PEMBAHASAN SAOL-SOAL TEMA 5

 

JUMAT, 24 November 2023

PEMBAHASAN SOAL-SOAL TEMA 5 

 
                                            MUATAN TEMATIK V.A
GURU KELAS : FITRI DARYANI,S.Pd

Good morning my student....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5 A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Al Qur'an.HAri ini kita akan belajar materi Latihan soal tema 5 subtema 3 Setelah membaca silahkan  ananda beri tanggapan dikolom komentar.Terima kasih.


KISI-KISI PAS TEMA 1

KompeKomoetrnsi Dasar

Materi

Stimulus/ Indikator soal

Mata PePPKN

3.2

Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Disajikan sebuah gambar, siswa mampu
menentukan sikap yang mencerminkan nilai-nalai Pancasila

Disajikan dalam bentuk tabel, siswa mampu menentukan dampak positif dari kegiatan gotong royong

Disajikan sebuah pernyataan, siswa mampu
merincikan contoh perilaku yang sesuai dengan butir sila Pancasila

Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu
menjelaskan sikap yang sesuai dengan butir Pancasila

Disajikan sebuah gambar, siswa mampu menentukan perilaku yang tidak sesuai dengan butir Pancasila

Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu
menganalisis sikap yang sesuai dengan simbol butir Pancasila

Disajikan dalam bentuk narasi, siswa mampu
menyesuaikan sikap yang akan menjadi keputusannya

Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu
menjelaskan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

Disajikan sebuah teks bacaan, siswa mampu
mengemukan semboyan negara Indonesia

Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu
mengemukakan perilaku yang sesuai dengan simbol Pancasila pada lingkungan sekolah

Mata P BAHASA INDONESIA

3.1

ntukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis

Ide pokok

Disajikan dalam bentuk pernyataan, siswa mampu
menentukan langkah-langkah ide pokok teks lisan

Wawancara

Disajikan dalam bentuk percakapan, siswa mampu
menentukan bagian-bagian dari wawancara

Disajikan sebuah gambar, siswa mampu
menggali narasumber yang tepat untuk memperoleh informasi

Paragraf

Disajikan sebuah paragraf, siswa mampu
menentukan pernyataan yang sesuai dengan teks bacaan

Gambar seri

Disajikan dalam bentuk tabel, siswa mampu mengemukakan langkah-langkah dalam menyusun gambar seri

Ide pokok

Disajikan dalam bentuk pernyataan, siswa mampu
menentukan langkah-langkah dalam menemukan ide pokok

Paragraf

Disajikan sebuah teks bacaan, siswa mampu
menentukan pokok paragraf yang sesuai dengan isi teks bacaan

Paragraf

Disajikan sebuah gambar, siswa mampu
menentukan ide pokok yang sesuai pada gambar

Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu
mengidentifikasi jenis paragraf sesuai teks bacaan

Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu menentukan
langkah-langkah dalam menemukan informasi bahan bacaan

Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM

3.1

Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia
kehidupan sehari-hari.

Alat gerak hewan dan fungsinya

Disajikan sebuah gambar, siswa mampu
mengkategorikan hewan berdasarkan jenisnya

Disajikan dalam bentuk tabel, siswa dapat membedakan hewan berdasarkan jenisnya

Alat gerak manusia dan fungsinya

Disajikan dalam bentuk pernyataan,
siswa mampu menjelaskan yang tidak termasuk fungsi dari rangka tubuh manusia

Disajikan dalam bentuk tabel, siswa mampu menentukan ciri-ciri otot lurik

Alat gerak hewan dan fungsinya

Disajikan dalam bentuk narasi, siswa mampu
menentukan fungsi organ gerka pada hewan ikan

Disajikan sebuah gambar, siswa mampu
menentukan organ gerak pada hewan ubur-ubur

Alat gerak manusia dan fungsinya

Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu
mengkategorikan pengelompokan rangka manusia

Alat gerak hewan dan fungsinya

Disajikan dalam bentuk tabel, siswa mampu
menjelaskan organ gerak hewan berdasarkan jensinya

Cara memelihara organ
gerak pada manusia dalam kehidupan sehari-hari

Disajikan dalam bentuk narasi, siswa mampu
menentukan batas maksimal dalam memenuhui kebutuhan cairan tubuh

Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu menjelaskan
cara dalam memelihara kesehatan tulang dan otot pada manusia

Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

3.2

Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekoniomi, sosial, budaya,
komunikasi serta transportasi

Karakteristik geografis
Negara Indonesia terhadap kehidupan ekonomi, budaya dan transportasi

Disajikan dalam bentuk narasi, siswa mampu menganalisis
tindakan manusia yang dapat mempengaruhi alam

Disajikan sebuah, siswa mampu menelaah proses penangkapan ikan yang baik

Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu mengemukkan
selat yang memisahkan pulau Sumatra dan Jawa

Disajikan dalam bentuk pernyataan, siswa mampu menentukan jenis dari kenampakan alam

Disajikan dalam bentuk deskrispi,siswa mampu menentukan daerah terkenal penghasil kain ulos

Disajikan dalam bentuk narasi, siswa mampu menentukan aktivitas ekonomi berdasarkan tempatnya

Disajikan dalam bentuk tabel, siswa mampu menentukan jenis hewan berdasrkan pembagian wilayahnya

Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu menentukan jenis pekerjaan berdasarkan temapatnya

Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu menyebutkan kemaritiman negara Indonesia

Disajikan dalam bentuk deskrispi, siswa mampu menjelaskan unsur-unsur yang menyebabkan perubahan cuaca

Mata Pelajaran : SENI BUDAYA DAN PRAKARYA

3.1

Memahami gambar cerita

Gambar ilustrasi
(komik, karikatur, kartun)

Disajikan dalam bentuk pernyataan, siswa mampu merincikan urutan ilustrasi dalam gambar cerita

Disajikan sebuah deskripsi, siswa mampu mengungkapkan desain cover yang sesuai pernyataan

Disajikan dalam bentuk pernyataan, siswa dapat menentukan ciri-ciri dari komik

Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu menjelaskan
ciri gambar sketsa

Disajikan sebuah gambar, siswa mampu mengemukankan
fungsi dari pewarnaan sesuai gambar

Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu menjelaskan arti dari cover

Disajikan sebuah gambar, siswa mampu mengkategorikan
ragam corak gambar cerita

Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu menjelaskan
ciri dari komik yang sesuai pada deskripsi

Disajikan dalam bentuk narasi, siswa mampu menentukan jenis komik berdasarkan narasi

Disajikan dalam bentuk narasi, siswa mampu mengemukakan tahapan-tahapan dalam pembuatan gambar ilustrasi

LATIHAN SOAL TEMA 5
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
MAPEL PKN
1. Organisasi pergerakan nasional yang pertama di Indonesia adalah ....
a. Tiga Serangkai
b. Tri Koro Darmo
c. Budi Utomo
d. Jong Java

2. Pelajar dapat berperan dalam rangka menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa Indonesia dengan cara ….
a. ikut bergabung dalam organisasi masyarakat
b. tidak terlibat dalam aksi tawuran pelajar
c. mengikuti bimbingan belajar mandiri
d. berangkat sekolah tepat waktu

3. Peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928 adalah ....
a. Kongres Pemuda l
b. Kongres Pemuda II
c. Rapat Raksasa di Lapangan Ikada
d. Agresi Militer

4. Kami putra dan putri indonesia, menjunjung bahasa .... bahasa Indonesia. Bagian yang hilang dari teks bersejarah di atas adalah ....
a. daerah
b. nasional
c. persatuan
d. satu

5. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia menjadi tanggung jawab ....
a. pemerintah
b. TNI dan Polri
c. tokoh agama
d. seluruh rakyat Indonesia
MAPEL B. INDONESIA

1. Perhatikan teks berikut ini!
Nelayan sudah mengetahui ikan mati sebenarnya sejak Kamis kemarin. Semula nelayan masih menganggap normal. Tapi hari ini jumlah ikan yang mati semakin banyak, sehingga membuat resah. Apa lagi warna kemerah-merahan bertambah luas hingga ke tengah laut. Kalau banyak ikan kecil yang mati pasti tangkapan ikan akan berkurang keluh para nelayan.

Hal pokok yang terdapat pada paragraf tersebut adalah ....
a. Semula nelayan masih menganggapnya wajar.
b. Jumlah ikan yang mati makin banyak dan warna kemerah-merahan bertambah luas.
c. Nelayan sudah mengetahui ikan mati sejak hari Kamis
d. Banyaknya ikan kecil yang mati meresahkan nelayan.Sebelum menulis karangan nonfiksi, sebaiknya didahului dengan membuat ....
a. panjang karangan
b. tujuan karangan
c. judul karangan
d. kerangka karangan

2. Hutan adalah salah satu kawasan yang tumbuh alami, berisi ribuan jenis pohon dan beragam binatang. Hutan biasanya berada di daerah pinggiran kota dan berhawa sejuk.
Ide pokok paragraf di atas adalah ….
a. Hutan berhawa sejuk
b. Hutan adalah kawasan yang tumbuh alami, berisi ribuan jenis pohon, dan beragam binatang.
c. Hutan adalah kawasan yang alami.
d. Hutan berisi ribuan jenis pohon dan beragam tumbuhan.
3. Sebuah teks memiliki judul "Pengaruh Penebangan Liar terhadap Kehidupan Hewan". Jika dicermati dengan saksama, teks tersebut termasuk kategori ....
a. fabel
b. novel
c. anekdot
d. teks nonfiksi

4. Kerusakan ekosistem laut disebabkan oleh penangkapan ikan dengan bahan peledak. Informasi di atas dapat diketahui dengan kata tanya….

a. siapa

b. kapan
c. di mana
d. mengapa
5. Ide utama dari sebuah paragraf adalah ….
а. pikiran penjelas
b. pikiran pokok
c. tema
d. kalimat tanya



15. Perhatikan teks berikut ini!
Nelayan sudah mengetahui ikan mati sebenarnya sejak Kamis kemarin. Semula nelayan masih menganggap normal. Tapi hari ini jumlah ikan yang mati semakin banyak, sehingga membuat resah. Apa lagi warna kemerah-merahan bertambah luas hingga ke tengah laut. Kalau banyak ikan kecil yang mati pasti tangkapan ikan akan berkurang keluh para nelayan.

Hal pokok yang terdapat pada paragraf tersebut adalah ....
a. Semula nelayan masih menganggapnya wajar.
b. Jumlah ikan yang mati makin banyak dan warna kemerah-merahan bertambah luas.
c. Nelayan sudah mengetahui ikan mati sejak hari Kamis

d. Banyaknya ikan kecil yang mati meresahkan nelayan.
MAPEL IPA
1. Hubungan yang erat antara dua makhluk hidup yang berbeda disebut ....
a. komunitas
b. simbiosis
c. ekosistem
d. populasi
2. Hubungan simbiosis parasitisme dapat kita lihat pada contoh ....
a. bunga dengan kupu-kupu
b. burung jalak dengan kerbau
c. ikan hiu dengan remora
d. bunga bangkai dengan tumbuhan inangnya

3. Padi - belalang - katak - ular
Pada rantai makanan di atas belalang berperan sebagai konsumen tingkat ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
4. Perhatikan jenis makhluk hidup berikut
(1) Ular
(2) Bakteri
(3) Burung elang
(4) Tikus
(5) Padi
Bila membentuk suatu rantai makanan, maka urutan yang benar adalah ....
a. (5) - (4) - (1) - (3) -(2)
b. (5) - (4) - (3) - (2) - (1)
c. (5) - (3) - (4) - (2) - (1)
d. (5) - (3) - (2) - (1) - (4)
5. Hewan yang mati akan membusuk dan menjadi sumber makanan bagi bakteri, Contoh tersebut menunjukkan peran bakteri sebagai ….
a. konsumen
b. produsen
c. pengurai
d. kosumen
MAPEL IPS
1. Mayoritas penduduk Indonesia bekerja sebagai petani. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara ....
a. sejahtera
b, kepulauan
c. maritim
d. agraris

2. Pada bagian atas sebuah peta, kita dapat mengetahui ....
a. skala peta
b. legenda
c. judul peta
d. mata angin

3. Mata angin adalah salah satu unsur dalam peta yang menunjukkan ....
a. jarak
b. arah
c. tempat
d. ukuran

4. Negara maritim merupakan salah satu sebutan bagi Indonesia. Pernyataan yang mendukung hal tersebut adalah ....
a. Wilayah Indonesia sebagian besar merupakan lautan.

b. Sawah pertanian mendominasi hampir seluruh wilayah Indonesia.
c. Indonesia merupakan penghasil produk kapal berkualitas.
d. Para nelayan Indonesia mampu menaklukkan lautan.

5. Indonesia memiliki batas-batas yang jelas dengan negara-negara tetangga. Negara yang berbatasan darat dengan Indonesia di Pulau Kalimantan adalah ....
a. Filipina
b. Singapura
c. Malaysia
d. Brunei Darussalam
MAPEL SBDP
1. Selain kostum, peralatan menari yang berguna untuk menjelaskan cerita dan membantu gerak
adalah ....
a properti
b. panah
c. rias
d. selendang

2. Keris merupakan properti yang digunakan untuk tarian dengan tema ....
a. peperangan
b. kesedihan
c. persahabatan
d. percintaan

3. Tarian di bawah ini yang menggunakan perlengkapan berupa payung dan selendang adalah tari ....
a. pulau pinang
b. serimpi
c. jathilan
d. legong
4.. Tarian yang berasal dari daerah Sumatra Barat adalah tari ....
a. cakalele
b. seudati
c. jaipong
d. piring

5. Tari yang menggunakan kendi sebagai alatnya adalah tari ....
a. jaipong
b. bondan
c. batik
d. serimpi

Komentar

Postingan Populer