Materi Kelas 6 B

 KAMIS, 05 Januari 2023

TEMA 6 SUBTEMA 2 Pembelajaran 1 & 2


MUATAN  TEMATIK  KELAS VI.B 
GURU KELAS FITRI DARYANI,S.Pd MBJARA

Tabiik puuun.....

Good morning every body, how are you today? I wish you fine and happy today. Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat  Alloh SWT sehingga pada hari ini kita dapat bertemu kembali pada pembelajaran kita. Semoga kita  selalu sehat dan senantiasa dalam lindungan Alloh SWT. Anak - anak sebelum mulai pembelajaran sebaiknya kita mendengarkan tausiyah dahulu, menyanyikan lagu wajib,berdo'a sebelum belajar, melaksanakan sholat duha, dan muroja'ah surat-surat pendek. Tak lupa ibu mengingatkan, selalu laksanakan sholat wajib tepat pada waktunya. TETAP SEMANGAT
TEMA 6. Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub.Tema 2 Membangun masyarakat sejahtera 
PB.1 dan 2
 
TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan kegiatan membaca tentang hak sebagai warga negara, peserta didik dapat menjelaskan hak sebagai warga negara Indonesia dengan tepat.

2.     Dengan kegiatan berlatih menentukan kalimat utama dan gagasan utama, peserta didik dapat menentukan kalimat utama dan gagasan utama dalam bacaan teks non fiksi dengan tepat.

3.     Dengan kegiatan berdiskusi tentang ketentuan pasal-pasal, peserta didik dapat menuliskan pasal-pasal dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang mengatuR tentang hak warga negara Indonesia dengan tepat.

4.    Dengan kegiatan menulis perilaku warga negara Indonesia, peserta didik dapat menuliskan perilaku warga negara Indonesia

5.   Dengan kegiatan mengamati perilaku masyarakat di lingkungan tempat tinggal tentang sikap mempertahankan kemerdekaan, peserta didik dapat menceritakan perilaku masyarakat yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan tepat.

5.   Dengan kegiatan mengamati perilaku masyarakat di lingkungan tempat tinggal tentang sikap mempertahankan kemerdekaan, peserta didik dapat menceritakan perilaku masyarakat yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan tepat.

 


 

 MUATAN PKn

 Hak warga negara Indonesia telah ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Pengertian hak sebagai warga negara adalah segala sesuatu yang seharusnya diterima oleh seluruh warga negara secara adil tanpa pilih kasih. Dan berikut ini beberapa hak hak sebagai warga negara yang diatur dalam UUD 1945, di antaranya:
 Hak mendapatkan perlindungan hukum : Pasal 27 ayat (1)  Hak mendapat pekerjaan dan penghidupan yang layak : Pasal 27 ayar (2)  Hak yang mengatur keikutsertaan dalam upaya bela negara : Pasal 27 ayat (3)  Hak memperoleh Kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta mengeluarkan pendapat : Pasal 28E ayat (3)  Hak yang mengatur tentang kemerdekaan memeluk agama dan beribadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing : Pasal 28E ayat (1)  Hak keikutsertaan dalam usaha pertahanan dan keamanan negara : Pasal 30 ayat (1)  Hak untuk mendapat atau memperoleh pendidikan : Pasal 31  Hak untuk mendapatkan kebebasan memelihara dan mengembangkan nilainilai budaya nasional : Pasal 32 C ayat (1)  Hak untuk memanfaatkan sumber daya alam : Pasal 33 ayat (3)  Hak yang mengatur tentang Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara : Pasal 34  Hak untuk Memperoleh fasilitas pelayanan kesehatan : Pasal 28H ayat (1)
 
Beberapa hak yang dimiliki oleh setiap orang yang menjadi warga negara Indonesia, antara lain:
1. Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak. 2. Hak untuk hidup dan mempertahankan kehidupan. 3. Hak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di depan hukum.
Pentingnya melaksanakan hak sebagai warga negara:
1. Mendukung tercapainya tujuan nasional. 2. Mempercepat pembangunan nasional. 3. Mewujudkan pemerintahan yang demokratis.
Pentingnya melaksanakan hak untuk diri sendiri:
1. Dapat mengharumkan nama daerah/tempat tinggal/nama bangsa di kancah nasional karena mendapatkan pendidikan termasuk pelaksanaan hak. Contoh olimpiade sains dan atlet renang. 2. Di sekolah dapat belajar dengan lancar dan nyaman. Contohnya sarapan pada pagi hari membuat memiliki energi dan dapat berkonsentrasi saat mengikuti pembelajaran. 

MUATAN BAHASA INDONESIA
Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan ide dasar atau sebuah inti pembahasan yang tertulis di dalam paragraf. Gagasan utama menjadi gagasan dasar dalam pengembangan sebuah paragraf. Dengan kata lain Gagasan utama adalah suatu gagasan (ide) yang sedang dibicarakan atau dibahas dalam sebuah paragraf. Dalam setiap paragraf terdapat gagasan utama, baik tertulis maupun hanya tersirat.
Nama lain dari gagasan utama, antara lain: ide pokok, gagasan pokok dan juga pikiran utama maupun pikiran pokok. Gagasan utama biasa bisa ditemukan berdasarkan kalimat utama. Sedangkan kalimat utama adalah kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama.
Teks nonfiksi adalah sebuah tulisan atau karangan yang dihasilkan dalam bentuk cerita nyata. Bisa dikatakan bahwa teks nonfiksi terkandung hal hal yang bersifat nyata, realita dan bisa dibuktikan kebenarnya serta bersifat informatif.
Kata kunci sebuah paragraf dapat berupa kata atau ungkapan yang informasi penting pada sebuah paragraf.
Beberapa cara untuk menemukan gagasan utama, antara lain:
1. membaca bacaan dengan cermat 2. menemukan kalimat utama 3. menentukan unsur inti kalimat utama  

kalimat utama 3. menentukan unsur inti kalimat utama  

 MUATAN IPS
Ada banyak cara yang bisa diupayakan sebagai generasi muda dalam mengisi kemerdekaan Indonesia, yaitu:
1. Disiplin dan khidmat saat mengikuti upacara bendera

2. berani dan percaya diri menjadi petugas upacara bendera.

 3. mematuhi tata tertib yang berlaku di sekolah maupun kelas. 

4. rajin belajar di rumah maupun sekolah.

 5. Aktif dalam kegiatan pramuka, OSIS maupun Paskibra. 

6. Berusaha menjaga nama baik sekolah. 

7. Berusaha mengatur waktu sebaik mungkin 8. aktif dalam setiap kegiatan yang baik di masyarakat. 

9. patuh pada perintah dan nasihat dari orang tua dan guru.

 10. berusaha melaksanakan perintah yang diberikan orang tua maupun guru. 

11. saling menghormati dan membantu teman atau orang yang membutuhkan 

12. tidak suka mengejek serta membeda bedakan dalam pergaulan

 13. Beberapa kegiatan sosial yang dapat membantu masyarakat dan pelayanan masyarakat, antara lain: donor darah, memberikan bantuan kepada korban bencana alam dan memberikan penyuluhan kesehatan. 

Untuk lebih memahami materi hari ini anak Sholeh dan Sholehah bisa menyimak video hari ini ya



Demikian pembelajaran hari ini semoga anak Sholeh dan Sholehah dapat memahami materi hari ini 🙏😍😍😍






 

Komentar

Postingan Populer