TEMA 5 SUBTEMA 1 PB 1 & 2

Senin, 06 November  2023


TEMA 5 SUBTEMA 1 PB 1 & 2


 
                                            MUATAN TEMATIK V.A
GURU KELAS : FITRI DARYANI,S.Pd

Good morning my student....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5 A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Al Qur'an.HAri ini kita akan belajar materi tema 5 subtema 1 Pembelajaran 1 & 2. Setelah membaca silahkan  ananda beri tanggapan dikolom komentar.Terima kasih.

Tema 5                : Ekosistem

Subtema 1          : Komponen Ekosistem

Pembelajaran     :1 dan 2

Mata Pelajaran    I: Bahasa Indonesia, IPA dan SBdP

 

Tujuan Pembelajaran :

1.                   Dengan mencermati teks nonfiksi yang disajikan, peserta didik mampu menemukan pokok pikiran dalam bacaan secara tepat.

2.                  Dengan melakukan pengamatan dan pengumpulan informasi,peserta didik mampu membuat teks nonfiksi tentang penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya secara benar.

3.                  Dengan menyimak materi di blogger, peserta didik dapat membedakan nada tangga nada mayor dan minor secara benar.

Bahasa Indonesia

Apakah pokok pikiran itu?

Pokopikiraadalah idutama dari sebuah paragrafPikirapokodisebut juga pikiran utama, gagasan utama atau gagasapokok. Setiaparagraf memiliki satu pikirapokoyang merupakan inti dari pembicaraayang ada pada paragraf tersebut.

Pikiran pokok dalam suatu paragraf biasanya terdapadi awal, tengaatau akhiparagraf.Pikirapokok terdapat dalam kalimat yang paling umudan biasanya dijelaskan dengan kalimalain yaitu kalimat-kalimapenjelasebagai uraian dari pikiran pokok atau gagasan pokok.

Istilah laiide pokok sangat banyakantara lain: Ide PokokGagasautama, GagasapokokPokok pikiran, Pokok masalahPikirautama, Intparagraf, Inti masalah, ataMasalautamaPada dasarnya, semuistiladatas sama sajaSehingga, jika ditanyakan pengertian gagasan utamajawabannya sama seperti ide pokokyaitu inti suatu bacaan. Demikiajugjika yang ditanyakan gagasan pokokpokok pikiran dan lainnya, jawabannyjuga sama, yaitu inti suatu bacaan.

Cara menentukan pokok pikiran pada paragraf sebagai berikut:

1. Baca dengan seksama teks secara keseluruhan

2. Catatlah hal-hal penting yang kalian temukan

3. Menanda kalima awal akhir ata kalima awa da kalima akhir

paragraf

4. Menandai pikiran pokok yang terdapat di awal, akhir, atau kalimat awadan akhir pada paragraph

IPA

Apakah ekosistem itu?

Makhluk hidup tidak dapat hidup sendiri di alam. Setiap makhluk hidup memerlukan makhluk hidup lain dan lingkungan untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Oleh karena itu, makhluk hidup melakukan interaksi dengan sesamanya maupun dengan lingkungannya. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan tempat tinggalnya dinamakan ekosistem.

Berdasarkan cara terbentuknya, ekosistem dibedakan menjadi dua, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Contoh ekosistem alami adalah sungai, danau, hutan. Adapun contoekosistem buatan adalah sawah, waduk, dan akuarium. Ekosistem tersusun dari dua komponen, yaitu komponen biotik dan komponen abiotic. Komponen biotik terdiri dari makhluk hidup, misalnya manusia, hewan, dan tumbuhan. Adapun komponen abiotic terdiri dari benda mati, seperti batu, cahaya matahari, dan tanah.

JENIS MAKANAN HEWAN

Hewan yang memakan tumbuhan memilih bagian-bagian tumbuhan yang dapat dijadikan makanan. Ada hewan yang hanya memakan daun tumbuhan. Ada pula hewan yang hanya memakan batang, buah, atau hanya biji tumbuhan.  Namun, ada beberapa jenis hewan yang memakan lebih dari satbagian tumbuhan tersebut.

Bagian tumbuhan yang paling  sering dijadikan makanan hewan adalah daun. Hewan seperti ulatrusa, dan zebra, merupakan beberapa contoh hewan yang memakan daun. Sementara itu, beberapa hewan menyukai batang tumbuhan. Sapi merupakan salah satu hewan yang menyukai batang tanaman padi dan jagung. Sedangkan hewan panda menyukai batang pohon bambu. Bagian tanaman berupa buah juga disukai hewan. Belatung senang memakabagian dalam  buah  dan  ini seringkali  merugikan par petani  buah-buahan.  Burung-  burung menyukai bagian tumbuhan yang berupa biji. Biji padi sering menjadi incaran burung pipit. Biji kenari sangat disukai partupai.

Beberapa hewan memakan hewan yang lebih kecil sebagai makanannya. Hewan kecil ini menjadi mangsa bagi hewan yang lebih besar. Serangga menjadi makanan bagi hewan- hewan seperti katak atau cecak. Tikus menjadi makanan bagi kucing. Demikian juga dengan kelinci, yang menjadi makanan bagi burung elang.

 

SBdP

TANGGA NADA MAYOR DAN MINOR

Tangga nada merupakan susunanada yang berjenjang mulai dari do, re, mifa, sol, la, si, do. Nada-nada tersebut disimbulkan dengan notasi angka, dengan susunan sebagaberikut. 1,2,3,4,5,6,7,1.

Tangga nada dengan susunan nadtersebut disebut dengatangga nada diatonis. Tangga nada diatonis dibedakamenjadi dua, yaitu tanggnada mayor dan tangga nada minor.

A.  Tangga NadMayor

Tangga nada mayor memilikcirsebagai berikut :

1.    Bersemangat

2.   Riang gembira

3. Biasanya diawali dan diakhir dengan nada Do

B.   Tangga NadMinor

Tangga nada mionr memilikcirsebagai berikut :

1.    Kurang bersemangat

2.   Bersifat sedih

3.   Biasanya diawali dan diakhir dengan nada La=A

 




Komentar

Postingan Populer