Persatuan dan kesatuan dalam hidup bermasyarakat dan berbangsa, harus tetap dijaga oleh semua warga masyarakat. Agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga, semua warga masyarakat harus selalu mengembangkan sikap toleransi, rasa persatuan dan kesatuan, dan kekeluargaan. Tidak hanya warga masyarakat, pemimpin-pemimpin bangsa pun selalu berupaya untuk membina persatuan dan kesatuan hidup bermasyarakat dan berbangsa.
1. Mengadakan festival budaya,
2. Mewajibkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di setiap acara resmi di mana pun berada,
3. Menjalankan pemerintahan secara adil dan terbuka,
4. Mengadakan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Negara
5. Menciptakan kebebasan masyarakat untuk memeluk agama dan melakukan ibadah sesuai agamanya masing-masing,
6. Membina sikap saling menghormati dan menghargai antarpemeluk agama,
7. Mengadakan peringatan hari-hari besar nasional dengan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.
Setiap warga masyarakat harus selalu menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan agar tercipta kerukunan hidup. Jika anggota masyarakat tidak memiliki rasa persatuan dan kesatuan, maka ia akan berbuat semaunya dan pada akhirnya menimbulkan permasalahan.
5. konflik antarsuku, dan lain-lain.
Ciri-ciri hidup rukun sebagai berikut.
1. Menghargai pendapat orang lain.
2. Menghargai hasil karya orang lain.
3. Membina hubungan baik.
4. Saling menghormati.
5. Saling menyayangi.
Manfaat atau pentingnya hidup rukun di antaranya sebagai berikut.
1. Tidak adanya pertengkaran.
2. Hidup dalam keluarga menjadi harmonis.
3. Hidup menjadi aman.
4. Hidup menjadi tenteram dan damai.
5. Memperkukuh persatuan dan kesatuan.
Akibat hidup tidak rukun, antara lain sebagai berikut.
1. Mudah terjadi pertengkaran.
2. Kehidupan menjadi tidak tenteram.
3. Mudah terkena hasutan orang lain.
4. Terjadi perpecahan karena tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan.
Rangkuman materi kelas 5 tema 9 subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya muatan pelajaran IPA
Secara umum, benda-benda di lingkungan sekitar kita (materi) dapat dibedakan menjadi dua, yaitu zat tunggal dan campuran.
1. Zat tunggal
Zat tunggal adalah zat yang terdiri dari sejenis materi. Zat tunggal dapat juga disebut zat murni. Salah satu contoh zat tunggal adalah air.
Zat tunggal dapat berupa unsur dan senyawa.
a. Unsur
Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih sederhana. Contoh: besi, emas, aluminium, karbon, nitrogen, tembaga, perak, seng, dan oksigen.
b. Senyawa
Senyawa terbentuk oleh perikatan kimia dari dua atau lebih jenis unsur. Sebagai contoh adalah air. Air terbentuk dari oksigen dan hidrogen. Contoh senyawa yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari misalnya, garam dapur, gula pasir, asam cuka, soda kue, dan vitamin c.
2. Campuran
Campuran adalah gabungan dari dua zat atau lebih yang sifat asalnya tidak hilang sama sekali. Campuran dapat dibentuk dari gabungan unsur dengan unsur, senyawa dengan unsur, atau senyawa dengan senyawa. Beberapa contoh campuran, antara lain: air laut, air sungai yang kotor, air kopi, air teh, larutan garam, larutan gula, sirop buah, baja, kuningan, udara, dan tanah.
Rangkuman materi kelas 5 tema 9 subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Kegiatan ekonomi adalah suatu kegiatan seseorang, perusahaan, maupun masyarakat, untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengonsumsi barang dan jasa tersebut. Untuk memenuhi kehidupan, seseorang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan baik berupa sandang, pangan, dan papan. Dalam sebuah kegiatan ekonomi, terdapat perputaran uang. Seseorang akan mendapatkan uang untuk memenuhi kehidupannya setelah ia melakukan kegiatan ekonomi lainnya, yaitu melakukan pekerjaan. Setiap manusia tidak akan terlepas dari kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi tidak hanya dilakukan oleh seseorang, namun juga dilakukan oleh perusahaan, organisasi, pemerintah, bahkan negara.
Kegiatan utama yang dilakukan dalam bidang ekonomi terdiri atas:
1. Produksi
Produksi yaitu kegiatan menambah faedah (kegunaan) suatu benda. Produksi juga berar ti menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.
Tujuan dari kegiatan produksi secara umum adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam rangka mencapai kemakmuran. Tujuan khusus kegiatan produksi, yaitu untuk menghasilkan barang dan jasa, mendapatkan keuntungan, dan sebagai alat pemuas kebutuhan.
