29-11-2024
Jumat, 29 November 2024
Sumatif Akhir Sekolah ( SAS ) HAri Ke-dua
Mapel Matematika dan Seni Rupa
KISI-KISI IPAS
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5A
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuaha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
KISI_KISI IPAS
1. Sistem
pernapasan manusia
2. Sistem pencernaan
manusia
3. Sistem
peredaran darah manusia
4. Ekosistem
5. Siklus air
6. Bunyi dan
cahaya disekitar kita
7. Upaya
penghematan energi
8. Rotasi dan
revolusi dalam tata surya
Soal PTS/STS 1
IPAS Kelas 5 Kurikulum Merdeka (IPA)
I. Berilah tanda
silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Sifat bayangan
yang terbentuk pada cermin cembung adalah ....
a. maya, tegak,
diperkecil
b. nyata, tegak,
diperkecil
c. maya, terbalik,
diperbesar
d. nyata,
terbalik, sama besar
2. Bayangan benda
yang dapat ditangkap oleh layar disebut ....
a. bayangan difus
b. bayangan semu
c. bayangan nyata
d. bayangan
teratur
3. Uang logam yang
ada di dalam air jernih terlihat lebih dekat ke permukaan merupakan salah satu
peristiwa ....
a. pembiasan
cahaya
b. pemantulan
cahaya
c. perambatan
cahaya
d. pembentukan
bayangan
4. Cahaya akan
dibiaskan, jika melewati dua medium yang kerapatannya ....
a. sama
b. berbeda
c. seimbang
d. besar
5. Cahaya pantul
adalah ....
a. berkas cahaya
yang diserap
b. berkas cahaya
yang dibalikkan
c. berkas cahaya
yang dibiaskan
d. berkas cahaya
yang dihilangkan
6. Jika bayangan
benda jatuh di depan retina, harus dibantu dengan kacamata berlensa ....
a. cekung
b. cembung
c. silinder
d. rangkap
7. Perhatikan
gambar berikut !.
Hal tersebut
disebabkan adanya ….
a. pemantulan
cahaya
b. penguraian
cahaya
c. penyerapan
cahaya
d. pembiasan
cahaya
8. Perhatikan
tabel berikut !
Pasangan alat
optik dengan fungsinya yang benar ditunjukkan nomor ….
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (4)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)
9. Bila cahaya
merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat, maka cahaya akan
dibiaskan mendekati garis ....
a. normal
b. horizontal
c. vertikal
d. lurus
10. Jika cahaya
datang dari zat yang lebih rapat menuju zat yang kurang rapat, cahaya akan ….
a. dibiaskan
mendekati garis normal
b. dibiaskan
menjauhi garis normal
c. dipantulkan
kembali
d. merambat lurus
11. Berikut
benda-benda di sekitar kita.
(1) Bola
(2) Kayu
(3) Kertas HVS
(4) Kaca
Benda-benda yang
dapat tembus cahaya ditunjukkan nomor ....
a. (1) dan (4)
b. (2) dan (4)
c. (2) dan (3)
d. (3) dan (4)
12. Jarak bayangan
benda dengan jarak benda yang berada di depan cermin datar adalah ....
a. sama
b. lebih jauh
c. lebih dekat
d. berbeda
13. Adanya
pemantulan baur dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu pada ....
a. kacamata
b. lampu penerang
kendaraan bermotor
c. lampu senter
d. fatamorgana
14. Peristiwa yang
membuktikan bahwa cahaya merambat lurus yaitu ….
a. rambatan cahaya
matahari lurus ketika melewati genting kaca
b. terbentuknya
pelangi pada saat hujan
c. memantulnya
cahaya pada cermin
d. cahaya menembus
benda bening
15. Berikut ini
yang tidak benar tentang bunyi, yaitu ....
a. bunyi dapat
merambat melalui benda padat, cair, dan gas
b. bunyi merambat
melalui ruang hampa
c. bunyi
dihasilkan benda yang bergetar
d. benda yang
menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi
16. Bunyi dapat
terdengar oleh telinga kita karena sumber bunyi mengalami ....
