13-05-2025

  Selasa, 13 Mei 2025

   Matematika & Pend. Pancasila 

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.


Pembelajaran hari ini secara daring ya nak,Sebelum belajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah surat-surat pendek,

 Baiklah anak-anak semua,hari ini Ibu akan memberikan materi matematika  .Kalian pelajari materi yang ada di blogger ini kemudian kalian kerjakan soal latihan yang Ibu berikan. Tetap semangat selama pembelajaran Daring ya Nak !

Mapel MATEMATIKA

Tujauan pembelajaran : peserta didik dapat memahami materi sudut, bangun datar dan bagun ruang            Media pembelajaran : buku cetak dan soal soal matematika                                 

metode pembelajaran: tugas mandiri latihan soal- soal  Matematika                                  

 Latihan soal matematika                           

1.Sebuah trapesium memiliki panjang sisi sejajar 8 cm dan 12 cm, serta tinggi 7 cm. Hitunglah luastrapesium tersebut!
Jawab

Soal nomor 2 dan 3



Soal nomor 4 dan 5


Mapel Pendidikan Pancasila

Tujauan pembelajaran : peserta didik dapat memahami materi  Keberagaman Budaya Indonesiaku dan Gotong Royong"        

Media pembelajaran : buku cetak dan soal-soal Pendidikan Pancasila                            

metode pembelajaran: tugas mandiri latihan soal- soal  Pendidikan Pancasila                

Berikut soal Pendidikan Pancasila tentang "Keberagaman Budaya Indonesiaku dan Gotong Royong"

1. Apa yang dimaksud dengan keberagaman budaya?
A. Perbedaan pendapat dalam masyarakat
B. Perbedaan suku, adat istiadat, dan kebiasaan masyarakat
C. Perbedaan usia masyarakat
D. Persamaan dalam pekerjaan masyarakat
Jawaban: 

2. Contoh wujud keberagaman budaya di Indonesia adalah...
A. Banyaknya tempat perbelanjaan
B. Banyaknya kendaraan umum
C. Beragamnya pakaian adat dan rumah adat
D. Banyaknya gedung perkantoran
Jawaban: 

3. Sikap kita terhadap keberagaman budaya adalah...
A. Menyukai budaya sendiri dan merendahkan yang lain
B. Mengabaikan budaya daerah lain
C. Menghargai dan menghormati semua budaya
D. Meniru semua budaya luar negeri
Jawaban: 

4. Gotong royong berarti...
A. Mengerjakan pekerjaan sendiri
B. Membantu teman untuk keuntungan pribadi
C. Bekerja sama untuk kepentingan bersama
D. Memberi tugas kepada orang lain
Jawaban: 

5. Contoh gotong royong di lingkungan sekolah adalah...
A. Menyontek saat ujian
B. Membersihkan kelas bersama-sama
C. Bermain di taman sekolah
D. Berbelanja ke kantin
Jawaban: 

6. Manfaat dari gotong royong adalah...
A. Pekerjaan menjadi lebih lama
B. Timbul rasa iri antar warga
C. Pekerjaan cepat selesai dan menumbuhkan rasa persatuan
D. Terjadi perselisihan
Jawaban: 

7. Rumah adat Tongkonan berasal dari daerah...
A. Papua
B. Toraja, Sulawesi Selatan
C. Bali
D. Aceh
Jawaban: 

8. Tari Kecak berasal dari...
A. Sumatera Barat
B. Jawa Barat
C. Bali
D. Kalimantan Timur
Jawaban: 

9. Salah satu bentuk pelestarian budaya adalah...
A. Mengabaikan budaya daerah
B. Mempelajari dan memperkenalkan budaya kepada generasi muda
C. Menghapus budaya lama
D. Meniru budaya asing
Jawaban: 

10. Nilai Pancasila yang sesuai dengan semangat gotong royong adalah...
A. Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
C. Persatuan Indonesia
D. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
Jawaban: 

11. Keberagaman budaya di Indonesia merupakan kekayaan yang harus kita ________.
Jawaban: 

12. Contoh kegiatan gotong royong di masyarakat adalah ________.
Jawaban: 

13. Lagu daerah dari Sumatera Barat yang terkenal adalah ________.
Jawaban: 

14. Bhinneka Tunggal Ika berarti ________.
Jawaban:

15. Dengan bergotong royong, pekerjaan menjadi lebih ________.

Penutup :
  1. Demikian materi hari ini Bu Guru sampaikan, untuk tugas silakan dikerjakan secara mandiri dan akan dikoreksi saat masuk sekolah. Tetap semangat belajar dan beribadah anak-anak hebat 5A 🥰👍🏻

Dokumentasi kegiatan hari inil





 







Penutup 
  1. Demikian materi hari ini Bu Guru sampaikan, untuk tugas silakan dikerjakan secara mandiri dan akan dikoreksi saat masuk sekolah. Tetap semangat belajar dan beribadah anak-anak hebat 5A 🥰👍🏻


Komentar

Postingan Populer