Materi Ajar Kelas 5 A

 

   Kamis, 01 Agustus  2024

   Matematika 

   Bahasa Indonesia
   Seni Rupa
  

                                  

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Al Qur'an.

Materi  Matematika

Tujuan Pembelajaran : Peserta dapat menyelesaika operasi hitung campur bilangan cacah

 

Untuk melakukan pengerjaan operasi hitung campuran bilangan cacah, perlu dilakukan langkah-langkah  sebagai berikut:
  1. Kerjakan lebih dahulu operasi yang berada di dalam kurung;
  2. Operasi yang sama kedudukannya dikerjakan urut dari depan;
  3. Operasi perkalian dan pembagian dikerjakan terlebih dahulu, setelah itu dikerjakan operasi penjumlahan dan pengurangan.
  • Agar mudah mengingat langkah-langkah operasi hitung bilangan cacah, ingatlah KUKABATAKU (Kurung Kali Bagi Tambah Kurang)..
Contoh soal :
1.  (14 x 2) - (10 : 2) + 8 =
 Dari soal di atas, maka operasi hitung yang dilakukan lebih dulu adalah yang ada di dalam kurung, yaitu:

= 28 - 5 + 8

= 31

Maka hasil dari (14 x 2) - (10 : 2) + 8 adalah 31

Perhatikan contoh berikut:
  1. 21+(139)  =   21+4=25
  2. 12510+32= 115+32=147
  3. 2×512÷4=  103   =718÷2×4=9× 
Permasalahan tentang Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah
Operasi hitung campuran bilangan cacah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam perdagangan dan kegiatan sosial.

Contoh Soal:
  • Ginggi mempunyai kelereng sebanyak 6 kotak. Setiap kotak berisi 25 kelereng. Pada hari ulang tahunnya, ia membagikan semua kelerengnya sama banyak kepada 10 temannya. Banyak kelereng yang diterima temannya adalah ... butir.
a. 150
b. 15
c. 25
d. 35

Jawab:
Banyak kelereng = 6 x 25 butir
                            = 150 butir
Banyak kelereng yang diterima setiap teman Ginggi
= 150 butir : 10 = 15 butir
Jawaban b

Latihan Soal

Kerjakan berikut dengan benar
1.36+(7225)    =...+...=.
2.36524+68    =...+...=...
3.10×1125÷5=......=...
4.42÷7×9          =...×...=...
5.(4116)+32   =...+...=... 
Materi Bahasa Indonesia
tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat megerjakan soal teks deskripsi dengan baik.
Latihan Soal Teks Deskripsi

1. Perhatikan paragraf deskripsi berikut!
Molly sangatlah manja. Hampir tiap malam, Moly tidur di ujung kakiku. Sebelum kuelus-elus dia selalu menggangguku. Kalau waktunya makan, dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat kamit seperti orang sedang berdoa. Kemanjaannya membuatku selalu rindu. 
Aspek yang dideskripsikan itu berkenaan dengan …

A. Fisik tokoh
B. Kehidupan tokoh
C. Sifat tokoh
D. lingkungan tokoh

2. Perhatikan paragraf berikut

Ibuku bernama Wulandari. Mukanya selalu bersinar seperti bulan. Cocok sekali dengan namanya yang berarti bulan bersinar. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut beriring. Kulit ibuku sawo matang, khas wanita Jawa. Beliau tidaklah tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitam bergelombang.

Objek yang digambarkan dalam paragraf di atas adalah ….

A. Aku
B. Wulandari
C. Bulan
D. Semut

3. Perhatikan paragraf berikut!

Grojogan Sewu adalah adalah salah satu objek wisata air terjun alami di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Dari pintu masuk, kita harus menuruni seribuan anak tangga untuk menuju air terjun. Saat perjalanan menuruni tangga, kita disuguhkan pemandangan yang cukup asri. Banyak monyet yang bergelantungan di dahan pohon. Ada juga yang duduk atau berlarian di sekitar anak tangga.

A. Gambaran perjalanan menuju air terjun Grojogan Sewu
B. Gambaran air terjun Grojogan Sewu
C. Gambaran objek wisata di Jawa Tengah
D. Gambaran wahana di Grojogan Sewu

Bacalah teks di bawah ini!

Kawasan sekitar bandara soekarno-hatta di Cengkareng Jakarta dibanjiri lautan manusia kerumunan orang tua muda dan anak-anak di mana-mana sebagian tampak berjajar di pinggir jalan masuk sebagian lagi duduk-duduk beralas koran dan rumput ada juga yang duduk santai di atas motor dan mobil yang diparkir seenaknya di kiri dan di kanan jalan masuk menuju bandara

4. Paragraf di atas dikategorikan sebagai teks deskripsi karena ….

A. Menggunakan fakta fakta yang jelas
B. Menggambarkan suatu kawasan dengan terperinci
C. Memaparkan sekitar bandara dengan suasana tertentu
D. Merinci suatu fakta lapangan dengan pola yang sesuai. 

Bagas sangatlah manja. Hampir tiap malam, Bagas tidur di ujung kakiku. Sebelum kuelus-elus dia akan selalu menggangguku. Kalau waktunya makan dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperti orang sedang berdoa. Kemanjaannya membuat aku selalu rindu.