a. getaran
b. pemuaian
c. pendinginan
d. perambatan
17. Bunyi dapat
merambat melalui ....
a. air dan ruang
hampa
b. benda padat dan
air
c. udara dan ruang
hampa
d. ruang hampa dan
benda padat
18. Suara bel
sekolah terdengar dari jarak yang agak jauh karena suara bel merambat melalui
....
a. udara
b. air
c. tanah
d. ruang hampa
19. Bunyi yang
frekuensinya teratur dinamakan ….
a. suara
b. irama
c. nada
d. frekuensi
20. Bunyi pantul
yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi aslinya disebut ....
a. gema
b. gaung
c. nada
d. pantulan
21. Hewan yang
memakan produsen atau tumbuhan disebut konsumen tingkat ....
a. I
b. ll
c. III
d. IV
22. Tumbuhan
dikatakan sebagai produsen karena ....
a. makan tumbuhan
lain
b. dapat mengolah
makanannya sendiri
c. menjadi parasit
bagi tumbuhan lain
d. hidup di hutan
23. Hubungan makan
dan dimakan antar-makhluk hidup disebut ....
a. rantai makanan
b. metamorfosis
c. daur hidup
d. simbiosis
24. Dalam rantai
makanan, yang bertindak sebagai produsen adalah ....
a. tumbuhan
b. manusia
c. herbivora
d. karnivora
25. Dalam
ekosistem, bakteri atau jamur berperan sebagai ....
a. konsumen
tingkat I
b. konsumen
tingkat II
c. produsen
d. pengurai
26. Perhatikan
gambar berikut ini !
Organisme yang
berperan sebagai konsumen tingkat II adalah ....
a. padi
b. belalang
c. katak
d. ular
27. Sekumpulan
rantai makanan yang saling berhubungan membentuk ....
a. rantai makanan
baru
b. jaring-jaring
makanan
c. ekosistem
d. komunitas
28. Ilmu yang
mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya
disebut ….
a. botani
b. zoology
c. ekologi
d. taksonomi
29. Contoh urutan
rantai makanan yang benar adalah ….
a. padi → belalang
→ katak → elang → ular
b. padi → katak→
belalang → elang → ular
c. padi → belalang
→ katak→ ular → elang
d. padi → belalang
→ ular →katak
30. Contoh makhluk
hidup pengurai adalah ....
a. lumut
b. ganggang
c. tumbuhan hijau
d. bakteri dan
jamur
31. Organisme
pemakan hewan disebut ....
a. herbivora
b. karnivora
c. omnivora
d. autotrof
32. Contoh dari
organisme karnivora adalah....
a. ayam, katak,
elang
b. ayam, belalang,
tikus
c. anjing, kucing,
harimau
d. anjing,
kelinci, sapi
33. Makhluk hidup
yang dapat membuat makanan sendiri disebut ....
a. heterotrof
b. autotrof
c. dekomposer
d. herbivora
34. Tempat tinggal
makhluk hidup untuk melangsungkan hidupnya secara normal disebut ....
a. habitat
b. komunitas
c. populasi
d. ekosistem
35. Supaya tidak
terjadi banjir, kita dapat ….
a. menggunduli
hutan
b. membakar hutan
c. menanam pohon
penghijauan
d. menebang pohon
36. Berikut bukan merupakan
akibat membuang sampah ke sungai adalah ….
a. bencana banjir
b. aliran sungai
tidak lancar
c. sarang penyakit
d. air bersih
37. Berikut ini
yang termasuk dalam komponen biotik adalah ….
a. air
b. pasir
c. manusia
d. udara
38. Ekosistem alam
di darat dengan anggota terbanyak adalah ….
a. kebun
b. sawah
c. hutan
d. danau
39. Berikut yang
termasuk ke dalam ekosistem buatan adalah ....
a. danau
b. laut
c. sungai
d. kebun
40. Asap kendaraan
bermotor dan cerobong asap pabrik dapat mencemari ....
a. laut
b. udara
c. air
d. darat
II. Isilah
titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
1. Pemantulan
teratur terjadi apabila cahaya mengenai benda yang permukaannya ….
