21-05-2025
RABU, 21 Mei 2025
IPAS
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5A
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelum belajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.
Sebelum kita masuk ke.materi selanjutnya kita nyanyian 7 kebiasaan anak Indonesia hebat ya.
Baiklah anak-anak semua,hari ini Ibu akan memberikan mapel IPAS materi perjuangan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Belanda dan Jepang
IPAS
-
Bangsa Barat pertama yang datang ke Indonesia dan melakukan praktik penjajahan adalah... a. Inggris b. Belanda c. Portugis d. Spanyol
-
VOC adalah singkatan dari... a. Vereenigde Oostindische Compagnie b. Verenigde Oost-Indische Compagnie c. Verenigd Oost-Indisch Company d. Vereenigde Oost-Indische Comite
-
Tujuan utama VOC datang ke Indonesia adalah untuk... a. Menyebarkan agama b. Mencari rempah-rempah c. Melakukan penelitian d. Membangun infrastruktur
-
Sistem tanam paksa yang diterapkan Belanda di Indonesia disebut juga dengan... a. Kerja Rodi b. Kerja Bakti c. Cultuurstelsel d. Ekonomi Liberal
-
Pahlawan dari Maluku yang terkenal gigih melawan Belanda adalah...aTuanku Imam Bonjol b. Pangeran Diponegoro c. Pattimura d. Sultan Hasanuddin
-
Perang Diponegoro terjadi di wilayah... a. Aceh b. Sumatra Utara c. Jawa d. Sulawesi Selatan
-
Pahlawan perempuan dari Aceh yang memimpin perlawanan terhadap Belanda adalah... a. RA Kartini b. Cut Nyak Dien c. Martha Christina Tiahahu d. Dewi Sartika
-
Salah satu penyebab kegagalan perlawanan fisik bangsa Indonesia melawan Belanda pada awalnya adalah... a. Kurangnya semangat perjuangan b. Persatuan yang kuat antar daerah c. Senjata yang kurang memadai d. Dukungan dari pihak asing
-
Politik etis yang digagas oleh Belanda bertujuan untuk... a. Menghapus penjajahan b. Membalas budi kepada rakyat Indonesia c. Meningkatkan kesejahteraan rakyat Belanda d. Mengeruk keuntungan lebih banyak
-
Organisasi pergerakan nasional yang pertama kali didirikan pada tahun 1908 adalah... a. Indische Partij b. Sarekat Islam c. Budi Utomo d. Partai Nasional Indonesia
-
Jepang datang ke Indonesia pada awal Perang Dunia II dengan semboyan... a. Indonesia Raya b. Asia untuk Bangsa Asia c. Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya d. Nusantara Bersatu
-
Tujuan utama Jepang menduduki Indonesia adalah untuk... a. Membantu kemerdekaan Indonesia b. Mencari dukungan politik c. Mendapatkan sumber daya alam (khususnya minyak bumi) d. Menyebarkan kebudayaan Jepang
-
Organisasi bentukan Jepang yang bertujuan melatih pemuda Indonesia untuk kepentingan perang adalah... a. PETA b. Heiho c. Putera d. Jawa HokokaiRomusha adalah sebutan untuk... a. Tentara sukarela b. Pekerja paksa c. Pemuda yang bersekolah d. Pejabat pemerintahan
-
Dampak negatif pendudukan Jepang di Indonesia adalah... a. Pendidikan semakin maju b. Kesehatan rakyat meningkat c. Kelaparan dan kemiskinan meluas d. Banyak industri berkembang
-
Salah satu perlawanan rakyat terhadap Jepang yang terkenal adalah perlawanan di... a. Blitar oleh Supriyadi b. Bandung Lautan Api c. Surabaya oleh Bung Tomo d. Medan Area
-
Peristiwa Rengasdengklok terjadi karena... a. Pemuda ingin segera memproklamasikan kemerdekaan b. Jepang menyerahkan diri kepada Sekutu c. Belanda datang kembali ke Indonesia d. Adanya pemberontakan rakyat
-
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada tanggal... a. 17 Agustus 1945 b. 18 Agustus 1945 c. 28 Oktober 1928 d. 10 November 1945
-
Tokoh yang membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah... a. Mohammad Hatta b. Soekarno c. Sutan Sjahrir d. Achmad Soebardjo
-
Salah satu tujuan utama perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah adalah untuk mencapai... a. Keuntungan ekonomi b. Kekuasaan c. Kemerdekaan d. Popularitas
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
- Penjajahan yang dilakukan oleh Belanda di Indonesia berlangsung selama kurang lebih ________ tahun.
- Gubernur Jenderal VOC yang terkenal dengan kebijakan kerja rodi adalah ________.
- Perlawanan rakyat Bali terhadap Belanda disebut juga dengan Perang ________.
- Tuanku Imam Bonjol adalah pahlawan dari _____ yang melawan Belanda dalam Perang Padri.
- Organisasi yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantara untuk memajukan pendidikan pada masa penjajahan Belanda adalah ________.
- Pada masa pendudukan Jepang, rakyat Indonesia dipaksa menanam tanaman jarak untuk memenuhi kebutuhan ________.
- Sistem kerja paksa pada masa Jepang disebut ________.
- Salah satu perlawanan PETA terhadap Jepang terjadi di ________.
- Peristiwa jatuhnya bom atom di kota ____ dan __menyebabkan Jepang menyerah kepada Sekutu.
- Tokoh yang ikut menyusun teks Proklamasi Kemerdekaan bersama Soekarno dan Mohammad Hatta adalah ________.
Soal Esai:
-
Jelaskan mengapa bangsa Barat (khususnya Belanda) tertarik untuk datang dan menjajah Indonesia! Sebutkan tujuan utama dan dampaknya bagi rakyat Indonesia pada masa awal penjajahan!
-
Sistem Tanam Paksa (Cultuurstelsel) merupakan salah satu kebijakan paling kejam yang diterapkan oleh pemerintah kolonial Belanda. Jelaskan secara singkat apa itu Sistem Tanam Paksa dan bagaimana dampak negatifnya terhadap kehidupan petani serta perekonomian rakyat Indonesia!
-
Meskipun banyak pahlawan daerah yang berjuang melawan Belanda, perlawanan tersebut seringkali gagal di awal masa penjajahan. Sebutkan dan jelaskan dua faktor utama yang menyebabkan kegagalan perlawanan fisik bangsa Indonesia melawan Belanda pada masa tersebut!
-
Jepang datang ke Indonesia dengan membawa semboyan "Asia untuk Asia" dan "Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya". Namun, pada kenyataannya pendudukan Jepang membawa penderitaan bagi rakyat Indonesia. Jelaskan mengapa janji-janji Jepang tidak sesuai dengan kenyataan dan sebutkan dua kebijakan Jepang yang merugikan rakyat Indonesia!
-
Perjuangan melawan penjajah Belanda dan Jepang menunjukkan semangat persatuan dan nasionalisme bangsa Indonesia. Jelaskan bagaimana perjuangan melawan penjajah Belanda dan Jepang pada akhirnya mempersatukan bangsa Indonesia hingga mencapai proklamasi kemerdekaan!
Penutup :Demikian materi hari ini Bu Guru sampaikan.Tetap semangat belajar dan beribadah anak-anak hebat 5A 🥰👍🏻
Refleksi kegiatan pembelajaran hari ini.Alhamdulillah sebagian besar peserta didik dapat menyelesaikan soal dengan baik
Dokumentasi kegiatan pembelajaran hati ini
-
Komentar
Posting Komentar