20 -05-2025
Selasa, 20 Mei 2025
Matematika,Pendidikan Pancasila dan IPAS
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5A
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelum belajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.
Sebelum kita masuk ke.materi selanjutnya kita nyanyian 7 kebiasaan anak Indonesia hebat ya.
Baiklah anak-anak semua,hari ini Ibu akan memberikan materi Matematika dan Pendidikan Pancasila dan IPAS
MAPEL MATEMATIKA
Tujuan Pembelajaran :Peserta didik dapat mengurutkan dan membandingkan data banyak benda
Metode : Penyajian Data
Media Pembelajaran : PPT
Bab Utama: Pengolahan dan Penyajian Data
Pada semester ini, kalian akan belajar bagaimana cara mengumpulkan, mengorganisir, menyajikan, dan membaca data sederhana yang ada di sekitar kalian. Tujuannya adalah agar kalian bisa memahami informasi dari data tersebut dan menggunakannya untuk menjawab pertanyaan atau membuat kesimpulan.
Materi Pokok:
Pengumpulan Data:
- Mengenal berbagai cara pengumpulan data: Kalian akan belajar tentang metode sederhana untuk mengumpulkan informasi, seperti melakukan wawancara singkat, menyebar kuesioner sederhana (daftar pertanyaan), melakukan pengamatan langsung, atau mencatat data yang sudah ada (misalnya data tinggi badan teman di kelas).
- Memilih cara pengumpulan data yang sesuai: Kalian akan belajar kapan waktu yang tepat untuk menggunakan setiap metode pengumpulan data. Misalnya, untuk mengetahui makanan kesukaan teman sekelas, kuesioner atau wawancara lebih cocok daripada pengamatan.
Pengorganisasian Data:
- Membuat tabel sederhana: Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah mengorganisasikannya agar lebih mudah dibaca. Kalian akan belajar membuat tabel yang terdiri dari baris dan kolom untuk menyusun data yang kalian kumpulkan.
- Mengelompokkan data berdasarkan kategori: Kalian akan belajar mengelompokkan data yang memiliki kesamaan. Misalnya, mengelompokkan jenis buah yang disukai siswa menjadi kelompok buah mangga, kelompok buah jeruk, dan seterusnya.
Penyajian Data:
Mengenal berbagai bentuk penyajian data: Kalian akan belajar menyajikan data dalam bentuk yang lebih menarik dan mudah dipahami. Bentuk penyajian data yang akan dipelajari antara lain:
- Daftar: Menyajikan data secara urut dalam bentuk list.
- Tabel: Menyajikan data dalam baris dan kolom (seperti yang sudah dipelajari di pengorganisasian data).
- Diagram Gambar (Piktogram): Menyajikan data menggunakan gambar-gambar yang mewakili jumlah tertentu. Setiap gambar memiliki nilai yang sama.
- Diagram Batang Sederhana: Menyajikan data dalam bentuk batang-batang tegak atau mendatar dengan tinggi atau panjang yang menunjukkan jumlah atau frekuensi data.
Membuat diagram gambar dan diagram batang: Kalian akan belajar langkah-langkah membuat diagram gambar dan diagram batang sederhana berdasarkan data yang sudah dikumpulkan dan diorganisir. Kalian perlu menentukan skala yang tepat untuk diagram batang dan nilai yang sesuai untuk setiap gambar pada piktogram.
Membaca dan Menafsirkan Data:
- Membaca informasi dari tabel, diagram gambar, dan diagram batang: Kalian akan belajar cara membaca informasi yang terkandung dalam berbagai bentuk penyajian data. Misalnya, menentukan jumlah siswa yang menyukai warna tertentu dari diagram batang atau mengetahui jenis buah yang paling banyak disukai dari piktogram.
- Menjawab pertanyaan berdasarkan data yang disajikan: Kalian akan dilatih untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana berdasarkan data yang telah disajikan dalam bentuk tabel atau diagram.
- Membuat kesimpulan sederhana berdasarkan data: Kalian akan belajar membuat kesimpulan singkat berdasarkan informasi yang kalian peroleh dari data yang telah diolah dan disajikan.
Konsep Penting yang Perlu Dipahami:
- Data: Kumpulan informasi atau fakta.
