02-09-2025

 Selasa, 02 September  2025

   Matematika, Bahasa Indonesia dan Seni Rupa

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5B

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelum belajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.

Baiklah anak-anak semua,sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan  melaksanakan kegiatan pembelajaran Matematika,Bahasa Indonesia dan Seni Rupa

Materi Matematika

Murid dapat menyelesaikan masalah kontekstual yang melibatkan KPK dan FPB

Metode pembelajaran :    PBL(Problem based Learning)

Media Pembelajaran :      LCD                    

 

 MATEMATIKA

Rangkuman Materi: FPB DAN KPK

. FPB (Faktor Persekutuan Terbesar)

FPB adalah faktor yang sama dan terbesar dari dua bilangan atau lebih.

Cara Mencari FPB:

👉Metode 1: Mendaftar Faktor (Untuk Angka Kecil)

  •     Cari semua faktor dari setiap bilangan.
  •     Cari faktor yang sama (persekutuan).
  •     Pilih faktor yang nilainya paling besar.

    Contoh: FPB dari 18 dan 24

        Faktor 18 = {1, 2, 3, 6, 9, 18}

        Faktor 24 = {1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 24}

        Faktor yang sama adalah {1, 2, 3, 6}.

        Nilai yang paling besar adalah 6. Jadi, FPB dari 18 dan 24 adalah 6. 

👉Metode 2: Menggunakan Pohon Faktor (Untuk Semua Angka)

  •     Buat pohon faktor untuk setiap bilangan dan tulis faktorisasi primanya.
  •     Aturan: Kalikan semua faktor prima yang sama saja, dan pilih yang pangkatnya paling kecil.

    Contoh: FPB dari 40 dan 60

        Pohon Faktor:

            40             60

           /  \              /  \

          2    20       2    30

              /  \               /  \

             2    10        2    15

                 /  \                /  \

                2    5            3    5 

        Faktorisasi Prima:

            40=2x2x2x=2^3x5

            60=2x2x3x5=2^2x3x5

        Cari FPB:

            Faktor yang sama adalah 2 dan 5.

            Pangkat terkecil dari 2 adalah 2^2.=4

            Pangkat terkecil dari 5 adalah 5^1 =5

            FPB = 2^2x55=4x5=20.

Jadi FPB  dari 40 dan 60 adalah 20 

  • 🔑 Kata Kunci Soal Cerita FPB: Biasanya menanyakan tentang pembagian yang sama rata, jumlah paling banyak, ukuran terpanjang. Contoh kata: "paling banyak", "sama banyak", "jumlah yang sama", "sama rata". 

C. KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil)

KPK adalah kelipatan yang sama dan terkecil dari dua bilangan atau lebih.

Cara Mencari KPK:

👉Metode 1: Mendaftar Kelipatan (Untuk Angka Kecil)
  •     Cari beberapa kelipatan dari setiap bilangan.
  •     Cari kelipatan yang sama (persekutuan).
  •     Pilih kelipatan yang nilainya paling kecil.

    Contoh: KPK dari 6 dan 8

        Kelipatan 6 = {6, 12, 18, 24, 30, ...}

        Kelipatan 8 = {8, 16, 24, 32, 40, ...}

        Kelipatan yang sama dan paling kecil adalah 24. Jadi, KPK dari 6 dan 8 adalah 24.

👉Metode 2: Menggunakan Pohon Faktor (Untuk Semua Angka)
  •     Buat pohon faktor untuk setiap bilangan dan tulis faktorisasi primanya.
  •    Aturan: Kalikan semua faktor prima. Jika ada faktor yang sama, pilih yang pangkatnya paling        besar.

    Contoh: KPK dari 20 dan 30

        Pohon Faktor:

            20              30

           /  \               /  \

          2    10        2    15

              /  \                /  \

             2    5            3    5

 

        Faktorisasi Prima:

            20=2x2x5

            30=2x3x5

        Cari KPK:

            Semua faktornya adalah 2, 3, dan 5.

            Pangkat terbesar dari 2 adalah 2^2.=4

            Pangkat terbesar dari 3 adalah 3^1 =3).

            Pangkat terbesar dari 5 adalah 5^1 =5

            KPK = 2x2x3x5=60. 

   🔑 Kata Kunci Soal Cerita KPK: Biasanya menanyakan tentang waktu yang bersamaan, kapan kejadian berulang bersama lagi. Contoh kata: "bersama-sama lagi", "setiap ... sekali", "kapan mereka bertemu lagi".

Tips Cepat Mengingat Aturan Pohon Faktor

FPB (Faktor Persekutuan Terbesar)

KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil)

 

Pilih Faktor    Hanya faktor yang SAMA

Ambil SEMUA faktor

Pilih Pangkat Pangkat KECIL

Pangkat BESAR

 

 

🌼Latihan Soal 
👉Tentukan FPB dan KPK sari bilangan berikut  !
  1. 18 dan 24
  2.  56 dan 72
  3. 24 dan 84
  4. 60 dan 90
  5. 140 dan 64 
  6. Mila les piano setiap 3 hari sekali. Imut les piano setiap 4 hari sekali, dan Eni setiap 6 hari sekali. Jikamereka les piano bersamaan pada hari Rabu. Maka mereka akan les piano bersamaan lagi pada hari .a.Senin          b. Selasa        c. Sabtu          d. Minggu 
  7. Anggun les menari setiap 6 hari sekali.Bunga les menari setiap 9 hari sekali, dan Cinta les menari setiap12 hari sekali. Jika mereka les menari pada hari Minggu, 13 Agustus 2023. Maka mereka akan les menari bersamaan lagi pada . . . a. Minggu, 7 September 2023   b. Senin, 8 September 2023c.Selasa,21 September 2023             d. Rabu, 22 September 2023
  8. Satria menabung setiap 5 hari sekali. Sedangkan Tedi menabung setiap 6 hari sekali. Dan Upin menabung setiap 10 hari sekali. Jika mula-mula mereka menabung   bersamaan pada tanggal 14 Juni 2023maka mereka akan menabung bersamaan lagi pada tanggal . . . a. 11 Juli 2023    b.12 Juli 2023             c. 13 Juli 2023           d. 14 Juli 202
  9.  Irwan selalu menserviskan sepeda motor kesayangannya. Irwan mengganti oli mesin setiap 3   bulan sekali, sedangkan mengganti kampas rem setiap 5 bulan sekali, dan mengganti oli gardan sepeda motornyasetiap 6 bulan sekali. Jika mula-mula Irwan melakukan ketiga servis tersebut bersamaan pada bulanAgustus, maka Irwan akan melakukan servis ketiga tersebut bersamaan lagi pada bulan . ...a. Mei      b,April                     c. Maret                     d. Februari
  10. Kak Mila berbelanja ke pasar setiap 4 hari sekali, sedangkan Kak Herni berbelanja ke pasar 6 harisekali, dan Kak Rahma berbelanja ke pasar setiap 7 hari sekali. Jika mula-mula mereka berbelanja bersamaan pada tanggal 2 Maret 2023. Maka mereka akan berbelanja ke pasar bersamaan lagi pada tanggal. . a. 30 Maret 2023     b. 13 April 2023     
                                                          c. 17 Mei 2023        d.25 Mei  2023
MATERI Bahasa Indonesia 
Tujuan Pembelajaran : Murid dapat Membedakan struktur dan ciri kebahasaan teks narasi, deskripsi, dan prosedur secara sederhana

Metode pembelajaran :    PBL(Problem based Learning)

Media Pembelajaran :      LCD

Teks Narasi

Teks narasi adalah teks yang menceritakan suatu peristiwa atau pengalaman secara runtut.

Struktur Teks Narasi:   

  1. Orientasi  pengenalan tokoh, tempat, waktu.
  2. Rangkaian peristiwa  urutan kejadian atau cerita.
  3.  Reorientasi (opsional)  penutup atau kesimpulan cerita

🔹 Ciri Kebahasaan 

Teks Narasi: Menggunakan kata yang menunjukkan waktu (kemudian, lalu, setelah itu) '

2. Banyak menggunakan kata kerja tindakan (berlari, membaca, berjalan).

3. Ada tokoh, latar tempat, dan waktu.

📖 Contoh Singkat Narasi:

  • Pada hari Minggu, Sinta pergi ke taman. Ia bermain ayunan bersama teman-temannya. Setelah itu, mereka makan bekal bersama.
  • Pada sore hari, Rani bermain sepeda di halaman rumah. Ia berputar-putar sambil tertawa riang. Setelah lelah, Rani duduk di teras sambil minum segelas air.

2. Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek, tempat, atau suasana secara rinci sehingga pembaca seolah-olah melihat atau merasakannya.

🔹 Struktur Teks Deskripsi  

1  Identifikasi objek  apa/siapa yang dideskripsikan.

 2 Deskripsi bagian  rincian bentuk, warna, ciri, sifat, atau keadaan objek.

·         Kesimpulan (opsional).

🔹 Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi:

 1 Banyak menggunakan kata sifat (indah, wangi, sejuk).

Menggunakan kata pancaindra (melihat, mendengar, mencium). 

Kalimat menggambarkan keadaan.

📖 Contoh Singkat Deskripsi:

  •  "Taman sekolahku sangat indah. Bunganya berwarna-warni, ada merah, kuning,  dan putih. Udara di sana sejuk dan membuat nyaman."
  • "Kandang ayam di belakang rumahku sangat bersih. Lantainya beralaskan papan kayu, dindingnya terbuat dari bambu. Di dalamnya ada ayam berwarna putih dengan bulu yang lebat."

    Contoh Teks Prosedur (Langkah-langkah)

  • "Cara Membuat Roti Bakar

  1. Siapkan dua lembar roti tawar.

  2. Olesi roti dengan mentega dan selai.

  3. Panggang roti di atas teflon sampai kecokelatan.

  4. Angkat, potong, dan roti bakar siap disajikan."

3. Teks Prosedur

Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah untuk melakukan sesuatu agar tujuan tercapai.

🔹 Struktur Teks Prosedur:

·         Tujuan  apa yang ingin dicapai.

·        Alat dan bahan (jika ada).

·         Langkah-langkah  urutan kerja.

🔹 Ciri Kebahasaan Teks Prosedur:

  • Menggunakan kata kerja imperatif (cuci, ambil, masukkan). 
  • Menggunakan kata penghubung urutan (pertama, kedua, lalu, terakhir).
  • Menggunakan kata bilangan (satu sendok, dua gelas)

📖 Contoh Singkat Prosedur:

"Cara Membuat Teh Manis
Bahan: gula, teh, air panas.
Langkah-langkah:

1.   Siapkan gelas.

2.   Masukkan satu sendok gula dan satu kantong teh.

3.   Tuangkan air panas.

4.   Aduk rata dan teh manis siap diminum.

-"Cara Membuat Roti Bakar

  1. Siapkan dua lembar roti tawar.

  2. Olesi roti dengan mentega dan selai.

  3. Panggang roti di atas teflon sampai kecokelatan.

  4. Angkat, potong, dan roti bakar siap dimakan

📊 Tabel Perbedaan

Jenis Teks

Struktur Utama

Ciri Kebahasaan

Narasi

Orientasi – Rangkaian peristiwa – Reorientasi

Kata waktu, kata kerja tindakan, ada tokoh & latar

Deskripsi

Identifikasi – Deskripsi bagian – Kesimpulan

Kata sifat, kata pancaindra, menggambarkan keadaan

Prosedur

Tujuan – Alat/bahan – Langkah-langkah

Kata kerja imperatif, kata urutan, kata bilangan


 Ringkasan

  • Narasi  menceritakan kejadian.
  • Deskripsi  menggambarkan sesuatu
  •  Prosedur  memberi petunjuk langkah-langkah.
  • Latihan soal

    1 – Baca dan Pahami

    Bacalah teks-teks berikut!

    "Pada pagi hari, Edo berangkat sekolah bersama adiknya. Mereka berjalan kaki melewati jalan setapak. Sesampainya di sekolah, Edo langsung masuk kelas dan belajar."

    Teks B
    "Perpustakaan sekolahku luas dan nyaman. Rak buku tersusun rapi, buku-buku berjejer sesuai jenisnya. Suasananya tenang, sehingga membuat siswa betah membaca."

    Teks C
    "Cara Membuat Jus Jeruk
    Bahan: jeruk, gula, air.
    Langkah-langkah:

    1.   Kupas jeruk.

    2.   Masukkan jeruk ke dalam blender.

    3.   Tambahkan gula dan air secukupnya.

    4.   Blender hingga halus, lalu tuang ke gelas."

    Kegiatan 2 – Identifikasi Jenis Teks

    Tuliskan jenis teks berikut ini:

    1.   Teks A adalah teks …………………………………

    2.   Teks B adalah teks …………………………………

    3.   Teks C adalah teks …………………………………

    Kegiatan 3 – Tentukan Struktur

    Lengkapilah tabel berikut berdasarkan teks A, B, dan C!

    Teks

    Struktur

    Contoh Bagian dari Teks

    A

    ………………………

    ………………………

    B

    ………………………

    ………………………

    C

    ………………………

    ………………………

    Kegiatan 4 – Ciri Kebahasaan

    Sebutkan 2 ciri kebahasaan dari setiap teks yang kamu temukan!

    ·         Teks A (Narasi) .................

    ·         Teks B (Deskripsi) : 

    ·         Teks C (Prosedur) : ……

SENI RUPA

Tujuan Pembelajaran : Murid dapat Mempresentasikan Ciptaan Karya Seni Rupa

Metode pembelajaran :  PjBL(Project based Learning)

Media Pembelajaran :      LCD

Materi Pembelajaran

1. Pengertian Presentasi Karya Seni Rupa

Presentasi karya seni rupa adalah kegiatan menyampaikan ide, proses, dan hasil karya seni rupa kepada orang lain, baik secara lisan maupun dengan media bantu (gambar, poster, slide, atau karya asli).

2. Tujuan Presentasi Karya Seni Rupa

  • Menjelaskan inspirasi dan ide dalam menciptakan karya.

  • Memberi tahu bahan dan teknik yang digunakan.

  • Menunjukkan proses pembuatan karya.

  • Mengungkapkan pesan atau makna karya seni rupa.

  • Melatih keberanian, tanggung jawab, dan komunikasi.

3. Hal-hal yang Disampaikan Saat Presentasi

Ketika mempresentasikan karya, perhatikan:

  1. Judul karya

  2. Ide / inspirasi: dari mana ide karya muncul (alam, peristiwa, perasaan, tokoh, dsb.)

  3. Bahan dan alat yang digunakan

  4. Proses pembuatan secara singkat

  5. Makna atau pesan yang ingin disampaikan

  6. Perasaan pribadi saat membuat karya

4. Kosakata Seni Rupa yang Digunakan

  • Garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, ruang, komposisi, proporsi, keseimbangan, harmoni, kontras, dll.

5. Sikap dalam Presentasi

  • Percaya diri

  • Santun dan jelas saat berbicara

  • Menghargai pendapat orang lain

  • Mau menerima masukan

🖼️ Contoh

Misalnya seorang siswa membuat lukisan “Pemandangan Sawah di Pagi Hari”.

  • Judul: Sawah di Pagi Hari

  • Ide: Terinspirasi dari pemandangan desa tempat tinggal.

  • Bahan: Kertas gambar, cat air, kuas.

  • Proses: Membuat sketsa → memberi warna dasar → menambahkan detail → mempertegas garis.

  • Makna: Menggambarkan keindahan dan ketenangan pedesaan.

  • Kosakata: komposisi, warna hijau dominan, tekstur sawah, kontras cahaya matahari.

Aktivitas Siswa

  1. Murid menyiapkan karya seni rupa (gambar, lukisan, kolase, atau patung sederhana).

  2. Murid menulis catatan singkat berisi poin-poin presentasi.

  3. Murid mempresentasikan di depan kelas (3–5 menit).

  4. Murid lain memberikan apresiasi dan masukan dengan santun.

📌 Ringkasan

  1. Mempresentasikan karya seni rupa berarti menjelaskan ide, proses, bahan, dan makna karya.

  2. Presentasi melatih keberanian, percaya diri, dan kemampuan berbicara.
  3. Gunakan kosakata seni rupa agar penyampaian lebih jelas.
  4. Hargai karya sendiri dan karya teman.
  • Refleksi Kegiatan Pembelajaran Hari ini
    Alhamdulillah sebagian besar dapat Murid dapat menyelesaikan masalah kontekstual yang melibatkan KPK dan FPB namun masih ada  beberapa siswa yang belum memahami materi kpk dan fpb.
  • Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Hari ini





Komentar

Postingan Populer