17-09-2025





  Rabu, 17 September  2025

   KISI-KISI SUMATIF 2  IPAS  dan SENI RUPA

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5B

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.

Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan  melaksanakan kegiatan  kegiatan  SUMATIF 2  IPAS dan seni Rupa

IPAS 

Kisi-kisi  Sumatif 2 IPAS

  • Ekisistem 
  • Penjelasan simbiosis
  • Rantai makanan
  • Komponen rantai makananproses fotodintesim 
  • Karnivora
  • Herbivora
  • Omnivora 
  • Proses Fotosintesis
  • Latihan Soal

    1. Hewan yang memakan produsen atau tumbuhan disebut konsumen tingkat ....

    a. I

    b. ll

    c. III

    d. IV

    2. Tumbuhan dikatakan sebagai produsen karena ....

    a. makan tumbuhan lain

    b. dapat mengolah makanannya sendiri

    c. menjadi parasit bagi tumbuhan lain

    d. hidup di hutan


    3. Hubungan makan dan dimakan antar-makhluk hidup disebut ....

    a. rantai makanan

    b. metamorfosis

    c. daur hidup

    d. simbiosis 

    4. Dalam rantai makanan, yang bertindak sebagai produsen adalah ....

    a. tumbuhan

    b. manusia

    c. herbivora

    d. karnivora


    5. Dalam ekosistem, bakteri atau jamur berperan sebagai ....

    a. konsumen tingkat I

    b. konsumen tingkat II

    c. produsen

    d. pengurai

     

    6. Perhatikan gambar berikut ini !

    Organisme yang berperan sebagai konsumen tingkat II adalah ....

    a. padi

    b. belalang

    c. katak

    d. ular

    7. Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan membentuk ....

    a. rantai makanan baru

    b. jaring-jaring makanan

    c. ekosistem

    d. komunitas

    8. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut ….

    a. botani

    b. zoology

    c. ekologi

    d. taksonomi

    9. Contoh urutan rantai makanan yang benar adalah ….

    a. padi → belalang → katak → elang → ular

    b. padi → katak→ belalang → elang → ular

    c. padi → belalang → katak→ ular → elang

    d. padi → belalang → ular →katak

    10. Organisme pemakan hewan disebut ....

    a. herbivora

    b. karnivora

    c. omnivora

    d. autotrof 

    soal isian 

    11. Berilah contoh 3 dari organisme karnivora adalah....

    12. Makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri disebut ....

    13.  Jelaskan yang dimaksud dengan rantai makanan !

    14 Jelaskan yang dimaksud dengan individu dan berikan contohnya !

    15. Jelaskan pengertian jaring jaring makanan dan berikan contohnya !

  • SENI RUPA

    Tujuan Pembelajaran : Dengan kegiatan remedial dan pengayaan menambah ilmu dan  wawasan peserta didik 

    Metode Penbelajaran : Tanya Jawab 

    Alat Peraga                : LCD

     

    Materi:

  • Mempresentasikan penilaian karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosakata seni

  • REFLEKSI PEMBELAJARAN HARI INI

  • Alhamdulillah sebagian besar murid dapat menyelesaikan soal sumatif 2 mapel IPAS dan mendapat nilai yang memuaskan hanya beberapa murid yang nilainya di bawah KKM

  • DOKUMENTASI PEMBELAJARAN HARI INI




Komentar

Postingan Populer