- Frekuensi: Seberapa sering suatu nilai muncul dalam data.
- Kategori: Kelompok atau jenis data.
- Skala: Ukuran yang digunakan pada diagram batang untuk mewakili jumlah data.
- Nilai Simbol: Jumlah yang diwakili oleh setiap gambar pada piktogram.
Kegiatan Pembelajaran yang Mungkin Dilakukan:
- Mengumpulkan data tentang tinggi badan atau berat badan teman sekelas.
- Mencatat jenis kendaraan yang lewat di depan sekolah selama waktu tertentu.
- Melakukan survei tentang makanan atau minuman kesukaan di antara teman-teman.
- Membuat tabel dan berbagai jenis diagram dari data yang sudah dikumpulkan.
- Menganalisis diagram yang diberikan dan menjawab pertanyaan terkait data tersebut.
- Mempresentasikan hasil pengolahan data di depan kelas.
Semoga rangkuman ini membantu kalian dalam memahami materi pengolahan data di kelas 5 semester genap Kurikulum Merdeka! Selamat belajar!
Beberapa contoh perlawanan rakyat Indonesia pada masa penjajahan Jepang:
- Perlawanan di Cot Plieng, Aceh:
Dipimpin oleh Tengku Abdul Jalil, perlawanan ini terjadi karena rakyat Aceh menolak kewajiban untuk melakukan Seikerei (penghormatan kepada Kaisar Jepang), yang bertentangan dengan ajaran Islam.
- Perlawanan di Singaparna, Jawa Barat:
Dipicu oleh kebijakan Jepang yang dianggap tidak sesuai dengan ajaran Islam yang banyak diikuti oleh masyarakat setempat.
- Perlawanan di Indramayu:
Dipimpin oleh Haji Hasan, perlawanan ini terjadi akibat kekejaman tentara Jepang yang sering memukul dan membunuh masyarakat karena tidak mampu memenuhi setoran padi.
- Perlawanan di Kalimantan:
Rakyat Kalimantan, terutama suku Dayak, menolak perlakuan Jepang yang sewenang-wenang dan tidak berperikemanusiaan, termasuk sistem kerja paksa (romusha).
- Perlawanan di Biak, Papua:
Dipimpin oleh Syodanco Supriyadi, Syodanco Muradi, dan Dr. Ismail, perlawanan ini menggunakan strategi perang gerilya karena penduduk Biak tidak memiliki senjata yang cukup.
- Pemberontakan PETA di Blitar:
Perlawanan terbesar terhadap Jepang, dipicu oleh kekejaman dan kebijakan Jepang yang sewenang-wenang.
Penyebab Umum Perlawanan:
- Kebijakan Sewenang-wenang:
Jepang memaksakan rakyat untuk melakukan berbagai hal yang bertentangan dengan kebiasaan dan ajaran agama.
- Kekerasan dan Penganiayaan:
Tentara Jepang sering melakukan kekerasan fisik dan penganiayaan terhadap rakyat yang dianggap tidak patuh.
- Sistem Kerja Paksa (Romusha):
Jepang memaksa rakyat untuk bekerja di berbagai proyek dengan kondisi yang sangat buruk.
- Penghinaan Terhadap Kepercayaan dan Kebiasaan:
Jepang melakukan berbagai tindakan yang dianggap menghina dan melanggar kepercayaan serta kebiasaan masyarakat setempat.
Perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang menunjukkan semangat perlawanan dan nasionalisme yang kuat dalam menghadapi penjajahan. Perlawanan ini menjadi bagian penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.
TUGAS
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1. Apa saja perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang?
2. Bagaimana bentuk perjuangan rakyat Indonesia saat penjajahan Jepang?
3. Sebutkan 4 perlawanan rakyat terhadap Jepang dan siapa pemimpinnya.?
4.Apa penyebab rakyat Indonesia melakukan perlawanan terhadap Jepang?
5, Sebutkan cara Jepang menarik simpati rakyat Indonesia dalam membantu Jepang pada Perang Pasifik melawan Sekutu
Penutup :Demikian materi hari ini Bu Guru sampaikan.Tetap semangat belajar dan beribadah anak-anak hebat 5A 🥰👍🏻
Komentar
Posting Komentar