09-04-2025

 Rabu, 09 April 2025

  P-5 dan IPAS

 


Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Ibu guru mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin semoga kita semua saling memaafkan dan lebih menambah keimanan kita semua. 

Baiklah sholih sholiha sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk anak Indonesia hebat

Selanjutnya kita akan mengerjakan latihan- latihan soal  P5 pembuatan Tapis Lampung 

Tujuan pembelajaran : Peserta didik dapat menjawab dan mengerjakan latihan- latihan soal dengan benar 

Media pembelajaran : Proyektor LCD, Latihan-latihan soal 

Metode pembelajaran : Tertulis dan tanya jawab 

  1. Apa yang dimaksud dengan tapis Lampung? a) Kain tradisional dari Bali
    b) Tarian tradisional Lampung
    c) Kain yang dihiasi dengan benang emas dan perak
    d) Alat musik tradisional Lampung

  2. Tapis Lampung biasanya digunakan oleh masyarakat Lampung pada acara apa? a) Pernikahan
    b) Hari Kemerdekaan
    c) Ulang tahun
    d) Pesta rakyat

  3. Apa bahan utama yang digunakan untuk membuat tapis Lampung? a) Kain katun
    b) Kain tenun
    c) Kain sutra dan benang emas/perak
    d) Kain brokat

  4. Tapis Lampung berasal dari suku apa? a) Suku Batak
    b) Suku Lampung
    c) Suku Minangkabau
    d) Suku Bugis

  5. Apa warna dominan yang sering ditemukan pada tapis Lampung? a) Hitam dan putih
    b) Merah dan emas
    c) Biru dan hijau
    d) Kuning dan merah

  6. Bagaimana proses pembuatan tapis Lampung? a) Menenun dan dihiasi dengan benang emas dan perak
    b) Membordir dengan benang warna-warni
    c) Melukis dengan cat minyak
    d) Menjahit kain secara manual

  7. Tapis Lampung umumnya dipakai oleh siapa? a) Hanya oleh laki-laki
    b) Hanya oleh perempuan
    c) Baik laki-laki maupun perempuan
    d) Hanya oleh raja dan ratu

  8. Motif pada tapis Lampung biasanya menggambarkan? a) Kehidupan sehari-hari
    b) Alam dan flora
    c) Kekayaan alam Lampung
    d) Kehidupan hewan

  9. Tapis Lampung digunakan sebagai simbol apa dalam masyarakat Lampung? a) Kekayaan dan kemakmuran
    b) Kesederhanaan
    c) Kemerdekaan
    d) Pendidikan

  10. Apa yang membedakan tapis Lampung dengan kain adat dari daerah lain? a) Bentuk dan ukuran
    b) Penggunaan benang emas dan perak
    c) Warna yang lebih terang
    d) Pola yang lebih rumit

  11. Apa nama teknik yang digunakan untuk membuat tapis Lampung? a) Tenun ikat
    b) Tenun songket
    c) Tenun tapis
    d) Tenun bordir

  12. Kapan biasanya tapis Lampung dikenakan oleh perempuan? a) Saat bepergian ke luar kota
    b) Saat menghadiri acara adat atau pesta
    c) Saat bekerja di sawah
    d) Saat berbelanja

  13. Motif "Gajah Mandi" pada tapis Lampung melambangkan apa? a) Kekuatan dan keberanian
    b) Kehidupan alam
    c) Kemakmuran dan kedamaian
    d) Kecantikan dan keanggunan

  14. Apa yang membuat tapis Lampung menjadi warisan budaya yang penting? a) Karena dibuat dengan mesin
    b) Karena melibatkan keterampilan tangan yang tinggi
    c) Karena warnanya yang cerah
    d) Karena mudah dibuat

  15. Apakah tapis Lampung hanya ditemukan di Lampung? a) Ya, hanya di Lampung
    b) Tidak, juga ditemukan di Sumatra lainnya
    c) Tidak, tetapi lebih sering ditemukan di Jawa
    d) Tidak, tapi ditemukan di seluruh Indonesia

Mata pelajaran Ipas 

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa dapat memahami keberagaman alam dan budaya di Indonesia.
  2. Siswa dapat menjelaskan pentingnya menjaga kekayaan alam Indonesia.
  3.  Siswa dapat mengerjakan latihan- latihan soal Ipas 

Media Pembelajaran:

  1. Buku teks - Sebagai bahan referensi utama dalam pembelajaran.
  2. Peta Indonesia - Untuk memvisualisasikan letak geografis dan sumber daya alam Indonesia.
  3. Gambar atau video - Menampilkan kekayaan alam dan budaya Indonesia.

Metode Pembelajaran:

  1. Diskusi Kelompok - Siswa akan berdiskusi dalam kelompok untuk berbagi pengetahuan tentang kekayaan Indonesia.
  2. Tanya jawab - Mengajak siswa untuk aktif bertanya dan menjawab soal yang berkaitan dengan materi.

