14-11-2024
Kamis, 14 November 2024
Bahasa Indonesia, Matematika dan Seni Rupa
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5A
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuaha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
ide pokok adalah hal pokok yang sedang dibicarakan atau sedang dibahas, baik dalam tulisan maupun dalam percakapan.
Ide pokok juga bertujuan untuk mengembangkan sebuah paragraf. Tanpa ide pokok, sebuah paragraf sulit untuk ditemukan gagasan utamanya dan sukar untuk dikembangkan menjadi bacaan utuh.
Ide pokok memiliki ciri-ciri yang dapat dikenali dan memudahkan untuk memahami sebuah bacaan. Berikut ini ciri-cirinya:
1.Berupa pikiran utama atau gagasan utama
2. Mengandung pokok persoalan atau inti persoalan
3. Membicarakan hal yang umum atau luas sehingga bisa dikembangkan kembali
4. Terletak di awal paragraf (deduktif), akhir paragraf (induktif), awal dan akhir (deduktif-induktif)
5. Ide pokok digambarkan dalam satu kalimat.
1. Membaca Paragraf dengan Cermat
2. Pahami Isi Bacaan
3. Menemukan Kalimat Utama
4. Menemukan Inti dari Kalimat Utama
5. Menandai Ide Pokok
Contoh
Fokus sopir dalam kendaraan yang sedang melaju adalah melihat ke depan melalui kaca depan, bukan pada kaca spion. Fokus pada kaca spion akan memengaruhi laju kendaraan dan bukan tidak mungkin berakibat kecelakaan. Penggunaan kaca spion pun hanya sewaktu-waktu dan setiap kali penggunaannya hanya untuk sekejap, tidak untuk berlama-lama.
Jawaban yang tepat pada ide pokok paragraf di atas adalah "tugas utama sopir adalah melihat kaca depan"
Mengubah Pecahan Biasa ke Persen
Persen adalah cara lain untuk menyatakan bagian dari keseluruhan, di mana keseluruhannya dianggap sebagai 100 bagian.
Cara Mengubah:
- Kalikan Pembilang dengan 100: Angka di atas garis pecahan (pembilang) kita kalikan dengan 100.
- Bagi Hasil dengan Penyebut: Hasil perkalian tadi kemudian kita bagi dengan angka di bawah garis pecahan (penyebut).
- Tambahkan Tanda Persen: Hasil akhir yang kita dapatkan, kita tambahkan tanda persen (%).
Contoh:
Ubahlah pecahan 3/4 menjadi persen.
- Kalikan pembilang dengan 100: 3 x 100 = 300
- Bagi hasil dengan penyebut: 300 ÷ 4 = 75
- 3/4 x 100 % =300/4 % = 75 %
- Tambahkan tanda persen: 75%
Jadi, pecahan 3/4 sama dengan 75%.
Mengapa Kita Mengalikan dengan 100?
Karena persen itu artinya per seratus. Jadi, ketika kita mengalikan pembilang dengan 100, kita sebenarnya sedang mencari berapa bagian dari 100 yang setara dengan pecahan tersebut.
Rumus Singkat:
(Pembilang/Penyebut) x 100%
Kenapa Kita Perlu Mengubah Pecahan ke Persen?
- Lebih Mudah Dibandingkan: Persen seringkali lebih mudah dipahami dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari dibandingkan dengan pecahan.
- Standarisasi: Persen memberikan standar perbandingan yang sama untuk berbagai jenis data.
- Visualisasi: Persen sering digunakan dalam grafik dan diagram untuk mempermudah visualisasi data.
Contoh Penggunaan dalam Kehidupan Sehari-hari:
- Diskon harga: Barang diskon 20% artinya harganya dikurangi sebesar 20% dari harga awal.
- Tingkat keberhasilan: Jika seseorang menjawab benar 8 dari 10 soal, maka tingkat keberhasilannya adalah 80%.
- Pertumbuhan populasi: Peningkatan populasi sebesar 5% artinya jumlah penduduk bertambah sebesar 5% dari jumlah sebelumnya.
