21-11-204

 Kamis, 21 November  2024 

   Bahasa Indonesia, Matematika dan Seni Rupa

                    

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin. 

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuaha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Alhamdulillah kita dapat berjumpa lagi pada hari ini.Ibu ucapkan terimakasih atas semangat  anak-anak semua pada setiap pertemuan. Alhamdullilah kemarin pada pembelajaran materi 

penjumlahan pecahan campuran peserta didik bisa mengikuti pembelajaran dengan baik,dan bagi peserta didik yang belum faham akan di bimbing kembali.Hari ini kita akan membahas soal-soal matematika persiapan SAS  serta Pelajaran Bahasa Indonesia.


Berikut materi pada  hari ini

 PEMBAHASAN SOAL-SOAL PERSIAPAN SAS
 Tujuan Pembelajaran :Menambah wawasan peserta didik
 🌼Bahasa Indonesia🌼
 
Soal dan pembahasannya

1. Riko : “Andi! Dasar kamu itu orang miskin.”
Roni : “Ko, jangan bentak-bentak dia seperti itu.”
Riko : “Biarlah, memang dia pantas dibentak.”
Andi : “Maafkan aku jika salah.”

Watak Riko dalam kutipan percakapan diatas adalah ….
a. Pemaaf
b. Peduli
c. Ramah                                                                                                                                          d. Kasar

Jawaban : d

2.Karya sastra yang dipentaskan di atas panggung melalui dialog atau gerak 

A.puisi

b. Pantun 

c. Drama                                                                                                                                        d.Pidato

Jawaban : c

3. Jalannya cerita dalam drama disebut ….
a. Alur
b. Latar
c. Setting
d. Watak

Jawaban : a

Bagas : “Kawan-kawan, besok saat liburan mau kemana?”
Doni : “Aku ingin ke pantai bersama keluarga.”
Sinta : “Kalau aku ingin pergi ke rumah kakekku di kampung.”
Bagas : “Kalau kamu Susi ?”
Susi : “Aku tidak bisa kemana-mana, karena harus membantu ibu menjaga kakek  yang masih sakit.”
Sinta : “Kakekmu sakit apa Sus?”
Susi : “Kakek sakit jantung, aku sedih melihatnya.”

4. Dialog diatas membicarakan ….
a. Rencana menjenguk kakek Susi
b. Rencana membantu kakek Susi
c. Rencana mengajak Susi liburan
d. Rencana liburan yang akan datang

Jawaban : d

5. Dalam dialog di atas perasaan yang dirasakan oleh Susi menggambarkan ….
a. Ketakutan
b. Kegembiraan
c. Kesedihan
d. Terkejut

Jawaban : c

6. “Aku sekarang sedang berada di rumah Iwan”

Kalimat tersebut merupakan jawaban yang tepat untuk kalimat tanya ….
a. Di mana rumahmu?
b. Bagaimana keadaanmu sekarang?
c. Kemana dia pergi sekarang?
d. Dimana kamu sekarang?

Jawaban : d

7. Kancil  : “Hai siput, lihat diriku. Aku begitu cepat berlari.”
Siput : “Iya aku mengerti.”
Kancil : “Tidak ada binatang disini yang larinya secepat diriku.”
Siput : “Itu ada rusa, dia juga cepat larinya.”
Kancil : “Ah masih cepat aku, dia tidak apa-apanya dibanding aku.”

Bagaimana sifat kancil dalam penggalan drama tersebut ….
a. Rendah diri
b. Besar kepala
c. Keras kepala
d. Panjang kaki

(1) Kemudian bersihkan lubangnya dari rumput-rumput.
(2) Masukkan tangkai bunga mawar ke dalam lubang.
(3) Mula-mula buatlah lubang di tanah dengan cangkul.
(4) Siapkan tangkai bunga mawar yang ingin di tanam
(5) Ratakan tanah untuk menutupi lubang
(6) Berilah air secukupnya setelah tanah diratakan

8.Urutan kegiatan yang benar adalah ….
a. (4) – (1) – (5) – (2) – (3) – (6)
b. (4) – (3) – (1) – (2) – (5) – (6)                                                                                                       c. (3) – (4) – (1) – (2) – (5) – (6)

d. (4) – (3) – (1) – (6) – (2) – (5)

Jawaban :b

Pak tani begitu bekerja keras. ia nampak bermandikan keringat dibawah terik matahari.
Arti kata bermandikan adalah ….
a. Menyiram tubuhnya dengan
b. Mengeluarkan banyak
c. Membasahi tubuhnya dengan
d. Mandi di sumur sawah

Jawaban : b

10. Kata yang mengandung imbuhan di- adalah ….
a. Di kebun
b. Di kantor
c. Di rumah
d. Dimarahi

Jawaban : dSusi : “Kakek sakit jantung, aku sedih melihatnya.”

