Materi Ajar Kelas VI F Hari Senin 27Januari 2020
Materi Ajar Kelas VI F Hari Senin, 27 - 1 - 2020
Muatan Matematika materi Kubus dan Balok
Bangun ruang balok memiliki sifat-sifat sebagai berikut:
Bidang pangan, Indonesia mengekspor beberapa komoditas ke Negara asean seperti kakao, kopi, dan sebagainya
Bidang social, Indonesia turut serta aktif dalam dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan yang dapat menyebabkan polusi asap lintas batas di kawasan
Bidang kesehatan , program Indonesia sehat merupakan salah satu contoh bentuk kerjasama Indonesia dengan asean
Bidang pariwisata, dengan banyaknya wisatawan yg datang ke Indonesia atau Negara-negara ASEAN lainnya
MUATAN BAHASA INDONESIA TENTANG LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT PIDATO
Kerangka pidato dibuat untuk memudahkan kita menyusun teks pidato. Dalam membuat teks pidato berdasarkan langkah-langkah sebagai berikut:
MUATAN IPS
MUATAN PPkn
MAKNA SILA KEEMPAT PANCASILA DAN PENERAPANNYA SEHARI- HARI
Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang memiliki makna dalam kehidupan sosial budaya masyarakat .
Di Dalam Sila keempat Ini pancasila yang berbunyi “Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Atau Perwakilan yang memiliki arti dan makna sebagai Berikut :
- Kerakyatan Adalah kekuasaan yang tertinggi berada ditangan rakyat, berarti Indonesia Memegang demokrasi.
- Hikmat kebijaksanaan Adalah penggunaan pikiran atau akal yang sehat Dan selalu mempertimbangkan persatuan
- Permusyawaratan Adalah dalam merumuskan dan memutuskan suatu hal yang didasarkan kehendak rakyat
- Perwakilan Adalah tata cara mengusahakan turut sertanya rakyat mengambil suatu keputusan kehidupan bernegara,
- Adanyahak dan kebebasan yang harus disertai dengan tanggung jawab
- Harus Menjujung tinggi harkat maupun martabat kemanusiaan.
- Menjamin Atau memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam hidup bersama.
- Harus Mengakui ,elompok, ras, suku, agama,
- Mengakui kesepakatan bersama Dalam suatu hak yang melekat pada setiap individu,
- Harus menerima perbedaan di dalam suatu kerja sama kemanusiaan yang beradab.
- Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama
- Setiap warga negara harus selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan suatu persoalan bersama.
Muatan Matematika materi Kubus dan Balok
Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tiga pasang persegi atau persegi panjang, dengan paling tidak satu pasang di antaranya berukuran berbeda. Balok memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Balok yang dibentuk oleh enam persegi sama dan sebangun disebut sebagai kubus.
Sifat-Sifat Bangun Ruang Balok
Sifat-Sifat Bangun Ruang Balok
Bangun ruang balok memiliki sifat-sifat sebagai berikut:
- memiliki 4 sisi berbentuk persegi panjang ( 2 pasang persegi panjang yang ukurannya sama )
- memiliki 2 sisi yang bentuknya sama ( 1 pasang persegi panjang dengan ukurannya sama namun berbeda ukuran dengan 2 pasang persegi panjang yang lain )
- memiliki 12 rusuk yang ukurannya sama panjang
- memiliki 8 titik sudut
Rumus – Rumus Balok
- Rumus untuk permukaan balok= 2x(pxl)+(pxt)+(lxt)
- Rumus untuk diagonal ruang= Akar dari(p kuadrat+l kuadrat+t kuadrat)
- Rumus untuk keliling balok= 4x(p+l+t)
- Rumus untuk volume balok= pxlxt
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang tepat!
1. Diketahui luas alas balok 396 cm². Hitunglah volume balok tersebut jika tinggi 12 cm !
2. Sebuah balok memiliki panjang 32 cm, lebar 20 cm, dan tinggi 12 cm. Berapa volumenya?
Jawab:................................................ ...............
