20-08-2024

 

Selasa, 19 AGUSTUS 2024

MATEMATIKA

PEND. PANCASILA

IPAS




                                  

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A


Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Alquran 

MATEMATIKA 

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berhubungan dengan FPB dan  KPK

FPadalah singkatan dari Faktor Persekutuan Terbesar.

KPK adalah singkatan dari Kelipatan Persekutuan Terkecil.

Bilangan yang ingin diketahui FPB dan KPK harus kita bagi dengan bilangan prima.

 

Bilangan prima adalah bilangan yang hanya bisa dibagi oleh 1 atau bilangannya itu sendiri.

 

Contoh bilangan prima adalah, 2, 3, 5, 7, 11, 13, 19, 23, dan seterusnya. Untuk penjelasan lebih lanjut

 

 

FPB dan KPK

Pada gambar di atas bisa dilihat kalau kita harus mencari FPB dan KPK dari 60 dan 84 menggunakan pohon faktor.

 

Kita harus membagi angka 60 dan 84 dengan bilangan prima hingga hasil di akhirnya sudah menghasilkan bilangan prima.

Kemudian buatlah faktor prima berdasarkan angka-angka yang ada pada pohon faktor.

Faktor prima dari 60 adalah 2 x 2 x 3 x 5 atau2^2 x 2 X 3 x 5.

Faktor prima dari 84 adalah 2 x 2 x 3 x 7 atau 2^2x 3 x 7.

Untuk mencari FPB gunakanlah pangkat yang sama dan paling kecil, di sini adalah  2^2x 3 = 12. Jadi FPB dari 60 dan 84 adalah 12.

Sedangkan untuk mencari FPB gunakan semua faktor dan yang pangkatnya tinggi, di sini adalah 2^2  x 3 x 5 x 7 = 420. Jadi KPK dari 60 dan 84 adalah 420.

Agar lebih mudah memahaminya, kita langsung kerjakan soal-soal yang ada di akhir tayangan, yuk!

Baca Juga: Tak Disangka, 5 Makanan Lezat Ini Ternyata Punya Manfaat untuk Cegah Rambut Rontok

Soal

1. Ibu memiliki 24 permen rasa jeruk dan 36 permen rasa coklat. Semua permen itu akan dibagikan kepada sejumlah anak, sehingga setiap anak memperoleh jumlah permen yang sama. Berapa jumlah maksimal anak yang mungkin diberi permen itu?

Jawab:

Dari soal di atas kita mengetahui kalau:

- Ibu memiliki 24 permen rasa jeruk dan 36 permen rasa cokelat.

 - Permen akan dibagikan pada sejumlah anak dengan jumlah yang sama rata.

Berapa jumlah maksimal anak yang mungkin diberi permen itu?

FPB dari 24 dan 36 adalah 12

Maka, jumlah maksimal anak yang mungkin diberi permen adalah 12 anak.

2. A, B, dan C mula-mula bersama-sama pergi berenang. A pergi berenang setiap 6 hari sekali. B pergi berenang setiap 9 hari, dan C pergi berenang setiap 12 hari. Kapan mereka bertiga akan berenang bersama-sama lagi?

Jawab:

Dari soal di atas kita mengetahui kalau:

- A, B, dan C mula-mula bersama-sama pergi berenang.

- A pergi berenang setiap 6 hari sekali; B pergi berenang setiap 9 hari; dan C pergi berenang setiap 12 hari.

Kapan mereka bertiga akan berenang bersama-sama lagi?

Untuk menjawab soal ini kita harus mengetahui KPK dari ketiga bilangan, yaitu 6, 9, dan 12.

6 = 6, 12, 18, 24, 30, 36

9 = 9, 18, 27, 36

12 = 12, 24, 36

KPK dari 6, 9, dan 12 adalah 36

Maka mereka akan berenang bersama lagi setelah 36 hari lagi.

3. Pada tanggal 1 Juli 2020, Rio, Ria, dan Riki berkunjung bersama ke perpustakaan. Rio berkunjung setiap 7 hari sekali. Ria setiap 6 hari. Riki setiap 14 hari. Pada tanggal berapa mereka akan berkunjung ke perpustakaan secara bersama-sama lagi?