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Hasil dari 1 35 + 3 45 adalah ....
a. 4 75
b. 5 15
c. 5 25
d. 4 35

2. Hasil dari 8 13 - 2 12 sama dengan ....
a. 5 16
b. 5 23
c. 5 13
d. 5 5⁄6

3. Nilai dari 15 - 9 14 adalah ....
a. 5 14
b. 5 12
c. 5 34
d. 6 14

4. Hasil dari 72 : 13 x 35 adalah ....
a. 5 35
b. 6 15
c. 6 310 `
d. 6 23

5. Hasil dari [ 5 34 + 1 14 ] x 12 - 1 14 adalah ....
a. 2 14
b. 2 12
c. 2 34 `
d. 3 14

6. Hasil dari 6 15 x 1 34 adalah n, nilai n ....
a. 10 310
b. 10 1720
c. 11 910
d. 11320

7. Hasil dari 56 : 3 1adalah ....
a. 47
b. 617
c. 521
d. 23

8. Hasil dari 1,2 x (8,5 : 0,5) + 1 34 adalah ....
a. 21,5
b. 22,15
c. 22,25
d. 22,5

9. Intan hendak membagikan pita sepanjang 15 meter kepada teman-temannya. Pita tersebut diberikan kepada Anggi 3 12 m, kepada Rina 3 34 m, dan kepada Santi 4 14 m. Sisa pita milik Intan sekarang adalah .... meter.
a. 3 14
b. 3 12
c. 3 34
d. 3 45

10. Pak Harun mempunya 1 12 hektar tanah pertanian. Sesudah panen, ia membeli lagi seluas 1hektar. Pada akhir tahun, tanahnya dijual seluas 34 hektar. Tanah milik Pak Harun sekarang seluas .... hektar.
 
 Romawi II

1.Tulislah lambang bilangan dari delapan puluh tujuh ribu empat ratus empat puluh tiga!
Jawab : …..

2. Harga pensil warna dengan merek sama dari 3 toko diperoleh harga sebagai berikut:
Rp15.850,00; Rp13.900,00; dan Rp15.950,00. Berapakah harga yang paling mahal?
Berapakah selisih harga yang paling mahal dengan harga paling murah?
Jawab :

3. Tentukan KPK dan FPB dari 40 dan 60!
Jawab :

4. Ibu mencampur 15 kg tepung beras dengan 20 kg tepung terigu. Hasil campuran akan dibungkus
plastik isinya sama banyak. Berapa kantong plastik yang diperlukan?
Jawab :
5. Tentukan hasil dari perhitungan berikut dengan benar !
a. 2 1/3  + 115  -134  =
b. 3 2⁄-  4/5 x  2/3      =
 

Kunci
 
Romawi II
 
1. 87.443
2. Harga yang paling mahal = Rp15.950,00
Selisih harga yang paling mahal dengan harga paling murah = Rp15.950,00 - Rp13.900,00 = Rp2.050,00

3. KPK dan FPB dari 40 dan 60
40 =
 × 5
60 =
 × 3 × 5
KPK =
 × 3 × 5 = 120
FPB =
 × 5 = 20

4. FPB dari 15 dan 20 adalah 5
Jadi, kantong plastik yang diperlukan 5 kantong
Ì
5. Tentukan hasil dari perhitungan berikut dengan benar !
a. 2 1/2 + 1 1/5 -1 3/4 = 2  20/60 + 1 12/60 - 1 12/60 =2 20/30 = 2 2/3 
b.  3 2/5 - 4/5 x 2/3 = 3 2/5 - 6/15 = 3 6/15 - 8/15 =2 21/15 - 8/15 = 2 13/15 


Materi seni rupa

Cara membuat anyaman dapat membantu siswa untuk memahami konsep geometri, terutama dalam hal penggunaan pola dan bentuk. Dengan mengetahui cara membuat anyaman, siswa dapat mengembangkan kemampuan untuk mengatur pola dan bentuk secara simetris dan proporsional.

