29-04-2025

 SELASA, 29 April  2025

  MATEMATIKA, Pendididkan PANCASILA dan IPAS

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 Baiklah anak-anak semua,sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan  belajar mapel  Matematika materi bangun ruang tabung dan prisma

Mapel : Matematika 

Tujuan pembelajaran : peserta didik enghitung volume dan luas permukaan tabung serta prisma dari soal kontekstual.Menerapkan konsep tabung dan prisma dalam kehidupan sehari-hari.
Media pembelajaran Menghitung volume dan luas permukaan tabung serta prisma dari soal kontekstual.Menerapkan konsep tabung dan prisma dalam kehidupan sehari-hari.
Metode pembelajaran : Penugasan individu dan kelompok: Menghitung volume dan luas permukaan.Problem Based Learning (PBL): Siswa diberi kasus nyata (misalnya menghitung volume kaleng atau kotak makanan).

Bangun Ruang tabung 


Rumus 
Tabung adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki dua alas berbentuk lingkaran yang kongruen (sama besar) dan sejajar, serta satu sisi lengkung yang menyelimutinya (disebut selimut tabung).

1. Volume Tabung

Keterangan:

  • = jari-jari alas

  • = tinggi tabung

  • (pi) ≈ 3,14 atau

2. Luas Permukaan Tabung

Atau bisa ditulis:

Keterangan:

  • = luas dua lingkaran (alas dan tutup)

  • = luas selimut tabung

Berikut 5 soal tentang volume dan luas permukaan tabung 

Soal 1 (Volume):

Sebuah tabung memiliki jari-jari alas 7 cm dan tinggi 10 cm. Hitunglah volume tabung tersebut!
(Gunakan π = 22/7)

Soal 2 (Luas Permukaan):

Sebuah tabung memiliki jari-jari 5 cm dan tinggi 12 cm. Hitunglah luas permukaan tabung!
(Gunakan π = 3,14)

Soal 3 (Volume):

Sebuah kaleng berbentuk tabung memiliki diameter 14 cm dan tinggi 20 cm. Hitunglah volume kaleng tersebut!
(Gunakan π = 22/7)

Soal 4 (Luas Permukaan):

Sebuah drum berbentuk tabung memiliki jari-jari 10 cm dan tinggi 25 cm. Hitunglah luas permukaan drum tersebut!
(Gunakan π = 3,14)

Soal 5 (Gabungan):

Sebuah tabung memiliki diameter 12 cm dan tinggi 15 cm. Hitunglah:
a. Volume tabung
b. Luas permukaan tabung
(Gunakan π = 3,14)

Bangun ruas prisma


Rumus 
Prisma adalah bangun ruang (tiga dimensi) yang terbentuk dari dua bangun datar yang sama dan sejajar sebagai alas dan tutup, serta sisi-sisi tegak berbentuk persegi panjang.

1. Prisma Segitiga

Volume:

(a = alas segitiga, t = tinggi segitiga, T = tinggi prisma)

Luamuk

2. Prisma Segi Empat (Balok atau Kubus)

Balok:

Volume:

Luas Permukaan:

Kubus (semua sisi sama panjang s):

Volume:

Luas Permukaan:


3.Prisma Segi Lima (Prisma Beraturan)

Volume:

Luas Permukaan:

Berikut 2 soal tentang volume dan luas permukaan prisma 

Soal 1: Volume Prisma Segitiga

Sebuah prisma memiliki alas berbentuk segitiga dengan panjang alas 6 cm dan tinggi segitiga 4 cm. Tinggi prisma adalah 10 cm.
Hitunglah volume prisma tersebut!

Jawaban:

Rumus volume prisma:

Luas alas segitiga:

Volume:

Jadi, volume prisma adalah 120 cm³.

Soal 2: Luas Permukaan Prisma Segitiga

Sebuah prisma segitiga memiliki alas segitiga dengan sisi-sisi 5 cm, 6 cm, dan 7 cm, serta tinggi segitiga 4 cm. Tinggi prisma adalah 8 cm.
Hitunglah luas permukaan prisma!

Jawaban:

  1. Luas alas segitiga:

  1. Keliling alas:

  1. Luas permukaan prisma:

Jadi, luas permukaan prisma adalah 168 cm².

