11-09-2025

  Kamis, 11 September  2025

   Pendididkan Pancasila dan  IPAS

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5B

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.

Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat.Selanjutnya kita.akan mempelajari  mapel Pendidikan Pancasila dan IPAS

  • Tujuan pembelajaran  ; Murid dapat memahami hubungan Pancasila sebagai kesatuan yang utuh
  •  Metode pembelajaran :    PBL (Problem based Learning)
  • Media Pembelajaran   :    LCD                

Materi Ajar      Hubungan  sila-sila Pancasila sebagai kesatuan yang utuh 

             

Setiap sila dalam Pancasila adalah kesatuan yang  yang  terhubung dan tidak terpisahkan antara satu dan yang lain. Mengutip buku Pendidikan Kewarganegaraan oleh Dr. Susilawati, Irlina Dewi, Ardhana Januar Mahardhani, dkk., Kaelan (2016) menyebutkan tiga hal yang menjadi kekuatan nilai setiap sila sebagai sebuah sistem.

Ketiga kekuatan yang dimaksud adalah, susunan kesatuan sila sifatnya organis, susunan kesatuan sila dan Pancasila sifatnya hierarkis dan tersusun secara piramida, serta hubungannya saling mengisi dan mengkualifikasi.

Hubungan Sila-Sila dalam Pancasila
1. Sila pertama:
Ketuhanan Yang Maha Esa adalah ketuhanan yang berkemanusiaan yang adil dan beradab, juga berpersatuan Indonesia, berkerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dan berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

2. Sila kedua:
Kemanusiaan yang adil dan beradab adalah kemanusiaan yang Berketuhanan Yang Maha Esa, lalu berpersatuan Indonesia, berkerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, serta berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

3. Sila ketiga:
Persatuan Indonesia adalah persatuan yang Berketuhanan Yang Maha Esa, berkemanusiaan yang adil dan beradab, lalu berkerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dan berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

4. Sila keempat:
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan adalah kerakyatan yang Berketuhanan Yang Maha Esa, berkemanusiaan yang adil dan beradab, kemudian berpersatuan Indonesia, dan berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

5. Sila kelima:
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah keadilan yang Berketuhanan Yang Maha Esa, berkemanusiaan yang adil dan beradab, berpersatuan Indonesia, serta berkerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Mengapa Sila dalam Pancasila Saling Berkaitan?
Setiap sila dalam Pancasila saling berkaitan dan mengikat, sebab satu bagian dengan bagian lain tidak bisa dipisahkan. Pancasila juga suatu kesatuan yang sifatnya majemuk tunggal, yaitu setiap sila tidak bisa berdiri sendiri dan tidak saling bertolakan atau bertentangan.

Menjelaskan Hubungan Makna Nilai-Nilai Antar Sila Pancasila                                                                                                              Pancasila terdiri atas 5 sila yang saling melengkapi.                                                                                                                        Sila 1 → Ketuhanan memberi dasar moral & spiritual                                                                                                                  Sila 2 → Kemanusiaan menekankan nilai adil dan beradab                                                                                                         Sila 3 → Persatuan menjaga kebersamaan dalam perbedaan                                                                                                        Sila 4 → Kerakyatan menekankan musyawarah dan demokrasi.                                                                               Sila 5 → Keadilan sosial menjamin kesejahteraan bersama.                                                                                         Seperti disebutkan sebelumnya, susunan setiap sila sifatnya hierarkis dan piramidal. Makna sifat piramidal dalam Pancasila adalah, apabila dilihat dari urutannya, tingkat-tingkat dalam luas dan isi sifat setiap sila merupakan pengkhususan dari sila yang sebelumnya. Sebagai contoh, sila pertama menjadi dasar dari kemanusiaan, persatuan Indonesia, kerakyatan, dan keadilan sosial. Sementara, Ketuhanan Yang Maha Esa adalah Ketuhanan yang berkemanusiaan, membangun, memelihara, mengembangkan persatuan, berkerakyatan serta berkeadilan sosial.Demikian juga seterusnya untuk sila-sila selanjutnya, Sehingga kelima sila Pancasila punya keterkaitan yang mengikat antara satu dan yang lain                                                                                                                                                                                                  Selain itu, seperti disebutkan sebelumnya juga di mana setiap sila saling mengisi dan mengkualifikasi. Hal ini artinya semua sila adalah kesatuan utuh dalam hubungan hierarkis piramidal. Satu sila bisa mengonfirmasi makna empat sila lainnya          

Soal Isian                                                                                                                                                1.Sila pertama Pancasila berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa” menjadi dasar bagi sila lainnya     