Jawab:

Dari soal di atas kita mengetahui kalau:

- Rio, Ria, dan Riki berkunjung bersama ke perpustakaan pada tanggal 1 Juli 2020.

- Rio berkunjung setiap 7 hari sekali; Ria berkunjung setiap 6 hari sekali; dan Riki berkunjung setiap 14 hari sekali.

Pada tanggal berapa mereka akan berkunjung ke perpustakaan secara bersama-sama lagi?

Untuk menjawab soal ini sama seperti pada soal nomer 2, yaitu mencari KPK dari ketiga bilangannya terlebih dahulu.

6 = 6, 12, 18, 24, 30, 36, 42

7 = 7, 14, 21, 28, 35, 42

14 = 14, 28, 42 

KPK dari 7, 6, dan 14 adalah 42 

42 hari setelah tanggal 1 Juli 2020 adalah tanggal 12 Agustus 2020

MATERI PENDIDIKAN PANCASILA

TUJUAN PEMBELAJARAN. : 

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian norma dan jenis norma 

A Pengertian Norma

Norma merupakan kata yang berasal dari bahasa Belanda yaitu norm yang memiliki arti patokan, pedoman, atau pokok kaidah dan bahasa Latin yaitu mos yang memiliki arti tata kelakuan, adat istiadat, atau kebiasaan.

Dibentuknya sebuah norma bertujuan untuk menciptakan ketertiban, kesejahteraan, dan keharmonisan dalam kehidupan bersama. Norma juga berfungsi sebagai alat kontrol sosial yang memberikan sanksi atau hukuman bagi yang melanggar dan penghargaan atau pujian bagi yang mematuhi.

Norma terbentuk karena ada kebutuhan masyarakat terhadap keteraturan dan ketertiban sososial.
 Kehadiran norma atau aturan penting dalam kehidupan masyarakat. Tanpa adanya aturan mungkin saja kehidupan menjadi kacau dan sulit dikendalikan.

Secara umum norma terbentuk karena ada kebutuhan masyarakat terhadap keteraturan dan ketertiban sosial. Dengan adanya norma, kehidupan akan selaras dan seimbang, serta terciptanya suatu keadilan dalam masyarakat.

Mengenal Apa Itu Norma

1. Pengertian Norma


Norma merupakan aturan atau pedoman yang mengatur perilaku dan interaksi manusia dalam masyarakat atau kelompok tertentu. Aturan ini bersumber dari nilai-nilai yang dianut oleh anggota masyarakat, seperti nilai agama, moral, hukum, atau adat istiadat.

Dibentuknya sebuah norma bertujuan untuk menciptakan ketertiban, kesejahteraan, dan keharmonisan dalam kehidupan bersama. Norma juga berfungsi sebagai alat kontrol sosial yang memberikan sanksi atau hukuman bagi yang melanggar dan penghargaan atau pujian bagi yang mematuhi.

2. Jenis Norma

Berdasarkan sumbernya, norma dapat dibedakan menjadi empat jenis berdasarkan sumbernya, yaitu norma agama, norma hukum, norma kesusilaan, dan norma kesopanan.
- Norma agama
Norma agama adalah norma yang berasal dari ajaran agama yang dianut oleh masyarakat. Norma agama mengatur hubungan manusia dengan Tuhan, sesama manusia, dan alam.
- Norma hukum
Norma hukum sendiri merupakan sebuah aturan yang dibuat oleh lembaga negara yang berwenang, seperti pemerintah atau legislatif. Norma hukum mengatur hak dan kewajiban warga negara dalam berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan.
- Norma kesusilaan
Norma dari kesusilaan yakni sebuah norma yang berasal dari nilai-nilai moral yang berlaku dalam masyarakat. Norma kesusilaan mengatur perilaku manusia yang sesuai dengan norma baik dan buruk, benar dan salah, pantas dan tidak pantas.
Norma kesopanan
Selanjutnya ada norma kesopanan. Norma yang satu ini berarti norma yang berasal dari adat istiadat atau kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat.
Norma kesopanan mengatur perilaku manusia yang sesuai dengan norma sopan dan tidak sopan, hormat dan tidak hormat, santun dan tidak santun.