3. Volume balok adalah 12.600 cm³. Jika panjang dan tinggi balok tersebut seluruhnya-turut 35 cm dan 24 cm, berapakah lebarnya?
Jawab: ................................................ .... ......
4. Sebuah kardus berbentuk balok panjang 75 cm, lebar 50 cm, dan tinggi 40 cm akan di isi dengan kotak kue panjang 20 cm, lebar 15 cm, dan tinggi 10 cm. Tentukan jumlah kotak kue yang dapat dimasukkan pada kardus!
Jawab:................................................ .......
5. Diketahui sebuah balok panjangnya 23 cm, lebar 17 cm, dan tinggi 15 cm. Tentukan volume dan luas permukaan balok tersebut!
Jawab:................................................ .............
6. Sebuah bak mandi berbentuk balok dengan panjang 1,5 m, lebarnya 1 m, dan tinggi 1,2 m. Bak tersebut telah berisi 4/5 nya. Berapa liter lagi untuk memenuhi bak mandi tersebut?
Jawab:................................................ ............
7. B kolam ikan berbentuk balok-mula berisi udara sebanyak 2000 liter. Kolam dikuras hingga volume udara tersisa 2/5 dari sebelumnya. Berapa cm kedalaman udara yang tersisa di kolam jika luas kolam 10 m²?
Jawab:................................................ ............
8. Sebuah akuarium dengan ukuran 85 cm x 65 cm x 40 cm. Berapa luas akuarium itu?
Jawab:........................................................................
9. Pak dalang memiliki kotak wayang berbentuk balok. Panjang kotak wayang 1,4 meter, lebarnya 0,5 dan tinggi 0,75 meter. Kotak wayang tersebut akan dicat. Tiap m² menghabiskan biaya sebesar Rp 22.500,00. Berapa biaya yang harus dikeluarkan pak dalang untuk mengecat kotak wayang tersebut
Jawab........................................... ............................
Jawab........................................... ............................
10. Adik memiliki kotak pensil berbentuk balok dengan ukuran 20 cm, 10 cm, dan 6 cm. Tentukan volume dan luas kotak pensil tersebut
Jawab............................................... ..............
Jawab............................................... ..............
Pembahasan Soal Nomor 1
Diketahui luas alas = 396 cm², t = 12 cm
Ditanyakan volume?
V = luas alas xt
V = 396 x 12
V = 4.752 cm³
Jadi, volume balok tersebut 4.752 cm³
Diketahui luas alas = 396 cm², t = 12 cm
Ditanyakan volume?
V = luas alas xt
V = 396 x 12
V = 4.752 cm³
Jadi, volume balok tersebut 4.752 cm³
Pembahasan Soal Nomor 2
Diketahui p = 32, l = 20 cm, t = 12 cm
Ditanyakan volume?
V = pxlxt
V = 32 x 20 x 12 = 7.680 cm³
Jadi, volume balok tersebut 7.680 cm³
Pembahasan Soal Nomor 3
Diketahui V = 12.600 cm³, p = 35 cm, t = 24 cm
Ditanyakan lebar?
V = pxlxt
12.600 = 35 xlx 24
12.600 = 840 l
l = 12.600: 840 = 15 cm
Jadi, lebar balok tersebut 15 cm
Pembahasan Soal Nomor 4
Diketahui ukuran kardus = 75 cm, 50 cm, 40 cm
Ukuran kotak kue = 20 cm, 15 cm, 10 cm
Ditanyakan jumlah kotak kue?
V. Kardus = pxlxt
V. Kardus = 75 x 50 x 40 = 150.000 cm³
V. Kotak kue = 20 x 15 x 10 = 3.000 cm³
Jumlah kotak kue = V. Kardus: V. Kotak kue
Jumlah kotak kue = 150.000: 3.000 = 50
Jadi, jumlah kotak kue yang dapat dimasukkan kardus sebanyak 50 buah
Diketahui p = 32, l = 20 cm, t = 12 cm
Ditanyakan volume?
