22-04-2025
Selasa, 22 April 2025
Matematika. Pendidikan Pancasila dan IPAS
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5A
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Baiklah anak-anak semua,sebelum kita masuk ke materi kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan belajar materi Matematika materi volume balok dan kubus
MATEMATIKA🌼
Metode Pembeajaran : Demonstrasi
Media Pembelajaran : Karton Dan PPT
Kubus
- Pengertian:
- Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang sisi kongruen berbentuk persegi.
- Semua rusuk kubus memiliki panjang yang sama.
- Unsur-unsur:
- Memiliki 6 sisi berbentuk persegi yang sama luas.
- Memiliki 12 rusuk yang sama panjang.
- Memiliki 8 titik sudut.
- Rumus-rumus:
- Volume (V) = sisi x sisi x sisi (s³)
- Luas permukaan (L) = 6 x sisi x sisi (6s²)
Balok
- Pengertian:
- Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tiga pasang persegi atau persegi panjang dengan setidaknya satu pasang di antaranya berukuran berbeda.
- Balok memiliki sisi-sisi yang berhadapan sama luas.
- Unsur-unsur:
- Memiliki 6 sisi berbentuk persegi panjang (atau persegi).
- Memiliki 12 rusuk.
- Memiliki 8 titik sudut.
- Rumus-rumus:
- Volume (V) = panjang x lebar x tinggi (p x l x t)
- Luas Permukaan (L) = 2 x ((pxl) + (pxt) + (lxt))
Persamaan Kubus dan Balok
- Keduanya merupakan bangun ruang tiga dimensi.
- Keduanya memiliki 6 sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut.
Perbedaan Kubus dan Balok
- Sisi kubus selalu berbentuk persegi, sedangkan sisi balok dapat berbentuk persegi panjang.
- Semua rusuk kubus sama panjang, sedangkan rusuk balok tidak semuanya sama panjang.
💙Contoh soal dan pembahasannya
1. Sebuah balok yang mempunyai panjang 10 cm, lebar 8 cm dan tinggi 5 cm. Hitunglah volume balok tersebut!
Jawaban:
V = p x l x t
V = 10 x 8 x 5
V = 400 cm³
Jadi, volume balok tersebut adalah 400 cm³
2. Sebuah bak mandi berbentuk balok dengan panjang 100 cm, lebar 60 cm dan tinggi 80 cm. Berapa liter volume air yang dibutuhkan untuk mengisi 2/3 bak mandi tersebut?
Jawaban:
Volume bak mandi = p x l x t
Volume bak mandi = 100 x 60 x 80
Volume bak mandi = 480.000 cm³ = 480 dm³ = 480 liter3.
3 Sebuah balok berukuran panjang 14 cm, lebar 9 cm, dan tinggi 11 cm. Volume dan luas permukaan balok tersebut adalah
Pembahasan Soal Nomor 13
Diketahui p = 14 cm, l = 9 cm, t = 11 cm
Ditanyakan volume dan luas permukaan?
V = p x l x t
V = 14 x 9 x 11 = 1.386 cm³
L = 2 (p x l + p x t + l x t)
L = 2 (14 x 9 + 14 x 11 + 9 x 11)
L = 758 cm²
4.Diketahui sebuah kubus memiliki panjang rusuk 6 cm. Berapakah volume kubus tersebut?
Jawaban:
V = s x s x s
V = 6 x 6 x 6
V = 216 cm³
Jadi, volume sebuah kubus adalah 216 cm³ jika diketahui masing-masing rusuknya 6 cm.
5. Diketahui panjang rusuk sebuah kubus yaitu 4 cm. Berapakah luas permukaannya?
Jawaban:
P = 6 cm
L = 6 x s²
L = 6 x 4²
L = 6 x 16 = 96 cm².
Jadi, luas permukaan kubus tersebut adalah 96 cm
LATIHAN SOAL MATEMATIKA KUBUS dan BALOK
Soal 1:
Sebuah balok memiliki panjang 10 cm, lebar 4 cm, dan tinggi 5 cm. Berapakah volumenya?
Jawaban:
Soal 2:
Sebuah kubus memiliki panjang sisi 6 cm. Hitunglah volumenya.
Jawaban:
soal 3:
Volume sebuah balok adalah 360 cm³. Jika panjangnya 10 cm dan lebarnya 6 cm, berapa tingginya?
Jawaban:
Soal 4:
Diketahui sebuah kubus memiliki volume 512 cm³. Berapa panjang sisi kubus tersebut?
Jawaban:
Soal 5:
Balok memiliki ukuran panjang 15 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 2 cm. Hitunglah volumenya.
Jawaban:
Soal 6:
Sebuah kubus memiliki volume 1000 cm³. Berapa panjang sisi kubus?
