10-09-2025



 Rabu, 10  September  2025

   IPAS dan Seni Rupa

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5B

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.

Baiklahanak-anak semua sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan  melaksanakan kegiatan  pembelajaran IPAS dan Seni Rupa

Tujuan pembelajaran  Peserta didik dapat mengklasifikasikan komponen biotik berdasarkan perannya                                                             dalam rantai makanan

 Metode pembelajaran :  PBL (Problem based Learning)

Media Pembelajaran   : LCD                

Materi Ajar                  : Hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungannya                                                            (air,cahaya,tanah )

Rangkuman Matriks Hubungan Timbal Balik Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Komponen LingkunganPengaruh terhadap Makhluk HidupPengaruh Makhluk Hidup terhadap Lingkungan
Air- Dibutuhkan untuk minum, fotosintesis, dan metabolisme.
- Menentukan tempat hidup (misalnya ikan di air).
- Ketersediaan air memengaruhi pertumbuhan tumbuhan dan hewan.
- Tumbuhan menyerap air dari tanah.
- Hewan dan manusia bisa mencemari atau mengelola air.
- Aktivitas manusia (irigasi, industri) mengubah siklus air.
Cahaya Matahari- Tumbuhan memerlukan cahaya untuk fotosintesis.
- Mengatur ritme biologis hewan (siang-malam).
- Menentukan jenis tumbuhan yang tumbuh di suatu tempat.
- Tumbuhan mengatur intensitas cahaya di permukaan tanah (kanopi).
- Hewan dan manusia membuat tempat teduh atau membuka lahan yang memengaruhi pencahayaan alami.
Tanah- Tempat tumbuh tumbuhan dan tempat hidup organisme.
- Kandungan hara memengaruhi pertumbuhan tanaman.
- Struktur tanah memengaruhi jenis hewan yang hidup di dalamnya.
- Tumbuhan menjaga kestabilan tanah (akar menahan erosi).
- Hewan seperti cacing memperbaiki struktur tanah.
- Aktivitas manusia (pertanian, pembangunan) bisa merusak atau memperbaiki tanah.

 Kesimpulan:

Makhluk hidup dan lingkungan saling memengaruhi secara timbal balik. Lingkungan menyediakan sumber daya dan tempat hidup, sedangkan makhluk hidup juga dapat mengubah atau menjaga keseimbangan lingkungan tersebut.

Latihan soal

 Soal Pilihan Ganda dan Uraian

Soal Pilihan Ganda (1–7)

  1. Air sangat penting bagi tumbuhan karena...
    a. Membantu tumbuhan bernapas
    b. Menyerap cahaya matahari
    c. Digunakan dalam proses fotosintesis
    d. Mengubah warna daun

  2. Makhluk hidup berikut ini yang paling bergantung pada cahaya matahari untuk membuat makanan adalah...
    a. Ikan
    b. Tumbuhan
    c. Ular
    d. Jamur

  3. Peran tanah bagi tumbuhan adalah...
    a. Sebagai tempat bermain
    b. Menyimpan oksigen
    c. Tempat hidup dan sumber nutrisi
    d. Menghasilkan air

  4. Hewan seperti cacing tanah memberi dampak positif terhadap lingkungan karena...
    a. Merusak akar tanaman
    b. Menggali tanah hingga longsor
    c. Membantu menyuburkan tanah
    d. Menyerap air dari tanah

  5. Jika cahaya matahari tidak cukup, maka tumbuhan akan...
    a. Tumbuh lebih cepat
    b. Menghasilkan lebih banyak oksigen
    c. Tidak bisa melakukan fotosintesis dengan baik
    d. Menjadi lebih kuat

  6. Aktivitas manusia yang dapat merusak hubungan antara makhluk hidup dan tanah adalah...
    a. Menanam pohon
    b. Menjaga kebersihan lingkungan
    c. Membuang sampah sembarangan
    d. Menyiram tanaman

  7. Contoh timbal balik antara makhluk hidup dan air adalah...
    a. Air tidak memengaruhi makhluk hidup
    b. Ikan menghasilkan oksigen dari cahaya
    c. Hewan dan tumbuhan membutuhkan air untuk bertahan hidup, dan makhluk hidup juga dapat menjaga atau mencemari air
    d. Air hanya berguna untuk manusia

Soal uraian no (8-10)
  1. Jelaskan mengapa cahaya matahari sangat penting bagi tumbuhan dan makhluk hidup lainnya!

  2. Apa yang akan terjadi pada makhluk hidup jika air di lingkungan berkurang? Jelaskan!

  3. Berikan contoh nyata di sekitarmu tentang hubungan timbal balik antara tanah dan makhluk hidup!


SENI RUPA

Tujuan Pembelajaran :  Murid dapat Mempresentasikan Ciptaan Karya Seni Rupa

Metode pembelajaran :  PjBL(Project based Learning)

Media Pembelajaran   :  LCD

Latihan Soal-Soal Mempresentasikan Ciptaan Karya Seni Rupa

 Soal Pilihan Ganda (10 soal)

1.Saat menilai karya seni rupa, hal yang paling penting diperhatikan adalah….
a. Warna rambut pembuat karya
b. Unsur rupa, prinsip, dan teknik yang digunakan
c. Tempat pameran karya
d. Usia seniman

2.Kosa kata seni yang tepat untuk menilai lukisan yang memiliki perpaduan warna cerah adalah….
a. Membosankan
b. Kontras dan harmonis
c. Gelap gulita
d. Kusam

3.Jika sebuah karya terlihat seimbang antara bagian kiri dan kanan, maka karya tersebut memiliki prinsip….
a. Proporsi
b. Keseimbangan
c. Ritme
d. Penekanan

4.Berikut ini yang termasuk unsur rupa adalah….
a. Garis, bentuk, warna, dan tekstur
b. Judul, tokoh, latar, dan alur
c. Panjang, lebar, tinggi, dan berat
d. Ide, gagasan, perasaan, dan pengalaman

5.Perbedaan mencolok pada suatu bagian karya untuk menarik perhatian disebut….
a. Ritme
b. Penekanan
c. Proporsi
d. Harmoni

6.Jika seseorang membuat karya seni rupa dengan bahan tanah liat, maka karya itu termasuk karya….
a. Seni lukis
b. Seni patung
c. Seni grafis
d. Seni fotografi

7.Menilai karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni bertujuan untuk….
a. Membuat karya menjadi mahal
b. Memperindah kata-kata
c. Memberi penilaian yang objektif dan tepat
d. Memuji semua karya

8.Karya seni rupa dua dimensi adalah karya yang memiliki….
a. Panjang dan lebar
b. Panjang, lebar, dan tinggi
c. Berat dan volume
d. Gerak dan suara

9.Contoh kosa kata seni yang menunjukkan penilaian terhadap tekstur adalah….
a. Halus, kasar
b. Panjang, pendek
c. Cepat, lambat
d. Gelap, terang

10.Menciptakan karya seni rupa harus dimulai dengan….
a. Menilai karya orang lain
b. Menggambar tanpa ide
c. Menentukan tema dan ide
d. Menyalin karya orang lain

B. Soal Isian (10 soal)      

 1. Unsur rupa yang berupa garis, warna, bentuk, dan tekstur disebut unsur …

2. Keseimbangan, harmoni, irama, dan penekanan termasuk ke dalam … karya seni rupa.
3. Menilai karya seni rupa dengan kosa kata seni membantu kita memberikan penilaian  yang lebih …
4. Jika sebuah karya memiliki ukuran yang sesuai antara bagian satu dengan lainnya, maka karya tersebut memiliki prinsip ….
5. Warna yang memberikan kesan cerah, segar, dan penuh semangat adalah warna ….
6. Patung, relief, dan keramik termasuk ke dalam karya seni rupa … dimensi.

7. Kosakata seni yang tepat untuk menilai karya yang rapi dan bersih adalah ….

8. Lukisan yang menampilkan kesan nyata seperti foto disebut gaya ….

9. Kegiatan menciptakan karya seni rupa biasanya diawali dengan menuangkan … terlebih dahulu.

10. Unsur rupa yang dapat menimbulkan kesan terang-gelap pada gambar adalah
Refleksi kegiatan pembelajaran 
Murid dapat memahami hubungan Timbal Balik Makhluk Hidup dengan Lingkungan
Dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini





Komentar

Postingan Populer