2. Distribusi
Distribusi adalah penyaluran atau penyampaian barang-barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Tujuan dari distribusi adalah menyampaikan barang atau jasa dari tempat produsen ke tempat pengguna atau pemakai. Pelaku distribusi dapat memperoleh upah ataupun keuntungan dari kegiatan distribusi barang yang dilakukannya.
3. Konsumsi
Konsumsi adalah tindakan menghabiskan atau mengurangi secara berangsur-angsur manfaat suatu barang dalam memenuhi kebutuhan untuk memelihara kelangsungan hidupnya.
Tujuan kegiatan konsumsi yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Kegiatan konsumsi juga memiliki fungsi menjaga kelangsungan hidup, memenuhi semua kebutuhan.
Ketiga kegiatan ekonomi tersebut, sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. Semakin maju kegiatan ekonomi dalam suatu negara, berarti semakin lancar juga arus peredaran uang, barang, dan jasa untuk memenuhi kebutuhkan masyarakat.
Dengan demikian, tingkat kesejahteraan juga semakin meningkat. Diperlukan kondisi ketahanan dan pemerintahan yang stabil agar kegiatan ekonomi yang berlangsung di suatu negara dapat berjalan dengan baik. Pemerintahan yang stabil dapat tercapai jika masyarakatnya selalu menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan.
Kita harus selalu menghargai keanekaragaman mata pencaharian masyarakat di lingkungan sekitar dan di Indonesia pada umumnya. Caranya, antara lain sebagai berikut.
1. Tidak mencela dan merendahkan mata pencaharian orang lain.
2. Menghormati orang yang sedang bekerja.
3. Menghargai pekerjaan orang lain.
4. Membiasakan membeli produk-produk lokal.
5. Membiasakan mengonsumsi makanan dan buah-buahan dalam negeri.
Rangkuman materi kelas 5 tema 9 subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya muatan pelajaran SBDP
Mengenal Batik jumputan
Salah satu karya seni rupa daerah adalah batik jumputan. Batik jumputan atau sering disebut juga dengan batik ikat celup adalah kain batik yang menggunakan motif hias jumputan. Motif hias jumputan banyak dijumpai pada motif hias kain pelangi. Motif hias kain pelangi adalah kain yang dihiasi dengan motif hias jumputan. Motif hias jumputan banyak digunakan pada benda pakai seperti selendang atau sampur, kain, taplak meja, dan lain-lain. Kain dengan motif hias jumputan tidak hanya terdapat di Yogyakarta saja, tetapi juga banyak terdapat di daerah Palembang, Bali, dan Gresik.
Mengenal Batik Indonesia
Batik di tanah air dibedakan menjadi dua, yaitu batik klasik (batik Surakarta dan Yogyakarta) dan batik pesisir. Keunikan batik klasik, yaitu motifnya lebih condong pada motif-motif geometris, pewarnaan yang kalem serta lebih condong pada warna-warna gelap seperti cokelat, hitam, biru tua, dan merah marun. Keunikan yang lain, yaitu adanya makna simbolis yang terkandung dalam motif hias batik klasik. Makna simbolis itu kebanyakan berupa doa atau harapan yang baik-baik terhadap pemakainya. Sebagai contoh, motif grompol pada batik Yogyakarta. Motif grompol berarti berkumpul atau bersatu.
Batik klasik dibuat dengan canting tulis dan bahan perintang yang disebut malam atau lilin batik. Pada proses membatik dengan canting tulis, sebelum memulai perintangan, pola atau motif digambar terlebih dahulu di atas kain. Kemudian, motif ditutup malam. Proses pemalaman dimulai dari motif paling luar yang biasanya besar. Kemudian, dilanjutkan pemalaman pada isen-isen (motif-motif kecil) yang Iebih rumit. Secara umum, proses pemalaman batik terdiri atas beberapa tahap sebagai berikut.
a. Nglowongi, yaitu proses pemalamam garis bidang pola terluar.
b. Nembok, merupakan proses pemalaman untuk menutup bidang pola agar tidak tercelup warna saat dilakukan pencelupan.
c. Mbironi, pada dasarnya sama dengan nembok, tapi proses ini hanya dilakukan jika warna biru pada kain direncanakan tetap berwarna biru.
d. Nonyok, merupakan pemalaman pada bidang latar. Setelah melalui proses pemalaman, proses selanjutnya, yaitu pewarnaan atau
pencelupan dan nglorot atau pengilangan malam, yang biasanya dengan cara mencelupkan ke dalam air panas/mendidih.
Batik pesisir bisa dikatakan bertolak belakang dengan batik klasik. Motif batik pesisir cenderung bersifat naturalis, menggunakan warna- warna cerah seperti merah, biru, hijau, dan jingga. Motif batik pesisir mengabaikan makna simbolis, dan Iebih menekankan segi keindahan motif. Selain itu, banyak ditemukan pengaruh budaya Eropa dan Cina pada motif pesisir. Sebagai contoh, motif putri salju dan motif cinderela pada batik PekaIongan, dan motif mega mendung pada batik Cirebon. Di daerah Jambi dan Cirebon terdapat batik dengan motif kaligrafi arab. Di Jambi, motif ini disebut motif basurek yang berarti bersurat, disebut demikian karena isinya merupakan penggalan surat dalam Al-Quran.
Rangkuman materi kelas 5 tema 9 subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya muatan pelajaran Bahasa Indonesia
Iklan adalah sebuah informasi yang bertujuan untuk mendorong, membujuk/ memberikan pengaruh pada khalayak ramai atau banyak orang agar tertarik pada barang/jasa yang ditawarkan.
Tujuan iklan
1. Memberitahukan kepada khalayak ramai tentang suatu produk jasa.
2. Memengaruhi khalayak ramai tentang suatu produk jasa.
3. Menyarankan seseorang untuk membeli dan menggunakan suatu produk jasa yang diiklankan.
4. Memberi informasi tentang produk jasa.
5. Menarik khalayak ramai.
Ciri-ciri iklan yang baik dan benar
1. Informatif
2. Komunikatif
3. Bahasanya singkat dan padat
4. Menarik
Bentuk iklan pun bermacam-macam:
1. Iklan Baris
Iklan baris yaitu iklan kecil (singkat) berisi penawaran/informasi tentang sesuatu yang terdiri atas beberapa baris saja. Iklan baris disebut juga iklan mini.
Ciri-ciri iklan baris yaitu:
1. Terdiri atas 2 sampai 3 baris. Informasi yang terkandung di dalamnya hanya informasi penting saja. Ditulis secara singkat, padat, namun jelas.
2. Dikelompokkan sesuai dengan jenis barang atau jasa yang ditawarkan.
3. Berupa kalimat-kalimat pendek dan biasanya menggunakan singkatan- singkatan untuk menghemat tempat.
4. Sebagian iklan baris dilengkapi dengan gambar ukuran kecil dan tidak berwarna.
5. Dilengkapi dengan nomor telepon penjual untuk dihubungi pembeli.
6. Tidak menggunakan ilustrasi grafis.
7. Biaya pemasangan tergolong murah karena tidak membutuhkan tempat yang lebar.
2. Iklan kolom
Iklan kolom adalah iklan yang pemuatannya memanfaatkan beberapa bagian kolom dari halaman surat kabar.
Ciri-ciri iklan kolom adalah sebagai berikut.
1. Terdiri atas ilustrasi/gambar/foto/bagan dan kata-kata.
2. Ukurannya lebih besar dari/pada iklan baris, bahkan ada yang penuh satu halaman koran.
3. Berisi penawaran, ajakan, dan bujukan untuk membeli produk/barang yang ditawarkan. Bisa juga berupa iklan pribadi atau keluarga yang berisi misalnya berita pernikahan, berita duka cita, atau ucapan terima kasih.
Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut.
1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
2. Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
3. Menggunakan kata konotasi positif.
4. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.
BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!1. Salah satu tujuan pembuatan iklan adalah untuk ….
a. Memaksa orang lain memakai suatu produk atau layanan jasa
b. Meminta kepada orang lain untuk memberikan pendapat terhadap suatu produk atau layanan jasa
c. Menarik perhatian banyak orang terhadap suatu produk atau layanan jasa
d. Mewajibkan banyak orang untuk membeli suatu produk atau layanan jasa
2. Bahasa dalam iklan bersifat komunikatif. Komunikatif artinya adalah ….
a. Mudah dimengerti atau dipahami
b. Mudah dieja dan dibaca
c. Mempunyai kata-kata yang keren
d. Bersifat singkat dan jelas
3. Biaya pemasangan iklan di surat kabar banyak yang dihitung berdasarkan jumlah kata yang digunakan atau besar ukuran iklannya. Maka dari itu pembuat iklan biasanya menggunakan bahasa yang ….
a. Panjang tetapi jelas
b. Singkat dan padat
c. Informatif lengkap
d. Penuh unsur komedi
4. Iklan dalam surat kabar yang berisi kalimat-kalimat pendek dan menggunakan singkatan-singkatan untuk menghemat tempat adalah contoh dari iklan ….
a. Bergambar
b. Baris
c. Kolom
d. Utama
5. Tujuan dari pembuatan iklan di atas adalah pemberitahuan tentang ….
a. Berobat gratis di puskesmas
b. Penyelenggaraan imunisasi gratis
c. Tempat penitipan anak
d. Hari imunisasi nasional
6. Iklan sebuah produk atau jasa harus dibuat dengan kalimat yang jujur dengan tujuan agar ….
a. Tidak merugikan konsumen
b. Bisa menarik perhatian
c. Produk cepat laku dan habis
d. Tidak terjadi nego harga
7. Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih sederhana. Zat di bawah ini yang termasuk unsur adalah ….
a. Gula pasir
b. Garam
c. Emas
d. Asam cuka
8. Air adalah contoh senyawa yang terbentuk dari ….
a. Oksigen dan karbondioksida
b. Hidrogen dan oksigen
c. Nitrogen dan Hidrogen
d. Karbon dan Mineral
9. Benda di bawah ini yang termasuk campuran adalah ….
a. Perak
b. Garam dapur
c. Air kopi
d. Calsium
10. Besi adalah contoh zat tunggal yang bermanfaat bagi manusia, besi banyak dimanfaatkan manusia untuk ….
a. Bahan makanan
b. Bahan obat-obatan
c. Campuran pembuatan kain
d. Bahan bangunan
11. Campuran di bawah ini yang termasuk campuran homogen adalah ….
a. Campuran air dan gula
b. Campuran tanah dan pasir
c. Campuran air dan pasir
d. Campuran kerikil dan tanah
12. Seni rupa daerah memiliki ciri-ciri beikut ini, kecuali ….
a. Bersifat kedaerahan
b. Dipengaruhi budaya daerah
c. Tidak diperjualbelikan ke masyarakat daerah lain
d. Terpengaruh latar belakang sejarah daerah
13. Batik yang dibuat pada pakaian termasuk jenis seni rupa ….
a. Murni
b. Asli
c. Mahal
d. Terapan
14. Banyak pelajar dari luar negeri yang datang ke Indonesia untuk belajar proses dalam membatik. Hal ini menunjukan bahwa seni rupa daerah dapat memiliki fungsi sebagai media ….
a. Pendidikan
b. Pernghargaan
c. Media komunikasi
d. Keagamaan
15. Setiap daerah memiliki keunikan karya seni rupa yang berbeda-beda, sikap yang sebaiknya kita lakukan dengan perbedaan tersebut adalah ….
a. Saling membandingkan
b. Saling menghargai
c. Acuh dengan daerah lain
d. Tidak menerima perbedaan
16. Iklan yang di dalamnya berisi tentang pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membuat masyarakat turut peduli dengan suatu masalahn agar tercipta kehidupan yang baik adalah termasuk jenis iklan ….
a. Promosi produk
b. Berita duka
c. Layanan masyarakat
d. Penawaran bisnis
17. Iklan niaga berisi tentang ….
a. Penawaran suatu produk atau jasa
b. Layanan khusus dari pemerintah
c. Pengumuman dan berita kriminal
d. Kegiatan pemerintah
18. Hal di bawah ini yang dapat menjadi penyebab rusaknya persatuan dan kesatuan di rumah adalah ….
a. Kerja bakti membersihkan rumah
b. Tawuran dengan teman di sekolah
c. Bertengkar dengan kakak atau adik
d. Bersikap sopan kepada kedua orang tua
19. Indonesia adalah negeri yang memiliki keragaman yang besar. Seperti keragaman suku, budaya dan agama. Namun bangsa Indonesia mempunyai semboyan untuk mempersatukan keragaman tersebut, bunyi semboyannya adalah ….
a. Tut Wuri Handayani
b. Ing Madya Mangun Karsa
c. Ing Ngarsa Sung Tuladha
d. Bhineka Tunggal Ika
20. Usaha yang dapat dilakukan masyarakat untuk membina persatuan dan kesatuan dapat dilakukan dengan ….
a. Memberi jarak antar rumah cukup jauh
b. Mengadakan kerja bakti di lingkungan
c. Melarang penggunaan televisi di rumah
d. Memberi pagar yang kokoh di setiap rumah
21. Berikut ini yang termasuk kegiatan distribusi adalah ….
a. Para ibu yang membuat kue lebaran
b. Sopir yang mengantarkan buah-buahan ke pasar
c. Para bapak yang sedang asyik meminum kopi
d. Para tamu yang sedang menyantap makanan
22. Kerukunan di masyarakat dapat mejadikan kegiatan ekonomi di masyarakat menjadi ….
a. Sulit dilakukan
b. Mengalami kerugian
c. Lancar
d. Kurang bergairah
23. Iklan yang ada di televisi biasanya berupa ….
a. Tulisan tangan
b. Tayangan video
c. Suara yang keras
d. Gambar-gambar besar
24. Iklan di internet bisa disampaikan di tempat-tempat berikut, kecuali ….
a. Blog
b. Website
c. Email
d. Koran
25. Ciri bahasa iklan yang digunakan pada media elektronik antara lain adalah informatif. Informatif artinya adalah ….
a. Memberikan keterangan yang cukup
b. Memuat konten tulisan yang besar
c. Menarik perhatian orang yang melihat
d. Tidak membohongi konsumen
Komentar
Posting Komentar