🌼 IPAS 🌼

 

Soal IPAS beserta pembahasanya


1. Sebagian besar permukaan bumi tertutup oleh lautan. Ilmu tentang kelautan dikaji dalam ilmu ….
a. hidrologi
b. meteorologi
c. oseanografi
d. geologi

2. Gas yang volumenya paling besar dalam atmosfer adalah ….
a. oksigen
b. nitrogen
c. argon
d. karbondioksida

3. Lapisan atmosfer yang dapat memantulkan gelombang radio adalah ….
a. mesosfer
b. stratosfer
c. troposfer
d. termosfer

4. Batuannya berwarna abu-abu, sering digunakan untuk menggosok kayu, dan ringan. Nama batuan yang sesuai dengan ciri-ciri tersebut di atas yaitu batu ....
a. granit
b. basal
c. apung
d. andesit

5. Jenis batuan yang digunakan untuk membuat ubin yaitu ….
a. batu andesit 
b. batu marmer
c. batu obsidian
d. batu apung

6. Fungsi peta dalam merencanakan pembangunan wilayah adalah ...
a. Peta memberikan gambaran umum suatu wilayah
b. Peta membantu menentukan arah perjalanan
c. Peta digunakan untuk merencanakan lokasi pembangunan infrastruktur
d. Peta digunakan untuk menunjukkan cuaca wilayah tersebut


7. Berikut iniadalah  fungsipeta  kecuali  ….                                                                                 a. Menggambarkan bentuk muka bumi seperti pesisir, kota, dan bentuk sungai
b. Menunjukkan letak dan posisi
c. Menunjukkan luas dan jarak
d,Untuk media informasi dalam berbagai keperluan.

 

Skala pada peta berperan dalam ...
a. Menggambarkan luas wilayah secara akurat
b. Menyatakan hubungan antara jarak di peta dengan jarak sesungguhnya
c. Menentukan simbol pada peta
d. Menunjukkan topografi suatu daerah


9. Perhatikan beberapa danau berikut ini!
(1) Danau Poso.
(2) Danau Kerinci.
(3) Danau Singkarak.
(4) Danau Ontario.
Contoh danau tektonik ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)

10. Lapisan ozon diperlukan untuk melindung Bumi dari radiasi sinar ultraviolet. Lapisan ozon ini terdapat pada ....
a. termosfer
b. mesosfer
c. troposfer
d. stratosfer

11. Perhatikan lapisan-lapisan pada atmosfer berikut!
(1) Eksosfer.
(2) Mesosfer.
(3) Troposfer.
(4) Stratosfer.
(5) Termosfer.
Urutan lapisan atmosfer dari yang paling dekat dengan bumi adalah ....
a. (1)-(2)-(4)-(5)-(3)
b. (3)-(4)-(2)-(1)-(5) 
c. (3)-(4)-(2)-(5)-(1)
d. (4)-(5)-(2)-(1)-(3)

12. Lapisan ozon dapat mengalami terganggu konsentrasinya karena adanya gangguan gas yang mampu memecah molekul ozon di atmosfer. Gas yang dapat merusak lapisan slinarione ozon tersebut adalah ....
a. CFC
b. CO₂
c. NH3
d. CO

13. Perhatikan unsur-unsur berikut ini!
(1) Suhu udara
(2) Kelembapan udara
(3) Angin
(4) Curah hujan
(5) Iklim
Unsur-unsur cuaca ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1), (2), (3), (4), (5)
b. (1), (2), (3), (4)
c. (1), (2), (3), (5)
d. (1), (2), (3), (5)

14. Gempa bumi vulkanik terjadi karena ....
a. pergeseran kerak bumi
b. letusan gunung api
c. runtuhnya tanah
d. patahan kerak bumi

15. Wilayah Indonesia barat, terutama Aceh pernah diterjang bencana tsunami hebat yang menghancurkan berbagai bangunan.
Tsunami tersebut disebabkan oleh ....
a. tanah longsor
b. pasang air laut
c. gempa bawah laut
d. letusan gunung laut

16. Setelah terjadinya tsunami yang melanda Aceh, pemerintah berusaha memberikan peringatan sedini mungkin untuk mencegah timbulnya korban jiwa. Salah satu upaya tersebut dilakukan dengan penggunaan ....
a. seismograf
b. tsunami detection
c. early warning system
d. volcano warning system

17. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut !
(1) Terjadi gempa vulkanik
(2) Pusat gempa ada di dasar laut
(3) Kedalaman gempa maksimal 33 km
(4) Kekuatan gempa minimal 6,5 skala Richter
Hal-hal yang menyebabkan terjadinya gelombang tsunami adalah ….
a. (1), (2), dan (3)
b. (2), (3), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (1) dan (3)
yang mampu memecah molekul ozon di atmosfer. Gas yang dapat merusak lapisan slinarione ozon tersebut adalah ....
a. CFC
b. CO₂
c. NH3
d. CO


18. Tindakan yang dilakukan ketika gunung berapi berstatus siaga adalah ....
a. sosialisasi di wilayah terancam
b. penghentian aktivitas survei
c. survei
d. penilaian bahaya

19. Pernyataan berikut ini yang menyebabkan wilayah Indonesia sering terjadi gempa adalah ....
a. Kepulauan Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng utama dunia.
b. Kondisi hutan Indonesia yang makin berkurang akibat penebangan liar.
c. Indonesia memiliki gunung berapi aktif yang ada di tiga provinsi.
d. Banyaknya lahan hijau yang digunakan untuk pemukiman.