Dalam pembelajaran cara membuat anyaman, siswa juga diajarkan untuk menghargai nilai kerajinan tangan dan cara membuat barang yang berkualitas. Mereka akan belajar untuk memperhatikan detail kecil, serta memilih bahan-bahan yang berkualitas untuk menghasilkan produk yang tahan lama dan indah. Berikut cara membuat anyaman sederhana dari kertas

🍁Seni Rupa🍁 

Soal dan Pembahasan Seani Rupa

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !

1. Kesamaan bobot dari unsur-unsur seni rupa disebut prinsip ….
a. keseimbangan
b. proporsi
c. keselarasan
d. irama

2. Keseimbangan yang memiliki bentuk spiral adalah jenis keseimbangan ….
a. asimetris
b. diagonal
c. simetris
d. radial

3. Media yang biasa digunakan untuk menggambar ekspresif adalah ....
a. papan pengumuman
b. kaca jendela
c. rumah
d. kanvas

4. Contoh objek yang memiliki jenis keseimbangan radial adalah ….
a. gunung
b. pohon cemara
c. bunga mawar
d. daun pisang

5. Berikut ini yang tidak termasuk keseimbangan dalam seni rupa adalah ….
a. keseimbangan simetris
b. keseimbangan asimetris
c. keseimbangan sentral
d. keseimbangan geometris

Perhatikan gambar berikut untuk menjawab soal nomor 6-8!

Contoh Soal PTS/STS Seni Rupa Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 1

6. Gambar jenis keseimbangan yang tepat untuk lukisan di atas ditunjukkan oleh ….
a. gambar A
b. gambar B
c. gambar C
d. gambar D

7. Jenis keseimbangan pada gambar di atas adalah ....
a. keseimbangan asimetris
b. keseimbangan diagonal
c. keseimbangan simetris
d. keseimbangan radial

8. Apabila ukuran pohon yang kecil diperbesar sama dengan pohon yang lainnya akan menjadi keseimbangan ….
a. keseimbangan asimetris
b. keseimbangan diagonal
c. keseimbangan simetris
d. keseimbangan radial

9. Berikut hasil karya anak.
Objek gambar : Pohon kelapa dan orang
Hasil karya : Tinggi pohon kelapa sama dengan tinggi orang

Agar menjadi proporsi, hal yang harusnya diperbaiki adalah ....
a. pohon kelapa dilengkapi buah yang lebih banyak
b. pohon kelapa dibuat lebih tinggi 
c. orang dibuat menjadi lebih pendek
d. orang dibuat menjadi lebih gemuk

10. Perhatikan uraian berikut ini! 
(1) Menghaluskan goresan lain
(2) Melengkapi gambar dengan elemen
(3) Menggambar sketsa unsur garis
(4) Mewarnai hasil gambar
Urutan langkah-langkah dalam menggambar tumbuhan dengan prinsip proporsi adalah ….
a. (3)-(2)-(4)-(1)
b. (3)-(4)-(2)-(1) 
c. (4)-(3)-(2)-(1)
d. (1)-(2)-(3)-(4)

11. Agar menyerupai objek aslinya, daun seharusnya diberi warna ….
a. abu-abu
b. merah
c. hijau
d. biru

12. Rania sedang menggambar bunga matahari. Warna yang sesuai untuk bunga matahari adalah ….
a. merah
b. kuning
c. biru
d. jingga

13. Langkah akhir dalam menggambar proporsi adalah ....
a. melengkapi gambar dengan elemen lain
b. menggambar sketsa unsur garis
c. menghaluskan goresan warna
d. mewarnai hasil gambar

14. Berikut ini bagian yang perlu diperhatikan ketika menggambar pohon yang memperhatikan prinsip proporsi, kecuali ....
a. bagian akar 
b. bagian daun 
c. bagian badan
d. bagian batang

15. Perhatikan hasil pengamatan mengenai ragam hias berikut ini!
(1) Sering dijumpai pada rumah adat
(2) Menyimbolkan nilai-nilai kearifan lokal
(3) Menggunakan bahan dan teknik yang sama
Pengamatan yang benar mengenai ragam hias flora dan fauna ditunjukkan nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1) dan (2)
c. (1) dan (3)
d. (2) dan (3)

16. Motif ragam hias yang berupa binatang, seperti gajah, ikan, burung, dan ayam dinamakan ….
a. motif flora
b. motif fauna 
c. motif figuratif
d. motif geometris

Perhatikan ragam hias berikut ini untuk menjawab soal nomor 17-18 !

