11-11-2024
Senin, 11 November 2024
BAHASA INDONESIA dan PAK
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5A
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuaha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Bagaimana perasaan sholih sholihah hari ini?
Semoga sholih sholihah bahagia dalam menimba ilmu disekolah yang kita cintai ini.
Baiklah sholih sholiha, sebelum Ibu menjelaskan materi kegiatan , ibu akan mengulas kembali perbedaan surat resmi dan tidak resmi , baiklah selanjutnya ibu akan menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu
Tujuan Pembelajaran :Peserta didik dapat memahami teks prosedur yang berisi cara dan tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu.
Pengertian Teks Prosedur
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks prosedur adalah teks yang berisi cara dan tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu. Teks ini terdiri dari tahapan-tahapan serta memiliki struktur kalimat imperatif berupa perintah. Pada dasarnya, teks prosedur dibuat untuk memberi informasi secara berurutan dan terperinci. Maka dari itu, di dalamnya ada empat struktur penting, yakni tujuan, material, langkah-langkah, dan penegasan ulang atau penutup.
Jenis-Jenis Teks Prosedur
Sebelum kita melihat contoh-contoh teks prosedur. Ada baiknya untuk kamu mengingat kembali beberapa jenis teks prosedur berikut ini.
1. Teks Prosedur Sederhana
Seperti namanya, teks prosedur sederhana dibuat se-simple mungkin, mudah dipahami, dan dipraktikkan. Sehingga tahapan atau material dalam teks prosedur ini tidak terlalu banyak. Biasanya hanya membutuhkan dua hingga empat tahap untuk melakukannya. Karena sederhana, urutannya tidak bisa dibolak-balik ya.
2. Teks Prosedur Protokol
Jenis yang kedua yaitu teks prosedur protokol. Teks prosedur yang satu ini berisi tahapan yang dapat dilakukan dengan fleksibel. Artinya, tujuan dalam teks tetap tercapai meski pembaca tidak melakukan langkah-langkah secara berurutan.
3. Teks Prosedur Kompleks
Teks prosedur kompleks biasanya membutuhkan bahan, alat, serta waktu yang lebih banyak dibandingkan teks prosedur sederhana. Pada teks prosedur kompleks, kita akan menemukan sub tahapan sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.
Contoh Teks Prosedur Sederhana
Simak contoh teks prosedur sederhana di bawah ini!
1. Cara Mengisi Ulang Baterai Ponsel
Memiliki handphone kini sudah menjadi suatu keharusan karena setiap kegiatan yang kita lakukan pastinya membutuhkan benda elektronik tersebut. Karena sering digunakan, daya baterai handphone juga pastinya akan terus menurun, sehingga perlu dicharge kembali agar dapat digunakan. Supaya baterai handphone bisa awet dan tahan lama, berikut cara ngecas handphone yang benar.
- Sambungkan charger handphone ke ponsel kamu.
- Kemudian sambungkan charger ke stopkontak.
- Cas handphone selama kurang lebih 2 jam hingga baterai handphone penuh, sekitar 90% atau 100%.
- Jika sudah penuh, cabut charger dari handphone dan letakkan di tempat yang aman.
2. Cara Membuat Lilin Aromaterapi
Lilin aromaterapi merupakan lilin khusus yang terbuat dari minyak esensial dengan aroma khas yang dapat membuat tenang. Lilin jenis ini telah digunakan sejak beberapa abad terakhir untuk merilekskan suasana.
Bahan:
- Lilin putih atau warna berukuran besar
- Parfum aroma terapi aroma alami, seperti parfum melati atau kayu manis (sesuai keinginan)
- Benang kasur
- Gelas kaca ukuran kecil hingga sedang atau cetakan
- Wajan
Langkah-langkah:
- Panaskan lilin di atas wajan menggunakan api ukuran kecil. Buang sumbunya jika sudah meleleh.
- Tambahkan parfum aroma terapi dengan hati-hati.
- Tuangkan lelehan lilin ke dalam gelas atau cetakan, letakkan benang kasur sebagai sumbu.
- Tunggu beberapa saat hingga lilin mengeras.
- Keluarkan lilin dari cetakan.
- Tempeli bagian pinggir lilin dengan kayu manis dengan memanaskan bagian pinggir terlebih dahulu. Susun melingkar.
- Tunggu hingga lilin mengeras kembali dan lilin sudah siap digunakan.
3. Cara Membuat Es Kopi Susu
Minum es kopi susu dapat meningkatkan semangat dan fokus ketika sedang mengerjakan sesuatu. Cara membuatnya juga sangat mudah, berikut ini cara membuat es kopi susu yang enak dan segar.
Bahan:
- 2 sdt kopi bubuk
- 1 sdt susu atau creamer
- Gula sesuai selera
- Air panas
Alat:
- Cangkir
- Sendok teh
Cara membuat:
- Masukkan gula dan kopi ke dalam gelas.
- Tuangkan air hangat kemudian aduk kopi hingga larut.
- Tambahkan susu atau creamer dan aduk hingga merata.
- Diamkan beberapa saat hingga kopi tidak terlalu panas.
- Masukkan es batu secukupnya.
- Es kopi susu siap untuk dinikmati.
Tugas
Buatlah sebuah teks prosedur cara memasak nasi menggunakan majic com dan cara menghidupkan Televisi.
MATERI PAK
Tujuan Pembelajaran:
- Membangun Sikap Mandiri: Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan sikap mandiri dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam hal pengambilan keputusan, mengelola waktu, dan bertanggung jawab atas tindakan sendiri.