V = pxlxt
V = 32 x 20 x 12 = 7.680 cm³
Jadi, volume balok tersebut 7.680 cm³
Pembahasan Soal Nomor 3
Diketahui V = 12.600 cm³, p = 35 cm, t = 24 cm
Ditanyakan lebar?
V = pxlxt
12.600 = 35 xlx 24
12.600 = 840 l
l = 12.600: 840 = 15 cm
Jadi, lebar balok tersebut 15 cm
Pembahasan Soal Nomor 4
Diketahui ukuran kardus = 75 cm, 50 cm, 40 cm
Ukuran kotak kue = 20 cm, 15 cm, 10 cm
Ditanyakan jumlah kotak kue?
V. Kardus = pxlxt
V. Kardus = 75 x 50 x 40 = 150.000 cm³
V. Kotak kue = 20 x 15 x 10 = 3.000 cm³
Jumlah kotak kue = V. Kardus: V. Kotak kue
Jumlah kotak kue = 150.000: 3.000 = 50
Jadi, jumlah kotak kue yang dapat dimasukkan kardus sebanyak 50 buah
Pembahasan Soal Nomor 5
Diketahui p = 23 cm, l = 17 cm, t = 15 cm
Ditanyakan volume dan luas permukaan?
V = pxlxt
V = 23 x 17 x 15 = 5.865 cm³
L = 2 (pxl + pxt + lxt)
L = 2 (23 x 17 + 23 x 15 + 17 x 15)
L = 1.982 cm²
Diketahui p = 23 cm, l = 17 cm, t = 15 cm
Ditanyakan volume dan luas permukaan?
V = pxlxt
V = 23 x 17 x 15 = 5.865 cm³
L = 2 (pxl + pxt + lxt)
L = 2 (23 x 17 + 23 x 15 + 17 x 15)
L = 1.982 cm²
Pembahasan Soal Nomor 6
Diketahui p = 1,5 m, l = 1 m, dan t = 1,2 m
Volume = 4/5 bagian
Ditanyakan jumlah air untuk memenuhi bak mandi?
Volume bak mandi jika terisi penuh = pxlxt
Volume bak mandi jika terisi penuh = 1,5 x 1 x 1,2
Volume bak mandi jika terisi penuh = 1,8 m³ = 1.800 liter
Volume bak mandi hanya 2/3 bagian yang berarti:
V = 4/5 x 1.800
V = 1.440 liter
Udara yang harus diisi lagi = 1.800 liter - 1.440 liter = 360 liter
Jadi, bak mandi ini harus memenuhi lagi sebanyak 360 liter agar terisi penuh.
Pembahasan Soal Nomor 7
Diketahui volume mula-mula = 2.000 liter
Sisa air setelah dikuras = 2/5 x 2.000 = 800 liter = 0,8 m³
Luas alas kolam = 20 m²
Diatanyakan kedalaman air yang tersisa?
Volume = luas alas x tinggi
0,8 = 20 x tinggi
tinggi = 0,8 / 10 = 0,08 m =
8 cm.
Pembahasan Soal Nomor 8
Diketahui ukuran akuarium = 85 cm x 65 cm x 40 cm
Ditanyakan luas permukaan?
L = 2 (pxl + px t + lxt)
L = 2 (85 x 65 + 85 x 40 + 65 x 40)
L = 23.050 cm²
Jadi, akuarium dengan permukaan luas tersebut23.050 cm²
Diketahui p = 1,5 m, l = 1 m, dan t = 1,2 m
Volume = 4/5 bagian
Ditanyakan jumlah air untuk memenuhi bak mandi?
