19-10-2025

 Senin, 20 Oktober 2025

    Matematika dan Bahasa Indonesia

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5B

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.

Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan  melaksanakan kegiatan  pembelajaran   Matematika dan Bahasa Indonesia

MATEMATIKA🌼

Tujuan Pembeljaran   : Peserta didik dapat menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran.

Metode pembelajaran : Demonstrasi 

Media Pembelajaran   : PPT dan Karton 

 

Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Sama

Jika kedua pecahan atau lebih memiliki penyebut (angka di bawah garis) yang sama, caranya sangat mudah:
 

Jumlahkan langsung pembilangnya (angka di atas garis).

 

Penyebutnya tetap sama.

Rumus:

a​/b+c/b​=a+c​/b

Contoh:

2/5​+1/5​=2+1/5​=3/5​

2. Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda

Jika kedua pecahan memiliki penyebut yang berbeda, pecahan tersebut tidak bisa langsung dijumlahkan. Anda harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu.

Langkah-langkah:

  1. Cari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari kedua penyebut untuk dijadikan penyebut baru yang sama (disebut juga penyebut bersama).

  2. Sesuaikan Pembilang: Bagi KPK dengan penyebut lama masing-masing pecahan, lalu kalikan hasilnya dengan pembilang lama pecahan tersebut.
  3. Jumlahkan: Setelah penyebutnya sama, jumlahkan kedua pembilang baru, sementara penyebutnya tetap (menggunakan KPK).


Contoh:

1/2​+3/4 ​= ?

    Cari KPK dari penyebut 2 dan 4. KPK-nya adalah 4.

    Sesuaikan Pembilang:

        Untuk 1/2 ​: 4÷2=2, lalu 2×1=2. Jadi, 1​ /2 menjadi 2/4​.

        Untuk 3/4 ​: 4÷4=1, lalu 1×3=3. Jadi, 3​/4 tetap 3/4​.

    Jumlahkan:
    2/4​+3/4​=2+3/4​= 5​/4


Latihan Soal

1.Hasil dari 3⁄10 + 7⁄10 adalah ....

a.   1
b.    10/20
c.    1/3
d.    1/5
 
2. Hasil dari 3⁄8 + ⅙ adalah = ....
a.4/24
a.    10/24
b.    11/24
c.    13/24


3. Hasil dari  5 4⁄5 + 4 ⅛ adalah ....
 
a.    9 36⁄40
b.    9 37/30
c.    9 28/40
d.    9 29/40

4. Hasil dari 3⁄13 + 5⁄13  + 2⁄13 = ....
a.    9/13
b.    10/13
c.    12/13
d.    14/13
 
5. Hasil dari 2⁄5 + 1⁄4 = …
a.    13/20
b.    14/20
c.    15/20
d.    16/20


BAHASA INDONESIA

 

 Perbaikan dan pengayaan soal  Sumatif Tengah Semester (STS) 

Refleksi kegiatan  hari ini
Alhamdulillah sebagian besar murid dapat memahami penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama.Namun masih ada beberapa murid yang belum memahami materi.

Dokumentasi kegiatan hari ini






Komentar

Postingan Populer