3. Jenis Norma

Norma juga dapat dibedakan menjadi empat jenis berdasarkan tingkat daya ikatnya, yaitu cara atau usage, kebiasaan atau folkways, kelakuan atau mores, dan adat istiadat atau custom.

Jenis norma yang satu ini memiliki daya ikat paling lemah, karena hanya berupa kebiasaan yang dilakukan oleh sebagian anggota masyarakat tanpa ada paksaan atau sanksi. Contoh cara atau usage adalah memakai pakaian tertentu, memilih makanan tertentu, atau menggunakan bahasa tertentu.

Kebiasaan atau Folkways
Kebiasaan atau folkways adalah norma yang memiliki daya ikat sedang, karena berupa kebiasaan yang dilakukan oleh sebagian besar anggota masyarakat dengan adanya dorongan atau tekanan sosial. Contoh kebiasaan atau folkways adalah berpakaian rapi, berbicara sopan, atau menjaga kebersihan.

Kelakuan atau Mores
Berikutnya ada kelakuan atau mores. Jenis norma yang satu ini yaitu memiliki daya ikat kuat, karena berupa kebiasaan yang dilakukan oleh hampir seluruh anggota masyarakat dengan adanya sanksi sosial yang tegas.
Contoh kelakuan atau mores adalah tidak membunuh, tidak mencuri, tidak berzina, atau tidak mengkhianati negara.
- Adat istiadat
Adat istiadat atau custom adalah norma yang memiliki daya ikat paling kuat, karena berupa kebiasaan yang dilakukan oleh seluruh anggota masyarakat dengan adanya sanksi sosial yang sangat keras. Contoh adat istiadat atau custom adalah upacara adat, ritual agama, atau hukum adat.
4. Fungsi Norma

Norma memiliki beberapa fungsi penting dalam masyarakat, antara lain sebagai berikut.

- Norma berfungsi sebagai pedoman hidup yang memberikan arah dan tujuan bagi anggota masyarakat.

- Norma berfungsi sebagai alat integrasi sosial yang menyatukan anggota masyarakat dalam suatu kesatuan yang harmonis.

- Norma berfungsi sebagai alat adaptasi sosial yang membantu anggota masyarakat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan perubahan yang terjadi.

- Norma berfungsi sebagai alat kontrol sosial yang mengawasi dan mengendalikan perilaku anggota masyarakat agar tidak menyimpang dari norma yang berlaku.

- Norma berfungsi sebagai alat inovasi sosial yang mendorong anggota masyarakat untuk berkreasi dan berinovasi dalam menciptakan norma baru yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Materi IPAS

 

  Tujuan Pembelajaran :

   Peserta didik Menjelaskan konsep  cahaya  dan gelombang bunyi melalui percobaan sederhana

 

Sifat-Sifat Bunyi Lengkap dengan Contohnya, Materi IPAS Kelas 5 SD

Sifat-sifat bunyi dan contohnya.

Sifat-sifat bunyi dan contohnya.

Pada materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas 5 SD, kita akan belajar tentang sifat-sifat bunyi.

Ketika sedang beraktivitas, ada banyak jenis bunyi-bunyian yang kita dengar. Mulai suara orang hingga ketikan.

Secara umum, bunyi adalah sebuah getaran yang ada di udara. Semua benda yang bergetar akan menghasilkan bunyi.

Semakin kuat getaran suatu benda, maka akan semakin besar pula bunyi yang dihasilkan dan bisa didengarkan.

Begitu juga ketika semakin dekat jarak dengan sumber bunyi, maka bunyi yang didengar akan semakin besar.

Nah, semua benda di sekitar kita yang dapat menghasilkan bunyi yang bisa didengar disebut sumber bunyi.

Sama seperti pada cahaya, ternyata bunyi juga memiliki sifat-sifat khusus. Apa saja? Simak informasi berikut ini

1. Merambat Melalui Media

Tidak seperti cahaya, bunyi bisa merambat hanya jika ada medianya. Bunyi merambat dalam bentuk gelombang.

Gelombang bunyi itu dapat merambat melalui zat padat, zat gas, dan juga cair hingga bunyi itu bisa didengar.

Contoh perambatan bunyi melalui benda padat adalah saat bermain telepon kaleng yang dihubungkan dengan benang.