20. Salah satu penyebab terjadinya tanah longsor adalah ....
a. kebiasaan membuang sampah sembarangan
b. pembuangan limbah industri
c. penebangan hutan secara liar
d. pergeseran lempeng bumi
dan arus laut merupakan contoh sumber daya alam yang ….
a. dapat diperbarui
b. tidak dapat diperbarui
c. terbatas
d. cepat habis


II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
1. Awan, hujan, dan petir terdapat di atmosfer tepatnya di lapisan ……………
2. Batu marmer dan batu pualam merupakan contoh batuan …
3. Peristiwa gunung meletus, gempa bumi, dan tanah longsor sering terjadi di wilayah Indonesia. Hal itu merupakan contoh aspek geosfer pada lapisan ………
4. Jenis perairan darat yang berbentuk cekungan di daratan berisi air disebut ………
5. Pergeseran kerak bumi dapat menyebabkan terjadinya gempa. Jenis gempa yang dimaksud  adalah gempa  ……………….
6. Angin fohn yang melanda Deli Sumatra Utara adalah angin …………
7. Warna hijau pada peta merupakan simbol yang menunjukkan wilayah ………
8. Batas wilayah Indonesia di sebelah Selatan adalah ……….
9. Hutan Amazon adalah hutan hujan tropis terbesar di dunia. Hutan ini berada di Negara 
10. Terasering dibuat untuk mencegah terjadinya .......................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan hidrosfer?
Jawab : 

2. Lapisan ozon di stratosfer menyerap radiasi ultraviolet yang berbahaya dari matahari. Sebutkan
perilaku manusia yang dapat merusak atmosfer terutama lapisan ozon!
Jawab : 

3. Sebutkan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa gunung api akan meletus!
Jawab : 

4. Apa keuntungan letak geografis Indonesia? Jelaskan !
Jawab : 

5. Mengapa Indonesia dikenal sebagai negara agraris? Apa faktor yang mendukung ?
Jawab : 

Kunci Jawaban Room I

1. c. oseanografi
2. b. nitrogen
3. d. termosfer
4. c. apung
5. b. batu marmer
6. c. Peta digunakan untuk merencanakan lokasi pembangunan infrastruktu
7. c. Menunjukkan luas dan jarak
8. b.Menyatakan hubungan antara jarak di peta dengan jarak sesungguhnya
9. b. (1) dan (3)
10. d. stratosfer
11. c. (3)-(4)-(2)-(5)-(1)
12. a. CFC
13. b. (1), (2), (3), (4)
14. b. letusan gunung api
15. c. gempa bawah laut
16. c. early warning system
17. b. (2), (3), dan (4)
18. a. sosialisasi di wilayah terancam
19. a. Kepulauan Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng utama dunia.
20. c. penebangan hutan secara liar
21. a. arah
22. c. dataran tinggi
23. a. atlas
24. b. lokomotif
25. c. kopi, kelapa sawit, dan teh
26. b. tidak dapat diperbarui
27. b. cagar alam
28. b. jala
29. a. dapat diperbarui
30. b. Nusa Tenggara Timur

Kunci Jawaban Room II

1. troposfer
2. metamorf
3. litosfer
4. danau
5. tektonik
6. Bahorok 
7. dataran rendah
8. Timor Leste, Australia, dan Samudera Hindia
9. Brazil
10. erosi tanah

Kunci Jawaban Room III

1. Hidrosfer adalah lapisan air yang mengelilingi bumi
2. penggunaan kendaraan bermotor, penggundulan hutan, pencemaran dari gas CFC
3. suhu di sekitar kawah naik, sering terjadi gempa, terdengar suara gemuruh
4. Keuntungan letak geografis Indonesia adalah wilayah Indonesia sangat strategis sehingga dilalui jalur perdagangan dan pelayaran dunia.

5. Indonesia dikenal negara agraris dikarenakan sebagian besar penduduknya mempunyai mata pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam. Faktor yang mendukung adalah tanah yang subur, beriklim tropis sehingga mendapatkan sinar matahari yang cukup dengan intensitas curah hujan yang tinggi


Refleksi Kegiatan Pembelajaran hari ini

Alhamdulillah kegitan pembelajaran hari ini sebagian besar peserta didik dapat menyelesaikan latihan P-5 dan Latihan materi IPAS, Namun ada beberapa peserta didik yang masih mendapat nilai di bawah kkm.

Dokumentasi kegiatan pembelajaran  hari ini




Komentar

Postingan Populer