Intinya:
Intinya:
Mengubah pecahan ke persen adalah keterampilan dasar dalam matematika yang sangat berguna dalam berbagai situasi. Dengan memahami konsep ini, kamu akan lebih mudah menganalisis data dan informasi yang disajikan dalam bentuk persen.
Latihan soal :
1. Ubahlah pecahan 2/5 menjadi persen.
2. Berapa persenkah pecahan ¾
3. Nyatakan pecahan 7/10 dalam bentuk persen.
4. Ubahlah pecahan 1/20 menjadi persen.
5. Berapa persenkah pecahan 9/25?
🍁Seni Rupa🍁
Soal dan Pembahasan Seani Rupa
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Kesamaan bobot dari unsur-unsur seni rupa disebut prinsip ….a. keseimbanganb. proporsic. keselarasand. irama2. Keseimbangan yang memiliki bentuk spiral adalah jenis keseimbangan ….a. asimetrisb. diagonalc. simetrisd. radial3. Media yang biasa digunakan untuk menggambar ekspresif adalah ....a. papan pengumumanb. kaca jendelac. rumahd. kanvas4. Contoh objek yang memiliki jenis keseimbangan radial adalah ….a. gunungb. pohon cemarac. bunga maward. daun pisang5. Berikut ini yang tidak termasuk keseimbangan dalam seni rupa adalah ….a. keseimbangan simetrisb. keseimbangan asimetrisc. keseimbangan sentrald. keseimbangan geometrisPerhatikan gambar berikut untuk menjawab soal nomor 6-8!6. Gambar jenis keseimbangan yang tepat untuk lukisan di atas ditunjukkan oleh ….a. gambar Ab. gambar Bc. gambar Cd. gambar D7. Jenis keseimbangan pada gambar di atas adalah ....a. keseimbangan asimetrisb. keseimbangan diagonalc. keseimbangan simetrisd. keseimbangan radial8. Apabila ukuran pohon yang kecil diperbesar sama dengan pohon yang lainnya akan menjadi keseimbangan ….a. keseimbangan asimetrisb. keseimbangan diagonalc. keseimbangan simetrisd. keseimbangan radial9. Berikut hasil karya anak.Objek gambar : Pohon kelapa dan orangHasil karya : Tinggi pohon kelapa sama dengan tinggi orangAgar menjadi proporsi, hal yang harusnya diperbaiki adalah ....a. pohon kelapa dilengkapi buah yang lebih banyakb. pohon kelapa dibuat lebih tinggic. orang dibuat menjadi lebih pendekd. orang dibuat menjadi lebih gemuk10. Perhatikan uraian berikut ini!(1) Menghaluskan goresan lain(2) Melengkapi gambar dengan elemen(3) Menggambar sketsa unsur garis(4) Mewarnai hasil gambarUrutan langkah-langkah dalam menggambar tumbuhan dengan prinsip proporsi adalah ….a. (3)-(2)-(4)-(1)b. (3)-(4)-(2)-(1)c. (4)-(3)-(2)-(1)d. (1)-(2)-(3)-(4)11. Agar menyerupai objek aslinya, daun seharusnya diberi warna ….a. abu-abub. merahc. hijaud. biru12. Rania sedang menggambar bunga matahari. Warna yang sesuai untuk bunga matahari adalah ….a. merahb. kuningc. birud. jingga13. Langkah akhir dalam menggambar proporsi adalah ....a. melengkapi gambar dengan elemen lainb. menggambar sketsa unsur garisc. menghaluskan goresan warnad. mewarnai hasil gambar14. Berikut ini bagian yang perlu diperhatikan ketika menggambar pohon yang memperhatikan prinsip proporsi, kecuali ....a. bagian akarb. bagian daunc. bagian badand. bagian batang15. Perhatikan hasil pengamatan mengenai ragam hias berikut ini!(1) Sering dijumpai pada rumah adat(2) Menyimbolkan nilai-nilai kearifan lokal(3) Menggunakan bahan dan teknik yang samaPengamatan yang benar mengenai ragam hias flora dan fauna ditunjukkan nomor ....a. (1), (2), dan (3)b. (1) dan (2)c. (1) dan (3)d. (2) dan (3)16. Motif ragam hias yang berupa binatang, seperti gajah, ikan, burung, dan ayam dinamakan ….a. motif florab. motif faunac. motif figuratifd. motif geometrisPerhatikan ragam hias berikut ini untuk menjawab soal nomor 17-18 !17. Ragam hias pada gambar diaplikasikan pada ....a. batub. kayuc. kertasd. kanvas18. Ragam hias pada gambar termasuk jenis ragam hias ….a. geometrisb. figuratifc. faunad. flora19. Perhatikan gambar berikut !Ragam hias pada gambar berasal dari ….a. Papuab. Sumatrac. Sulawesid. Kalimantan20. Motif batik kawung berasal dari ….a. Jawa Baratb. Jawa Tengahc. Yogyakartad. Jawa TimurII. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !1. Prinsip keseimbangan yang menghasilkan objek dengan bentuk sama di kedua sisi disebut …….....2. Keseimbangan dengan pola spiral disebut ....3. Kertas, kanvas, dan karton merupakan contoh media untuk membuat ………………………………….4. Nasya menggambar buah alpukat. Ia memberi warna oranye pada hasil gambarnya.Dengan begitu hasil gambarnya tidak sama dengan aslinya. Seharusnya, Nasya memberi warna …5. Hasil gambar yang proporsi sebaiknya diberi warna supaya terlihat sama dengan ……………….......6. Andika menggambar buah semangka dan jeruk. Ukuran buah semangka dan jeruk sama besarnya. Hasil karya yang digambar Andika tidak memperhatikan prinsip …………………….……………………..7. Bentuk zig zag, segiempat, segitiga, dan lingkaran terdapat pada ragam hias jenis ………..…………8. Objek gambar pada ragam hias flora adalah …………………………………………………………….....9. Motif Merak Lasem berasal dari daerah …………………………………………………………………….10. Objek gambar pada ragam hias motif Kamaro Timika adalah …………………………………………..III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!1. Sebutkan tiga jenis keseimbangan dalam seni rupa?Jawab :2. Sebutkan contoh keseimbangan radial di alam!Jawab :3. Apa yang akan terjadi jika sebuah gambar tidak menerapkan prinsip keseimbangan?Jawab :4. Mengapa menggambar perlu memperhatikan prinsip proporsi?Jawab :5. Sebutkan jenis-jenis ragam hias!Jawab :Kunci Jawaban Room I
1. a. keseimbangan2. d. radial3. d. kanvas4. c. bunga mawar5. d. keseimbangan geometris6. c. gambar C7. a. keseimbangan asimetris8. c. keseimbangan simetris9. b. pohon kelapa dibuat lebih tinggi10. a. (3)-(2)-(4)-(1)11. c. hijau12. b. kuning13. c. menghaluskan goresan warna14. c. bagian badan15. b. (1) dan (2)16. b. motif fauna17. b. kayu18. d. flora19. a. Papua20. d. Jawa TimurKunci Jawaban Room II
1. keseimbangan simetris2. Keseimbangan radial3. gambar ekspresif4. hijau5. objek asilinya6. proporsi7. geometris8. tumbuhan9. Rembang Jawa Tengah10. Suku KamaroKunci Jawaban Room III
1. Tiga jenis keseimbangan dalam seni rupa yaitu keseimbangan simetris, keseimbangan asimetris, keseimbangan radial2. pusaran air dan kelopak bunga3. orang yang melihatnya tidak nyaman4. agar gambar yang dihasilkan tampak serasi5. ragam hias flora, ragam hias fauna, ragam hias figurative, dan ragam hias geometrisRefleksi pembelajaran hari ini- Alhamdulillah sebagian besar peserta didik dapat memahami mengubah pecahan biasa menjadi persen dan sebaliknya dan dapat memahami cara menentukan ide.pokok suatu paragraf
- Dokumentasi pembelajaran hari ini
Komentar
Posting Komentar