TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 3

 Rabu, 20 1September 2023

 Tema 3 ( Makanan Sehat )

 Subtema 2(Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh )Pembelajaran 3 


MATEMATIKA ( DEBIT)



 
                                            MUATAN TEMATIK V.A
GURU KELAS : FITRI DARYANI,S.Pd

Good morning my student..,,,

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5 A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, tadarus kemudian shalat dhuha. setelah selesai baru kalian membaca dan dipahami isi bloggers yang bu guru share hari ini.

Pembelajaran 3 dan 4

Tujuan pembelajaran :

v  1. Setelah membaca materi , peserta didik mampu menceritakan dan memberikan contoh keanekaragaman adat istiadat di lingkungan sekitarnya.

v  2. Setelah membaca materi , peserta didik mampu  mengidentifikasikan ciri-ciri bahasa iklan elektronik

v  3. Setelah membaca materi  , peserta didik mampu mengidentifikasikan dan melaporkan aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya Indonesia..                                                                                                        

Muatan Pelajaran : PPKn (KD 3.3, 4.3), Bahasa Indonesia (KD 3. 4, 4.4), IPS (KD 3. 2, 4. 2)

PPKn (KD 3.3, 4.3)

Keragaman Adat Istiadat

Adat istiadat adalah perilaku masyarakat yang menjadi ciri khas suatu daerah tertentu. Adat istiadat diterapkan secara turun temurun sehingga menjadi sebuah kebiasaan dalam kehidupan masyarakatnya.

Adat istiadat dibedakan menjadi 2 jenis :

1.   Tertulis (peraturan atau dokumen)

2.   Tidak tertulis (ceritarakyat, tarian daerah, dan upacara adat)

Contoh adat istiadat : Ngaben(Bali), Tabuik (Sumatera Barat), Dugderan (Semarang), dan Lompat Batu Fahombo (Nias)

Makna Semboyan Bhineka Tunggal Ika

Kita harus saling menghormati dan menghargai yang dapat terwujud melalui kerja sama.

 

Bahasa Indonesia  (KD 3. 4, 4.4)

Perbedaan Bahasa Iklan Media Cetak dan Elektronik

Iklan media cetak

ü  Iklan disampaikan tertulis, sehingga dapat dibaca kapan saja.

Iklan media elektronik

ü  Iklan dilihat, didengar, dan dibaca teksnya

ü  Iklan hanya ditampilkan dalam waktu singkat

ü  Bahasa yang digunakan dapat berupa formal maupun nonformal

Persamaannya, sama-sama dibuat untuk meyakinkan dan memengaruhi pembaca atau pendengarnya.

Isi pada Iklan Media ElektronikUntuk dapat memahami isi iklan pada radio, dengarkanlah iklan dengan seksama. Sedangkan pada televisi, lihat, dengar, dan bacalah teks yang disajikan dengan seksama.Kita perlu mengingat kata kunci yang terdapat pada iklan elektonik karena biasanya disampaikan dalam waktu yang singkat. Kata kunci pada iklan dapat ditemukan pada slogan serta kalimat persuasif yang ada pada iklan tersebut.

 

IPS (KD 3. 2, 4. 2)

Upaya Pembangunan Sosial dalam Masyarakat Setiap negara memiliki rancangan pembangunan dibidang sosial, budaya, dan ekonomi sesuai dengan program dan kemampuannya masing-masing. Pembangunan sosial adalah semua aktivitas yang terkait dengan aspek sosial dan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial.Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial, antara lain penyuluhan kesehatan, koperasi, dan kegiatan ekonomi pasar.

Aktivitas Masyarakat dalam Upaya Pembangunan sosial BudayaPembangunan adalah serangkaian proses yang dilakukan manusia untuk memperbaiki taraf hidupnya. Negara Indonesia melakukan pembangunan digegala bidang agar masyarakat makmur sejahtera. Kerja sama yang baik sangat dibutuhkan agar tujuan pembangunan social budaya tercapai. Keragaman justru menjadi motivasi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Berikut beberapa upaya untuk menyukseskan pembangunan social budaya di Indonesia

ü  1. Berlatih tari di sanggar tari

ü 2/ Berlatih memainkan alat musik daerah

ü  3.Menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi

ü  4.Mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah

Objek wisata pantai merupakan salah satu upaya pembangunan sosial ekonomi bagi masyarakat pesisir.

TUGAS LATIHAN:

Lampung terkenal dengan potensi alam yang sangat beragam. Selain sumber daya alam yang sangat melimpah, Lampung juga terkenal dengan kekayaan budaya yang tidak kalah tersohor bila dibandingkan dengan provinsi-provinsi lain yang ada di pulau Sumatera.

Lampung sebagai salah satu provinsi di Indonesia memiliki potensi alam dan
budaya yang bisa dikembangkan sebagai objek wisata. Potensi tersebut antara lain alam indah dan hawa sejuk, dikelilingi oleh kehijauan bukit dan gunung yang banyak ditumbuhi aneka ragam bunga dan pohon. Aneka ragam budayanya juga terlihat unik dan menarik, demikian pula adat istiadatnya. Dengan kondisi demikian maka Lampung bisa dijadikan mata rantai tujuan wisata Masalahnya adalah potensi tersebut belum tergarap sepenuhnya, oleh sebab itu perlu kajian secara mendalam bagaimana potensi danpengembangannya. Dari hasil identifikasi potensi wisata yang ada di Lampung, maka akan dikaji bagaimana strategi pengembangannya dengan melihat semua komponenproduk wisata yakni meliputi atraksiakses. Dengan demikian yang menjadi ruang lingkup kajian ini adalah : mengungkapkan potensi budaya, termasuk juga potensi alam, religi, dan sejarah; melihat sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pariwisata; sikap dan perilaku masyarakat setempat dalam menyikapi masa masalah kepariwisataan.

Kebudayaan yang ada di Lampung ini meliputi:
Rumah adat
Berbagai tarian tradisional
Pakaian adat
Dan berbagai kuliner khas.

PERTANYAANNYA :

Apa yang ananda ketahui tentang budaya Lampung, seperti : rumah adat, tarian tradisional, pakaian adat dan ciri khas kulinernya !


Materi   :   Mengenal Hubungan antara Volume, Waktu dan Debit

Tujuan  :   1.Dengan menyimak penjelasan materi dari blogger guru  peserta didik dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan  debit dan volume

Pada hari ini kita akan belajar Matematika tentang menyelesaikan soal cerita tentang menghitung Debit yang berhubungan dengan volume)tapi sebelumnya Bu Guru akan melakukan apersepsi tentang pelajaran yang sudah ananda pelajari pada hari Rabu kemarin yaitu tentang mengukur jarak, waktu, dan kecepatan. Dengan cara berupa tanya jawab dan menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru. 


 


1dm= 1 liter                       

Q = debit
V = volume
t = waktu
berdarkan segitiga di atas, nampak bahwa:
Q = V/t
V = Q x t
t = V/Q

1.    Sebuah bak air terisi penuh selama 15 menit. Jika ternyata debitnya adalah 10 liter/detik, maka volumenya adalah ... liter

Pembahasan:

Diket:
Waktu = t = 15 menit x 60 =900 detik
Debit = Q = 10 liter/detik

Ditanya :berapakah volumenya ?

Dijawab :
Volume = V = Q x t
    = 10 x 900
    = 9000 liter

Jadi,volumenya adalag: 9000 liter

2.    Di dasar bak mandi terdapat pipa saluran pembuangan. Jika pipa tersebut dibuka, air sebanyak 30 L akan mengalir selama 1 menit. Debit air pada pipa tersebut adalah ... liter/detik

Pembahasan:

Diket:
Volume = V = 30 liter
Waktu = t = 1 menit = 60 detik

Ditanya :

Berapakah debit air pada pipa ?

Dijawab :
Debit = Q = V/t
    = 30 liter/60 detik
    = 0,5 liter/detik

Jadi, debit air pada pipa adalah :0,5 liter/detik

SOAL LATIHAN

    Coba kerjakan tugasmu dengan menggunakan cara ! 

1.   1.    Selang air dari sebuah mobil pemadam kebakaran mengalirkan 1 500 m3 dalam waktu 30 menit. Debit air dari selang mobil adalah…. m3 /menit 

     2.       Amir membeli minyak di sebuah pom bensin. Jika debit minyak yang mengalir adalah 6 dm3/detik, dan berhenti dalam waktu 2 menit, maka volume minyak yang dibeli Amir adalah……liter

 

Komentar

Postingan Populer