Volume bak mandi jika terisi penuh = pxlxt
Volume bak mandi jika terisi penuh = 1,5 x 1 x 1,2
Volume bak mandi jika terisi penuh = 1,8 m³ = 1.800 liter
Volume bak mandi hanya 2/3 bagian yang berarti:
V = 4/5 x 1.800
V = 1.440 liter
Udara yang harus diisi lagi = 1.800 liter - 1.440 liter = 360 liter
Jadi, bak mandi ini harus memenuhi lagi sebanyak 360 liter agar terisi penuh.
Pembahasan Soal Nomor 7
Diketahui volume mula-mula = 2.000 liter
Sisa air setelah dikuras = 2/5 x 2.000 = 800 liter = 0,8 m³
Luas alas kolam = 20 m²
Diatanyakan kedalaman air yang tersisa?
Volume = luas alas x tinggi
0,8 = 20 x tinggi
tinggi = 0,8 / 10 = 0,08 m =
8 cm.
Pembahasan Soal Nomor 8
Diketahui ukuran akuarium = 85 cm x 65 cm x 40 cm
Ditanyakan luas permukaan?
L = 2 (pxl + px t + lxt)
L = 2 (85 x 65 + 85 x 40 + 65 x 40)
L = 23.050 cm²
Jadi, akuarium dengan permukaan luas tersebut23.050 cm²
Pembahasan Nomor 9
Diketahui ukuran kotak wayang = 1, 4 m, 0,5 m, dan x 0,75 m
Biaya per m² = Rp 22.500,00
Ditanyakan biaya pengecatan?
L = 2 (pxl + px t + lxt)
L = 2 (1,4 x 0,5 + 1,4 x 0,75 + 0,5 x 0,75)
L = 4,25 m²
Biaya pengecatan = L. kotak wayang x biaya per m²
Biaya pengecatan = 4,25 m² x Rp 22.500,00 / m2 = Rp 95.625,00
Jadi, biaya yang dikeluarkan untuk memeriksa kotak wayang sebesar Rp 95.625,00
Diketahui ukuran kotak wayang = 1, 4 m, 0,5 m, dan x 0,75 m
Biaya per m² = Rp 22.500,00
Ditanyakan biaya pengecatan?
L = 2 (pxl + px t + lxt)
L = 2 (1,4 x 0,5 + 1,4 x 0,75 + 0,5 x 0,75)
L = 4,25 m²
Biaya pengecatan = L. kotak wayang x biaya per m²
Biaya pengecatan = 4,25 m² x Rp 22.500,00 / m2 = Rp 95.625,00
Jadi, biaya yang dikeluarkan untuk memeriksa kotak wayang sebesar Rp 95.625,00
Pembahasan Soal Nomor 10
Diketahui p = 20 cm, l = 10 cm, t = 6 cm
Ditanyakan volume dan luas permukaan?
V = pxlxt
V = 20 x 10 x 6 = 1.200 cm³
L = 2 (pxl + pxt + lxt)
L = 2 (20 x 10 + 20 x 6 + 10 x 6)
L = 760 cm²
Jadi, volume kotak pensil adik 1.200 cm³, dan luas permukaannya 760 cm2
Diketahui p = 20 cm, l = 10 cm, t = 6 cm
Ditanyakan volume dan luas permukaan?
V = pxlxt
V = 20 x 10 x 6 = 1.200 cm³
L = 2 (pxl + pxt + lxt)
L = 2 (20 x 10 + 20 x 6 + 10 x 6)
L = 760 cm²
Jadi, volume kotak pensil adik 1.200 cm³, dan luas permukaannya 760 cm2
MUATAN IPA TENTANG MENJAGA KEBERSIHAN DIRI PADA MASA PUBERTAS
Remaja merupakan salah satu masa yang dilalui oleh manusia semasa hidupnya. Banyak yang bilang bahwa pada masa ini, para remaja akan mulai mencari dan menemukan jati diri, serta mengenal berbagai macam hal. Masa ini juga menjadi salah satu masa dimana manusia mulai memiliki kekuatan dan produktivitas yang tinggi.