Berikut adalah 5 soal tentang volume dan luas permukaan prisma


Soal 1: Volume Prisma Segitiga

Sebuah prisma segitiga memiliki alas berbentuk segitiga dengan panjang alas 10 cm dan tinggi segitiga 6 cm. Tinggi prisma 15 cm.
Hitunglah volume prisma!

Jawaban:


Soal 2: Luas Permukaan Prisma Segitiga

Diketahui sebuah prisma segitiga memiliki sisi-sisi alas 6 cm, 8 cm, dan 10 cm, serta tinggi segitiga 4.8 cm. Tinggi prisma 12 cm.
Hitunglah luas permukaan prisma!


Soal 3: Volume Prisma Segi Empat (Balok)

Sebuah prisma segi empat memiliki panjang 12 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 10 cm.
Hitunglah volume prisma!

Jawaban:

Soal 4: Luas Permukaan Prisma Segi Empat

Diketahui panjang = 8 cm, lebar = 6 cm, dan tinggi = 4 cm.
Hitunglah luas permukaan prisma (balok)!

Mapel : Pendidikan pancasila 

1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
a. Menjelaskan pengertian gotong royong dengan bahasa sendiri.
b. Mengidentifikasi contoh kegiatan gotong royong di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
c. Menunjukkan sikap positif terhadap nilai-nilai gotong royong dalam kehidupan sehari-hari.
d. Bekerja sama dalam diskusi kelompok untuk menyusun laporan sederhana tentang praktik gotong royong.

2. Media Pembelajaran

a. Gambar atau video pendek tentang kegiatan gotong royong (di sekolah, desa, kota).


b. Lembar kerja siswa (LKS) berisi pertanyaan pemantik diskusi dan tugas kelompok.
c. Kartu peran atau cerita bergambar untuk simulasi kegiatan gotong royong.
d. Papan tulis dan spidol untuk mencatat hasil diskusi.
e. Kertas plano atau karton warna untuk presentasi hasil diskusi.

3. Metode Pembelajaran: Diskusi Kelompok

Langkah-langkah:

  1. Pembukaan: Guru memulai dengan apersepsi dan menayangkan video/gambar kegiatan gotong royong.

  2. Eksplorasi: Siswa diajak berdiskusi dalam kelompok kecil (4-5 orang) membahas manfaat dan contoh gotong royong.

  3. Elaborasi:

    • Setiap kelompok mengisi LKS berdasarkan hasil diskusi.

    • Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.

  4. Konfirmasi: Guru memberikan umpan balik, meluruskan pemahaman jika ada yang kurang tepat.

  5. Penutup: Refleksi nilai gotong royong dan tugas mandiri di rumah 

Mapel : Ipas 

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menyebutkan beberapa tokoh perjuangan Indonesia melawan penjajah.

  2. Menjelaskan peran masing-masing tokoh dalam memperjuangkan kemerdekaan.

  3. Menunjukkan sikap menghargai jasa para pahlawan nasional.

  4. Mengidentifikasi tokoh-tokoh berdasarkan daerah atau latar perjuangannya..                        Metode Pembelajaran

  • Ceramah Interaktif: Guru menjelaskan materi sambil berdialog dengan siswa.

  • Diskusi Kelompok: Siswa dibagi menjadi kelompok untuk membahas tokoh tertentu.

  • Presentasi: Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi..  Media Pembelajaran

  • Gambar/foto tokoh perjuangan

  • Video dokumenter singkat (YouTube atau bahan guru)

  • Peta Indonesia (untuk menunjukkan daerah asal tokoh)

  • PowerPoint materi tokoh-tokoh nasional

  • LKS (Lembar Kerja Siswa)                    Soal dan Jawaban (Pilihan Ganda & Isian Singkat)

  • Berikut materi tentang tokoh-tokoh perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah Tokoh-Tokoh Perjuangan Melawan Penjajah

    1. Pangeran Diponegoro

    • Asal: Yogyakarta (Kesultanan Yogyakarta)

    • Melawan: Belanda

    • Peristiwa penting: Perang Diponegoro (1825–1830)

    • Alasan berjuang: Menolak campur tangan Belanda dalam urusan keraton dan pajak yang memberatkan rakyat.

    • Akhir perjuangan: Ditangkap Belanda secara licik saat perundingan dan diasingkan ke Makassar.

    2. Tuanku Imam Bonjol

    • Asal: Sumatera Barat

    • Melawan: Belanda

    • Peristiwa penting: Perang Padri (1803–1837)

    • Alasan berjuang: Awalnya untuk memperbaiki adat masyarakat Minangkabau, kemudian melawan Belanda yang ikut campur.

    • Akhir perjuangan: Ditangkap dan dibuang ke Manado.

    3. Cut Nyak Dien

    • Asal: Aceh

    • Melawan: Belanda

    • Peristiwa penting: Perang Aceh (dimulai sejak 1873)

    • Alasan berjuang: Melanjutkan perjuangan suaminya, Teuku Umar, yang gugur dalam pertempuran.

    • Akhir perjuangan: Ditangkap dan diasingkan ke Sumedang.

    4. Sultan Hasanuddin

    • Asal: Makassar, Sulawesi Selatan

    • Melawan: Belanda (VOC)

    • Peristiwa penting: Perang Makassar (1666–1669)

    • Julukan: Ayam Jantan dari Timur

    • Akhir perjuangan: Dipaksa menandatangani Perjanjian Bongaya.

    5. Pattimura (Thomas Matulessy)

    • Asal: Maluku

    • Melawan: Belanda

    • Peristiwa penting: Perang di Saparua (1817)

    • Alasan berjuang: Menolak ketidakadilan dan penindasan Belanda terhadap rakyat Maluku.

    • Akhir perjuangan: Ditangkap dan dihukum gantung oleh Belanda.                             Catatan untuk siswa: Para tokoh ini berjuang dengan semangat cinta tanah air dan ingin membebaskan rakyat dari penjajahan. Kita patut meneladani keberanian dan pengorbanan mereka. 

Pilihan Ganda (5 soal)

  1. Tokoh perjuangan dari Aceh yang terkenal dengan semangat juangnya adalah...
    a. Pangeran Diponegoro
    b. Cut Nyak Dien
    c. Tuanku Imam Bonjol
    d. R.A. Kartini
    Jawaban: 

  2. Pangeran Diponegoro berjuang melawan penjajah di daerah...
    a. Sulawesi
    b. Kalimantan
    c. Jawa Tengah
    d. Bali
    Jawaban: 

  3. R.A. Kartini dikenal sebagai pelopor...
    a. Perjuangan kemerdekaan
    b. Pendidikan perempuan
    c. Perang gerilya
    d. Politik luar negeri
    Jawaban: 

  4. Tuanku Imam Bonjol memimpin perang Padri melawan penjajah di daerah...
    a. Sumatra Barat
    b. Jawa Timur
    c. Maluku
    d. Papua
    Jawaban: 

  5. Tokoh yang dikenal sebagai "Bung Tomo" berperan besar dalam peristiwa...
    a. Proklamasi
    b. Kongres Pemuda
    c. Pertempuran Surabaya
    d. Sumpah Pemuda
    Jawaban: 


Isian Singkat (5 soal)
6. Cut Nyak Dien adalah pahlawan perempuan dari daerah...
Jawaban: 

  1. Perjuangan Pangeran Diponegoro dikenal dengan nama...
    Jawaban: 

  2. Tokoh yang memperjuangkan hak-hak wanita melalui tulisan dan pendidikan adalah...
    Jawaban: 

  3. Pertempuran Surabaya terjadi pada tanggal...
    Jawaban: 

  4. Tuanku Imam Bonjol dikenal sebagai pemimpin perang...
    Jawaban: 

  5. Baiklah anak-anak hebat ibu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik. Jangan lupa laksanakan shalat lima waktu dan hapalan-hapalan surat pendek di rumah .Ibu guru akhiri wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

  6. Refleksi kegiatan hari ini alhamdulillah berjalan lancar peserta didik  sebagian besar dapat memahami rumus volume bangun ruang tabung,prisma dan limas,serta mampu menyelesaikan soal soal pendidikan pancasila dan ipas dengan baik. 

  7. Dokumentasi pembelajaran hari ini











Komentar

Postingan Populer