15-05-2015

 Kamis, 15 Mei 2025

   Matematika dan Seni Rupa

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelum belajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah surat-surat pendek.

Sebelum kita masuk ke.materi selanjutnya kita nyanyian 7 kebiasaan anak Indonesia hebat ya.

Baiklah anak-anak semua,hari ini Ibu akan memberikan materi matematika  pengolahan  data.

Mapel.Matematika

Tujuan Pembelajaran: Menjelaskan pengertian modus, mean (rata-rata), dan median.

Menghitung nilai modus, mean, dan median dari data yang diberikan.

Media Pembelajaran:

  1. Lembar kerja siswa (LKS) berisi soal dan data.

  2. Kartu angka atau benda konkret untuk aktivitas mencari nilai modus/mean/median.

Metode Pembelajaran:

  1. Ceramah interaktif
    Guru menjelaskan konsep dasar modus, mean, dan median disertai tanya jawab singkat.

Materi Pengolahan Data: Modus, Mean, dan Median
1. Pengertian Data

Data adalah informasi yang dikumpulkan untuk dianalisis. Contoh data: nilai ulangan siswa, tinggi badan teman sekelas, atau jumlah buku yang dibaca.

2. Modus

Modus adalah data yang paling sering muncul
Contoh:
Nilai ulangan matematika:
70, 80, 80, 85, 90, 80, 85

Modus = 80, karena muncul paling banyak (3 kali).

3. Mean (Rata-rata)

Mean adalah jumlah seluruh data dibagi dengan banyaknya data

Rumus:

Contoh:
Nilai: 70, 80, 85, 90
Jumlah = 70 + 80 + 85 + 90 = 325
Banyak data = 4
Mean = 325 ÷ 4 = 81,25

4. Median (Nilai Tengah)

Median adalah  data yang letaknya di tengah setelah data diurutkan.

* Jika jumlah data ganjil, median adalah data di tengah.
* Jika jumlah data **genap**, median adalah rata-rata dua data di tengah.

Contoh 1 (Ganjil):
Data: 70, 80, 85
Median = 80 (karena di tengah)

Contoh 2 (Genap):
Data: 70, 80, 85, 90
Median = (80 + 85) ÷ 2 = 82,5

Latihan Soal

1. Temukan modus dari data berikut: 5, 7, 5, 8, 5, 9
2. Hitung mean dari data berikut: 10, 15, 20, 25
3. Tentukan median dari data berikut: 6, 9, 3, 7, 5 (urutkan dulu ya!)

Kerjakan dengan teliti ya
  1. Tujuan  Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan pengertian dan fungsi ragam hias dalam seni rupa.

  2. Mengidentifikasi jenis-jenis ragam hias (flora, fauna, geometris, dan figuratif).

  3. Membuat karya ragam hias dengan teknik dan media yang sesuai.

  4. Menunjukkan sikap kreatif dan teliti dalam berkarya seni.


Media Pembelajaran

  • Gambar contoh ragam hias dari berbagai daerah

  • Video pendek tentang proses pembuatan ragam hias

  • Alat dan bahan menggambar: kertas gambar, pensil, penghapus, pensil warna/spidol/krayon

  • Lembar kerja untuk latihan menggambar motif ragam hias


Metode Pembelajaran

  • Ceramah interaktif: Guru menjelaskan jenis dan contoh ragam hias sambil memancing pertanyaan.

  • Demonstrasi: Guru memperlihatkan cara membuat motif ragam hias secara langsung.

  • Tanya jawab: Melatih pemahaman konsep dan teknik siswa.

  • Latihan praktik: Siswa membuat karya ragam hias secara individu atau kelompok. 

Pilihan Ganda

  1. Ragam hias adalah...
    a. Gambar abstrak tanpa arti
    b. Hiasan untuk memperindah benda atau karya seni
    c. Coretan tidak bermakna
    d. Lukisan pemandangan

  2. Contoh ragam hias flora adalah...
    a. Burung
    b. Awan
    c. Bunga melati
    d. Ikan

  3. Motif ragam hias yang berbentuk hewan disebut...
    a. Flora
    b. Fauna
    c. Geometris
    d. Figuratif

  4. Ragam hias dapat ditemukan pada...
    a. Benda elektronik
    b. Benda hias dan kerajinan
    c. Alat berat
    d. Kendaraan umum

  5. Motif ragam hias geometris berbentuk...
    a. Daun dan bunga
    b. Lingkaran, segitiga, garis
    c. Hewan dan manusia
    d. Pemandangan 

  6. Penutup :Demikian materi hari ini Bu Guru sampaikan,Tetap semangat belajar dan beribadah anak-anak hebat 5A 🥰👍🏻 

  7. Refleksi pembelajaran hari ini.Alhamdulillah sebagian peserta didik dapat memahami  materi Pengolahan Data mean dan modus dan mengidentifikasi macam macam ragam hias

  8. Dokumentasi pembelajaran 






Komentar

Postingan Populer