Remaja merupakan salah satu masa yang dilalui oleh manusia semasa hidupnya. Banyak yang bilang bahwa pada masa ini, para remaja akan mulai mencari dan menemukan jati diri, serta mengenal berbagai macam hal. Masa ini juga menjadi salah satu masa dimana manusia mulai memiliki kekuatan dan produktivitas yang tinggi.
Menurut WHO (Badan Kesehatan Dunia), remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa. Masa ini berlansung mulai umur 12 tahun hingga 24 tahun. Akan tetapi, jika dalam menjalani usia ini, mereka telah menikah dan sudah mandiri, maka sudah dapat digolongkan ke dalam masa dewasa atau sudah tidak remaja lagi.
SELAMA masa-masa pubertas, anak remaja belum banyak tahu akan pentingnya menjaga kebersihan diri. Untuk itu, orangtua harus mengajarkan banyak hal yang sebaiknya dilakukan para remaja dalam kehidupan sehari-hari,diantaranya adalah :
Makan sehat
Anak gadis dan laki-laki yang baru melewati masa puber, perlu konsumsi lebih banyak makanan sehat setiap hari. Hal ini terutama sangat penting bagi si gadis untuk mengikuti program diet lebih ketat, termasuk rajin makan buah dan sayuran.
Kenakan pakaian nyaman
Pada awal masa pubertas, anak laki-laki dan perempuan wajib mengenakan pakaian nyaman, terutama berbahan katun dan menyerap keringat. Ini ditujukan untuk mencegah bau badan karena keringat yang berlebihan, dan tentunya bisa nyaman beraktivitas di manapun ia berada.
Memahami perubahan fisik
Perubahan fisik akan terlihat jelas selama tahap pubertas, dan itu harus dipahami setiap anak. Setiap gadis biasanya akan merasa tidak nyaman selama ia menstruasi dan anak laki-laki juga akan merasakan hal aneh saat ereksi.
Menjaga area organ intim
Kebersihan organ intim sangat penting ketika anak laki-laki dan perempuan ke tahap pubertas. Ajarkan mereka untuk menjaga kelamin agar selalu bersih dan pastikan untuk mencuci daerah intim dengan benar.
Bau badan
Pada tahap pubertas, anak laki-laki dan perempuan akan melihat perubahan dalam tubuhnya. Mereka kadang-kadang bisa memancarkan jenis bau badan tertentu yang tentunya ini tidak nyaman, dan mereka harus bisa menyingkirkan bau badan dengan menjaga kebersihan dan rajin mandi.
Merawat kulit
Selama puber, tak sedikit anak-anak remaja mengalami jerawat noda pada kulitnya. Untuk menghindari hal ini, mereka perlu minum banyak air dan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.
MUATAN IPS TENTANG KERJA SAMA NEGARA INDONESIA DAN NEGARA-NEGARA DI ASIA TENGGARA DALAM BIDANG PENDIDIKAN, SOSIAL, DAN PANGAN
Kerja sama Indonesia dengan negara ASEAN dalam bidang pendidikan, sosial, dan pangan adalah :
Bidang pendidikan, Indonesia turut serta dalam program pertukaran pelajar antar Negara asean.
Bidang pangan, Indonesia mengekspor beberapa komoditas ke Negara asean seperti kakao, kopi, dan sebagainya
Bidang social, Indonesia turut serta aktif dalam dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan yang dapat menyebabkan polusi asap lintas batas di kawasan
Bidang kesehatan , program Indonesia sehat merupakan salah satu contoh bentuk kerjasama Indonesia dengan asean
Bidang pariwisata, dengan banyaknya wisatawan yg datang ke Indonesia atau Negara-negara ASEAN lainnya
MUATAN BAHASA INDONESIA TENTANG LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT PIDATO
Kerangka pidato dibuat untuk memudahkan kita menyusun teks pidato. Dalam membuat teks pidato berdasarkan langkah-langkah sebagai berikut:
1.Menentukan maksud atau tujuan pidato.