Contoh perambatan bunyi melalui cairan yaitu ketika tumbukan batu di dalam air terdengar oleh telinga kita yang berada di luar air.

Salah satu bentuk benda gas yang digunakan sebagai media perambatan bunyi adalah udara di sekitar kita.

Kita juga dapat mendengar bunyi dari sumber bunyi seperti suara orang lain, alat musik, atau gemuruh petir melalui udara.

Semakin rapat medium perantaranya, maka kecepatan rambat bunyi umumnya akan semakin besar.

2. Bunyi Dapat Dipantulkan

Pernahkah teman-teman berteriak di ruangan tertutup seperti di kamar mandi, dan mendengar suaranya memantul.

Yap, itu adalah salah satu bukti bahwa bunyi dapat dipantulkan. Hal ini kerap disebut juga sebagai gema maupun gaung.

Gema adalah bunyi pantul yang terdengar jelas. Contoh gema, ketika kita berteriak di pinggir tebing yang tinggi.

Sementara gaung adalah bunyi pantul yang kurang jelas. Contohnya saat berteriak di gua atau dalam ruangan.

Bunyi bisa memantul karena termasuk longitudinal. Saat merambat ke tempat lain, bunyi mengenai benda sekitarnya.

Bunyi yang terkena permukaan suatu benda, bisa dipantulkan. Umumnya benda yang keras, mengkilat, dan rapat.

3. Bunyi Dapat Dibiaskan

Sifat bunyi selanjutnya adalah dapat dibiaskan. Yap, bunyi dapat mengalami pembiasan atau refraksi.

Pembiasan bunyi terjadi ketika bunyi merambat dan memasuki medium yang berbeda, sehingga bunyi akan dibelokkan.

       1. Salah satu energi yang memiliki gelombang elektomagnetik yang kasat ,mata dengan Panjang             gelombang sekitar 380-750 nanometer disebut …

  • A. Bunyi

    B. gelombang

    C. cahaya

    D. sumber

    2. Benda-benda yang dapat ditembus oleh Cahaya Sebagian disebut …

    A. Benda bening

    B. Benda hidup

    C. Benda gelap

    D. Benda mati

    3. Pelangi membuktikan salah satu sifat cahaya, yaitu …

    A. cahaya dapat dibiaskan

    B. cahaya dapat diuraikan

    C. cahaya dapat dipantulkan

    D. cahaya merambat lurus

    4. Bayangan terbentuk karena …

    A. cahaya mampu menembus/melewati benda gelap

    B. cahaya tidak mampu menembus/melewati benda gelap

    C. cahaya mampu menembus/melewati benda bening

    D. cahaya tidak mampu menembus/melewati benda bening


    5. Benda-benda yang tidak dapat ditembus oleh Cahaya disebut …

    A. Benda bening

    B. Benda hidup

    C. Benda gelap

    D. Benda mati

    E. Benda transparan

    6. Contoh Cahaya pantulan adalah …

    A. matahari

    B. lampu

    C. bintang

    D. marka jalan yang terkena pantulan lampu mobil


    7. Berkas cahaya dari pemantulan yang dihasilkan teratur dan sejajar disebut pemantulan

    A. difus

    B. Baur

    C. teratur

    D. Biasa

    8. Cermin yang permukaan mirip seperti permukaan bola disebut cermin …

    A. Cermin datar

    B. Cermin cembung

    C. Cermin cekung

    9. Cermin yang permukaan yang melengkung ke dalam seperti mangkuk disebut cermin …

    A. Cermin datar

    B. Cermin cembung

    C. Cermin cekung

    10. Cahaya yang berasal dari sumber cahaya disebut …

    A. cahaya matahari

    B. cahaya alami/sendiri

    C. cahaya pantulan

    D. cahaya buatan

Refleksi pembelajaran 

Berdasarkan pembelajaran hari ini Alhamdulillah sebagian besar peserta didik memahami materi, namun masih ada beberapa siswa yang belum memahami materi dikarenakan masih belum hapal perkalian.Hal yang dilakukan guru adalah mengetes hapalan perkalian peserta didik tersebut

.Dokumentasi Kegiatan hari hari ini






Dokumentasi 

Komentar

Postingan Populer