Materi Matematika dan Tematik

Rabu,09 Februari 2022 Matematik danTematik 

MTK (Bangun Ruang Gabungan)


      

MUATAN MATEMATIKA & TEMATIK VI.F

FITRI DARYANI,S.Pd

Assalamualaikum... good morning everyone, I hope we are fine today, before start our lesson don't forget to pray Dhuha, muroja'ah and watch the Tausiyah. Let's open our class with say Basmallah.


Tujuan Pembelajaran :

  1. Siswa dapat memahami dan menggambar bangun ruang gabungan
  2. Siswa dapat menentukan volume bangun ruang gabungan
  3. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan volume bangun ruang gabungan.


Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas menganai Luas Permukaan Bangun Ruang Prisma, Limas, Tabung, Kerucut, dan Bola.
Dalam pertemuan ini, kita akan melanjutkan materi tersebut, yakni mengenai Luas Permukaan Bangun Ruang Gabungan
Masih ingatkah kalian, rumus mencari volume limas dan tabung?
(tentunya kalian pasti tau ya Nak 😊)
Silakan simak materi berikut ini terkait Luas Permukaan bangun ruang Gabungan 👇🏻😊 


VOLUME PERMUKAAN BANGUN RUANG GABUNGAN

 

Volume bangun ruang adalah hasil kali dari luas alas dengan tinggi bangun ruang tersebut. Volume  bangun gabungan merupakan jumlah dari volume bangun-bangun pembentuknya. 

Untuk dapat menentukan volume gabungan dua buah bangun ruang atau lebih tentunya harus menghitung volume bangun-bangun yang menyusun bangun gabungan tersebut. 

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mencari volume gabungan bangun ruang adalah ukuran dari masing-masing unsur bangun tersebut. Biasanya ukuran unsur bangun ruang tersebut tidak disebutkan, sehingga harus mencari terlebih dahulu dengan cara melihat unsir-unsur bangun yang lainnya.

Rumus volume bangun ruang :

No.

Bangun Ruang

Volume Bangun

1.

Prisma

V = Lalas x t

2.

Tabung

V = π × r² × t

3.

Limas

V =

1

x L alas x t

3

4.

Kerucut

V =

1

x π × r² × t

3

5.

Bola

V =

4

x π × r³

3

6.

Kubus

V = s x s x s = s³

7.

Balok

V = p x l x t

Contoh :

1. 

1.              


Bangun diatas merupakan gabungan bangun kerucut, tabung dan setengah bola.
1. Volume kerucut
Diketahui :
s = 13 cm
r = 10 : 2 = 5 cm
Tentukan terlebih dahulu tinggi kerucut menggunakan dalil phitagoras
t² = s² - r²
t² = 13² - 5²
t² = 169 - 25
t² = 144
t  = √144
t  = 12 cm
V.kerucut  = ⅓ × π × r² × t
           = ⅓ × 3,14 × 5² × 12
           = ⅓ × 3,14 × 25 × 12
     V       = 314 cm³


2. Volume tabung
Diketahui :
Diameter = 10 cm sehingga r = 10 : 2 = 5 cm
Tinggi tabung = 12 
Tinggi tabung = 12 cm

V.tabung  = π × r² × t
          = 3,14 × 5² × 12
          = 942 cm³

3. Volume setengah bola
Diketahui :
Diameter bola = 10 cm sehingga r = 10 : 2 = 5 cm
V. ½ bola  = ½ × 4/3 × π × r
          = ½ × 4/3 × 3,14 × 5
          = 10,47 cm³
Jadi volume gabungan = 314 + 942 + 10,47 = 1.266,47 cm³.


2. Perhatikan bentuk mainan kue tart berikut.

Diameter paling atas pada mainan tersebut adalah 14 cm. tiap diameter di bawah selisihnya 7cm.

Berapakah cm³ volume mainan tersebut?

Diketahui :
Pada kue tersebut ada 3 kue berbentuk tabung tersusun.
Diameter kue 1 = 14 cm maka r = 7 cm
Diameter kue 2 = 21 cm maka r = 10,5 cm
Diameter kue 3 = 28 cm maka r = 14 cm
Tinggi seluruh kue adalah: 45 cm. Sehingga 45 cm : 3 = 15 cm. Jadi,masing-masing tinggi tabung kue adalah 15 cm
Ditanyakan : Volume gabungan bangun ruang.
Jawab :

a. Volume Tabung 1 (paling atas)

V1 =

22

x 7 x 7 x 15

7

 V1 = 154 × 15
 V1 = 2.310 cm³

      b. Volume Tabung 2 (tengah)

V2 =

22

x 10,5 x 10,5 x 15

7

 V2 = 346,5 × 15
             V2 = 5.197,5 cm³

 

c. Volume Tabung 3 (paling bawah)

V3   

22

x 14 x 14 x 15

7

             V3 = 616 × 15
             V3 = 9.240 cm³
             V Total =2.310 cm + 5.197,5 + 9.240 = 16.747,5 cm³
             Jadi,volume mainan kue tersebut adalah 16.747,5 cm³


3.  