- Meningkatkan Kesadaran Anti Korupsi: Peserta didik diharapkan memahami dampak negatif dari korupsi dan menumbuhkan sikap anti korupsi dengan cara menghargai nilai-nilai kejujuran, integritas, dan tanggung jawab
Media pembelajaran :MediaVideo Edukasi: Video tentang cerita atau animasi yang menggambarkan contoh-contoh perilaku mandiri dan penghindaran korupsi.Buku dan Modul: Buku atau modul yang berisi materi tentang sikap mandiri dan anti korupsi serta contoh-contoh kasus dalam kehidupan sehari-hari.
Metode pembelajaran :
- Membangun Sikap Mandiri: Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan sikap mandiri dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam hal pengambilan keputusan, mengelola waktu, dan bertanggung jawab atas tindakan sendiri.
- Meningkatkan Kesadaran Anti Korupsi: Peserta didik diharapkan memahami dampak negatif dari korupsi dan menumbuhkan sikap anti korupsi dengan cara menghargai nilai-nilai kejujuran, integritas, dan tanggung jawab
Tujuan media dan metode pembelajaran dalam materi "Aku Anak Mandiri Pendidikan Anti Korupsi" adalah untuk mengembangkan pemahaman dan kesadaran peserta didik tentang pentingnya sikap mandiri, jujur, dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah rincian tujuan dan penerapan media serta metode pembelajaran yang sesuai:
Tujuan media dan metode pembelajaran dalam materi "Aku Anak Mandiri Pendidikan Anti Korupsi" adalah untuk mengembangkan pemahaman dan kesadaran peserta didik tentang pentingnya sikap mandiri, jujur, dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah rincian tujuan dan penerapan media serta metode pembelajaran yang sesuai:
Tujuan Pembelajaran:
- Membangun Sikap Mandiri: Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan sikap mandiri dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam hal pengambilan keputusan, mengelola waktu, dan bertanggung jawab atas tindakan sendiri.
- Meningkatkan Kesadaran Anti Korupsi: Peserta didik diharapkan memahami dampak negatif dari korupsi dan menumbuhkan sikap anti korupsi dengan cara menghargai nilai-nilai kejujuran, integritas, dan tanggung jawab.
- Mengaplikasikan Nilai-nilai dalam Kehidupan Sehari-hari: Peserta didik diharapkan bisa menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan pribadi, baik di sekolah, keluarga, maupun masyarakat.
- Membangun Sikap Mandiri: Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan sikap mandiri dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam hal pengambilan keputusan, mengelola waktu, dan bertanggung jawab atas tindakan sendiri.
- Meningkatkan Kesadaran Anti Korupsi: Peserta didik diharapkan memahami dampak negatif dari korupsi dan menumbuhkan sikap anti korupsi dengan cara menghargai nilai-nilai kejujuran, integritas, dan tanggung jawab.
- Mengaplikasikan Nilai-nilai dalam Kehidupan Sehari-hari: Peserta didik diharapkan bisa menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan pribadi, baik di sekolah, keluarga, maupun masyarakat.
Media Pembelajaran:
- Video Edukasi: Video tentang cerita atau animasi yang menggambarkan contoh-contoh perilaku mandiri dan penghindaran korupsi.
- Buku dan Modul: Buku atau modul yang berisi materi tentang sikap mandiri dan anti korupsi serta contoh-contoh kasus dalam kehidupan sehari-hari.
- Poster atau Infografis: Media visual yang menggambarkan langkah-langkah untuk menjadi anak yang mandiri dan bagaimana cara menanggulangi korupsi dalam kehidupan.
- Simulasi atau Permainan Interaktif: Game edukasi yang memotivasi siswa untuk membuat keputusan yang benar, misalnya dengan menghadapi situasi yang membutuhkan kejujuran dan keberanian dalam menanggulangi tindakan korupsi.
- Video Edukasi: Video tentang cerita atau animasi yang menggambarkan contoh-contoh perilaku mandiri dan penghindaran korupsi.
- Buku dan Modul: Buku atau modul yang berisi materi tentang sikap mandiri dan anti korupsi serta contoh-contoh kasus dalam kehidupan sehari-hari.
- Poster atau Infografis: Media visual yang menggambarkan langkah-langkah untuk menjadi anak yang mandiri dan bagaimana cara menanggulangi korupsi dalam kehidupan.
- Simulasi atau Permainan Interaktif: Game edukasi yang memotivasi siswa untuk membuat keputusan yang benar, misalnya dengan menghadapi situasi yang membutuhkan kejujuran dan keberanian dalam menanggulangi tindakan korupsi.
Metode Pembelajaran:
- Diskusi Kelompok: Membahas kasus nyata atau fiktif yang melibatkan keputusan terkait perilaku mandiri dan korupsi, dengan tujuan mengajak siswa berpikir kritis dan berbagi pandangan.
- Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning): Mengajak siswa untuk membuat proyek yang berkaitan dengan perilaku anti korupsi, seperti kampanye kejujuran di sekolah.
- Diskusi Kelompok: Membahas kasus nyata atau fiktif yang melibatkan keputusan terkait perilaku mandiri dan korupsi, dengan tujuan mengajak siswa berpikir kritis dan berbagi pandangan.
- Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning): Mengajak siswa untuk membuat proyek yang berkaitan dengan perilaku anti korupsi, seperti kampanye kejujuran di sekolah.
Komentar
Posting Komentar