Contoh Soal PTS/STS Seni Rupa Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 2

17. Ragam hias pada gambar diaplikasikan pada ....
a. batu
b. kayu
c. kertas
d. kanvas

18. Ragam hias pada gambar termasuk jenis ragam hias ….
a. geometris
b. figuratif
c. fauna
d. flora

19. Perhatikan gambar berikut !

Contoh Soal PTS/STS Seni Rupa Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 3

Ragam hias pada gambar berasal dari ….
a. Papua
b. Sumatra
c. Sulawesi
d. Kalimantan

20. Motif batik kawung berasal dari ….
a. Jawa Barat
b. Jawa Tengah
c. Yogyakarta
d. Jawa Timur

II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
1. Prinsip keseimbangan yang menghasilkan objek dengan bentuk sama di kedua sisi disebut …….....
2. Keseimbangan dengan pola spiral disebut ……………………………………...……………………….....
3. Kertas, kanvas, dan karton merupakan contoh media untuk membuat ………………………………….
4. Nasya menggambar buah alpukat. Ia memberi warna oranye pada hasil gambarnya.
Dengan begitu hasil gambarnya tidak sama dengan aslinya. Seharusnya, Nasya memberi warna …
5. Hasil gambar yang proporsi sebaiknya diberi warna supaya terlihat sama dengan ……………….......
6. Andika menggambar buah semangka dan jeruk. Ukuran buah semangka dan jeruk sama besarnya. Hasil karya yang digambar Andika tidak memperhatikan prinsip …………………….……………………..
7. Bentuk zig zag, segiempat, segitiga, dan lingkaran terdapat pada ragam hias jenis ………..…………
8. Objek gambar pada ragam hias flora adalah …………………………………………………………….....
9. Motif Merak Lasem berasal dari daerah …………………………………………………………………….
10. Objek gambar pada ragam hias motif Kamaro Timika adalah …………………………………………..

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Sebutkan tiga jenis keseimbangan dalam seni rupa?
Jawab :

2. Sebutkan contoh keseimbangan radial di alam!
Jawab :

3. Apa yang akan terjadi jika sebuah gambar tidak menerapkan prinsip keseimbangan?
Jawab :
4. Mengapa menggambar perlu memperhatikan prinsip proporsi?
Jawab :

5. Sebutkan jenis-jenis ragam hias!
Jawab :

Kunci Jawaban Room I

1. a. keseimbangan
2. d. radial
3. d. kanvas
4. c. bunga mawar
5. d. keseimbangan geometris
6. c. gambar C
7. a. keseimbangan asimetris
8. c. keseimbangan simetris
9. b. pohon kelapa dibuat lebih tinggi 
10. a. (3)-(2)-(4)-(1)
11. c. hijau
12. b. kuning
13. c. menghaluskan goresan warna
14. c. bagian badan
15. b. (1) dan (2)
16. b. motif fauna 
17. b. kayu
18. d. flora
19. a. Papua
20. d. Jawa Timur

Kunci Jawaban Room II

1. keseimbangan simetris
2. Keseimbangan radial
3. gambar ekspresif
4. hijau
5. objek asilinya
6. proporsi
7. geometris
8. tumbuhan
9. Rembang Jawa Tengah
10. Suku Kamaro

Kunci Jawaban Room III

1. Tiga jenis keseimbangan dalam seni rupa yaitu keseimbangan simetris, keseimbangan asimetris, keseimbangan radial
2. pusaran air dan kelopak bunga
3. orang yang melihatnya tidak nyaman
4. agar gambar yang dihasilkan tampak serasi
5. ragam hias flora, ragam hias fauna, ragam hias figurative, dan ragam hias geometris
 

SELAMAT BELAJAR

Refleksi pembelajaran hari ini Alhamdulillah sebagian peserta didik dapat menyelesaikan pembahasan soal-soal Sumatif Akhir Sekolah

Dokumentasi kegiatan hari ini

 






Komentar

Postingan Populer