Materi Ajar Kelas 6b

 SELASA, 10 Januari 2023

TEMA 6 SUBTEMA 3 PB 1 DAN 2

MUATAN  TEMATIK KELAS VI.B

GURU KELAS FITRI DARYANI,S.Pd MBJARA

Tabiik puuun.....

Good morning every body, how are you today? I wish you fine and happy today. Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat  Alloh SWT sehingga pada hari ini kita dapat bertemu kembali pada pembelajaran kita. Semoga kita  selalu sehat dan senantiasa dalam lindungan Alloh SWT. Anak - anak sebelum mulai pembelajaran sebaiknya kita mendengarkan tausiyah dahulu, menyanyikan lagu wajib,berdo'a sebelum belajar, melaksanakan sholat duha, dan muroja'ah surat-surat pendek. Tak lupa ibu mengingatkan, selalu laksanakan sholat wajib tepat pada waktunya. TETAP SEMANGAT
TEMA 6. Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub.Tema 3 Masyarakat sejahtera, negara kuat
PB. 1 dan 3

Materi  Pembelajaran 
 
 Muatan PKn
jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan dengan sepenuh hati. Tanggung jawab menjadi bagian dari kehidupan manusia sejak lahir. Tanggung jawab merupakan bagian dari kehidupan manusia, tetapi setiap orang mempunyai tanggung jawab yang berbeda-beda.
 
 
Sikap yang mencerminkan tanggung jawab sebagai warga negara, yaitu sebagai berikut: Memahami serta mengamalkan Pancasila di berbagai bidang kehidupan, seperti bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya. Senantiasa menjaga dan memelihara nama baik bangsa yang menjadi tanggung jawab sebagai warga negara di mata dunia internasional sebagai negara yang merdeka, berdaulat, beradab dan bermartabat. Dapat meningkatkan wawasan kebangsaan agar senantiasa terbina rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan pada setiap diri warga negara. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menghindari sikap yang diskriminatif. Senantiasa membina solidaritas sosial sebagai sesama warga negara. Landasan konstitusional negara Indonesia yaitu UUD 1945 sedangkan landasan idiil negara Indonesia yaitu Pancasila. Pelaksanaan tanggung jawab yang tidak dilaksanakan dengan benar akan menimbulkan dampak negatif bagi kesejahteraan dan kehidupan masyarakat. Salah satu bentuk tanggung jawab yang berdampak pada semakin kuatnya suatu negara adalah menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. 
 
Hubungan antara pelaksanaan tanggung tanggung jawab sebagai warga negara dan dampak yang ditimbulkan, antara lain: melaksanakan kewajiban membayar pajak berdampak pada berlangsungnya pembangunan bangsa. saling membina kerukunan di antara warga masyarakat, antar pemeluk agama, suku, ras dan budaya berdampak terciptanya kehidupan masyarakat yang aman dan damai serta ketentraman bagi masyarakat. Mengembangkan sikap kekeluargaan dan gotong royong berdampak pada terciptanya kehidupan masyarakat yang aman, damai dan tentram. Memanfaatkan sumber daya alam sesuai kebutuhan berdampak pada sumber daya alam menjadi terjaga.

MUATAN BAHASA INDONESIA
Hal yang pertama dilakukan dalam menentukan gagasan utama yaitu membaca seluruh kalimat di dalam paragraf.  
Kita bisa menentukan informasi penting berdasarkan ide pokok. Ide pokok bisa ditemukan pada kalimat utama. Dan kalimat utama terletak di awal atau akhir setiap paragraf. Tujuan menyajikan peristiwa penting dalam bentuk peta pikiran adalah mempermudah memperoleh informasi. Informasi penting di dalam teks nonfiksi dapat ditemukan dengan menjawab pertanyaan berupa kata tanya.Sedangkan kalimat yang menerangkan kalimat utama disebut kalimat penjelas. Berikut ini langkah langkah dalam menentukan gagasan utama, antara lain: Membaca setiap paragraf secara cermat. Menandai kalimat awal, akhir atau kalimat awal dan akhir paragraf. Menandai gagasan utama yang terdapat di awal, akhir atau pada kalimat awal atau akhir pada paragraf. Mengubah kalimat utama dan kalimat penjelas menjadi kalimat yang lebih inti/pokok. 
 
MUATAN IPS
Beberapa upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan menuju masyarakat sejahtera, antara lain:
1. Pemerataan pembangunan sampai ke penjuru negeri tidak hanya pada kota saja melainkan hingga k pelosok negeri   
2. Saling menghormati antar individu meskipun berbeda pendapat.
3. Mengedepankan sikap toleransi antar individu atas perbedaan masing masing.
4. Memperbanyak lapangan kerja demi mengurangi pengangguran.
5. Memperbaiki fasilitas umum agar para pemakainya menjadi lebih nyaman, Membayar pajak tepat waktu yang nantinya untuk membiayai pembangunan di penjuru negeri.  






Komentar

Postingan Populer