23-04-2025
Rabu, 23 April 2025
IPAS
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5A
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Baiklah anak-anak semua,sebelum kita masuk ke materi kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan belajar mapel IPAS materi perjuangan rakyat Indonesia melawan Jepang
IPAS
Tujuan pembelajaran : peserta didik dapat menceritakan perjuangan rakyat Indonesia melawan Jepang
Media pembelajaran : buku cetak IPAS, video penjajahan Jepang
Metode pembelajaran : ceramah dan diskusi
Perjuangan Rakyat Indonesia Melawan Jepang
Latar Belakang Penjajahan Jepang di Indonesia
Jepang masuk ke Indonesia pada tahun 1942 setelah mengalahkan Belanda dalam Perang Asia Timur Raya.
Awalnya, Jepang diterima baik oleh rakyat Indonesia karena mengaku sebagai "saudara tua" yang akan membebaskan Asia dari penjajahan Barat.
Namun, kenyataannya Jepang juga melakukan penindasan, kerja paksa (romusha), dan eksploitasi sumber daya.
Bentuk-Bentuk Penindasan Jepang
Romusha: Kerja paksa tanpa upah, banyak rakyat menderita dan meninggal.
Sistem tanam paksa: Rakyat dipaksa menyerahkan hasil pertanian untuk Jepang.
Pencabutan kebebasan berpendapat dan sensor media.
Militerisasi rakyat: Anak-anak muda dilatih untuk kepentingan perang Jepang.
Perlawanan Rakyat Indonesia
Perlawanan terhadap Jepang dilakukan dengan cara:
1. Perlawanan Fisik/Bersenjata
Perlawanan PETA (Pembela Tanah Air)
Contoh: Pemberontakan PETA di Blitar (1945) yang dipimpin oleh Sudirman dan Supriyadi.
Perlawanan lokal
Contoh:
Perlawanan rakyat Aceh
Perlawanan di Indramayu, Singaparna, dan lainnya.
2. Perlawanan Non-Fisik
Gerakan bawah tanah yang dilakukan oleh para tokoh nasionalis, seperti Sutan Sjahrir dan Amir Sjarifuddin.
Pendidikan dan penyuluhan secara diam-diam untuk membangkitkan semangat kemerdekaan.
Peran Organisasi dan Tokoh
PETA dan Heiho: organisasi militer buatan Jepang, namun banyak anggotanya yang kelak berjuang untuk kemerdekaan.
Tokoh penting:
Supriyadi: Tokoh pemberontakan PETA.
Sudirman: Pemimpin militer yang kemudian jadi Panglima Besar TNI.
Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta: dimanfaatkan Jepang untuk menarik simpati rakyat, tapi mereka juga menyiapkan kemerdekaan.
Akhir Penjajahan Jepang
Jepang menyerah kepada Sekutu pada 15 Agustus 1945 setelah bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.
Kesempatan ini dimanfaatkan oleh tokoh nasional untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.
LATIHAN IPAS Perjuangan
rakyat Indonesia dalam melawan Jepang
- Pendudukan
Jepang di Indonesia terjadi pada tahun...
a. 1942 b. 1943 c.
1944 d. 1945
- Salah
satu alasan utama Jepang menduduki Indonesia adalah...
a. Menyebarkan agama Shinto b. Mencari
sumber daya alam untuk perang
c.
Membangun pangkalan militer untuk sekutu d. Memajukan pendidikan bangsa
Indonesia
- Organisasi semi militer yang dibentuk Jepang dan beranggotakan pemuda Indonesia adalah... a. PETA b. Heiho c. Keibodan d. Seinendan
- Tujuan
utama Jepang membentuk organisasi-organisasi semi militer di Indonesia
adalah...
a. Melatih pemuda untuk memerdekakan Indonesia
b. Mempersiapkan kemerdekaan di masa depan
c. Memanfaatkan tenaga pemuda untuk kepentingan perang Jepang
d. Memberikan pendidikan militer kepada rakyat
- Perlawanan
rakyat Singaparna di Jawa Barat dipimpin oleh..
a.
Supriyadi b. Kartosuwiryo c.
K.H. Zaenal Mustofa d. Sutan Syahrir
- Salah
satu bentuk perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang adalah...
a.
Mendukung penuh kebijakan Jepang
b. Menyerahkan semua hasil bumi kepada Jepang
c. Melakukan sabotase dan
perlawanan bersenjata
d. Bekerja sama dengan sekutu
untuk melawan Jepang
- Romusha
adalah istilah untuk...
a. Tentara sukarela Indonesia b. Pekerja paksa pada
masa pendudukan Jepang
c. Organisasi pemuda bentukan
Jepang d. Pejuang kemerdekaan
Indonesia
- Dampak
negatif dari kebijakan Romusha bagi bangsa Indonesia adalah...
a. Meningkatnya kesejahteraan rakyat
b. Banyak rakyat yang meninggal karena kerja paksa
c. Rakyat Indonesia menjadi lebih disiplin
d. Terjalin hubungan baik
dengan Jepang
- Jepang
menyerah kepada Sekutu pada tanggal...
a. 6 Agustus 1945 b. 9 Agustus
1945 c. 15 Agustus 1945 d. 17 Agustus 1945
- Peristiwa
pengeboman kota Hiroshima dan Nagasaki oleh Sekutu mempercepat...
a. Pembentukan BPUPKI b.
Kedatangan tentara Sekutu ke Indonesia
c. Penyerahan tanpa syarat Jepang
kepada Sekutu d. Proklamasi kemerdekaan Indonesia
Refleksi Kegiatan Pembelajaran hari ini
Refleksi kegiatan hari ini berjalan dengan lancar,sebagian besar peserta didik alhamdulillah menyelesaikan soal-soal perjuangan rakyat Indonesia dalam melawan penjajah
Dokumentasi kegiatan hari ini
Komentar
Posting Komentar