, kita dapat ….

a. menggunduli hutan

b. membakar hutan

c. menanam pohon penghijauan

d. menebang pohon

 

36. Berikut bukan merupakan akibat membuang sampah ke sungai adalah ….

a. bencana banjir

b. aliran sungai tidak lancar

c. sarang penyakit

d. air bersih

 

37. Berikut ini yang termasuk dalam komponen biotik adalah ….

a. air

b. pasir

c. manusia

d. udara

 

38. Ekosistem alam di darat dengan anggota terbanyak adalah ….

a. kebun

b. sawah

c. hutan

d. danau

 

39. Berikut yang termasuk ke dalam ekosistem buatan adalah ....

a. danau

b. laut

c. sungai

d. kebun

 

40. Asap kendaraan bermotor dan cerobong asap pabrik dapat mencemari ....

a. laut

b. udara

c. air

d. darat

II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !

1. Pemantulan teratur terjadi apabila cahaya mengenai benda yang permukaannya ….

2. Cermin yang permukaan mengilapnya melengkung ke dalam atau konkaf dinamakan …

3. Gangguan mata yang umumnya terjadi pada orang berusia lanjut adalah …

4. Bagian telinga yang berfungsi untuk menerima dan menyampaikan getaran adalah …

5. Bunyi yang frekuensinya di atas 20.000 Hz yang dapat ditangkap oleh kelelawar dan lumba-lumba dinamakan bunyi …

5. Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan dalam suatu ekosistem dinamakan 

6. Pola interaksi yang tidak saling mengganggu, tidak saling merugikan, maupun tidak saling menguntungkan dinamakan ……

7. Tali putri yang menempel pada tumbuhan inang merupakan contoh simbiosis ……

8. Hubungan antarmakhluk hidup yang saling menguntungkan disebut …

9. Sumber energi utama di bumi ini adalah …

10. Lingkungan yang terdiri atas benda-benda tidak hidup, misalnya air, batu, pasir, udara, cahaya

matahari, dan tanah dinamakan ……

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!

1. Jelaskan pengelompokan benda berdasarkan kemampuan cahaya dalam menembus benda!

2. Bagaimanakah tahapan proses sehingga suatu benda dapat dilihat oleh mata?

3. Cermin datar sering dimanfaatkan sebagai cermin. Coba jelaskan mengapa cermin tidak menggunakan cermin cembung atau cekung !

4. Jelaskan yang dimaksud dengan individu dan berikan contohnya !

5. Jelaskan pengertian jaring jaring makanan dan berikan contohnya !

1. a. maya, tegak, diperkecil

2. c. bayangan nyata

3. a. pembiasan cahaya

4. b. berbeda

5. b. berkas cahaya yang dibalikkan

6. a. cekung

7. d. pembiasan cahaya

6. c. (2) dan (3)

9. a. normal

10. b. dibiaskan menjauhi garis normal

11. d. (3) dan (4)

12. a. sama

13. b. lampu penerang kendaraan bermotor

14. a. rambatan cahaya matahari lurus ketika melewati genting kaca

15. b. bunyi merambat melalui ruang hampa

16. d. perambatan

17. b. benda padat dan air

18. a. udara

19. c. nada

20. b. gaung

21. a. I

22. b. dapat mengolah makanannya sendiri

23. a. rantai makanan

24. a. tumbuhan

25. d. pengurai

26. c. katak

27. b. jaring-jaring makanan

28. c. ekologi

29. c. padi → belalang → katak→ ular → elang 

30. d. bakteri dan jamur

31. b. karnivora

32. c. anjing, kucing, harimau

33. b. autotrof

34. a. habitat

35. c. menanam pohon penghijauan

36. d. air bersih

37. c. manusia

38. c. hutan

39. d. kebun

40. b. udara

 

Kunci Jawaban Room II

1. halus dan rata

2. cermin cekung

3. presbiopi

4. gendang telinga

5. ultrasonik

5. jaring-jaring makanan

6. simbiosis netralisme

7. parasitisme

8. simbiosis mutualisme

9. Matahari

10. abiotik

 Kunci Jawaban Room III

1. Pengelompokan benda berdasarkan kemampuan cahaya menembus benda dapat dilakukan dalam tiga kelompok utama, yaitu benda transparan, benda semi transparan (translusen), dan benda tidak tembus cahaya (opak)

2. Tahapan proses sehingga benda dapat dilihat oleh mata dimulai ketika objek atau benda memantulkan cahaya yang masuk ke mata dan diterima oleh kornea, pupil, lensa, lalu dipusatkan pada retina.

3. Karena sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar adalah maya, tegak, sama besar.

4. Individu adalah satuan makhluk hidup tunggal contohnya manusia

5. Jaring jaring makanan adalah sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan dalam suatu ekosistem. Contoh jaring-Jaring makanan di darat, laut, sawah, dan hutan

 Dokumentasi kegiatan hari ini




  

Komentar

Postingan Populer