5. Berdasarkan teks di atas, aspek yang dideskripsikan berkenaan dengan ….
A. Lingkungan tokoh
B. Kehidupan tokoh
C. Fisik tokoh
D. Sifat tokoh

5. Kata sifat yang terdapat di dalam cuplikan di atas adalah …. 
A. Malam
B. Sangat
C. Manja
D. Selalu

6.Pernyataan berikut yang merupakan ciri teks deskripsi adalah …

.A. Bersifat menceritakan
B. Mengandung bukti dan kebenaran
C. Menggunakan contoh, fakta, gambar peta dan angka

D. Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indra1.

Materi Seni Rupa
Tujuan pembelajaran : Peserta didik dapat mengetahui dan mengenal unsur dan prinsip Seni Rupa. 
  1. Seni Rupa 
    Mengenal unsur Seni Rupa 

    Seni rupa merupakan salah satu cabang seni yang diungkapkan atau diciptakan menggunakan media rupa visual yang bisa dilihat mata dan dirasakan ketika diraba. Secara mudahnya wujud dari seni rupa adalah sebagai pengantar cabang seni rupa itu sendiri, tidak seperti seni musik atau gerakan tubuh pada seni tari.

    Contoh dari seni rupa yang bisa mudah Anda temukan adalah seperti desain pakaian, patung, lukisan, kerajinan tangan dan lain sebagainya. Akan tetapi dalam perkembangannya, seni rupa bukan hanya berhenti pada produk visual saja.

    A. Unsur dan Prinsip Seni Rupa di Sekitar Kita

    Keindahan suatu objek di sekitar kita tak terlepas dari adanya berupa prinsip-prinsip seni rupa yang mendukung keindahannya, segala bentuk objek yang kita lihat dengan nilai akan muncul karena unsur-unsur yang dikandungnya, siswa dapat menemukan unsur-unsur seni rupa tersebut dengan mengamati unsur titik, garis, bidang, bentuk, ruang, tekstur, warna dan tone (nada gelap terang) yang terdapat dalam objek di lingkungan sekitar sekolah.

    Unsur Seni Rupa Titik. Titik merupakan unsur paling kecil dalam suatu karya seni rupa. Titik bisa digunakan untuk menciptakan unsur-unsur lain dengan cara menyusun atau menderet hingga menjadi suatu garis.

    Unsur Seni Rupa Garis. Garis merupakan hubungan antar titik yang bisa menghasilkan suatu guratan serba guna. Guratan dari titik tersebut akan bisa membentuk unsur lain seperti bidang maupun bentuk.

    Unsur Seni Rupa Bentuk Atau Volume. Bentuk merupakan unsur yang selanjutnya. Bisa dibilang jika bentuk adalah salah satu unsur yang bisa dilihat pada karya seni rupa dua dimensi. Contohnya adalah pada gambar, lukisan, desain grafis dan sebagainya.

    Unsur Seni Rupa Bidang. Bidang adalah unsur yang ketiga. Bidang juga merupakan perkembangan dari bentuk. Secara mudahnya bidang merupakan suatu garis yang ujungnya akan saling bertemu hingga membentuk suatu area tertutup.

    Unsur Seni Rupa Ruang. Ruang merupakan suatu karya karya dua dimensi yang memiliki sifat semu. Ruang juga masih dibagi menjadi dua yaitu ruang positif dan ruang negatif. 

    Unsur Seni Rupa Gelap Terang. Untuk bisa membuat suatu gambar potret yang tampak begitu realistis, bukanlah warna yang akan dibuat benar-benar akurat. Akan tetapi adalah pada bagian gelap dan terang yang akan dibuat akurat pada gambar potret tersebut.

    Contoh Benda Seni Rupa Terapan yang Termasuk Benda Hiasan


    Contoh benda seni rupa terapan yang termasuk benda hiasan banyak dijumpai di rumah-rumah yang penuh estetika. Orang-orang yang memiliki jiwa seni tinggi akan mampu membuat benda-benda di sekitar sebagai hiasan,

    Berikut adalah contoh benda seni rupa terapan yang termasuk benda hiasan tersebut.

    1. Kendi

    Kendi digunakan untuk menyimpan air agar dingin alami. Namun karena sekarang sudah jarang ditemui, ada yang memajangnya sebagai hiasan vintage atau untuk nostalgia.

    2. Guci

    Guci digunakan sebagai tempat penyimpanan air, minyak dan minuman anggur oleh orang Tiongkok. Sesampainya di Nusantara, keramik dengan motif dan warna-warni yang semarak tersebut memikat warga lokal untuk dijadikan hiasan.

    3. Kipas Batik

    Kipas dapat juga dijadikan hiasan dinding. Agar lebih menarik, garis-garis dipertegas dengan perada keemasan.

    4. Piring Keramik

    Alih-alih menggunakannya untuk penyajian, sebuah rumah makan terkenal yang menjual selat solo di Solo menghiasi seluruh dindingnya dengan piring keramik aneka motif.

    5. Poci

    Satu set wadah teh yang imut ini dijumpai di beberapa rumah sebagai hiasan


         Refleksi Kegiatan hari ini

.1. Peserta dapat menyelesaikan operasi hitung campur bilangan cacah
 2. Peserta didik dapat megerjakan soal teks deskripsi dengan baik.
 3.  Peserta didik dapat mengetahui dan mengenal unsur dan prinsip Seni Rupa     dengan         baik
Dokumentasi kegiatan hari ini











Komentar

Postingan Populer