2 Mengamati pendengar dan situasi sekitar.
3. Memilih topik pidato yang sesuai.
4. Membuat kerangka pidato.
5. Menguraikan secara mendetail.
KERJASAMA NEGARA INDONESIA DAN NEGARA- NEGARA DI ASIA TENGGARA DALAM BIDANG PENDIDIKAN, SOSIAL, DAN PANGAN
ASEAN berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok oleh lima negara MUATAN anggota, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.
Brunei Darusaalam bergabung pada tanggal 8 Januaru 1984, Vietnam pada tanggal 28 Juli 1995, Laos dan Myanmar pada tanggal 23 Juli 1997, terakhir Kamboja bergabung pada tanggal 30 April 1999.
Dalam melakukan kerjasama antar negara di Asia Tenggara dilakukan dalam beberapa bidang. Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan kesejahteraan bersama dan menyongsong kemajuan ASEAN di masa yang akan datang. Kerja sama yang dilakukan bertujuan untuk menjadikan ASEAN makmur dan sejahtera dengan mengutamakan sumber daya yang ada di Asia Tenggara.
Dengan menjadi anggota ASEAN, Indonesia melakukan kerja sama dengan negara-negara ASEAN di berbagai bidang, yaitu:
A. Dibidang pendidikan
1. Mengembangkan Pendidikan Vokasi SMK di Indonesia nomor
Pemerintah Indonesia saat ini juga sedang fokus pada pengembangan dan penguatan di bidang pendidikan vokasi yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam pertemuannya dengan beberapa Menteri Pendidikan ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations Education Ministers Meeting [ASED].
Indonesia sebagai negara dengan penduduk terbesar ke-4 di dunia dengan struktur populasi yang relatif muda ini terus meningkatkan kualitas tenaga kerja terampil lewat pendidikan yang berkualitas dan ada begitu banyn kurikulum vokasi yakni meningkatkan pasokan tenaga kerja terampil dengan kualifikasi dan kompetensi di tingkat ASEAN nantinya pasti akan menentukan desain pengembangan serta membawa pendidikan vokasi ke arah yang lebih baik di tingkat pendidikan menengah atau pendidikan tinggi.
ASEAN melirik pendidikan vokasi ini sebab kurikulum 60 persen sudah ditentukan di dunia usaha. Proses belajar nantinya juga akan lebih banyak mengutamakan praktik di dunia usaha dan industri dan saat ini, rata rata negara ASEAN sudah mengembangkan pendidikan vokasi tersebut seperti contohnya Myanmar dan Thailand yang juga tertarik untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang pendidikan dengan Indonesia.
2. Melakukan pertukaran pelajar
3. Sebagai Anggota SEAMEO
SEAMEO merupakan salah satuorganisasi menteri menteri pendidikan di Tenggara yang merupakan lembaga pemerintahan di bidang pendidikan. SEAMEO ini dinilai bisa membantu memecahkan masalah serta keterbatasan untuk meningkatkan kualitas serta akses pendidikan. Peran nyata dari SEAMEO Indonesia adalah sebagai anggota SEAMEO dengan Regional Centre atau institusi spesialis terbanyak jika dibandingkan dengan negara anggota lain. Regional Centre ini bergerak di banyak program pelatihan dan juga penelitian di bidang pendidikan, budaya dan ilmu pengetahuan.
Salah satu Regional Centre yang mempunyai peran aktif dalam melakukan penelitian dan juga pelatihan di Indonesia adalah SEAMEO Regional Centre for Tropical Biology [SEAMEO BIOTROP]. Lembaga ini lebih fokus pada pembangunan berkelanjutan berhubungan dengan biologi tropika di Asia Tenggara. Biotrop ini membantu negara anggota SEAMEO untuk mengembangkan keahlian dalam mencari solusi, meneliti dan melakukan pendekatan alternatif untuk memecahkan masalah biologis kritis seperti hasil bumi, perairan dan juga penanganan hutan.
4. Berperan Dalam Iptekin ASEAN
Indonesia juga mempunyai peran penting dalam pembentukan serta kerja sama ASEAN Committee on Science and Technology [ASEAN COST] di sepanjabertujuan untuk mendukung kegiatan penelitian serta pengembangan dalam bidang sains dan teknologi nasional ASEAN [Iptekin ASEAN]. Indonesia kemudian mengundang siswa untuk berkontribusi pada pengembangan pilar Keamanan Politik ASEAN serta untuk memungkinkan masyarakat Indonesia memperoleh kemajuan pembangunan untuk mewujudkan visi ASEAN people centered and people oriented.
5. Berperan Dalam ASEAN University Network [AUN] bidang pendidikan berikutnya adalah pada ASEAN University Network dengan cara meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi. Hal ini dilakukan dengan kemampuan dan fasilitas untuk mencapai internasionalisasi pendidikan tinggi. Agenda pembahasannya sendiri cukup beragam dari mulai yang berhubungan dengan pendidikan tinggi, menengah dan juga dasar. Khusus untuk ASEAN mempunyai program sebanyak 45 jenis, akan tetapi ada 18 program kerjasama pendidikan yang belum mempunyai lead country. Untuk itulah Indonesia memberikan usul menjadi lead country untuk tiga program yakni sandwich degree, joint srudy program dan juga strengthening School network to promote education for sustainable development.
6. Memberikan Penawaran Beasiswa Pendidikan
Indonesia juga memiliki peran penting dalam bidang pendidikan di ASEAN dengan cara menawarkan beasiswa pendidikan selain anya Singapura yang memberikan beasiswa latihan pengolahan jasa pelabuhan udara, keselamatan kerja industri, kesehatan, komunikasi, bahari dan lain sebagainya, namun Indonesia juga turut memberikan beasiswa pendidikan kedokteran, bahasa dan juga seni untuk pelajar dari negara negara anggota ASEAN dan juga kawasan negara yang berkembang.
7. Mengadakan Olimpiade Bidang Pendidikan
Peran Indonesia selanjutnya dalam bidang pendidikan di ASEAN adalah mengadakan Olimpiade dalam bidang pendidikan. Olimpiade dalam bidang pendidikan ini memang sering diselenggarakan dalam taraf regional Asia Tenggara seperti contohnya dari Indonesia yang menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional [OSN] oleh Pertamina di tahun 2015.
8. Turut Serta Dalam ACT
Indonesia juga melakukan pertemuan yang dihadiri oleh organisasi guru dari Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Thailand, Singapira dan juga Korea Selatan dalam ASEAN Council of Teachers Convention [ACT]. Acara ini diselenggarakan di Sanur, Denpasar pada tahun 2012 yang membahas tentang profesionalitas guru untuk memajukan pendidikan negara negara anggota ASEAN.
Demikian ulasan dari kami kali ini tentang beberapa peran Indonesia di ASEAN dalam bidang pendidikan. Sebenarnya, ada begitu banyak peran dari Indonesia yang lainnya dalam bidang pendidikan yang semuanya bertujuan untuk memajukan bidang pendidikan untuk negara negara anggota ASEAN khususnya Indonesia.
9. Pembentukan jaringan perguruan tinggi se- ASEAN
10. Menyediakan sarana pendidikan beruapa sekolah dan perlengkapan sekolah yang memada
11. Peningkatan ilmu pengetahuan kalangan pemuda ASEAN dalam proses integrasi regional.
12.Pembentukan kelompok peneliti antar negara.
13.Peningkatan kualitas sumber daya manusia negara anggota ASEAN agar mampu bersaing baik di tingkat regional maupun internasional.