      Diketahui : tinggi limas = 25cm-10cm  =  15cm

a.       Volume balok = p x l x t = 25 x 8 x 10 = 2.000 cm³

b.      Volume Limas = 

1

x Luas Alas x tinggi

3

                                            

=  

1

  x 25 x 8  x 15  

3

                                                

=

  1

  x 3.000 = 1.000 cm³

  3

                                                 

           Jadi volume gabungan adalah 2.000 + 1.000 = 3.000cm³

   

4. 





LATIHAN SOAL 

1. Tentukan volume bangun ruang dibawah ini!

2.Tentukan volume bangun ruang dibawah ini! Dengan jari-jari alas tabung  10 cm 

NOTE: untuk tugas matematika ibu guru tunggu sampai jam 10.00 WIB ya Nak!

MUATAN TEMATIK

TEMA 8. BUMIKU

SUBTEMA 2. BUMIKU DAN MUSIMNYA

PB 3-4


Mata Pelajaran yang Muncul : IPS KD 3.1 & 4.1 dan PPKn KD 1.2, 2.2, 3.2, & 4.2

Tujuan Pembelajaran :

  1. Peserta didik mempu memahami hubungan antara kedaan geografis dan keadaan sosial budaya suatu negara. 
  2. Peserta didik mempu mengidentifikasi kewajiban warga negara terhadap kelestarian lingkungan.


IPS

Ayo, ingat kembali tentang negara-negara tetangga Indonesia. Bagaimana dengan kondisi sosial budayanya? Apakah sama atau berbeda dengan kondisi sosial budaya Indonesia? (tuliskan pendapatmu di kolom komentar ibu ya!)

Bacalah informasi mengenai negara-negara tetangga Indonesia di bawah ini!


Untuk mengenal kehidupan sosial budaya masyarakat negara ASEAN, simaklah video berikut :

PPKn

Upaya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup merupakan tanggung jawab setiap warga masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut. Upaya ini dapat dimulai dari hal yang sederhana, yaitu membuang sampah pada tempatnya. 

Dibawah ini disajikan infografis tetang sampah di jakarta. Apa tanggung jawabmu sebagai anggota masyarakat dalam menjaga lingkungan dari sampahtuliskan jawabanmu pada komentar blog ibu ya!


 TUGASMU!

Kerjakan soal yang ada di buku LKS hal 69-71 (soal pilihan ganda saja).Tulis jawaban kalian dibuku latihanmu  tulis jawaban dan keterangan nya

kirim jawaban nya di foto dan kirim japri .ke Wa bu guru ya..!

NOTE: untuk tugas tematik ibu guru tunggu sampai jam 14.00 WIB ya Nak!


SEMANGAT!!!



 

Komentar

  1. Assalamu'alaikum
    Qanita Shabira Harahap

    Jawaban tema :
    1. Kondisi sosial budaya negara tetangga Indonesia berbeda dengan Indonesia.
    2. Tanggung jawabku adalah membuang sampah pada tempatnya.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum
    Nasywa Areska Ramadhani
    No. Absen 21

    Jawaban:
    1. Kondisi sosial budaya negara tetangga sangat berbeda dengan Indonesia, namun ada beberapa yang memiliki kemiripan dengan Indonesia seperti Malaysia, dari segi makanan ada beberapa yang mirip dengan Indonesia.
    2. Tanggung jawabku sebagai anggota masyarakat dalam menjaga lingkungan adalah tidak membuang sampah sembarangan, dan mendaur ulang sampah yang masih bisa di daur ulang

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Nama: Keisya Dheandra putri
    Kelas:6F no absen:14

    Jawaban
    1.kondisi sosial budaya negara tetangga dgn indonesia berbeda namun ada pula kesamaan ny misal ny indinesia dan malaysia yg memiliki k samaan yg d pengaruhi oleh budaya melayu
    2.tanggung jawabku sebagai anggota masyarakat adalah dgn tidak membuang sampah sembaràngan


    Kelas:6F no absen:14

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum
    Nama:Ghania Aulia Salsabila
    Kelas:6F
    Absen:11

    Jawaban:
    1.kondisi sosial budaya negara tetangga dgn Indonesia berbeda namun ada pula kesamaannya misalnya Indonesia dengan malaysia yang memiliki kesamaan di segi bahasa, suku dll.
    2.tanggung jawabku sebagai anggota masyarakat adalah dgn tidak membuang limbah plastik ke sungai

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum
    Nama: Orlando Anabil Jaya
    Kelas:6F
    Absen:22

    Jawaban:
    1.kondisi sosial budaya negara tetangga dgn Indonesia berbeda namun ada pula kesamaannya misalnya Indonesia dengan malaysia yang memiliki kesamaan di segi bahasa, suku dll.
    2.tanggung jawabku sebagai anggota masyarakat adalah dgn tidak membuang limbah plastik ke sungai

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum wr Wb
    Nama Fachri bintang arabi
    Kls 6F no absen 8
    Jawab:
    1.kondisi sosial budaya negara tetanggaIndonesia berbeda dengan Indonesia.
    2.Tanggung jawabkusebagai anggota masyarakat adalah membuang sampah pada tempatnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer