TEMA 5 SUBTEMA 1 PB 5 & 6

 Kamis, 09 November  2023

TEMA 5 SUBTEMA 1 PB 5 & 6


 
                                            MUATAN TEMATIK V.A
GURU KELAS : FITRI DARYANI,S.Pd

Good morning my student....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5 A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Al Qur'an.HAri ini kita akan belajar materi tema 5 subtema 1 Pembelajaran 5 & 6 Setelah membaca silahkan  ananda beri tanggapan dikolom komentar.Terima kasih.

Kelas                    V

Tema 5                : Ekosistem

Subtema 1           : Komponen Ekosistem

Pembelajaran     : 5 dan 6

Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia, SBdP, PPkn dan IPA

Tujuan Pembelajaran :

1.Peserta didik dapat membuat peta pikiran dan menjelaska isbacaan dengan bena

2..Pesertadidik dapatmembuat kliping dan mampumempresentasikan usaha mempersatukan NKRI 

3. Peserta didik dapat menyanyikan lagu bertangga nada minor secara percaya diri

4. Dengan menyimak informasi yang diperoleh, baik dari presentasi maupun kegiatan sebelumnya, peserta didik mampu membuat tulisan tentang daur hidup hewan, terutama yang mengalami metamorfosis, secara benar.




AYO MEMBACA.

Komponen Ekosistem

Pada hari minggu Lina ikut ayah ke sawah. Hari ini jadwal ayah untuk memupuk tanaman padinya. Sesampai di sawah hati Lina senang sekali melihat tanamaayah yang tumbuh subur dan hijau. Selain ada tugas dari sekolah untuk mengenal dan menuliskakomponen ekosistem sawah, Lina juga ingin melihat langsung kkomponen  komponen yanada pada ekosistem.

Lina bertanya kepada ayah Ayah apa saja komponen ekosistem yang ada di sawah?Ayah  tersenyum dan menjawab  “ apakah lina sudah tahu apa yang dimaksud dengan ekosistem? Lina tersenyum lamu sambil menjawab  Belum ayah..Baiklah akan Ayajelaskan sedikit Lin dengar baik- baik ya. Jadi ekosistem adalah suatu sistem yang terbentukarena adanya hubungan timbal baliantara makhlik hidup dengan lingkungannya.

Di dalam ekosistem ada dua komponen penting yaitu komponen biotik dan abiotik. Perbedaaantara dua komponen itu adalah komponen biotik adalakomponen yang meliputmakhlukhidup. Contohnya bunga, serangga, rumput, pohon sapi, ikan. Sedangkakomponen abiotik adalah komponen yang meliputi benda tak hidup. Misalnya air, cahaya angin, batu, tanah.

Ekosistem bisa mengalami perubahan baik secara alami maupun karena aktivitas manusiaSecara alami misalnya seperti perubahan musim yang mengakibatkan ular tanah meningkat, selain itu bisa karena bencana alam. Bahkan manusia dengan segala aktivitasnya bisa memepengaruhperubahan ekosistem. Contohnya dengan membuklahan untudijadikan sawah.

Nah Lina apa Lina sudah paham? Lina mengganguk sambil menjawab “iya AyahLina cukup memahaminya” . Tidak membuang waktu Linpun bergegas mencari tahu ekosistem apasaja yang ada disawah. Ternyata ekosistem sawah mempunyai dua komponen biotik yaitu ulat, tikus, dan ular. Sedangkan komponen abiotik meliputi air, angin dan udara.

 

AYO MENCOBA


Mempresentasikan kliping secara berkelompok

Upaya menjaga keutuhan NKRdilakukan secara terus menerus tanpa pamriholeh seluruh warga Indonesia. Semangat yanditunjukkan para pahlawan harus tumbuh di hati seluruh warga indonesia. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus berjiwa patriot berkarakter dan mandiri,tidak terjerumus dalam kegiatan yang merugikan diri sendiri dan orang laiseperti terjerumus narkoba. Pentingnya peran siswa atau pelajar bagi bangsa Indonesia tidabisa dianggap remeh karena kita bisa merdeka salahsatunya berkat perjuangan para pemudpahlawan bangsa yang dahulu bahu membahu berjuandemi NKRI. Contoh tindakan yang mengancakeutuhan kesatuan NKRI yaitu semakin banyaknya generasi muda memakanarkoba, korupsi terus menerus,tawuran antar pelajar dan vandalisme.

Peringatan hari Pahlawan hendaknya sebagai momentum untuk lebih menghargajasa parpahlawan. Dahulu semangakepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, pahlawaadalah mereka yang mengharumkanama bangsa Indonesia . Pahlawan masa kini adalah pahlawan yang mau melakukan aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, menolong sesama , tidak melakukan provokasi, tidak menyebarkan berita bohong, tidamelakukan perbuatan anarkis.

Nah sekarang kamu tahu tindakan apasaja yang mengancam keutuhan NKRI, bukan? Presentasikanlah kliping hasil kerja kelompokmu dan hasil diskusi di depan kelas dengapercaya diri.

AYO BERKREASI

Ketika belajar tentang musik kita akan mendengar istilah tangga nada,Dalam mempelajari musik dan tangga nada maka kita akan sering juga mendengar seperti nada mayor dan minor Tangga nada merupakan susunan berjenjang dari nada- nada pokok suatu sistem nada.

Tangga nada ada dua macam yaitu tangga nada mayor dan tangga nada minor. Perbedaadari  kedua  tangga  nada  tersebut adala jika tangga nada mayor biasanya lag bersifat gembira, bersemangat dadiawali dengan naddo sebagai contoh yaitu lagu Indonesia Raya, angun pemuda pemudiSedangkan tangga nada minor adalah tangga nada yang bersifasedih, tidak bersemangat dan biasanya lagu diawali dengan tangga nada la. Contoh lagu yanbertangga nada minor adalah gugur bunga, padamnegeri

Komentar

Postingan Populer