14. Pembentukan kurikulum sekolah di negara–negara ASEAN yang berprinsipkan demokrasi, berorientasi pada perdamaian, serta mmenghargai HAM
Dibidang sosial :
1.mengembangkan kesejahteraan masyarakat ASEAN dengan cara menerapkan upah minimal kepada pekerja dan perluasan lapangan pekerjaan di Asia Tenggara
2.memberikan bantuan bagi pihak yang membutuhkan khususnya dalam hal pembangunan
3.mengurangi masalah kepadatan penduduk dengan mengatur populasi penduduk Asia Tenggara
4.mengembangkan sumber daya manusia ASEAN dengan melakukan kerja sama pengembangan SDM antar negara di Asia Tenggara
5.meningkatkan kesejahteraan negara - negara di Asia Tenggara oleh Komite Pengembangan Sosial atau Commitee on Social Development(COSD)
6.Dibentuknya organisasi Menteri-Menteri Pendidikan Asia Tenggara atau The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO), yang bertujuan untuk memajukan kerjasama di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan di daerah Asia Tenggara.
7Menyelenggarakan kerja sama dalam bidang kebudayaan dan pendidikan seperti pertukaran pelajar negara-negara Asean dalam Student Exchange Programme ASEAN, mengadakan festival budaya negara-negara Asean pada ASEAN Culture Week.
Dibidang pangan :
1.Penyediaan cadangan pangan
Untuk menghindari risiko bahaya ekonomi akibat masalah pangan, ASEAN menetapkan beberapa negara anggotanya sebagai lumbung cadangan pangan. Adapun negara yang berkontribusi dalam langkah ini adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapura.
2. Kawasan Perdagangan Bebas
Untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan, ASEAN menetapkan kawasan perdagangan bebas ASEAN (AFTA). Dengan cara ini, setiap negara anggota ASEAN dapat berdagang dengan negara anggota lain tanpa harus mengkhawatirkan bea impor.
3. Pembukaan pusat promosi ASEAN
Dengan adanya pusat promosi, ASEAN dapat membantu para negara anggota untuk memasarkan produk mereka pada pangsa pasar yang lebih luas dan dengan demikian dapat meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat.
4. Penyediaan pupuk
5. Didirikan IRRI
6. Ekspor impor komoditas pangan di negara ASEAN
Dibidang pangan :
1.Penyediaan cadangan pangan
Untuk menghindari risiko bahaya ekonomi akibat masalah pangan, ASEAN menetapkan beberapa negara anggotanya sebagai lumbung cadangan pangan. Adapun negara yang berkontribusi dalam langkah ini adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapura.
2. Kawasan Perdagangan Bebas
Untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan, ASEAN menetapkan kawasan perdagangan bebas ASEAN (AFTA). Dengan cara ini, setiap negara anggota ASEAN dapat berdagang dengan negara anggota lain tanpa harus mengkhawatirkan bea impor.
3. Pembukaan pusat promosi ASEAN
Dengan adanya pusat promosi, ASEAN dapat membantu para negara anggota untuk memasarkan produk mereka pada pangsa pasar yang lebih luas dan dengan demikian dapat meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat.
4. Penyediaan pupuk
5. Didirikan IRRI
6. Ekspor impor komoditas pangan di negara ASEAN
MUATAN BAHASA INDONESIA
LANGKAH- LANGKAH MEMBUAT TEKS PIDATO
Pidato adalah penyampaian uraian lisan tentang sesuatu hal di depan umum.
LANGKAH- LANGKAH MEMBUAT TEKS PIDATO
Pidato adalah penyampaian uraian lisan tentang sesuatu hal di depan umum.
Langkah-langkah Menyusun Teks Pidato
- Menentukan topik, tentu saja topik yang menarik, sesuai dengan daya tangkap pendengar, dan mengatur waktu yang tersedia.
- Menentukan maksud dan tujuan.
- Mengamati pendengar dan situasi sekitar
- Mengumpulkan bahan pidato.
- Membuat kerangka pidato
- Menguraikan secara detail
- Pemahaman dan penghayatan materi yang akan disampaikan
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar