03-09-2025

  Rabu, 03 September  2025

   IPAS dan Seni Rupa

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5B

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelum belajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.

Baiklah anak-anak semua,sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan  melaksanakan kegiatan pembelajaran  IPAS dan Seni Rupa

IPAS

Tujuan pembelajaran :Peserta didik dapat mengklasifikasikan komponen biotik berdasarkan perannya dalam rantai makanan

Metode pembelajaran :    PBL (Problem based Learning)

Media Pembelajaran   :    LCD                

Materi Ajar                   :    Produsen, konsumen (herbivor, karnivor, omnivor), dan dekomposer


1. Produsen

Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis.

- Contoh: tumbuhan hijau (rumput, padi, pohon, ganggang).

- Fungsi: sebagai sumber makanan utama dalam rantai makanan  

2. Konsumen

Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak bisa membuat makanannya sendiri dan harus memakan makhluk hidup lain untuk bertahan hidup.

Jenis-jenis Konsumen:

  👉  Konsumen Herbivor (Pemakan tumbuhan)

       Hanya memakan tumbuhan.

       Contoh: sapi, kambing, kelinci, kuda.

  👉 Konsumen Karnivor (Pemakan daging)

       Hanya memakan hewan lain

       Contoh: harimau, singa, elang, buaya.

   👉Konsumen Omnivor (Pemakan segala)

       Memakan tumbuhan dan hewan

       Contoh: manusia, ayam, beruang


 3. Dekomposer (Pengurai)

     Dekomposer adalah makhluk hidup yang menguraikan sisa-sisa makhluk hidup yang             sudah  mati menjadi zat yang berguna bagi tanah.

     Contoh: jamur, bakteri, cacing tanah.

     Fungsi: mengembalikan nutrisi ke tanah agar bisa digunakan lagi oleh tumbuhan

  • Hubungan Dalam Ekosistem

  • Produsen ➝ dimakan oleh Konsumen ➝ sisa-sisanya diurai oleh Dekomposer



  • Ini membentuk rantai makanan dan siklus energi dalam ekosistem.

    Penjelasan 

     1.Produsen

    2.Konsumen tingkat I

    3. Konsumen tingkat II

    4.Konsumen tingkat III

    5.Pengurai 

SENI RUPA

Tujuan Pembelajaran :  Murid dapat Mempresentasikan Ciptaan Karya Seni Rupa

Metode pembelajaran :  PjBL(Project based Learning)

Media Pembelajaran   :  LCD

Latihan Soal-Soal Mempresentasikan Ciptaan Karya Seni Rupa

 Soal Pilihan Ganda (10 soal)

1.Saat menilai karya seni rupa, hal yang paling penting diperhatikan adalah….
a. Warna rambut pembuat karya
b. Unsur rupa, prinsip, dan teknik yang digunakan
c. Tempat pameran karya
d. Usia seniman

2.Kosa kata seni yang tepat untuk menilai lukisan yang memiliki perpaduan warna cerah adalah….
a. Membosankan
b. Kontras dan harmonis
c. Gelap gulita
d. Kusam

3.Jika sebuah karya terlihat seimbang antara bagian kiri dan kanan, maka karya tersebut memiliki prinsip….
a. Proporsi
b. Keseimbangan
c. Ritme
d. Penekanan

4.Berikut ini yang termasuk unsur rupa adalah….
a. Garis, bentuk, warna, dan tekstur
b. Judul, tokoh, latar, dan alur
c. Panjang, lebar, tinggi, dan berat
d. Ide, gagasan, perasaan, dan pengalaman

5.Perbedaan mencolok pada suatu bagian karya untuk menarik perhatian disebut….
a. Ritme
b. Penekanan
c. Proporsi
d. Harmoni

6.Jika seseorang membuat karya seni rupa dengan bahan tanah liat, maka karya itu termasuk karya….
a. Seni lukis
b. Seni patung
c. Seni grafis
d. Seni fotografi

7.Menilai karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni bertujuan untuk….
a. Membuat karya menjadi mahal
b. Memperindah kata-kata
c. Memberi penilaian yang objektif dan tepat
d. Memuji semua karya

8.Karya seni rupa dua dimensi adalah karya yang memiliki….
a. Panjang dan lebar
b. Panjang, lebar, dan tinggi
c. Berat dan volume
d. Gerak dan suara

9.Contoh kosa kata seni yang menunjukkan penilaian terhadap tekstur adalah….
a. Halus, kasar
b. Panjang, pendek
c. Cepat, lambat
d. Gelap, terang

10.Menciptakan karya seni rupa harus dimulai dengan….
a. Menilai karya orang lain
b. Menggambar tanpa ide
c. Menentukan tema dan ide
d. Menyalin karya orang lain

B. Soal Isian (10 soal)      

 1. Unsur rupa yang berupa garis, warna, bentuk, dan tekstur disebut unsur …

2. Keseimbangan, harmoni, irama, dan penekanan termasuk ke dalam … karya seni rupa.
3. Menilai karya seni rupa dengan kosa kata seni membantu kita memberikan penilaian  yang lebih …
4. Jika sebuah karya memiliki ukuran yang sesuai antara bagian satu dengan lainnya, maka karya tersebut memiliki prinsip ….
5. Warna yang memberikan kesan cerah, segar, dan penuh semangat adalah warna ….
6. Patung, relief, dan keramik termasuk ke dalam karya seni rupa … dimensi.

7. Kosakata seni yang tepat untuk menilai karya yang rapi dan bersih adalah ….

8. Lukisan yang menampilkan kesan nyata seperti foto disebut gaya ….

9. Kegiatan menciptakan karya seni rupa biasanya diawali dengan menuangkan … terlebih dahulu.

10. Unsur rupa yang dapat menimbulkan kesan terang-gelap pada gambar adalah

MATERI PAK

Tujuan Pembelajaran :Dengan pembahasan soal menambah wawasan peserta didik

Metode : Tanya Jawab

 

1.Manakah di bawah ini yang bukan merupakan arti kata dari korupsi?

a.Buruk                                                c.Buram

b.Busuk                                                d.Bohong

2.Ada berapakah jenis perilaku menyimpang?

a.1                                                          c.3

b.2                                                          d.5

3.Manakah perbuatan di bawah ini yang masuk dalam kualifkasi perilaku korupsi?

a.Plagiasi dalam mengerjakan tugas kuliah

b.Ambil jatah makanan lebih dari yang seharusnya

c.Pegawai Kelurahan meminta imbalan setelah melakukan pelayanan

d.Semua jawaban benar

4.Sejak kapan Korupsi terjadi di Indonesia?

a.Era Pra Kemerdekaan                                 c.Era Pemerintahan Presiden MegawaTI

b.Era Reformasi Tahun 1998  .           d. Era VOC

5. Contoh sikap berani jujur dalam kehidupan sehari hari....

a. jujur, jika kita disuruh beli sama ibu tapi ada kembalian maka kembalikan kepada ibumu

b. mengambil uang kembalian belanja

c. menyimpan kembalian

6. jika ada dompet jatuh kita harus...

a. mengambilnya

b. membiarkannya

c. mencari tau identitas pemilik

7. enita jadi bendhara kelas, uang sudah mencapai 3.00.000 rupiah, apa yang harus dilakukan enita?

a. menginformasikan ke guru

b. mengambil sedikit uang dari kas kelas

c. membiarkannya

8. Budi ingin meminjam Pena ke Wati, tapin ia harus berkata...

a. Wati, penaku tinggal. jadi aku mau meminjam penamu, boleh tidak?

b. mengambil tanpa izin

c. Wati, aku pinjam penamu

d. mengambil walaupu tidak diijinkan

9.Dibawah ini adalah bentuk tindak pidana korupsi kecuali

a. Penyuapan kepada hakim

b. Pengambilan dana masyarakat untuk keperluan pribadi

c. Perilaku balap motor

d.Pungutan liar tanpa ijin

10. Korupsi dari bahasa latin yaitu corruptio dari kata ......

a. Corrumpere

b. Corruption

c. Corrupt

d. corup

11. Jika melihat praktik korupsi oleh aparatur desa, kita bisa melapor kemana?

a. KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)

b. KPU (Komisi Pemiliha Umum)

c. Wartawan

d.Lurah

12. Salah satu perilaku buruk yang ada disekolah yakni membeli makanan tapi tidak membayar, apakah itu masuk dalam kejahatan?

a. Tidak jahat

b. Tidak apa-apa

c. Hal tersebut masuk dalam pencurian dan kejahatan, maka dilarang

d. diperbolehkan

13. Dibawah ini adalah hukuman bagi orang yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi kecuali!

a. Mendapat hukuman penjara

b. Mengganti rugi kepada negara

c. Mendapat hadiah liburan

d.Membayar denda

14. Dampak dari korupsi dana pembangunan daerah yakni?

a. Tidak jahat

B. Tidak apa-apa

c. Hal yang biasa

d. Merugikan banyak orang

15. Dibawah ini adalah hukuman bagi orang yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi kecuali!

a. Mendapat hukuman penjara

b. Mengganti rugi kepada negara

c. Mendapat hadiah liburan

16. Dampak dari korupsi dana pembangunan daerah yakni?

a. Rakyat jadi kaya raya

b. Rakyat menderita karena fasilitas menjadi buruk dan terganggu

c. Biasa saja

d.Mensejahterakan rakyat

17. Apa yang dimaksud dengan gratisikasi

a. Gratifikasi adalah pemberian dalam arti luas (dalam bentuk uang, barang, diskon, komisi, hadiah, dan sebagainya) oleh suatu pihak berkaitan dengan jabatan orang yang menerimanya.

b. Pencurian mata uang asing yang ditukar mata uang rupiah

c. Pembayaran secara gratis karena diskon

d. Pembebasan pajak

18. Suap-menyuap dalam korupsi memiliki ciri-ciri dibawah ini, kecuali

a. Ada kesepakatan yang terbentuk dari kedua belah pihak

b. Dilakukan secara rahasia dan tertutup

c. Menggunakan sendok makan

d. Memberikan sesuatu untuk mempermudah pekerjaan

19. Tanda-tanda korupsi sejak dini adalah?

a. Menyontek

b. Rajin mengaji

c. Suka berbagi

d. gemar membaca

20. Apa kepanjangan dari tipikor?

a. Tindak Pidana Korupsi

b. Tindak pidana kotor

c. Tindak criminal korpsi dan kotor

d. Tindak pikiran orang

Refleksi Kegiatan Pembelajaran Hari ini

Alhamdulillah pada kegiatan pembelajaran IPAS sebagian besar murid dapat membedakan produsen konsumen dan dekomposer melalui penjelasan guru dan latihan soal 


Dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini









Komentar

Postingan Populer