2. Cermin yang permukaan mengilapnya melengkung ke dalam atau konkaf dinamakan …
3. Gangguan mata yang umumnya terjadi pada orang berusia lanjut adalah …
4. Bagian telinga yang berfungsi untuk menerima dan menyampaikan getaran adalah …
5. Bunyi yang frekuensinya di atas 20.000 Hz yang dapat ditangkap oleh kelelawar dan lumba-lumba dinamakan bunyi …
5. Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan dalam suatu ekosistem dinamakan
6. Pola interaksi yang tidak saling mengganggu, tidak saling merugikan, maupun tidak saling menguntungkan dinamakan ……
7. Tali putri yang menempel pada tumbuhan inang merupakan contoh simbiosis ……
8. Hubungan antarmakhluk hidup yang saling menguntungkan disebut …
9. Sumber energi utama di bumi ini adalah …
10. Lingkungan
yang terdiri atas benda-benda tidak hidup, misalnya air, batu, pasir, udara,
cahaya
matahari, dan tanah dinamakan ……
III. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Jelaskan pengelompokan benda berdasarkan kemampuan cahaya dalam menembus benda!
2. Bagaimanakah tahapan proses sehingga suatu benda dapat dilihat oleh mata?
3. Cermin datar sering dimanfaatkan sebagai cermin. Coba jelaskan mengapa cermin tidak menggunakan cermin cembung atau cekung !
4. Jelaskan yang dimaksud dengan individu dan berikan contohnya !
5. Jelaskan pengertian jaring jaring makanan dan berikan contohnya !
1. a. maya, tegak,
diperkecil
2. c. bayangan
nyata
3. a. pembiasan
cahaya
4. b. berbeda
5. b. berkas
cahaya yang dibalikkan
6. a. cekung
7. d. pembiasan
cahaya
6. c. (2) dan (3)
9. a. normal
10. b. dibiaskan menjauhi
garis normal
11. d. (3) dan (4)
12. a. sama
13. b. lampu
penerang kendaraan bermotor
14. a. rambatan
cahaya matahari lurus ketika melewati genting kaca
15. b. bunyi
merambat melalui ruang hampa
16. d. perambatan
17. b. benda padat
dan air
18. a. udara
19. c. nada
20. b. gaung
21. a. I
22. b. dapat
mengolah makanannya sendiri
23. a. rantai
makanan
24. a. tumbuhan
25. d. pengurai
26. c. katak
27. b.
jaring-jaring makanan
28. c. ekologi
29. c. padi →
belalang → katak→ ular → elang
30. d. bakteri dan
jamur
31. b. karnivora
32. c. anjing,
kucing, harimau
33. b. autotrof
34. a. habitat
35. c. menanam
pohon penghijauan
36. d. air bersih
37. c. manusia
38. c. hutan
39. d. kebun
40. b. udara
Kunci Jawaban Room
II
1. halus dan rata
2. cermin cekung
3. presbiopi
4. gendang telinga
5. ultrasonik
5. jaring-jaring
makanan
6. simbiosis
netralisme
7. parasitisme
8. simbiosis
mutualisme
9. Matahari
10. abiotik
1. Pengelompokan
benda berdasarkan kemampuan cahaya menembus benda dapat dilakukan dalam tiga
kelompok utama, yaitu benda transparan, benda semi transparan (translusen), dan
benda tidak tembus cahaya (opak)
2. Tahapan proses
sehingga benda dapat dilihat oleh mata dimulai ketika objek atau benda
memantulkan cahaya yang masuk ke mata dan diterima oleh kornea, pupil, lensa,
lalu dipusatkan pada retina.
3. Karena sifat
bayangan yang dibentuk oleh cermin datar adalah maya, tegak, sama besar.
4. Individu adalah
satuan makhluk hidup tunggal contohnya manusia
5. Jaring jaring
makanan adalah sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan dalam suatu
ekosistem. Contoh jaring-Jaring makanan di darat, laut, sawah, dan hutan
Komentar
Posting Komentar