11-03-2025
Selasa, 11 Maret 2025
MATEMATIKA Pendidikan PANCASILA dan IPAS
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5A
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin,semoga di bulan Ramadhan apa yang sholih sholiha harapkan dapat terwujud dan kita selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Baiklah sholiha sholiha sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita akan tepuk 7 kebiasan anak Indonesia hebat. Selanjutnya sebelum masuk ke latihan latihan soal ibu akan menjelaskan materi yang ibu telah sampaikan yaitu bangun datar dan sudut, selanjutnya kita akan masuk ke latihan MAtematika Selanjutnya ibu akan menjelaskan materi keberagamaan budaya Indonesia, Indonesiaku kaya
MATEMATIKA
Tujuan pembelajaran : Meningkatkan kemampuan dalam memecahkan soal-soal berbasis bangun datar dan sudut: Siswa dapat mengerjakan soal latihan dengan benar melalui penerapan rumus dan konsep.
Metode pembelajaran : Latihan Mandiri: Siswa mengerjakan soal-soal individu untuk mengasah pemahaman mereka tentang bangun datar dan sudut. Hal ini bisa dilakukan baik dalam bentuk latihan tertulis maupun soal pilihan ganda.
Media Pembelajaran : Lembar Kerja Siswa, Media berupa lembar soal yang berisi latihan-latihan yang dapat dikerjakan oleh siswa untuk memperdalam pemahaman mereka terhadap materi.
Kerjakan latihan-latihan soal berikut dengan teliti dan benar.
Bangun Datar
Sebuah segitiga memiliki panjang sisi 5 cm, 12 cm, dan 13 cm. Jenis segitiga tersebut adalah... a) Segitiga sama sisi
b) Segitiga sama kaki
c) Segitiga sembarang
d) Segitiga siku-sikuJawaban:
Luas sebuah persegi panjang dengan panjang 8 cm dan lebar 5 cm adalah...
b) 13 cm²
c) 30 cm²
d) 20 cm²Jawaban:
Sebuah lingkaran memiliki jari-jari 7 cm. Berapa panjang diameter lingkaran tersebut? a) 7 cm
b) 14 cm
c) 21 cm
d) 49 cmJawaban:
Luas sebuah segitiga dengan alas 10 cm dan tinggi 6 cm adalah... a) 30 cm²
b) 60 cm²
c) 15 cm²
d) 20 cm²Jawaban:
Keliling sebuah persegi dengan panjang sisi 4 cm adalah... a) 12 cm
b) 16 cm
c) 8 cm
d) 20 cmJawaban:
Jarak antara pusat lingkaran dan garis lingkaran disebut... a) Diameter
b) Jari-jari
c) Tali busur
d) Setengah lingkaranJawaban:
Panjang diagonal pada persegi panjang dengan panjang 6 cm dan lebar 8 cm adalah... a) 10 cm
b) 12 cm
c) 14 cm
d) 16 cmJawaban:
Jika panjang sisi persegi adalah 5 cm, maka luasnya adalah... a) 10 cm²
b) 15 cm²
c) 25 cm²
d) 20 cm²Jawaban:
Sebuah trapesium memiliki panjang sisi sejajar 10 cm dan 6 cm, serta tinggi 4 cm. Luas trapesium tersebut adalah... a) 32 cm²
b) 40 cm²
c) 24 cm²
d) 48 cm²Jawaban:
Sudut
Jumlah sudut dalam segitiga selalu.. a) 90°
b) 180°
c) 360°
d) 270°Jawaban:
Jika dua sudut saling berpelengkap, maka jumlah kedua sudut tersebut adalah... a) 90°
b) 180°
c) 360°
d) 270°Jawaban:
Sudut yang lebih besar dari 90° tetapi kurang dari 180° disebut sudut... a) Lancip
b) Tumpul
c) Siku-siku
d) DatarJawaban:
Sudut yang berukuran 90° disebut sudut... a) Lancip
b) Tumpul
c) Siku-siku
d) DatarJawaban:
Jika sudut A adalah 60° dan sudut B adalah 120°, maka jumlah sudut A dan B adalah... a) 120°
b) 180°
c) 90°
d) 240°Jawaban:
Sudut yang berukuran kurang dari 90° disebut sudut... a) lancip b) tumpul c) siku-siku d) pelurus\\
Selanjutnya sebelum masuk ke latihan latihan soal ibu akan menjelaskan materi keberagamaan budaya Indonesia, Indonesiaku kaya dan teks eksplanadi
Baiklah selanjutnya kita akan masuk ke latihan - latihan soal pendidikan pancasila Ipas dan bahasa Indonesia.
Pendidikan Pancasila
- Mengenal dan memahami keragaman budaya Indonesia sebagai bagian dari identitas bangsa dan membahasal soal soal latihan.
Media Pembelajaran:
- Gambar atau foto tentang berbagai budaya, pakaian adat, dan tarian daerah.
- Video yang menunjukkan keberagaman budaya Indonesia.
- Buku pelajaran atau buku referensi yang membahas keragaman budaya Indonesia
Metode Pembelajaran:
- Diskusi Kelompok: Siswa dibagi dalam kelompok dan mendiskusikan keragaman budaya Indonesia, kemudian mempresentasikannya.
- Tanya Jawab: Guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk menguji pemahaman mereka tentang keragaman budaya Indonesia.
20 Soal Tentang Keragaman Budaya Indonesia :
- Apa yang dimaksud dengan keragaman budaya Indonesia?
- Sebutkan tiga contoh rumah adat yang ada di Indonesia!
- Apa nama pakaian adat dari Bali?
- Tarian tradisional apa yang berasal dari Jawa Barat?
- Sebutkan alat musik tradisional dari Sumatera!
- Apa yang dimaksud dengan bahasa daerah?
- Mengapa kita perlu melestarikan keragaman budaya Indonesia?
- Apa perbedaan antara rumah adat Joglo dan rumah adat Minangkabau?
- Sebutkan makanan khas dari daerah Papua!
- Apa saja yang bisa mencerminkan keragaman budaya di Indonesia?
- Jelaskan tentang perbedaan tarian adat di setiap daerah!
- Bagaimana cara menjaga kelestarian budaya Indonesia di masa depan?
- Sebutkan dua jenis upacara adat yang ada di Indonesia!
- Apa saja yang termasuk dalam seni budaya Indonesia?
- Bagaimana cara kita mengenal dan menghargai keragaman budaya di Indonesia?
- Apa nama tarian adat yang berasal dari Bali dan digunakan untuk menyambut tamu?
- Sebutkan dua contoh pakaian adat dari Kalimantan!
- Apa yang dimaksud dengan etnis dalam keragaman budaya Indonesia?
- Bagaimana pengaruh keragaman budaya terhadap kehidupan sosial di Indonesia?
- Apa contoh budaya yang berkembang di Indonesia karena pengaruh luar ?
Mata pelajaran IpasTujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat memahami keberagaman alam dan budaya di Indonesia.
- Siswa dapat menjelaskan pentingnya menjaga kekayaan alam Indonesia.
- Siswa dapat mengerjakan latihan- latihan soal Ipas
Media Pembelajaran:
- Buku teks - Sebagai bahan referensi utama dalam pembelajaran.
- Peta Indonesia - Untuk memvisualisasikan letak geografis dan sumber daya alam Indonesia.
- Gambar atau video - Menampilkan kekayaan alam dan budaya Indonesia.
Metode Pembelajaran:
- Diskusi Kelompok - Siswa akan berdiskusi dalam kelompok untuk berbagi pengetahuan tentang kekayaan Indonesia.
- Tanya jawab - Mengajak siswa untuk aktif bertanya dan menjawab soal yang berkaitan dengan materi.
15 Soal Materi IPAS Kelas 5: "Indonesiaku Kaya"
- Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam?
- Sebutkan dua contoh sumber daya alam yang ada di Indonesia!
- Mengapa kita harus menjaga kekayaan alam Indonesia?
- Apa saja manfaat hutan tropis bagi kehidupan manusia?
- Nama suku bangsa yang ada di Pulau Jawa adalah...?
- Apa nama makanan tradisional yang berasal dari Bali?
- Bagaimana cara menjaga kelestarian alam Indonesia?
- Apa yang dimaksud dengan keragaman budaya Indonesia?
- Sebutkan dua alat musik tradisional dari Indonesia!
- Refleksi kegiatan pembelajaran hari ini.Alhamdulillah sebagaian besar peserta didik dapat menyelesaikan soal soal latihan Matematika,Pendidikan Pancasila dan IPAS
- Dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini
- Sebutkan tiga jenis tanaman rempah yang ada di Indonesia!
- Apa yang dimaksud dengan batik, dan dari mana asalnya?
- Apa peran pariwisata dalam perekonomian Indonesia?
- Apa itu wilayah negara kepulauan, dan bagaimana hal ini mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia?
- Apa saja produk alam yang dihasilkan oleh Laut Indonesia?
- Sebutkan dua cara untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita
Komentar
Posting Komentar