Jawaban:
Soal 7:
Volume sebuah balok adalah 900 cm³. Jika tinggi dan lebar masing-masing 10 cm dan 5 cm, tentukan panjangnya.
Jawaban:
Soal 8:
Hitung volume kubus dengan sisi 12 cm.
Jawaban:
Soal 9:
Sebuah balok memiliki volume 1.200 cm³ dan uku1ran panjang 20 cm, tinggi 10 cm. Hitung lebarnya.
Jawaban:
Soal 10:
Kubus dengan panjang sisi 3,5 cm memiliki volume berapa?
Jawaban:
Mapel : Pendidikan Pancasila
Tujuan pembelajaran : peserta didik dapat memahami soal-soal gotong royong
Media pembelajaran : buku modul soal-soal latihan
Metode pembelajaran : tanya jawab.
Kerjakan latihan soal berikut dengan benar
Jelaskan pengertian gotong royong!
Mengapa gotong royong penting dalam kehidupan bermasyarakat?
Sebutkan tiga contoh kegiatan gotong royong di lingkungan sekolah!
Apa manfaat gotong royong bagi diri sendiri?
Bagaimana sikapmu jika ada teman yang tidak mau ikut gotong royong?
Apa yang terjadi jika masyarakat tidak mau gotong royong?
Sebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan gotong royong!
Ceritakan pengalamanmu saat ikut gotong royong di lingkungan rumah!
Bagaimana cara menumbuhkan semangat gotong royong di kalangan teman sebaya?
Apa perbedaan antara gotong royong dengan kerja bakti?
Mapel : Ipas
Tujuan pembelajaran : peserta didik dapat menceritakan perjuangan rakyat Indonesia melawan Jepang
Media pembelajaran : buku cetak ipas, video penjajahan Jepang
Metode pembelajaran : ceramah dan diskusi
Perjuangan Rakyat Indonesia Melawan Jepang
Latar Belakang Penjajahan Jepang di Indonesia
Jepang masuk ke Indonesia pada tahun 1942 setelah mengalahkan Belanda dalam Perang Asia Timur Raya.
Awalnya, Jepang diterima baik oleh rakyat Indonesia karena mengaku sebagai "saudara tua" yang akan membebaskan Asia dari penjajahan Barat.
Namun, kenyataannya Jepang juga melakukan penindasan, kerja paksa (romusha), dan eksploitasi sumber daya.
Bentuk-Bentuk Penindasan Jepang
Romusha: Kerja paksa tanpa upah, banyak rakyat menderita dan meninggal.
Sistem tanam paksa: Rakyat dipaksa menyerahkan hasil pertanian untuk Jepang.
Pencabutan kebebasan berpendapat dan sensor media.
Militerisasi rakyat: Anak-anak muda dilatih untuk kepentingan perang Jepang.
Perlawanan Rakyat Indonesia
Perlawanan terhadap Jepang dilakukan dengan cara:
1. Perlawanan Fisik/Bersenjata
Perlawanan PETA (Pembela Tanah Air)
Contoh: Pemberontakan PETA di Blitar (1945) yang dipimpin oleh Sudirman dan Supriyadi.
Perlawanan lokal
Contoh:
Perlawanan rakyat Aceh
Perlawanan di Indramayu, Singaparna, dan lainnya.
2. Perlawanan Non-Fisik
Gerakan bawah tanah yang dilakukan oleh para tokoh nasionalis, seperti Sutan Sjahrir dan Amir Sjarifuddin.
Pendidikan dan penyuluhan secara diam-diam untuk membangkitkan semangat kemerdekaan.
Peran Organisasi dan Tokoh
PETA dan Heiho: organisasi militer buatan Jepang, namun banyak anggotanya yang kelak berjuang untuk kemerdekaan.
Tokoh penting:
Supriyadi: Tokoh pemberontakan PETA.
Sudirman: Pemimpin militer yang kemudian jadi Panglima Besar TNI.
Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta: dimanfaatkan Jepang untuk menarik simpati rakyat, tapi mereka juga menyiapkan kemerdekaan.
Akhir Penjajahan Jepang
Jepang menyerah kepada Sekutu pada 15 Agustus 1945 setelah bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.
Kesempatan ini dimanfaatkan oleh tokoh nasional untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.
Kesimpulan
Perjuangan rakyat Indonesia melawan Jepang menunjukkan semangat dan tekad untuk merdeka, baik melalui senjata maupun strategi politik. Pengalaman pahit selama penjajahan justru mempersatukan rakyat menuju kemerdekaan.
Refleksi Kegiatan Pembelajaran hari ini
Refleksi kegiatan hari ini berjalan dengan lancar,sebagian besar peserta didik alhamdulillah dapat menyelesaikan soal-soal volume balok dan kubus dan dapt perjuangan rakyat Indonesia salam melawan penjaja.
Dokumentasi kegiatan hari ini
Komentar
Posting Komentar