                  Soal Isian                                                                                                                                              

1.      Sila pertama Pancasila berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa” menjadi dasar bagi sila lainnya       karena mengajark                                                                                2.Hubungan sila kedua dengan sila kelima adalah menciptakan kehidupan yang … dan … bagi seluruh rakyat.                                                                                                              3. Sila ketiga memperkuat sila keempat karena keduanya menekankan pentingnya … dalam mengambil keputusan bersama.                                                                                       4. Menjaga kerukunan antar umat beragama merupakan contoh hubungan antara sila … dan sila …                                                                                                             5  Musyawarah untuk mufakat dalam sila keempat harus dilaksanakan dengan memperhatik nilai dari sila ke.                                                                                                    6. Sila kelima tidak dapat terlaksana tanpa adanya sikap …… dan … dari sila                  7.  Hubungan sila ketiga dan sila kelima tampak dalam usaha menjaga persatuan bangsa agar tercipta …………… sosial.                                                                                     8.Setiap sila dalam Pancasila tidak bisa dipisahkan satu sama lain karena semuanya saling...                                                                                                                                            9. Demokrasi yang dijalankan sesuai sila keempat harus selalu berdasarkan nilai … yang terkandung dalam sila pertama.                                                                                          10.  Menghargai perbedaan suku, agama, dan budaya menunjukkan hubungan sila kedua tentang…… dengan sila ketiga tentang ……                                                                                           

Tujuan Pembelajaran :   Peserta didik dapat mengklasifikasikan komponen biotik                                                                                                  berdasarkan  perannya dalam rantai makanan.                                                                  

Metode pembelajaran :    PBL (Problem based Learning)                                                        

Media Pembelajaran   :    LCD                

MATeri Ajar                   :  Produsen, konsumen (herbivor, karnivor, omnivor), dan  dekompos

Rangkunman Materi

 Herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan, sedangkan karnivora adalah hewan pemakan daging. Herbivora memiliki gigi lebar dan tumpul serta peran penting dalam mengendalikan populasi tumbuhan dan sebagai sumber makanan bagi karnivora. Sementara itu, karnivora memiliki taring dan cakar untuk berburu, menjadi predator puncak dalam rantai makanan, dan berperan menjaga keseimbangan ekosistem dengan mengendalikan populasi mangsa.  
Herbivora
 Definisi: Organisme yang memakan tumbuhan atau protein dari tumbuhan untuk kebutuhan nutrisinya. 
Ciri-ciri:
Memiliki gigi lebar dan tumpul untuk mengunyah tumbuhan. 
Umumnya hidup berkelompok di area yang banyak tumbuh rumput atau tumbuhan. 
Menjadi mangsa penting bagi hewan karnivora. 
Contoh: Sapi, kerbau, kuda, dan kelinci. 
Karnivora                                                                                                                                                                                    
efinisi: Hewan yang memakan daging dari hewan lain untuk memperoleh nutrisi dan kekuatan                                            Ciri-ciri:                                                                                                                                                                                    Memiliki taring tajam untuk merobek daging dan cakar untuk mencengkeram mangsa.                                             Berperan sebagai predator puncak dalam rantai makanan.                                                                                         Membantu mengendalikan populasi hewan herbivora dan menjaga kesehatan populasi.                                             Contoh: Singa, harimau, dan elang (burung karnivora).

👉Latihan Soal

1. Hewan yang memakan produsen atau tumbuhan disebut konsumen tingkat ....

a. I

b. ll

c. III

d. IV

2. Tumbuhan dikatakan sebagai produsen karena ....

a. makan tumbuhan lain

b. dapat mengolah makanannya sendiri

c. menjadi parasit bagi tumbuhan lain

d. hidup di hutan


3. Hubungan makan dan dimakan antar-makhluk hidup disebut ....

a. rantai makanan

b. metamorfosis

c. daur hidup

d. simbiosis 

4. Dalam rantai makanan, yang bertindak sebagai produsen adalah ....

a. tumbuhan

b. manusia

c. herbivora

d. karnivora


5. Dalam ekosistem, bakteri atau jamur berperan sebagai ....

a. konsumen tingkat I

b. konsumen tingkat II

c. produsen

d. pengurai

 

6. Perhatikan gambar berikut ini !

Organisme yang berperan sebagai konsumen tingkat II adalah ....

a. padi

b. belalang

c. katak

d. ular

7. Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan membentuk ....

a. rantai makanan baru

b. jaring-jaring makanan

c. ekosistem

d. komunitas

8. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut ….

a. botani

b. zoology

c. ekologi

d. taksonomi

9. Contoh urutan rantai makanan yang benar adalah ….

a. padi → belalang → katak → elang → ular

b. padi → katak→ belalang → elang → ular

c. padi → belalang → katak→ ular → elang

d. padi → belalang → ular →katak

10. Organisme pemakan hewan disebut ....

a. herbivora

b. karnivora

c. omnivora

d. autotrof 

soal isian 

11. Berilah contoh 3 dari organisme karnivora adalah....

12. Makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri disebut ....

13.  Jelaskan yang dimaksud dengan rantai makanan !

14. Jelaskan yang dimaksud dengan individu dan berikan contohnya !

Jawab : …

15. Jelaskan pengertian jaring jaring makanan dan berikan contohnya !

Jawab : ……

Refleksi kegiatan pembelajaran 
Murid dapat memahami Hubungan sila-sila Pancasila sebagai kesatuan yang utuh hubungan Timbal Balik Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini







Komentar

Postingan Populer