11-09-2024

 RABU, 11 SEPTEMBER 2024

   P-5 dan IPAS

                                  

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Al Quran

🌼P5🌼

AKTIVITAS 6

Berikut Video terkait kegiatan P5

Kegiatan P5

*Tugas 1*
Tabel Hasil Pengamatan 
- Siswa mengamati makanan kesukaan dan makanan tradisional pada video yang diberikan guru.
- kemudian siswa diajak untuk mengamati dari makanan-makanan yang  sudah di bawa kemarin dengan semua alat inderanya: melihat, menghirup (mencium bau), merasakan tekstur, hingga mencoba (mengecap)
- kemudian pilih salah satu makanan kesukaan dan satu  makanan Tradisional yang kamu ketahui atau yang pernah kalian makan 
- siswa mengisi kolom yang berisi 2 emoticon :   (menarik) dan    (tidak menarik). Peserta didik mengisi kedua kolom dengan tanda √ (ceklis ) dengan menarik, dan tanda × (silang )tidak menarik.
*Tugas 2* 
Refleksi Makanan Kesukaan 

1. Peserta didik diminta untuk mewarnai salah satu emoticon sesuai dengan apa yang mereka rasakan. 

🌼 IPAS🌼

Tujuan Pembelajaran :Dengan belajar Rantai makanan peserta didik bisa membedakan antara produsen dan konsumen

 Topik A : Memakan dan Dimakan

Contoh Rantai Makanan

Rantai Makanan. Jalur makan dan dimakan antar makhluk hidup bisa digambarkan dalam bentuk rantai makanan. Pada rantai makanan, jalur dimulai dari peran yang disebut produsen. Tumbuhan disebut produsen karena dapat memproduksi makanannya sendiri melalui reaksi fotosintesis. Untuk melakukan ini, tumbuhan membutuhkan energi cahaya dari matahari. Hewan dan manusia disebut sebagai konsumen karena mereka mengkonsumsi makhluk hidup lainnya untuk mendapatkan energi.

Pada rantai makanan, konsumen dibagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu:




Tumbuhan disebut dengan produsen 

a. Konsumen tingkat 1 merupakan kelompok hewan yang memakan tumbuhan. Jenis hewan yang tergolong pada konsumen ini, yaitu hewan herbivora atau hewan omnivora.

b. Konsumen tingkat 2 merupakan kelompok hewan yang memakan konsumen tingkat 1. Hewan ini termasuk kelompok hewan karnivora atau omnivora.

c. Konsumen tingkat 3 merupakan kelompok hewan yang memakan konsumen tingkat 2. Sama dengan sebelumnya, hewan ini termasuk kelompok hewan karnivora atau omnivora.

d. Dan seterusnya.

Selain produsen dan konsumen, ada peran lain yang sangat penting, yaitu dekomposer. Jamur, bakteri, dan cacing tanah merupakan contoh dekomposer alami. Dekomposer menguraikan senyawa organik (bangkai, daun busuk, dan sebagainya) menjadi nutrisi yang tersimpan dalam tanah. Kemudian, nutrisi ini akan dipakai lagi oleh tumbuhan untuk tumbuh. Dekomposer mendaur ulang energi sehingga rantai makanan tidak bersifat linear, namun merupakan sebuah siklus.

Jaring-jaring Makanan

Contoh Jaring Makanan

Dalam suatu ekosistem, terutama ekosistem yang cukup besar, berisi banyak komponen biotik. Hal ini menyebabkan produsen bisa dimakan oleh lebih dari satu konsumen. Begitu juga dengan predator yang bisa memangsa lebih dari satu jenis hewan.

Sebenarnya, jaring-jaring makanan merupakan kumpulan rantai makanan yang saling berkaitan pada satu ekosistem yang sama. Hal ini dapat terjadi karena dalam ekosistem yang luas, makhluk hidup yang sama bisa berada pada lebih dari satu rantai makanan. Pada jaring-jaring makanan, konsumen bisa memiliki peran yang berbeda

Refleksi Pembelajaran hari ini pada pembelajaran P5,sebagian peserta didik dapat mengungkapkan perasaannya tentang material makanan tradisional dan makanan modern.Pada materi IPAS sebagian besar peserta didik dapat membedakan produsen dan konsumen pada rantai makanan.

Dokumentasi kegiatan  hari ini












 

SELAMAT BELAJAR 


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer